Resep Wafel Labu Kuning Arenga

Wafel-labu-kuning-arenga

Resep wafel labu kuning Arenga salah satu favorit cemilan keluarga. Sekalipun waffle aslinya di negara barat banyak disajikan sebagai sarapan, di Indonesia juga dinikmati sebagai cemilan harian. Begitupun disajikan hampir setiap saat, pagi, siang dan sore.

Sementara labu kuning atau labu parang sendiri, di Indonesia sering diolah menjadi kolak. Banyak disajikan di bulan Ramadan. Atau sebagai campuran sayur bening. Mamin pertama kali menikmati sayur bening daun kelor yang dicampur daging labu kuning di Bima beberapa tahun lalu. Nah sejak itu jadi penggemar berat labu kuning. Baik dibening dengan kelor atau katuk atau sebagai dalam campuran sayur. Orang jawa menyebutnya waluh, dan gak ada matinya diolah jadi hidangan sehat yang lezat.

Begitu lah, banyak manfaat kesehatan yang diberikan labu kuning. Dagingnya yangย  lembut warna kekuninganย  penuh dengan Vitamin C dan beta karoten. Jadi emang gak ada salahnya buah bernama latin Cucurbita moschata ini diolah untuk cemilan seperti waffle.

Resep Wafel Labu Kuning Arenga

Bahan-bahan untuk membuat resep labu kuning

Palm Sugar Arenga Indonesia

Palm Sugar Arenga Indonesia

  1. Setengah butir labu kuning, kupas, rebus, lima sampai dapat dua cangkir daging labu kuning.
  2. 1 1/4 cangkir tepung terigu.
  3. 3 sendok makan Arenga Palm Sugar atau gula semut
  4. 2 sendok teh baking powder
  5. 1 1/2 sendok teh kayu manis
  6. 1/2 sendok teh pala bubuk
  7. 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
  8. 1/2 sendok teh garam garis baru 1 butir telur ayam
  9. 1 sendok teh vanila
  10. 2 sendok makan mentega cair
  11. Satu cangkir susu almond tawar

Cara membuat wafel labu kuning arenga

  • Panaskan cetakan waffle
  • Dalam mangkuk sedang campuran tepung, ARENGA Palm sugar, baking powder, cengkeh, pala, dan garam
  • Dalam mangkuk terpisah, campuran telur daging labu yang sudah dilumat, vanili, mentega dan susu almond.
  • Tambahkan ke campuran tepung dan aduk rata.
  • Tuangkan sekitar 12 adonan kedalam waffle besi yang sudah dipanaskan.
  • Masak sampai matang dan siap dihidangkan.

Manfaat Labu Kuning

Resep-wafel-labu-kuning-arenga

Manfaat Labu Kuning – Labu Parang

Setiap cangkir daging labu kuning terkandung di dalamnya kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, vitamin A, vitamin , Ckalium, tembaga, mangan, vitamin B2, vitamin E dan zat besi.

Keuntungan lain dari sering mengkonsumsi labu kuning adalah selain karena kandungan vitamin dan mineral, labu juga relatif rendah kalori. Bukan itu saja warna kuning dari labu kuning ini sangat tinggi beta karoten, karotenoid yang diubah tubuh menjadi vitamin A.

Selain itu labu kuning juga mengandung kandungan antioksidan yang bisa mengurangi risiko penyakit kronis akibat radikal bebas.

Karena radikal bebas adalah molekul yang diproduksi oleh proses metabolisme tubuh,ย  tidak stabil dan ternyata mereka juga bermanfaat. Berperan dan berguna untuk mencegah serta menghancurkan bakteri berbahaya. Tapi bila radikal bebas dalam tubuh berlebihan juga dapat mengakibatkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Jadi kalau ada kesempatan makan makanan sehat seperti labu kuning ini, dinikmati ya teman-teman

Baca juga resep Arenga yang lain:

  1. 8 Resep Masakan Ayam Arenga Pasti Disukai Keluarga
  2. Pancake Pisang Gula Aren
  3. Green Smoothies Penurun Berat Badan

Share artikel ini

30 Comments

  1. Dian Restu Agustina Desember 14, 2020 at 11:31 am

    Terbayang harumnya wafel labu kuning arengaโ€ฆ.enggak kepikir sebelumnya labu kuning buat wafel..Thanks idenya Mbak evi, bisa dicoba ini. Juga daun kelor disayur sama labu kuning wow, penasaran sama rasanya

    • Arenga Indonesia Desember 14, 2020 at 12:27 pm

      Selamat mencoba Mbak Dian ๐Ÿ˜€

  2. Dwi Puspita Desember 14, 2020 at 7:50 pm

    Hujan2 gini emang kudu rajin bikin camilan sehat nih, salah satunya pakai gula aren agar rasa manis yang dihasilkan dapat menyehatkan juga

    • Arenga Indonesia Desember 15, 2020 at 9:32 am

      Iyaaa Mak. Apa lagi bila masih PSBB ya, dan masih banyak di rumah aja. Mending bikin cemilan sehat untuk seluruh anggota keluarga. Gak perlu jajan ke luar ๐Ÿ™‚

  3. Mugniar Desember 14, 2020 at 11:40 pm

    Sama kayak Mbak Dia, belum pernah terpikir labu bisa dibuat wafel, biasanya kolak atau cake, atau puding ya. Makasih resepnya, Mamin.

    • Arenga Indonesia Desember 15, 2020 at 9:33 am

      Sama-sama Niar. Jadi besok-besok kalau beli labu banyak, sudah tahu kan mau dibuat apa aja ๐Ÿ™‚

  4. nchie hanie Desember 15, 2020 at 10:42 am

    Aah, wafel labu kuning, belom pernah nyobain.
    Ini resep petama kali aku lihat kalo labu kuning bisa diolah jadi wafel.
    Naah..aku kebeneran punya stok labu kuning, oleh2 dari IBu depan rumah mudik, hiihi/

    • Arenga Indonesia Desember 15, 2020 at 11:20 am

      Wah boleh langsung dieksekusi tuh, Cik ๐Ÿ™‚

  5. Keke Naima Desember 15, 2020 at 2:29 pm

    Suka nih saya camilan begini. Suami juga lagi pengen wafle. Tapi, saya lupa menyimpan cetakannya di mana hehehe

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 9:13 am

      Iya dicari cetakannya di gudang Mbak Myr ๐Ÿ™‚

  6. Armita Desember 15, 2020 at 4:48 pm

    Pas banget di rumah lagi ada labu kuning. Tinggal order arenga nya aja nih

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 9:14 am

      Ahh syiap. Arenga ada di market place kok Mbak. Tokopedia, Shopee, Bli Bli atau yang lainnya ๐Ÿ™‚

  7. nurulrahma Desember 15, 2020 at 6:30 pm

    Aku HARUS COBAAAA
    Soalnya selama ini bikin wafel cuma dari tepung doang, dan gitu2 aja rasanya.
    Kalo dipadu dgn labu kuning, pasti makin yummy!!

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 9:12 am

      Iya Mbak. Membelokan rasa waffel dari tepung ke labu kuning, pastinya unik ya ๐Ÿ™‚

  8. mega Desember 15, 2020 at 8:20 pm

    baru tau loh, kalau kandungan dari labu kuning itu banyak banget. dan sepertinya cocok buat aku yang lagi hamil mbak. Jadi punya ide nih buat ngolah labu jadi waffle enak kayak gini. Nyoba buat di weekend ah

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 9:09 am

      Wah benaran Mbak, makan labu di saat hamil pasti bagus sekali. Selamat mencoba ya

  9. Mia Yunita Desember 15, 2020 at 8:49 pm

    Wah aku baru tau nih kalo labu pun bisa dijadikan bahan pembuatan wafel. Pasli enak dan manisnya khas yaa. Apalagi ditambah gula aren sebagai bahan pemanisnya. Aroma & manisnya pasti khas banget.

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 8:55 am

      Wafel labu gula aren Arenga ini rasanya seperti kolak labu tapi versi lebih kering. Dan aromanya lebih wangi karena faktor daging labu yang terpanggang ๐Ÿ™‚

  10. Dedew Desember 16, 2020 at 6:39 am

    Perpaduan labu kuning dan Gula aren tak hanya lezat tapi juga sehat ya double combo pisan ya Mbak..resepnya mau ditiru ah .

    • Arenga Indonesia Desember 16, 2020 at 8:52 am

      Begitu lah Mbak. Nikmatnya dapat, sehatnya juga ๐Ÿ™‚

  11. Nyam baru tahu kalu labu pun bisa dipakai sebagai bahan baku bikin wafel ๐Ÿ˜€
    AKu paling suka makan wafel sama es krim, eh tapi kalau pun makan asin dengan ayam goreng dan saus tomat sambel juga mau siihh, jangan lupa goreng kentang hehe.
    Makasih mbak resepnya ๐Ÿ˜€

  12. Dian Desember 16, 2020 at 8:44 pm

    gula aren ternyata cocok untuk berbagai jenis makanan ya mbak, termasuk waffle
    bisa jadi rekomendasi camilan di rumah

  13. lendyagasshi Desember 16, 2020 at 10:24 pm

    Waffle kesukaan anak aku banget, kak..
    Ini bisa jadi tips agar anak makan buah atau sayur yaa..

  14. Andy Hardiyanti Desember 16, 2020 at 10:25 pm

    Anak kedua saya doyan banget makan labu. Dia juga cemilan macam Waffle gini. Wuahh kalau Wafel Labu gini kira-kira bakal suka gak yaa.. kapan-kapan deh dicoba.

  15. Larasati Neisia Desember 16, 2020 at 11:10 pm

    Waah wafle dengan kearifan lokal nih dari labu kuning. Lihat dari tampilannya sih menggoda banget, cocok dijadikan cemilan sore sambil ngeteh. Boleh dicoba, tapi beli cetakan sama arenga-nya dulu hehe.

  16. echaimutenan Desember 16, 2020 at 11:40 pm

    Aku inget terakhir kali labu ini pakai buat mpasi xixixi pengen buat roti labu cake gitu kayaknya enak cuma belum pernah coba

    Enakkk pasti ama gula arenn maniss pas

  17. Herva Yulyanti Desember 17, 2020 at 2:28 am

    Wah bikin waffle pake labu kuning resepnya mantab aku jadi inget mpasi anak kalau liat labu kuning nih mba hehhe jadi pengen cobain

  18. Uniek Kaswarganti Desember 17, 2020 at 6:28 am

    Ternyata labu kuning bisa juga dibikin wafel ya mba. Waahh kreatif banget nih, boleh juga nih dicontek resepnya. Apalagi dikasih Arenga, rasanya pasti makin mantap tuh.

  19. Dawiah Desember 19, 2020 at 7:29 pm

    Dilihat dari kandungan labu kuning yang rendah kalori, bisa nih sering-sering dikonsumsi sebagai pengganti makanan lain untuk diet. Bikin wafel labu kuning juga ini bisa loh, secara kandungan gulanya sedikit banget. Noted. Makasih resepnya ya mbak.

  20. Khoirur Rohmah Desember 30, 2020 at 9:56 pm

    Wahh, bisa dicoba nih utk olahan labu.soalnya pernah dapat labu dari paman, bingung mau dibikin olahan camilan apa selain yg itu itu
    Bisa deh dibikin Wafel Labu kuning dengan gula Aren ini.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait