Kolak Kolang-Kaling Labu Kuning

Kolak kolang-kaling labu kuning

Kolak kolang-kaling labu kuning adalah salah satu jenis makanan tradisional Indonesia. Terbuat dari campuran kolang-kaling (buah aren muda), potongan labu kuning, dan gula aren cair yang dimasak dalam santan kelapa.

Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan penutup atau hidangan ringan pada berbagai acara. Sering ditemukan sebagai hidangan buka puasa, lebaran, acara keluarga, atau bahkan dijual di pasar tradisional.

Resep Kolang-Kaling Labu Kuning ala Arenga

Dalam kulkas ada kolang-kaling dan labu kuning. Walau tak puasa saya putuskan untuk dibuat kolak saja. Kebetulan juga punya kelapa muda. Maka jadi lah kolak campur sari : kolang-kaling, labu kuning dan kelapa muda.

Bahan-bahan:

  • 1/4 buah labu kuning – kupas, potong Β kotak
  • 1/2 kg kolang-kaling
  • 1 buah kelapa muda – keluarkan airnya kerok, sisihkan
  • 1 gelas susu cair tawar rasa vanila
  • 2 lembar daun pandan
  • 1/2 sendok teh vanili
  • 200 gram Arenga palm sugar (gula semut aren).

Cara membuat :

  1. Didihkan dua 3 gelas air lalu masukan kolang-kaling, tunggu 5 menit.
  2. Setelah itu susul dengan labu kuning.
  3. Berturut-turut kemudian masukan kelapa muda, daun pandan, vanilli, susu dan arenga palm sugar.
  4. Agar rasanya tambah legit tambahkan seujung sendok teh garam.
  5. Setelah mendidih kembali angkat, dinginkan baru disajikan.

Note : Karena kadar kemanisan palm sugar cuma 90 % dari gula pasir, jika kurang manis boleh tambahkan satu sendok lagi atau sesuai selera.

Baca juga:

Tips Cara membuat Kolak Kolang-Kaling Labu Kuning Untuk Jualan

  • Untuk membuat kolak kolang-kaling labu kuning untuk jualan, bahan-bahan seperti kolang-kaling dan labu kuning dipotong-potong menjadi ukuran yang sama dan direbus dalam air hingga empuk.
  • Dengan api sedang, masak santan santan, Arenga gula merah, daun pandan dalam panci hingga mendidih
  • Masukan butiran kolang-kaling dan potongan labu kuning ke dalam panci sehingga tercampur rata dengan santan dan gula merah.
  • Masak lagi dengan api kecil selama beberapa menit hingga semua bahan meresap dengan baik.
  • Kolak kolang-kaling labu kuning siap disajikan. tambahkan es batu supaya lebih segar.

Kolak kolang-kaling labu kuning memiliki rasa yang manis dan lembut. Teksturnya kenyal dan lembut berkat kolang-kaling dan labu kuning. Yang sangat menguntungkan dalam menikmatinya adalah mengandung banyak nutrisi.

Ada vitamin A dari labu kuning dan serat dari kolang-kaling, serta santan kelapa yang kaya akan lemak sehat dan karbohidrat.

Jadi k olak kolang-kaling labu kuning bukan hanya enak, tetapi hidangan ini juga baik untuk kesehatan.Cocok banget sebagai bahan jualan bukan?

Arenga Indonesia, produsen gula aren cair dan bubuk di Tangerang.

Baca juga:

Share artikel ini

12 Comments

  1. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:12 am

    Hahahah..Iya Cik..selesai main futsal, dengerin ceramah mama dedeh, gak ada penutup sempurna selain kolak kolang-kaling labu kuning…

  2. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:13 am

    gula palem ini, cuma nama lain dari gula aren Mbak Myr..Maksudnya gak ada gula palem, gula aren biasa juga okeh πŸ™‚

  3. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 2:11 am

    Tambah banyak campuran, tambah lengkap gizinya Pakde πŸ™‚

  4. Nchie Hanie Oktober 24, 2012 at 12:55 am

    Mbaaaa..mau donk..
    Pasti buat menu berbuka puasa nanti ya..
    Hmm..suasana lebaran mulai berasa lagi..

    Nikmatnya udah main Futsal, di suguhin kolak haduuh sambil dengerin ceramah Mamah Dedeh..

  5. ke2nai Oktober 24, 2012 at 1:03 am

    blm pernah nyoba kl pk gula palm.. Tp kayaknya enak juga ya apalagi sy gak terlalu suka yg manis2 πŸ™‚

  6. Ejawantah Wisata Oktober 24, 2012 at 8:16 am

    Wah…. sayang jauh Mba, kalau dekat boleh juga menunya untuk minuman selingan pelepas makan sore aau pun menjelang malam. bikin ngiler aja Mba. He…x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

  7. Abdul Cholik Oktober 24, 2012 at 2:01 am

    Kami biasa mbuat kolak labu kuning atau kolak kolang-kaling saja jeng.
    Entar nyoba campur2 ach..kayaknya jos nich
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

  8. jiah al jafara Oktober 24, 2012 at 2:30 am

    cocok nih buat buka puasa nanti πŸ˜€

  9. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:55 pm

    Pasti itu Mbak Jiah πŸ™‚

  10. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:56 pm

    Hehehe..Kalau untuk dimakan menjelang malam..waduh..mudah2an masih cocok ya Pak Indra..

    Salam wisata Pak πŸ™‚

  11. Akhmad Muhaimin Azzet Oktober 31, 2012 at 2:13 am

    Biasanya kalo ibuk saya mbuat, kolak labu kuning sama ketela pohon; wah… boleh juga tuh ditambah kolang-kaling….

  12. Evi Indrawanto Oktober 31, 2012 at 12:58 pm

    Kolang-kaling untuk menemani rasa lembut dari ketela pohon pak Azzet πŸ™‚

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Nikmati piknik yang berbeda selama bulan Ramadan

    Nikmati Piknik yang Berbeda Selama Bulan Ramadan

  • Es-kopi-gula-aren-enak-untuk-keberlangsungan-kedai-kopi

    Kopi Susu Gula Aren Enak Untuk Keberlangsungan Kedai Kopi

  • 7 cara menyeduh kopi, manual dan mesin

    7 Cara Menyeduh Kopi, Manual dan Mesin

  • 6 jenis kopi terkenal di dunia

    6 Jenis Kopi Terkenal di Dunia, Satunya Indonesia

  • Pempek keju, kreativitas dari dunia kuliner

    Pempek Keju – Kreativitas Dari Bisnis Kulier

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar