Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar, Apa Faedahnya?

Daun-padan-dalam-Arenga-Liquid-Palm-Sugar

Seperti kita tahu bahwa tanaman pandan memiliki banyak kegunaan, terutama dalam makanan dan minuman. Ada minuman rasa pandan dan kue rasa pandan. Bahkan kita bisa memasukkan daun pandan ke dalam nasi agar baunya harum. Masakan Thailand menggunakan pandan sebagai pembungkus masakan ayam. Lantas apa manfaat daun pandan dalam Arenga organic liquid palm sugar?

Daun Pandan Asli dan Stiker Label Hijau di Kemasan

Setelah kakaknya berkibar cukup baik di pasar, Ori (original) Liquid palm sugar), Arenga kembali dengan viarian baru, liquid palm sugar pandan.

Dioleh menggunakan daun pandan asli yang beraroma wangi yang khas. 

Tanaman pandan ini unik. Saat berupa daun pandan utuh, aromanya biasa-biasa saja. Tapi begitu dimasukan ke dalam olahan gula aren cair, suhu panas langsung melepaskan aroma enak yang menenangkan. Sampai-sampai saat produksi pabrik Arenga seolah berubah seperti pabrik bakery.

Gula aren cair pandan menggunakan daun pandan asli
Tanaman Pandan

Harus diakui bahwa aroma daun pandan asli tidak “semegah” aroma perasa pandan buatan pabrik. Aroma daun pandan dalam Arenga Liquid palm sugar lebih lembut. Tapi ini lah komitmen ARENGA, mempertahankan gula aren cair organik, jadi tidak memungkinkan menggunakan perasa pandan sintetis.

Kelebihan menggunakan daun pandan wangi asli adalah, produk tak tercemar berbagai zat kimia buatan manusia. Pastinya lebih aman bagi kesehatan.

Untuk membedakan kemasan Arenga gula aren cair ori dengan dominan warna kuning gading, versi liquid palm sugar pandan ditandai dengan label warna hijau. Mengikuti warna daun pandan asli.

Baca juga : ARENGA Gula Aren Cair Pandan dan Susu Almond

Memanfaatkan Keunikan Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar

Arenga liquid palm sugar pandan atau gula aren cair pandan
Gula aren cair pandan

Tanaman perdu yang hidup sepanjang tahun ini terkenal sebagai salah satu bumbu penyedap masakan di Asia Tenggara. Kalau diiris, diremas atau direbus dan dipanaskan, daunnya mengeluarkan aroma semerbak, membuat otak kita membayangkan makanan lezat.

Bahkan zaman dahulu kala, ketika nenek dan ibu kita masih suka menggunakan bunga rampai, irisan daun pandan wangi muda merupakan komponen penunjang. Daun pandan diiris tipis-tipis dan dicampur dengan bunga melati, mawar, cempaka dan kenanga.

Baca juga : Organic Palm Sugar, sama gak sih dengan gula aren asli?

Bunga rampai diselipkan disanggul agar rambut jadi harum. Atau diletakan diantara lipatan pakaian dalam lemari. Nenek Mamin Arenga tak pernah lupa meletakan bunga rampai dalam lipatan mukenanya.

Aroma daun pandan itu lah yang dimanfaatkan Arenga untuk memperkuat rasa Liquid palm sugar pandan ini.

Kontak Arenga Indonesia, 0819 32418190

 

Share artikel ini

23 Comments

  1. Nurul Sufitri Juli 1, 2022 at 4:06 pm

    Aku suka banget aroma daun pandan. Buat masak kacang hijau maupun masakan kesukaan atau minuman lainnya biasanya aku pergunakan pandan asli. Oh, jadi gula aren cair organik tetap dipertahankan ya supaya kualitas liquid palm sugar ini tetap bagus dan berkualitas. Setuju, aromanya menenangkan kayak sedang berada di ruangan bakery2 gitu deh hihihi 😀

  2. Lintang Juli 1, 2022 at 6:39 pm

    Emang deh kalau pake pandan asli ngga semegah yang perasa sintetis. Tapi terang aja jauh lebih sehat karena bebas zat kimia kan. Jadi bisa membayangkan saat dimasukan ke dalam olahan gula aren cair dengan aroma seperti bakeryt2.

  3. Katerina Juli 1, 2022 at 8:56 pm

    Aku menemukan sepenggal kenangan indah dalam tulisan berisi informasi produk palm sugar ini. Yakni tentang Nenek Mamin Arenga yang tak pernah lupa meletakan bunga rampai dalam lipatan mukenanya.

    Tampaknya, jika aku menggunakan Liquid palm sugar pandan, selain aroma daun pandan yang muncul dipenciuman, mungkin kenangan yang mamin ceritakan itu juga ikut muncul di benak 😀

  4. apura Juli 1, 2022 at 11:12 pm

    Pastinya lebih harum ya tiap kali masakan yang berbahan gula aren itu ditambahkan dengan daun pandan. Tiba-tiba pengin makan bubur kacang hijau nih.

  5. Nia Haryanto Juli 2, 2022 at 9:55 am

    Iya banget, aroma daun pandan ini memang bikin makanan jadi tambah sedap ya. Kalo udah pake Arenga Liquid begini, jadinya gak perlu daun pandan tambahan ya. Jadi lebih praktis.

  6. Andiyani Achmad Juli 2, 2022 at 10:19 am

    Aroma pandan ini memang khas dan untuk makanan jadi semacam penggugah selera juga terutama untuk menu dessert

  7. Mutia Karamoy Juli 2, 2022 at 12:12 pm

    Aku sampai nanam sendiri lho pohon pandan di depan rumah soalnya sering banget di pakai buat masak, daripada beli atau minta, lebih enak nanam sendiri. Untuk kue atau masakan kalau pakai daun pandan bikin baunya makin enak. Jadi pingin nyobain Liquid Palm Sugar nih!

  8. HM Zwan Juli 2, 2022 at 1:03 pm

    Aroma pandan ini khas banget ya mbak, wangi khas satu masakan jadi istimewa. Apalagi kalau dicampur jadi satu sama gula aren, pas banget buat bikin kolak. Jadi inget, dulu ibuku juga sering banget iris daun pandan banyak dan disimpan gitu

  9. tehokti Juli 2, 2022 at 2:49 pm

    Duh jadi banyak tahu nih. Padahal selama ini pandan di halaman rumah suka dibuangin karena tumbuh subur dan banyaknya. Ternyata bisa jadi pewangi alami juga ya… Saya mau mencobanya juga deh

  10. April Hamsa | Mom Blogger Juli 2, 2022 at 4:22 pm

    Aku selalu suka aroma pandan, selalu keingat masa keil kalau ibuku bikin kacang ijo atau bubur hehe.
    Wah Arenga punya produk yang gulanya ada pandan2nya juga yaa, cocok nih kalau dibikin minuman berkuah kyk kacang ijo juga ya atau mungkin dibikin buat es cendol. Ya Alloh jd membayangkan minuman2 itu deh 😀
    Terima kasih infonya 😀

  11. Dian Restu Agustina Juli 2, 2022 at 9:51 pm

    Daun pandan unik wnaginya, berasa istimewa sajian dengan campuran daun ini. Kalau punya tanaman pandan beneran manfaat di rumah sewaktu-waktu butuh bisa ditambahkan. Kebayang saya mantapnya Arenga yang untuk memperkuat rasa Liquid palm sugar pandan dicampurkan daun pandan

  12. Suciarti Wahyuningtyas Juli 2, 2022 at 10:45 pm

    Penasaran sama rasanya, karena aku memang suka dengan apapun yang menggunakan daun padan. Langsung ngebayangin bikin makanan atau minuman menggunakan ini ya.

  13. Dian Juli 2, 2022 at 10:47 pm

    Aroma pandan itu emang enak banget
    Makanya banyak makanan dan minuman yg menggunakan daun pandan
    Ternyata pas juga ya, kalau daun pandan dijadikan sama liquid gula aren ini

  14. Witri Juli 2, 2022 at 11:05 pm

    Aku suka bgt aroma daun pandan, apalagi kalau dicampur masakan, ah enak bgt. Dan aku paling suka ama kue rasa pandan. Favorite bgt.

  15. Antung apriana Juli 2, 2022 at 11:49 pm

    Daun pandan ini memang wanginya enak banget apalagi kalau buat kue dan minuman. Di depan rumahku juga ada daun pandan yang lumayan rimbun tapi berhubung aku jarang bikin kue daun pandannya nggak terlalu terpakai deh

  16. lendyagassi Juli 3, 2022 at 12:06 am

    Oh ada aroma nikmat dan segar daun pandan yang bikin Arenga Liquid palm sugar pandan wangi dan menggungah selera bila dicampurkan ke dalam minuman atau makanan yang membutuhkan rasa manis.

  17. Andy Hardiyanti Juli 3, 2022 at 8:35 am

    Bener banget mbak, aroma pandan yang asli tuh emang gak semegah aroma perasa pandan buatan pabrik. Tapi justru lebih suka aroma pandan asli sih, kayak gimana ya..pas gitu aromanya. Gak berlebihan. Wajar. Jadi kelihatan emang ya, gimana yang asli..gimana yang buatan pabrik.

  18. Dedew Juli 4, 2022 at 9:12 am

    Duh kebayang deh wanginya pandan berpadu gula aren cair membuat makanan dan minuman yang ditambahkan gula aren pandan jadi makin sedap rasanya…. semoga laris manis ya Uni

  19. Tanti Amelia Juli 5, 2022 at 1:44 pm

    Aroma pandan berbaur dengan santan, gula aren dan cendol!

    Aku suka bangeeet! memang yaaa aroma pandan asli beda dengan aroma perasa pandan buatan pabrik. Duh jadi bayangin buka puasa deh aku di mana tiap sore berbuka dengan aneka aroma manis sedap

  20. Era Juli 5, 2022 at 6:39 pm

    Sekarang tuh yang ada Palm Sugra-nya sedang happening mba, apalagi karena dipercaya lebih sehat. Hmm.. jadi penasaran nih mba, Pandan+Palm Sugar rasanya jadi gimana ya…

  21. Khairiah Juli 6, 2022 at 9:00 am

    Kalau beras aroma tak sedap taruk aja daun pandan, aroma tak sedap hilang makan jadi lahap, btw liquid palm sugar kalo ditambah kopi enak nggak yaa?

    • Arenga Indonesia Juli 6, 2022 at 10:11 am

      Pelanggan kami, sebauh cafe yang Mbak pasti tahu lah namanya, menggunakan liquid pandan, Mbak 🙂

  22. siti hairul Juli 6, 2022 at 10:55 am

    whua aroma pandan, gula aren plus kopi. ya Allah ini mah candu banget hahaha. Indonesia banget. Apalagi khasiatnya juga bagus untuk tubuh ya mbak. Harus bangga nih dengan kuliner khas Indonesia. semuanya otentik

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Bisnis keberlanjutan gula aren

    Bisnis Keberlanjutan Gula Aren: Menggabungkan Kesejahteraan dan Lingkungan

  • Perbedaan tepung sagu, tapioka dan maizena

    Perbedaan Tepung Sagu, Tapioka, dan Maizena

  • Tingkatkan bisnismu dengan Arenga gula aren

    Tingkatkan Bisnismu Dengan Arenga Gula Aren – Sebuah Solusi

  • Mengenal daun ubi jalar sebagai sayuran lezat

    Mengenal Daun Ubi Jalar Sebagai Sayuran Lezat

  • Daun pandan wangi dalam tradisi kuliner asean

    Daun Pandan Wangi dalam Tradisi Kuliner Asean

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker