Kenali Kuliner Kekinian di Indonesia

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Kenali Kuliner Kekinian di Indonesia|
Kenali kuliner kekinian di Indonesia

Kuliner kekinian Indonesia adalah konsep yang berkaitan dengan tren dan gaya hidup saat ini dalam dunia kuliner. Istilahnya mengacu pada makanan dan minuman, baik yang dibuat dengan bahan baru dan inovatif atau makanan lama disajikan dengan cara baru yang menarik. Lihat di bawah daftar kuliner kekinian yang mungkin cocok untuk bisnis.

Mengapa Muncul Istilah Kuliner Kekinian?

Kuliner kekinian biasanya muncul dari perpaduan budaya dan pengaruh luar yang masuk ke dalam sebuah daerah atau negara. Salah satu contoh adalah, makanan fusion yang menggabungkan unsur-unsur dari masakan Barat dan Asia.

Kuliner kekinian terutama di Indonesia, sering dihubungkan dengan perkembangan teknologi. Kemunculannya di media sosial , terkadang sampai viral, mempercepat penyebaran tren makanan baru tersebut.

Ingat kah, Indonesia pernah tergila-gila pada brownies kukus dari Bandung? Padahal asalnya kue brownies itu dipanggang. Atau kopi viral Dalgona Cofee?

Kuliner kekinian sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan tren masyarakat, sehingga terus berubah dari waktu ke waktu.

Nah untuk menjaga cita rasa dan keunikan kuliner agar tetap relevan dengan konsep kekinian, para pengusaha kuliner juga berubah mengikuti perkembangan zaman. Jadi kuliner kekinian Indonesia akan terus berubah mengikuti logika sosial di tahun-tahun mendatang.

Berdasarkan fakta di atas, di Indonesia banyak sekali jenis kuliner yang bisa dimasukan ke kategori kekinian. Di bawah hanya beberapa contoh saja.

Memulai Bisnis Kuliner Kekinian

Memulai bisnis makanan dengan kuliner kekinian dapat menjadi pilihan yang menarik karena kuliner kekinian seringkali memiliki daya tarik tinggi di kalangan konsumen, terutama di kalangan generasi milenial dan generasi Z yang cenderung ingin mencoba sesuatu yang baru dan berbeda.

4 Alasan dan Pertimbangan Memulai Bisnis Kuliner

Pertama, tren makanan dan minuman akan selalu berubah. Jadi bisnis kuliner kekinian punya kesempatan untuk menciptakan produk unik dan menarik bagi pelanggan.

Kedua, perkembangan teknologi dan media sosial yang semakin pesat, bisnis kuliner kekinian dapat memanfaatkan platform tersebut untuk mempromosikan produk dan menjangkau pelanggan lebih luas.

Ketiga, dengan gaya hidup masyarakat yang semakin peduli lingkungan, bisnis kuliner kekinian berpeluang memperkenalkan makanan dan minuman sehat dan ramah lingkungan. Selain tentu saja ikut membantu meningkatkan kesehatan masyarakat dan berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan.

Keempat, bisnis kuliner kekinian membuka peluang untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian dalam memasak serta berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk menciptakan pengalaman makan yang lebih berkesan bagi pelanggan.

Berikut ini beberapa contoh kuliner kekinian yang populer di Indonesia, Bisa Untuk Bisnis

Nasi Goreng Keju

Nasi goreng yang disajikan dengan taburan keju parut di atasnya, memberikan rasa gurih yang lebih kaya dan keju yang meleleh.

Nasi goreng keju bisa juga dibuat dengan cara memasak nasi goreng dengan bumbu nasi goreng biasa, kemudian ditambahkan potongan keju, diaduk bersama nasi goreng sampai kejunya meleleh. Kuliner kekinian Indonesia ini banyak sekali penggemarnya.

Martabak Kekinian Seperti Markobar dan Teman-Teman

Martabak kekinian ini hadir dengan isi yang beragam, seperti cokelat, keju, susu, stroberi, dan banyak lagi, serta ditambahkan berbagai topping, seperti kacang, meses, dan biskuit.

Martabak kekinian memiliki tampilan yang lebih menarik dan bervariasi daripada martabak tradisional, dan seringkali disajikan dalam bentuk besar dan tebal dengan tampilan yang menggoda.

Berbeda dengan pendahulunya, kuliner yang sedang trendi ini dijual di toko-toko atau gerai-gerai modern yang menyediakan aneka makanan dan minuman, sehingga lebih mudah diakses oleh konsumen.

Es Kopi Susu Gula Aren

Es kopi susu gula aren adalah minuman yang sedang populer di Indonesia. Terbuat dari campuran kopi, susu, dan gula aren, dan diberi es batu.

Es kopi susu gula aren memiliki rasa yang manis dan segar, dengan sentuhan gula aren yang memberikan rasa khas Indonesia. Bisa dinikmati dalam berbagai varian, seperti es kopi susu gula aren dingin atau es kopi susu gula aren panas.

Es kopi susu gula aren biasanya dijual di kedai kopi, gerai-gerai modern, atau toko-toko makanan di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu minuman favorit bagi pecinta kopi dan minuman manis.

Kopi Susu Alpukat (Avocado Coffee)

“Avocado coffee” adalah minuman kopi yang dibuat dengan menambahkan daging buah alpukat ke dalam kopi. Cara pembuatannya dapat bervariasi, namun umumnya daging buah alpukat dihaluskan dan dicampur dengan kopi dingin atau es batu. Kemudian, ditambahkan susu atau sirup gula merah untuk memberikan rasa yang lebih manis.

Minuman ini sangat populer di beberapa tempat di dunia, terutama di negara-negara Asia Tenggara dan Amerika Latin. Alpukat sendiri kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, dan serat, sehingga penambahan alpukat ke dalam kopi memberikan nilai tambah dari segi nutrisi.

Selain itu, rasa dan tekstur lembut dari alpukat juga memberikan sensasi yang unik pada kopi susu alpukat ini.

Sate Taichan

Sate yang menggunakan bumbu taichan ( bumbu masakan Jepang dan Taiwan) sebagai pengganti bumbu kacang dan kecap. Sate taichan ini menjadi populer dan banyak tersedia di warung sate kekinian.

Corndog

Corndog adalah makanan cepat saji yang terdiri dari sosis yang ditusuk sate, dilapisi dengan adonan tepung jagung dan digoreng hingga berwarna kecoklatan. Corndog biasanya disajikan dengan saus seperti mustard atau ketchup sebagai pelengkapnya. Makanan ini populer di Amerika Serikat dan sering ditemukan di acara-acara makanan, festival, dan taman hiburan.

Namun, berkat budaya K-Pop dan K-drama Korea yang diterima luas, di Indonesia lebih terkenal dengan corndog ala Korea

Itulah beberapa contoh kuliner kekinian populer yang juga bisa dijadikan produk bisnis di Indonesia. Sebenarnya masih banyak kuliner kekinian lainnya dan ajab terus bermunculan mengikuti tren dan gaya hidup masyarakat.

Untuk bisnis, kamu tinggal riset aja, mana yang terbaik untuk memulai.

Arenga Indonesia. Produsen gula aren untuk susu di Tangerang.

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter