Kolak Kolang-Kaling Labu Kuning

kolak kolang-kaling
Kolak Campur Sari

Dalam kulkas ada kolang-kaling dan labu kuning. Walau tak puasa saya putuskan untuk dibuat kolak saja. Kebetulan juga punya kelapa muda. Maka jadi lah kolak campur sari : kolang-kaling, labu kuning dan kelapa muda.

Untuk membuat kolak ini saya menggunakan bahan :

1/4 buah labu kuning – kupas, potong  kotak
1/2 kg kolang-kaling
1 buah kelapa muda – keluarkan airnya kerok, sisihkan
1 gelas susu cair tawar rasa vanila
2 lembar daun pandan
1/2 sendok teh vanili
200 gram arenga palm sugar (gula semut aren).

Cara membuat :

Didihkan dua 3 gelas air lalu masukan kolang-kaling, tunggu 5 menit. Setelah itu susul dengan labu kuning. Berturut-turut kemudian masukan kelapa muda, daun pandan, vanilli, susu dan arenga palm sugar. Agar rasanya tambah legit tambahkan seujung sendok teh garam. Setelah mendidih kembali angkat, dinginkan baru disajikan.

Note : Karena kadar kemanisan palm sugar cuma 90 % dari gula pasir, jika kurang manis boleh tambahkan satu sendok lagi atau sesuai selera.

Selamat mencoba.

Salam,
 — Evi
 Arenga Palm Sugar Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Share artikel ini

12 Comments

  1. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:12 am - Reply

    Hahahah..Iya Cik..selesai main futsal, dengerin ceramah mama dedeh, gak ada penutup sempurna selain kolak kolang-kaling labu kuning…

  2. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:13 am - Reply

    gula palem ini, cuma nama lain dari gula aren Mbak Myr..Maksudnya gak ada gula palem, gula aren biasa juga okeh 🙂

  3. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 2:11 am - Reply

    Tambah banyak campuran, tambah lengkap gizinya Pakde 🙂

  4. Nchie Hanie Oktober 24, 2012 at 12:55 am - Reply

    Mbaaaa..mau donk..
    Pasti buat menu berbuka puasa nanti ya..
    Hmm..suasana lebaran mulai berasa lagi..

    Nikmatnya udah main Futsal, di suguhin kolak haduuh sambil dengerin ceramah Mamah Dedeh..

  5. ke2nai Oktober 24, 2012 at 1:03 am - Reply

    blm pernah nyoba kl pk gula palm.. Tp kayaknya enak juga ya apalagi sy gak terlalu suka yg manis2 🙂

  6. Ejawantah Wisata Oktober 24, 2012 at 8:16 am - Reply

    Wah…. sayang jauh Mba, kalau dekat boleh juga menunya untuk minuman selingan pelepas makan sore aau pun menjelang malam. bikin ngiler aja Mba. He…x9

    Sukses selalu
    Salam Wisata,

  7. Abdul Cholik Oktober 24, 2012 at 2:01 am - Reply

    Kami biasa mbuat kolak labu kuning atau kolak kolang-kaling saja jeng.
    Entar nyoba campur2 ach..kayaknya jos nich
    Terima kasih resepnya
    Salam hangat dari Surabaya

  8. jiah al jafara Oktober 24, 2012 at 2:30 am - Reply

    cocok nih buat buka puasa nanti 😀

  9. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:55 pm - Reply

    Pasti itu Mbak Jiah 🙂

  10. Evi Saja Oktober 24, 2012 at 1:56 pm - Reply

    Hehehe..Kalau untuk dimakan menjelang malam..waduh..mudah2an masih cocok ya Pak Indra..

    Salam wisata Pak 🙂

  11. Akhmad Muhaimin Azzet Oktober 31, 2012 at 2:13 am - Reply

    Biasanya kalo ibuk saya mbuat, kolak labu kuning sama ketela pohon; wah… boleh juga tuh ditambah kolang-kaling….

  12. Evi Indrawanto Oktober 31, 2012 at 12:58 pm - Reply

    Kolang-kaling untuk menemani rasa lembut dari ketela pohon pak Azzet 🙂

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

  • Apa-itu-makanan-organik

    Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait