Mengenal Daun Ubi Jalar Sebagai Sayuran Lezat

Categories: Kesehatan|Komentar Dinonaktifkan pada Mengenal Daun Ubi Jalar Sebagai Sayuran Lezat|
Mengenal daun ubi jalar sebagai sayuran lezat

ARENGAINDONESIA.com – Mengenal Daun Ubi Jalar yang enak sebagai salah satu sayuran hijau pengganti bayam

Jika Sobat Arenga ingin menambahkan beberapa variasi pada sayuran hijau, gak selalu bayam, caysim atau kangkung lho. Cobain deh Daun ubi jalar atau dalam bahasa Latin bernama Ipomoea batatas ini. Tanaman dengan daun berbentuk hati ini tak kalah lezat dari sayur bayam dan banyak banget tumbuh di Indonesia dengan iklim tropis ini. Budidaya ubi jalar juga mudah.

Selain rasanya kenyal-kenyal unik , dapatkan banyak manfaat kesehatan dari daun ubi jalar. Terus baca sampai ke bawah ya teman-teman untuk mempelajari cara memasukkannya ke dalam hidangan sayur hijau bergizi untuk keluarga

Apa itu Daun Ubi Jalar?

Ohya sebelumnya apa itu daun ubi jalar?

Daun ubi jalar adalah bagian daun tanaman ubi jalar yang dapat dimakan. Daun ini kaya nutrisi dan memiliki rasa unik yaitu sedikit manis dan kenyal. Mereka sering terlihat dalam menu masakan Indonesia dan Cina. Pengolahannya juga bersahaja seperti di tumis, sup, dan salad.

Daun ubi jalar tidak hanya enak, tetapi juga menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk menjadi sumber vitamin A dan C, zat besi, dan serat yang baik.

Memasukkan daun ubi jalar ke dalam menu adalah cara yang bagus untuk menambahkan variasi pada sayuran hijau guna meningkatkan asupan nutrisi harian kita.

Seperti Apa Rasanya?

Semasa kecil hidup di desa, daun ubi jalar ini tidak pernah dilirik sebagai sumber makanan. Setelah panen dan umbinya dikumpulkan, daunnya digunakan sebagai makanan sapi dan kambing atau dibuang begitu saja. Kalau ingat sekarang eman-eman banget.

Nah setelah bertemu dengan tumis pucuk daun ubi jalar di sebuah resto, Mamin pun mulai melirik dan menambahkan jenis sayuran hijau ini ke dalam menu makanan keluarga. Kebanyakan hanya ditumis dengan bawang merah, bawang putih, cabe dan terasi. Terus dikasih ikan teri medan dikit untuk memperkuat rasa. Alah mak enak banget!

Secara umum, olahan daun ubi jalar rasanya ringan dan cukup netral. Jadi cocok kalau disandingkan dengan berbagai hidangan.

Memasaknya pun mudah. Daun mudah empuk dan memiliki tekstur yang mirip dengan bayam atau kangkung. Namun rasa daun ubi jalar bisa juga sedikit berbeda. Karena memasak itu tergantung dari bumbu dan cara pembuatannya. Tapi secara keseluruhan mereka menawarkan tambahan yang enak dan bergizi untuk dinikmati bersama.

Apa Manfaat Kesehatannya?

daun ubi jalar tumis teri medan
Daun ubi jalar tumis teri medan


Daun ubi jalar tidak hanya enak namun juga bisa dijadikan sebagai sumber vitamin A, C, dan E, serta mineral seperti zat besi dan kalsium. Mereka adalah nutrisi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperkuat tulang dan gigi.

Ditambah lagi, daun ubi jalar kaya akan antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Jadi cukup bijaksana bukan bila mMemasukkan daun ubi jalar ke dalam menu makanan kita?

Bagaimana Cara Mengolahnya?

Karena sifat rasanya netral, daun ubi jalar dapat dimasak dalam berbagai cara. Bisa ditumis, dikukus, sayur lodeh atau ditambahkan ke dalam sup dan salad.

Daunnya sedikit manis dan bersahaja, mirip dengan bayam atau kangkung. Itu lah mengapa mereka bisa digunakan sebagai pengganti sayuran hijau lainnya dalam berbagai resep.

Beberapa hidangan populer yang menyajikan daun ubi jalar antara lain tumis daun ubi jalar ikan teri medan dengan bumbu bawang putih, bawang merah, cabe dan terasi.

Kalau pun hendak dibuat bobor atau digulai santan seperti lodeh juga enak. Yang penting teman-teman bisa bereksperimen dengan berbagai metode memasak dan resep. Nah dari sana akan k menemukan berbagai cara untuk menikmati sayuran berdaun hijau yang kaya gizi ini.

Kesimpulan

Jadi mari kita simpulkan segala manfaat sayuran dari daun ubi jalar ini:

  1. Nutrisi Tinggi: Daun ubi jalar adalah sumber nutrisi yang sangat baik, khususnya dalam hal serat, vitamin, dan mineral. Makan sayuran hijau dari daun ubi jalar dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap asupan nutrisi harian kita.
  2. Kesehatan Jantung: Konsumsi daun ubi jalar dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Kandungan seratnya dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan tekanan darah, yang merupakan faktor penting dalam mencegah penyakit jantung.
  3. Manfaat Kesehatan Umum: Sayuran hijau ini juga dikenal memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melawan penyakit dan peradangan dalam tubuh.
  4. Mudah Dibudidayakan: Daun ubi jalar relatif mudah dibudidayakan, sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk pertanian lokal dan pangan sehat yang terjangkau.
  5. Variasi dalam Masakan: Terakhir, daun ubi jalar dapat digunakan dalam berbagai resep dan masakan, yang menambah variasi dalam diet sehari-hari.

Jadi begitu lah sedikit perkenalan kita dengan daun ubi jalar. Semoga bermanfaat untuk Sobat Arenga semuanya.

Arenga Indonesia. Produsen palm sugar di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter