6 Resep Jajanan Pasar Menggunakan Gula Aren

6 resep jajajan pasar menggunakan gula aren - Resep Kelepon kentang

6 Resep jajanan pasar menggunakan gula aren – Tidak akan ada habisnya jika kita membicarakan makanan dan masakan Indonesia. Siapa pun tahu bahwa kekayaan dan ragam seni kuliner kita paling kaya di dunia. Penuh rempah khas negeri tropis  dengan ragam cita rasa. Itu semua berkat Indonesia yang secara geograffis terletak di lintasan khatulistiwa. Memiliki ragam sumber daya alam dan budaya. Sekalipun berbahan baku sama, tiap etnis punya cara sendiri dalam mengolah makanan.

6 resep jajajan pasar menggunakan gula aren - Resep Kelepon kentang

Resep Kelepon kentang

Dari jutaan resep masakan Indonesia ada satu segmen yang dikelompokkan sebagai cemilan. Cemilan pun beragam jenisnya, ada yang manis, ada pula yang asin. Nah kedua kelompok ini terdapat macam-macam kue basah yang sering disebut sebagai jajanan pasar.

Kali ini Arenga  Indonesia khusus membahas resep tentang jajanan pasar yang menggunakan gula aren. Resep-resep ini mudah dibuat. Bisa sebagai sajian mengisi aktivitas selama masa pandemi dimana kita dituntut lebih banyak tinggal di rumah saja.

Selain untuk dinikmati bersama keluarga, jajanan pasar dengan resep dibawah ini bisa juga dijadikan sebagai bisnis. Teman-teman yang berniat membuka usaha kue basah misalnya semoga terinspiarasi memulai bisnis kuliner. 

Simak 6 resep jajanan pasar menggunakan gula aren di bawah:

1. Kelepon Kentang

Bahan-bahan untuk membuat klepon kentang

  • 250 gram kentang, dikukus dihaluskan
  • 100 gram tepung kanji
  • 100 gram gula aren bubuk ARENGA
  • 2 sendok makan air kapur
  • 6 sendok makan air daun suji
  • Kelapa parut secukupnya dan diberi sedikit garam halus

Cara membuat klepon kentang

  1. Rebus kentang panas-panas dihaluskan beri dengan tepung kanji, garam, air kapur dan daun suji remas-remas sampai rata
  2. Buatlah adonan bentuk bulat bulatan seperti dadu, isi gula merah secukupnya
  3. Guling-guling kan ke dalam parutan kelapa

2. Kue Mangkok

Kue Mangkok

Kue Mangkok

Bahan-bahan untuk membuat kue mangkok

  • 350 gram tepung ketan yang baru ditumbuk
  • 150 gram tepung terigu
  • 200 gram tape singkong, atau satu sendok gist
  • 300 g gula aren bubuk Arenga
  • 100 gram gula pasir
  • 200 cc air hangat Paris baru 200 cc air soda atau air kelapa
  • 1 sendok makan soda kue
  • Air dan vanili secukupnya

Cara membuat kue mangkok:

  1. Campur tepung beras dengan dua gelas air, uleni sampai kalis dan rata.
  2. Masukkan tepung terigu, tape singkong, gula aren arena gula pasir, uleni dan tambahkan air hangat uleni terus sampai 10 menit.
    setelah itu masukkan soda kue sama air soda dan vanili, uleni sampai rata betul titik garis baru
  3. Didihkan air dalam dandang, panaskan cetakan selama 5 menit.
  4. Cetak kue lumpang kok agak penuh kukus sampai matang.
    bila suka warna-warni adonan dibagi dahulu, tambahkan pewarna menurut selera.

3. Ke Mendut

Kue Mendut

Kue Mendut

Bahan-bahan untuk membuat kue Mendut. Untuk kulit:

  • 500 gram tepung kentan
  • 350 cc santan
  • Garam dan air daun suji serta daun pisang secukupnya

Cara membuat kue Mendut:

Seduh tepung ketan dengan sedikit air panas, aduk-aduk lalu diuleni dengan santan dan air daun suji serta garam; garis baru bahan kulit ini diisi dengan bahan isi baru dibungkus. Baru caranya dengan membentuk bulatan yang digilas dengan telapak tangan baru diisi dengan bahan isi, tutup lagi dengan adonan tadi lalu dibungkus dengan daun pisang.
Setelah matang betul baru diangkat dan dihidangkan.

Bahan untuk isi:

  • 3/4 butir kelapa yang agak muda, diparut
  • 2 Ons Arenga palm sugar
  • Garam secukupnya

Cara membuat isi kue Mendut:

  1. semua bahan dicampur jadi satu dan dimasak dalam wajan di atas api kecil topik tunggu sampai masa betul baru diangkat.
  2. Setelah dingin bentuklah bulat-bulat sebesar telur puyuh. Baru dapat diisikan

4. Serabi Kinca

Surabi Kinca

Kue Surabi

Bahan-bahan untuk membuat serabi kinca:

  • 200 gram tepung beras (basah)
  • 50 gram tepung terigu
  • 50 cc air
  • Satu sendok teh fermipan (gist)
  • 1 butir telur ayam
  • 350 cc santan sedang
  • Sedikit garam

Jual gula semut aren kemasan 225 gram

Gula Aren Bubuk Arenga

Cara membuat serabi kinca:

Adonan bubuk (1):

  1. Campur terigu, air dan fermipan, diulangi sebentar, kemudian didiamkan selama 30 menit.
  2. Kocok telur ayam sebentar, masukkan adonan 1, sedikit-sedikit sambil tambahkan air, santan tepung beras aduk sampai rata titik diamkan selama 1 jam. Baru kemudian dicetak.

Bahan Kinca:

  • 150 g gula aren ARENGA
  • 5 gram sagu
  • 1 sendok teh garam halus
  • 500 cc santan sedang
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Serabi Kinca:

  1. Didihkan santan bersama ARENGA gula semut, tambahkan garam dan daun pandan sambil diaduk aduk.
  2. Campuran tepung terigu dengan sedikit air. 
  3. Masukan adonan tadi, masak sampai mendidih baru diangkat. Kuah serabi siap digunakan. 

Baca juga:

  1. Model Ikan Menikmati Masakan Khas Palembang di Serpong
  2. Resep Beef Teriyaki Gula Aren

5. Serabi Kuah

Memasak Surabi

Memasak Surabi

Bahan-bahan untuk membuat serabi kuah :

  • 500 gram tepung terigu
  • 1000 cc santan kental
  • 3 butir telur ayam
  • 150 gram Arenga gula semut
  • 1/2 sendok teh garam halus 

Cara membuat serabi:

  1. Kocok telur sebentar, kemudian masukkan tepung terigu dan garam halus, aduk sampai rata.
  2. Tambahkan 400 cc santan ke dalam, uleni sampai licin atau tidak lengket ditangan.
  3. Tambahkan sisa santan sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai adonan merata.
  4. Siapkan wajan dari bahan tanah atau wajan biasa, panaskan di atas api arang atau kompor, setelah panas tuangkan adonan serabi kedalamnya sesendok. Tutup cetakan serabi
  5. Tunggu sampai matang yang ditandai dengan lubang-lubang kecil, angkat dari wajan,
  6. Lakukan hal yang sama untuk sisa adonan

Cara membuat kuah serabi:

  • Didihkan santan dengan gula aren Arenga, tambahkan daun pandan, dan garam halus aduk aduk.
  • Setelah mendidih angkat dan tuangkan kuahnya kedalam serabi secukupnya.
  • Bila suka tambahkan potongan kecil buah nangka ke dalam kuah serabi tadi.

6. Kolak Ubi Biji Salak – 6 Resep Jajanan Pasar Menggunakan Gula Aren

6 resep jajanan pasar menggunakan gula aren - kolak ubi biji salak

Kolak ubi biji salak

Bahan-bahan untuk membuat kolak ubi biji salak:

  • 100 gram ubi atau ketela
  • 200 gr tepung kanji
  • 1/2 botol gula aren cair Arenga (isi 650 ml/botol)
  • 4 gelas air 
  • 4 lembar daun pandan
  • 1 butir kelapa sedang
  • 1/2 sendok teh garam halus

Cara membuat kolak ubi biji salak:

  1. Cuci ubi, kukus di dandang, kupas kulitnya, haluskan.
    Parut kelapa, beri sedikit garam, dikukus sebentar, masukan ke dalam adonan ubi yang sudah dihaluskan.
  2. Campur gula aren cair dengan 3 gelas air, hangatkan di kompor sambil menambahkan daun pandan.
  3. Campurkan tepung kanji bersama ubi yang sudah dihaluskan, uleni sampai rata, buatlah bulatan-bulatan kecil.
  4. Rebus dalam air mendidih sampai matang (terapung), angkat kemudian masukkan ke dalam gula aren cair pandan.

Semoga 6 resep jajanan pasar menggunakan gula aren dapat membantu Sahabat Arenga untuk berbagai keperluan. Untuk disajikan pada keluarga, arisan, pesta, atau untuk memulai usaha kuliner. 

Baca juga:

  1. 5 Resep Masakan Untuk Tumbuh Kembang Balita
  2. Resep Wafel Labu Kuning Arenga

 

Share artikel ini

27 Comments

  1. HM Zwan Februari 11, 2021 at 9:12 am

    Uwaaa ini menunya enak enak banget mbk. Semua suka dan sering beli di pasar. Beberapa kali bikin mendut sendiri. Makin enak pakai palm sugar arenga. Ohya, yang cair ada ya mbk?

    • Arenga Indonesia Februari 11, 2021 at 11:30 am

      Iya Mbak, Arenga gula aren cair sekarang availble di market place 🙂

      • Jiah Februari 11, 2021 at 6:03 pm

        Jadi pengen jajan pasar juga. Makanan tradisional kaya gini banyak yang pakai gula aren. Rasanya lebih enak dan gurih. Saya biasanya makan. Kalau buat sendiri belum mampu

  2. Lisdha Februari 11, 2021 at 10:27 am

    waah.. aku baru tau lho mbak kalau klepon bisa dr kentang. Bisa nih dicoba. Pernah bikin klepon ya dr tepung ketan sih.
    Dan gula aren mmg ngaruh banget pd kualitas makanan ya. Gula aren yg bersih dan bagus itu yg seharusnya dipakai.

    • Arenga Indonesia Februari 11, 2021 at 11:12 am

      Ternyata memang enak Mbak. Dan gula aren Arenga memang sudah bersih, gak perlu mengiris lagi untuk bikin klepon 🙂

  3. Andiyani Achmad Februari 11, 2021 at 1:48 pm

    jajanan pasar kesukaan aku semua ini lho min, enak-enak sedap gak ngebosenin pisan euy, sekarang makin susah loh beli jajanan pasar kayak giini, jadi boleh lah ya resepnya aku pakein

  4. Jiah Februari 11, 2021 at 6:04 pm

    Jadi pengen jajan pasar juga. Makanan tradisional kaya gini banyak yang pakai gula aren. Rasanya lebih enak dan gurih. Saya biasanya makan. Kalau buat sendiri belum mampu

  5. Nurul Sufitri Februari 11, 2021 at 9:32 pm

    Aduuuuuh, bahaya iniiii hahaha 🙂 Camilan tradisional kesukaan akuuuu eh ada satu yang unik. Kayaknya kue mendut aku belum pernah nyobain deh, atau aku lupa yach hahaha 🙂 Pakai gula aren dari Arenga Indonesia pasti semua kue makin lezat rasanya dan menyehatkan ya 🙂 Pakai bahan2 alami sih, duh, jadi kepengen sekarang nyma3x 😀

  6. Keke Naima Februari 12, 2021 at 5:09 pm

    Sekarang surabi banyak pilihan topingnya ya, Mbak. Tetapi, buat saya tetap yang terenak tuh serabi disiram kuah kinca. Terbaik deh itu kalau untuk saya.

  7. Ayi Prima Februari 12, 2021 at 5:45 pm

    Wah jajanan favorit saya semua ini… Saya lebih suka jajanan tradisional begini dibanding kue-kue kekinian. Lebih pas di lidah saya. Apalagi kalo pake gula aren. Manisnya ga bikin eneg.

    • Hikmah Khaerunnisa Februari 15, 2021 at 3:00 pm

      Wah mba noted ini resep2nya. Jajanan jaman dulu yang selalu dikangenin yaa.. olahan gula aren juga manisnya gak lebay.. suka aja gitu ada lumer2 di mulut..

  8. Dian Restu Agustina Februari 12, 2021 at 7:14 pm

    Suka semua cemilan yang ada di list ini. Pernah bikin juga beberapa, kayak klepon..tapi dari tepung ketan bukan kentang. Wah, mantap pasti kalau dicoba. Semua enak-enak ini..dan yang paling spesial pakai gula aren Arenga Indonesia. Pasti makin istimewa

  9. Ucig Februari 13, 2021 at 2:57 am

    Ngiler lihat iniii. Masya Allah enak semua..
    Kangen makan klepon. Kalau gula aren rasanya beda, lebih enak menurutku juga mbaa. Sukses ya buat arenga 😍

  10. Eri Udiyawati Februari 13, 2021 at 5:56 am

    Penasaran banget sama klepon kentang. Baru tahu nih bikin klepon dari kentang. Terus pengen juga bikin serabi kinca sendiri di rumah. Karena bayangan saya, bikin serabi itu ribet banget. Setelah tahu bahannya kok ya lumayan mudah.

  11. Dedew Februari 13, 2021 at 8:02 am

    Kesukaan Nailah semua ini Uni jajan pasar ternyata bikinnya tidak susah dan toppingnya lebih enak pakai gula aren Arenga yaa…sedap dan asli…

  12. nurulrahma Februari 13, 2021 at 1:24 pm

    Why oh whyyy siang siang gini lihat poto aneka jajanan pasar
    dan autoo mupeeenggg
    Pengin banget serabi kuahnyaaaa Yummy!
    Memang pakai gula aren makin sedaappp yak

  13. Bibi Titi Teliti Februari 13, 2021 at 3:54 pm

    Duh semuanya kesukaan aku terutama klepon tuh mbak, untuk serabi aku lebih suka yang oncom dan dikasih telor sih. Tapi Abah paling doyan serabi kinca. Baru nyadar bahwa semua jajanan kesukaan aku ternyata pake gula aren hehe

  14. Hidayah Sulistyowati Februari 13, 2021 at 5:42 pm

    Kecuali serabi, jajanan yang lainnya udah pernah bikin, mba Evi. Aku pengen nyontek resep serabi nya, haduh bakalan jadi favorit kalo bisa masak sendiri di rumah. Apalagi kalo pakai gula aren ya

  15. Nchie Hanie Februari 13, 2021 at 5:44 pm

    Bhuahahaaa kesukaan aku semua jajanan pasar ini, doyan klo cemilan tradisional ini.
    Berasa deh hawanya bulan Ramadhan ngeliat cemilan nih buat takjil.
    Tapi aku baru ngeh, itu ko klepon kentang,belom pernah nyoba akutu.

  16. Ade UFi Februari 13, 2021 at 6:30 pm

    wah wah wah… ngeliat resep serabi kinca jadi mau buat kinca duren deh, Mba di rumah pakai gula aren arenga. Masih ada stock niiih… sama mau k=coba klepon kentangnya. Makanan Pak Suami semua iniii.. cuus eksekusi.

  17. Tanti Amelia Februari 13, 2021 at 7:21 pm

    Yang paling sering aku buat tuh singthai dan kolak pisang! Tentu saja menggunakan gula aren aku lupa mereknya apa tapi aku mau coba pakai yang gula aren Arenga aaah

  18. Nanik Nara Februari 13, 2021 at 9:57 pm

    klepon, ini jajan pasar kesukaanku. Ternyata bisa dibuat dengan bahan kentang ya. Selama ini tahunya dari tepung aja. Jadi pengen nyoba bikin

  19. Makanannya menggoda semua nih. Wah kentang pun bisa dibikin sebagai bahan klepon ya penasaran gmn rasanya nih.
    Ibuku biasanya bikin dari tepung ketan hehe. Jd kepengen juga bikin mbak, pengen deh eksekusi beberapa resepnya. Izin save ya TFS

  20. lendyagasshi Februari 13, 2021 at 11:10 pm

    Ya Allah…
    Semua menu iniii…aku gak bisa bikin sendiri semua, hiiks~
    Tapi aku suka semua.
    Banget.
    Kalau lagi ke jajanan pasar, pasti beli makanan tradisional di atas. Tapi gakkan menandingi kalau masak sendiri yaa.. Apalagi gulanya palau Arenga.
    Mantaappuu~

  21. Sri Widiyastuti Februari 15, 2021 at 4:30 am

    Mupeng semua Resepnya Mbak, udah aku catat buat keperluan bikin kudapan anak anak makasih ya mbak

  22. Hikmah Khaerunnisa Februari 15, 2021 at 3:02 pm

    Wah noted mba ini resep2nya.. Jajanan jaman dulu yang selalu dirindukan. Enak aja gitu olahan gula aren ini ada sensasi lumer2 dimulut

  23. Yurmawita Februari 16, 2021 at 9:06 pm

    Kangen serabi kuah euy, rasa kuah gula arennya sangat enak dan bikin nagih hehe. Kok jadi pengen buat serabi kuah ya

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait