5 Resep Masakan Untuk Tumbuh Kembang Balita

Roti Panggang saus putih untuk balita

5 Resep Masakan Untuk Tumbuh Kembang Balita – Setiap orang tua menginginkan anak-anaknya tumbuh dengan sempurna. Baik secara fisik maupun mental. Karena anak-anak yang sehat akan berkembang menjadi manusia berkualitas. Nah salah satu unsur penting dalam mewujudkan impian tersebut adalah dengan memberi mereka makanan “yang baik”. Artinya seimbang dengan kandungan nutrisi lengkap.

Resep masakan untuk tumbuh kembang balita

Unsur nutrisi seimbang dalam makanan balita,  haruslah mengandung sumber tenaga. Ini berguna untuk menunjang aktivitas seperti bergerak dan berlari. Nah makanan untuk tenaga  bisa kita dapatkan dari bahan makanan mengandung karbohidrat.

Begitupun anak-anak memerlukan makanan sebagai sumber pembangun. Berguna  untuk membentuk jaringan tubuh seperti pertumbuhan gigi, tulang dan bagian tubuh yang lain. Sumber gizi untuk keperluan pembangunan ini didapat  dari makanan yang mengandung protein. Baik protein hewani maupun protein nabati.

Begitupun balita membutuhkan sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Terutama Vitamin A, D, E, K B, B Ccomplex dan Vitamin C.  Vitamin  dibutuhkan untuk mengatur proses metabolisme dan pertumbuhan tubuh.

Baca juga Resep Masakan Arenga yang lain:

  1. Resep Beef Teriyaki Gula Aren
  2. Resep Wafel Labu Kuning Arenga
  3. 7 Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak

Berikut adalah resep masakan balita untuk tumbuh kembang sempurna – 5 Resep Masakan Untuk Tumbuh Kembang Balita

1. Makaroni Goreng

Bahan-bahan

  • 50 g tepung terigu
  • 5 butir telur ayam
  • 100 gram wortel parut kasar
  • 125 makroni rebus lalu tiriskan
  • 50 gram kornet
  • 50 gram kacang polong
  • 50 g bawang bombay cincang
  • 3 siung bawang putih cincang
  • Satu sendok teh garam
  • 1 sendok teh Arenga gula aren bubuk
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • Satu sendok teh pala bubuk
  • Minyak goreng untuk menggoreng

Cara Membuat Makaroni Goreng

  1. Campur tepung terigu dengan telur, aduk rata
  2. Masukkan wortel, makaroni, kornet, kacang polong bawang bombay, bawang putih garam merica dan pala, aduk rata. Bagi jadi 5 bagian
  3. Panaskan kurang-lebih sendok makan minyak dalam wajan datar, tuangkan satu per satu dari 3 bagian adonan. Goreng adonan macaroni bentuk bundar tipis, sambil dibalik hingga berwarna kecoklatan.
  4. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan.
  5. Hidangkan selagi panas.

Cara Membuat Roti Panggang Saus Putih

Buat saus putih: panaskan margarin dalam wajan hingga mencair, masukkan tepung terigu aduk aduk sambil dituangi susu sedikit demi sedikit sampai habis, beri garam dan merica aduk rata angkat.

  1. ambil satu lembar roti tawar, bentuk dengan cetakan sesuai selera, beri satu lembar daging asap, bentuk sama dengan lembaran roti tawar, olesi atasnya dengan saus putih, taburi atasnya dengan keju parut.
  2. Panggang roti dalam oven sampai berwarna kecokelatan, angkat titik hidangkan selagi panas.

2. Sup Labu Kuning – 5 Resep Masakan Untuk Tumbuh Kembang Balita

Sup labu kuning resep masak

Sup labu kuning resep masak

Bahan-bahan sup labu kuning

  • 1 liter kaldu
  • 200 gram labu kuning kukus lalu dihaluskan
  • 25 margarin
  • Satu sendok makan bawang bombay cincang25 g tepung terigu
  • 50 gram keju parut
  • 100 gram tahu, kukus, iris dadu kecil
  • 25 gram daging asap, iris kecil
  • 50 g kacang polong
  • Satu sendok teh garam
  • Satu sendok merica bubuk
  • Satu sendok teh pala bubuk
  • Satu sendok teh Arenga palm sugar bubuk

Cara Membuat Sup Labu Kuning

  1. Rebus kaldu bersama labu yang sudah dihaluskan, lalu saring sisihkan.
  2. Tumis bawang bombay dengan margarin hingga layu masukkan tepung terigu, aduk aduk sambil dituangi kaldu sedikit demi sedikit sampai habis.
  3. Masukkan keju parut, tahu, daging asap, dan kacang polong. Rebus sebentar. Masukkan Arenga palm sugar, garam, merica, dan aduk rata
  4. Angkat dan hidangkan

3. Sup Wortel Telur Puyuh Untuk Balita

Sup wortel telur puyuh untuk balita

Sup wortel telur puyuh untuk balita

Bahan-bahan untuk membuat sup wortel

  • 200 gram wortel rebus potong kecil
  • 1 liter kaldu
  • 25 gram margarin
  • 25 g tepung terigu
  • 50 gram kacang kapri iris serong
  • 1 sendok makan daun bawang
  • 100 gram sosis ayam, iris kecil
  • 10 butir telur puyuh rebus kupas
  • Satu sendok teh garam
  • Setengah sendok teh merica
  • Setengah sendok teh pala bubuk
  • 1 sendok makan seledri cincang

Cara membuat Sup Wortel Telur Puyuh

  1. Haluskan wortel bersama kaldu dengan blender.
  2. Panaskan margarin dalam wajan hingga mencair. Masukkan tepung terigu, aduk rata.
  3. Tuangkan kaldu wortel sedikit demi sedikit sampai habis. Sambil diaduk.
  4. Masukkan kapri, daun bawang, sosis, dan telur puyuh rebus.
  5. Beri garam merica pala dan Sari kaldu bubuk titik masak hingga mendidih angkat garis baru hidangkan dengan taburan seledri cincang

4. Roti Panggang Saus Putih

Roti Panggang saus putih untuk balita

Roti Panggang saus putih untuk balita

Bahan-bahan untuk membuat roti panggang saus putih

  • 30 gram margarin
  • 30 gram tepung terigu
  • 300 cc susu
  • Satu setengah sendok garam
  • Satu setengah sendok teh merica
  • 3 lembar roti tawar seberat 40 gram
  • 3 lembar daging asap setiap lembarnya 20 gram
  • 30 gram keju parut.

Cara Membuat Roti Panggang Saus Putih

Buat saus putih: panaskan margarin dalam wajan hingga mencair, masukkan tepung terigu aduk aduk sambil dituangi susu sedikit demi sedikit sampai habis, beri garam dan merica aduk rata angkat.

  1. ambil satu lembar roti tawar, bentuk dengan cetakan sesuai selera, beri satu lembar daging asap, bentuk sama dengan lembaran roti tawar, olesi atasnya dengan saus putih, taburi atasnya dengan keju parut.
  2. Panggang roti dalam oven sampai berwarna kecokelatan, angkat titik hidangkan selagi panas.

Share artikel ini

26 Comments

  1. nchie hanie Februari 8, 2021 at 7:48 pm - Reply

    Mamiiiin, resep2nya menggoda banget, mau aku share ke adek ahh yang punya anak setahuun.
    menyehatkan pulaa initu apalagi tambah lezaat kalo pake arenga yaa.
    Sup labu kuning itu loh pengen dicemil akoo, apalagi hujan2 beginiii..

    • Arenga Indonesia Februari 9, 2021 at 8:04 am - Reply

      Iya sop labu gak hanya enak untuk Balita, tapi juga untuk mama dan tantenya Balita, Cik. Mari kita buat untuk cemilan di hari hujan

  2. Suciarti Wahyuningtyas Februari 9, 2021 at 10:53 am - Reply

    Semua ini kesukaan anakku banget, apalagi sup labu kuning biasanya suka aku tambahkan garlic bread juga untuk dia celup2 di supnya.

    • Arenga Indonesia Februari 9, 2021 at 1:23 pm - Reply

      Tambah garlic bread jadi lebih padat ya Mbak. Anak-anak jadi tambah energinya dan kenyang 🙂

  3. andiyani achmad Februari 9, 2021 at 11:06 am - Reply

    aku masih inget ekspresi anakku pertama kali merasakan makanan lain selain MPASI di usia 1 tahun, seperti spaghetti, puding, ayam kecap, dan roti isi manis.. wah dia seneng banget. Btw makasi ya udah berbagi resep yang pasti akan aku coba di rumah nanti

    • Arenga Indonesia Februari 9, 2021 at 1:24 pm - Reply

      Semoga nanti anak-anak suka dengan resep yang ada dalam post blog ini, Mbak

  4. Ucig Februari 9, 2021 at 1:30 pm - Reply

    Yummmy food smua mba. Ini anak2 drmh suka yg sup, roti. Telur puyuh juga doyan banget. Bergiziii banget.
    Klo sup labu belum pernah bikin.. kapan2 mau..noted resepnya

  5. Mugniar Februari 9, 2021 at 7:25 pm - Reply

    Enak-enak nih Kak. Biarpun orang dewasa pasti suka juga kalau lihat resepnya nih.

  6. Hani S. Februari 9, 2021 at 7:37 pm - Reply

    Waaah ini sih resepnya gak hanya akan disukai Balita, tapi Mama Papanya juga bakal suka, enak-enak semua yaaa, hihi. Jadi mau praktekkan satu-satu nih Mba, makasih yaaaa sudah berbagi resep 🙂

  7. Erin Februari 9, 2021 at 8:16 pm - Reply

    Dari menu di atas mau coba yang sup wortel sama roti panggang. Mau ciba yang makaroni pasti anakku gak suka, apalagi yang labu langsung tutup mulut. Susah banget anakku makan menu baru tuh. Apalagi jenis bubur gak doyan.

  8. Dedew Februari 10, 2021 at 5:26 am - Reply

    Menggiurkan semua nih resepnya, lezat dan sehat untuk buah hati ya Uni…

  9. Febrianty Rachma Februari 10, 2021 at 10:21 am - Reply

    Semua emang favorit anak2 ya mbak. Apalagi sup kalau dimakan di musim hujan begini. Ehh tapi aku jadi kepengen nyoba makaroni gorengnya. Biar sedikit berbeda dari olahan biasanya

  10. Huwaaa senenagnya dapat resep buat ide masakan di blogpost ini 😀
    Makaroni goreng kyknya asyik nih buat anak2 yang lagi malas makan. Kan udah masuk juga karbonya di resep ini hehe.
    Roti panggangnya juga enak keknya, anakku suka kalau roti2an gurih gtu mbak 😀 TFS

  11. Dian Restu Agustina Februari 10, 2021 at 3:18 pm - Reply

    Wah, ini kayaknya ga cuman balita, anakku yang sudah SD pun bakalan suka. Nutrisinya lengkap nih bahannya. Bisa di recook buat teman PJJ, karena aku sering kehabisan ide. hehe
    Tengkyu, resepnya Mbak

  12. Utie adnu Februari 10, 2021 at 4:35 pm - Reply

    Aku juga dulu waktu anak2 usia batita seneng bnget explore menu makanan buat mereka jdi keingetan lagi mkasih mba Ada bbrpa yg ku screen shot mau coba di rumah

  13. lendyagasshi Februari 10, 2021 at 8:04 pm - Reply

    Makaroni goreeng…
    Uuh…ini enak banget. Jadi inget sering beli di depan sekolah anak dulu…saat belum pandemi.
    Mumpung punya stok makaroni, cuuss praktekin bikin aah… Yuummyy~

  14. indah nuria Februari 10, 2021 at 11:40 pm - Reply

    ini resepnya enak semuaaa mba dan kayaknya yang bukan balita pun tergoda huahahaha. Anakku suka aneka sandwhich dan biasanya kita berkreasi dengan banyak hidangan roti

  15. Adriana Dian Februari 11, 2021 at 12:10 am - Reply

    wah enak enak semua nih resepnyaaa.. anak anak pasti doyan iniiiiii..nanti mau cobain sup labu kuningnya ah.. Makasi sharing resepnya maaaak

  16. Eryvia Maronie Februari 11, 2021 at 9:28 am - Reply

    Buat balita memang harus diperhatikan kebutuhan gizinya demi tumbuh kembangnya ya kak.

    Makasih sudah berbagi resep.
    Yang macaroni goreng enak juga tuh dicocol sambel, ‘hehe…

  17. Dedew Februari 11, 2021 at 9:47 pm - Reply

    Duh duh enak banget semuanya ngga cuma buat anak nih uni tapi buat mamaknya juga mau hihi…apalagi roti saus putih dan makaroni goreng..yummi…

  18. fanny_dcatqueen Februari 11, 2021 at 11:49 pm - Reply

    Mbaaaaaa ini resepnya sih bukan cuma si krucils yg doyan, emaknya juga bisa ga brenti makan hahahaha.

    Aku pengen banget bikin yg makaroni dan roti saus putih. Eh tapi sup pumpkinnya juga kliatan enak 😀 . Dari semuanya cm sup telur puyuh yang aku prnh bikin.

  19. lendyagasshi Februari 12, 2021 at 7:55 am - Reply

    Ternyata bikin saus putih pada roti panggang, gak susah ya, kak..
    Aku mau praktek aah..mumpung hari libur, pasti pada seneng nyemil “rada” berat niih…

  20. 089699988669 Februari 12, 2021 at 8:07 am - Reply

    Belum pernah bikin sopo labu kakk Min, jadi penasaran juga bikin meski belum ada balita boleh lah ya saya coba buat hahhaha biar nanti ada balita nggak kagok bikin

  21. Mei Daema Februari 12, 2021 at 8:10 am - Reply

    ya ampun mba pagi-pagi saya lihat makanan ini, mau banget tambah laper, apalagi kalau lihat yang sup wortel telur puyuh tapi ini kayaknya tetep enak dimakan sama orangtua juga hehehe, delicious mba

  22. Rifia Nisya Februari 12, 2021 at 8:29 am - Reply

    Resepnya simple-simple tapi rasanya pasti enak, ini sih remaja, maupun orang dewasa juga bakalan suka… Cocok banget buat ngemil, daripada ngemil jajanan yang tidak sehat…

  23. nyi Penengah Dewanti Februari 15, 2021 at 5:54 am - Reply

    Nikmat semuanya untuk dicoba ini sih, hehehe aku belum pernahbikin
    ada contekannya jadi hepi mau coba-coba juga ah.

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait