5 Manfaat Kedelai Hitam Untuk Kesehatan

Categories: Kesehatan|Komentar Dinonaktifkan pada 5 Manfaat Kedelai Hitam Untuk Kesehatan|
Manfaat kedelai hitam untuk kesehatan

ARENGAINDONESIA.comManfaat Kedelai Hitam: Wujudkan Kesehatan yang Lebih Baik dengan Makanan Sehat

Teman-teman pasti sudah akrab dengan kedelai hitam, bukan? Atau setidaknya jika pernah menikmati makanan yang dibumbui kecap, pasti sudah berkenalan dengan kacang dengan biji kulit hitam ini. Iya kedelai hitam adalah bahan untama untuk membuat kecap yang dimaniskan dengan gula aren itu.

Kecap yang dibuat dari fermentasi kedelah hitam ini rasanya manis dan gurih yang khas, serta menjadi bumbu utama dalam berbagai masakan Indonesia. Kecap memiliki tekstur yang cair dan warna cokelat gelap atau hitam, mengikuti warna gula aren dan kedelai sebagai pemanis utamanya.

Berkat kandungan nutrisinya yang beragam, selain dibuat kecap, ada sejumlah manfaat kedelai hitam yang baik untuk tubuh. Mulai dari memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah, menurunkan risiko terkena penyakit jantung, hingga bahkan mampu memerangi kanker.

Tapi, masa iya untuk mendapatkan berbagai manfaat kacang kedelai hitam, kita harus minum kecap terus menerus? Enggak juga kalik! Jadi baca sampai di bawah ya teman-teman. Makanan apa saja yang bisa dibuta dari kacang kedelai hitam.

Penyuka kedelai hitam, ini 5 manfaat kesehatan yang akan kalian dapatkan:

Foto kedelai hitam masih dalam kulitnya
Kedelai hitam dalam kulit

1. Manfaat Kedelai Hitam untuk Kesehatan Jantung

Bagi Sobat Arenga, penting untuk mengetahui bahwa kedelai hitam bisa diandalan dalam merawat kesehatan jantung. Karena kedelai selain mengandung serat tinggi dan lemak tak jenuh, juga mengandung omega-3 dan omega-6. Za-zat ini dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

Selain itu, kandungan fitonutrien seperti flavonoid dan karotenoid dalam kedelai hitam juga berperan dalam melindungi jantung dari radikal bebas, menjaga kelenturan pembuluh darah, dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

2. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Dengan rutin mengonsumsi kedelai hitam, Anda dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Studi telah menunjukkan bahwa makanan tinggi serat, seperti kedelai hitam, dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi peradangan pada pembuluh darah. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi dalam kedelai hitam juga membantu menjaga elastisitas dinding arteri, sehingga meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah penggumpalan darah yang berpotensi menyebabkan serangan jantung.

3. Memerangi Kanker dengan Kedelai Hitam

Bagi Sobat Arenga yang ingin mencegah risiko kanker, kedelai hitam bisa jadi salah satu pilihan makanan sehat. Karena kacang ini mengandung senyawa alami bernama fitoestrogen, seperti isoflavon, yang telah terbukti memiliki sifat antikanker.

Fitonutrien ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan sel kanker, serta membantu melindungi sel-sel sehat dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

Meskipun manfaat kedelai hitam dalam mencegah kanker masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, mengonsumsinya sebagai bagian dari pola makan yang sehat dapat memberikan perlindungan tambahan bagi tubuh kita.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain baik untuk jantung dan melawan kanker, kedelai hitam juga memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang. Kedelai hitam kaya akan kalsium, mineral penting yang diperlukan untuk pembentukan dan pemeliharaan tulang. Ini menjadikannya makanan yang bagus untuk mencegah osteoporosis dan menjaga kekuatan tulang sepanjang usia.

Selain itu, kandungan fitoestrogen juga dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi risiko penurunan massa tulang yang terkait dengan menopause pada wanita.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Kedelai hitam mengandung nutrisi penting seperti lemak omega-3, fosfor, dan magnesium, yang berperan dalam menjaga kesehatan otak. Omega-3 adalah nutrisi esensial yang membantu membangun struktur sel otak dan meningkatkan kinerjanya. Sementara fosfor dan magnesium berperan dalam mengoptimalkan fungsi saraf dan membantu mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Untuk menikmati kedelai hitam, di bawah adalah salah satu contoh resep yang bisa teman-teman eksekusi di dapur sendiri:

Resep Kedelai Hitam Kuah yang Menggugah Selera

Resep kedelai hitam yang menggugah selera
Resep yang menggunakan kedelai hitam sebagai bahan utama

Kedelai hitam bisa diolah menjadi hidangan berkuah gurih. Hidangan berkuah ini membawa sensasi yang berbeda dalam memanjakan lidah kita. Ambil manfaat kedelai hitam dengan hidangan gurih ini. Kuahnya yang kaya akan rempah-rempah dan bumbu-bumbu pilihan menjadikan hidangan ini istimewa.

Bahan-bahan:

  • 250 gram kedelai hitam kering
  • 1/2 kg daging dada ayam, rebus dan potong kotak
  • 1 liter kaldu sayuran atau ayam
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 cm jahe, iris tipis
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 1 sendok makan kecap manis
  • 1 sendok makan Arenga palm sugar
  • 1 sendok makan saus tiram
  • Garam dan merica secukupnya
  • Minyak untuk menumis
  • Bawang Goreng

Cara Membuat:

  1. Rendam kedelai hitam dalam air selama minimal 4 jam atau semalaman. Tiriskan dan bilas dengan air bersih.
  2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, jahe, serai, daun salam, dan daun jeruk hingga harum.
  3. Masukkan kedelai hitam yang sudah direndam dan tiriskan. Aduk hingga bumbu meresap.
  4. Tuangkan kaldu sayuran atau ayam ke dalam wajan. Biarkan mendidih.
  5. Masukan potongan daging ayam
  6. Setelah mendidih, kecilkan api dan biarkan kuah mendidih perlahan selama sekitar 30-40 menit hingga kedelai empuk dan kuah mengental.
  7. Tambahkan kecap manis, palm sugar, saus tiram, garam, dan merica. Aduk rata dan cicipi rasa. Sesuaikan bumbu sesuai selera.
  8. Setelah kuah mengental dan kedelai empuk, matikan api.

Penyajian: Tuangkan Kedelai Hitam Kuah ke dalam mangkuk saji. Hidangan ini bisa disajikan panas sebagai menu utama di meja. Tambahkan sedikit taburan daun seledri atau bawang goreng untuk memberikan aroma lebih enak. Sajikan dengan nasi putih hangat dan hidangan pendamping lainnya.

Penutup

Gimana teman-teman? Banyak ya yang ditawarkan kedelai hitam sebagai tambahan makanan? Sobat Arenga yang ingin meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan, boleh mencoba menikmati manfaat kedelai hitam ini.

Dengan memasukkan kedelai hitam ke dalam pola makan sehat, kita dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan risiko penyakit jantung, memerangi kanker, menjaga kesehatan tulang, dan meningkatkan fungsi otak. Tetaplah menjaga gaya hidup sehat dan penuh perhatian terhadap nutrisi untuk meraih manfaat maksimal dari kedelai hitam demi kesehatan yang lebih baik.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Menjelajahi surga sup kari di Sapporo, Jepang

    Menjelajahi Surga Sup Kari di Rojiura Curry Samurai Sakura, Sapporo

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter