Model Ikan Menikmati Masakan Khas Palembang di Serpong

Model Ikan Menikmati Masakan Khas Palembang di Serpong

Arenga Indonesia – Model Ikan Menikmati Masakan Khas Palembang di Serpong – Hampir seluruh Indonesia mengenal empek-empek atau Pempek sebagai makanan khas Palembang.

Pempek adalah makanan yang terbuat dari tepung dan ikan tenggiri dan dinikmati dengan  kuah cuko. Rasa asam dari kuah berwarna coklat tua dari gula aren ini sudah diterima lidah sebagian besar penduduk kota-kota besar di Indonesia. Begitu terkenalnya sampai-sampai warung Pempek di Serpong, bisa ditemukan di tepi jalan sampai resto-resto bergengsi.

Sebagai kota yang tengah berkembang pesat, salah satu yang membuat Serpong – Tangerang semakin istimewa adalah ragam kulinernya. Penduduknya yang multi etnis membawa semua ragam masakan nenek moyang mereka ke sini.

Salah satunya kenikmatan masakan peninggalan kerajaan Sriwijaya, mudah sekali ditemukan di kota kecamatan ini.  Suatu hari saya berjumpa dengan makanan Palembang Model Ikan. 

Model Ikan Tak Lain Dari Baso Tahu

Saya bukan lah food story teller.  Tapi suka mencoba beragam makanan sepanjang diizinkan kepercayaan yang saya anut. Misalnya kalau belum pernah, sekadar mencoba,  tidak masalah bagaimana rasanya nanti.

Alasan itu pulalah yang mendorong saya memesan makanan Palembang Model Ikan ini tatkala melihatnya di daftar menu. Sepertinya enak dan penampilannya mirip dengan tekwan. Saat ditanya pun pelayan Resto mengatakan bahwa Model Ikan dinikmati bersama kuah tekwan. Ok siip

Saya sering dibuat surpise jika memesan menu berdasarkan foto. Teman-teman pasti tahu lah ya bahwa foto makanan di daftar menu selalu menggiurkan. Disamping artistik secara food photograpy,  tujuan akhirnya jelas, menarik konsumen untuk order.

Di rumah makan palembang di Serpong siang itu saya sengaja membiarkan diri hanyut karena foto di daftar menu.

Rasa Makanan Model Ikan Itu

Baiklah sesuai tujuan awal hanya memenuhi rasa ingin tahu. Terus bagaimana rasanya?

Kalau teman-teman pernah makan bakso aci terus diisi tahu, seperti itu lah rasanya. Tak lebih dan tak kurang. Kalau dari membaca di internet, aslinya tepung Aci ini dikasih ikan dan udang. Tapi pada menu yang saya nikmati tidak ada jejak udangnya.

Untuk pelengkap, kuah diberi jamur kuping irisan timun bawang goreng dan seledri. Mungkin karena micin, ini lumayan di lidah. 

Pindang Baung Meranjat Khas Palembang

Pindang baung meranjat
Pindang baung meranjat

Masakan khas Palembang berikutnya yang kami coba di rumah makan khas Palembang di Serpong adalah Pindang Meranjat Baung. Bahan bakunya adalah baung,  ikan air tawar yang hidup di perairan muara sungai sampai ke hulu. Zaman dahulu kala Sungai Musi penuh dengan ikan ini.

Saya kurang bisa membedakan antara baung dan ikan patin. Secara penampilan mereka mirip. Apalagi kalau sudah masak pindang seperti ini. Jadi suami memesan pindang baung meranjat dengan pikiran bahwa itu adalah ikan yang aslinya hidup sungai. Bukan patin yang dagingnya cenderung lembek dan banyak lemak.

Apa lagi patin terkenal sebagai ikan ternakan, yang pastinya melibatkan makanan berisi banyak unsur zat-zat kimia. Padahal untuk sekarang baik Baung atau Patin adalah hasil budidaya 🙂

Baca tentang resep makanan di sini:

Tapi memang selalu begitulah kita dalam memilih makanan di sebuah resto. Tidak di Serpong atau tempat lain, selalu menginginkan yang terbaik dari harga yang kita bayar. Dan menganggap apa yang kita mau sesuai dengan pikiran. Ikan baung lebih enak dan lebih sehat. Sementara patin kualitasnya di bawah baung. Padahal saat tersaji di meja juga tak bisa membedakan mana baung dan mana patin. 

Baca juga :Resep Pempek Palembang Anti Gagal

Setelah dicoba, sayapun menarik kesimpulan bahwa kami santap bukan baung tapi ikan patin. Ikan patin yang dagingnya lembut dan banyak lemak. Tapi saya terhibur dengan kemeriahan irisan timunya. Alih-alih buah nanas yang bisa ditemukan di masakan asam manis seperti ini, irisan ketimun itu juga memberi sensasi kesegaran.

Pindang Cumi

Pindang cumi khas Palembang
Pindang cumi khas Palembang

Kalau ada yang sangat memuaskan makan di resto khas Palembang di Serpong ini adalah pindang cumi. Tentu saja cumi tidak perlu dipertanyakan seperti baung dan patin. Dengan kuah berwarna kemerahan, pedas, asam dan sedikit rasa manis, kesegaran dari daging cumi yang kenyal tak lari kemana-mana. 

Yang saya sukai dari pindang ini ini adalah daun kemanginya. Tak hanya mempercanti tampilan dalam mangkuk, aroma daun yang melebur bersama kuah panas, membuat air liru semakin encer. Belum lagi tomatnya juga banyak. Berasa sehat banget menikmati semangkuk pindang cumi bertiga dengan anak dan suami. Padahal daging cumi kaya kolesterol lho heheehe..

Model Ikan Menikmati Masakan Khas Palembang di Serpong Ditutup oleh Tumis Genjer Ikan Teri Asin

Tumis genjer ikan teri asin
Tumis genjer ikan teri asin

Akhirnya pengalaman menikmati Model Ikan Makanan Khas Palembang di Serpong di tutup dengan tumis genjer. Dimasak bersama ikan teri asin ini juga masakan tradisional yang tidak lekang oleh zaman. Bunga pepaya muda ini pahit sedikit namun sangat akrab di lidah saya. Apa lagi dimakan bersama nasi hangat. Bumbu dan rasa asam dari tomat bersama cabe, mungkin juga sedikit terasi, membuat aroma gurih yang lembut berhamburan di sekitar meja saya.Tadi saya sengaja memesan sayur ini untuk dinikmati model ikan. Tidak cocok sebetulnya tapi lumayan pengalaman lidah yang sudah lama di rumah saja.

Arenga Indonesia. Supplier gula aren cair dan bubuk di Tangerang – Banten

 

Share artikel ini

26 Comments

  1. Adriana Dian November 27, 2020 at 9:56 am

    Enak enak semuanya ini kayanyaaaa. Aku suka banget makanan palembang sih, citarasanya kaya beda gitu yaaa.. Jadi penasaran pengen ke palembang langsung nyobain semuanya nih.. Hihi

    • Arenga Indonesia November 27, 2020 at 2:21 pm

      Makanan Palembang banyak yang asem dan jadi kesukaan aku juga Mbak 🙂

  2. Bunda Nisa November 27, 2020 at 2:39 pm

    Masakan Palembang emang enak enak ya mba hampir hampir sama dengan masakan Pekanbaru yg asam dan pedas gt. Paling suka sama empek empek dan pindang cuminya🥰😍

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 5:15 am

      Mungkin karena sama-sama di Sumatera ya Mbak, pekan baru, padang, dan palembang makanannya mirip2 😀

  3. Eryvia Maronie November 27, 2020 at 4:38 pm

    Tadi saya agk bingung baca judulnya “Model Ikan”, pikirku maksudnya apa nih model ikan? Ikan jadi model atau model makannya seperti ikan. Hahah…
    Ternyata oh ternyata…

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 5:17 am

      Nah gara-gara nama yang gak biasa ini lah kenapa aku pesan Mbak. Oh ternyata ……😀

  4. Kartika Nugmalia November 27, 2020 at 5:35 pm

    Udah jadi rahasia umum ya, kalau kadang penyajian menu tak seindah foto di buku menunya. Tapi ada juga loh kak yang tetep sesuai ekspektasi, cuma gak banyak hehehe. Aku termasuk pecinta makanan dari Palembang nih. Citarasanya masuk di selera aku

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 5:18 am

      Iya sering banget ketemu sajian dari foto menu sering banget berbeda dari sajian yang datang ke meja kita…

  5. Merida November 27, 2020 at 7:21 pm

    Ayahku berasal dari Prabumulih, jadi dari kecil udah familiar banget dengan masakan dari Sumatera Selatan. Semuanya enaaak. Aku paling suka empek-empek dan pindang ikan. Duh, membayangkannya aja jadi ngences aku, Mbak. Hahaha.

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 5:27 am

      Sama kita Mbak. Makanan Palembang itu kaya banget spektrum rasanya

  6. linasophy November 27, 2020 at 11:30 pm

    Pindangnya begitu menggoda nih mbak, rasanya kepengin ngambil nasi panas banyak2.

    Btw, selalu suka cerita dari mbak Evi nih..

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 5:28 am

      Wah terima kasih Mbak Lina 🙏🙏

  7. Umimami November 28, 2020 at 3:44 pm

    Waa ada tumis genjer, udah lama banget ga makan tumis genjer, jadi kangen rasanya, disini belum nemu 🙂

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 9:39 pm

      Bikin sendiri aja Mbak. Kan banyak resepnya di Youtube 😀😀

  8. Elly Nurul November 28, 2020 at 4:28 pm

    Oh I seee baru tau model ikan namanya hehe.. tapi memang makanan seperti model ikan ini jadi makanan yang sering kita cari ya untuk dikonsumsi.. apalagi berkuah, aku suka banget makanan yang berkuah.. jadi seger deh setelah mengkonsumsinya.. apalagi kalo badan lagi kurang fit ehehe jadi mood booster banget

    • Arenga Indonesia November 28, 2020 at 10:34 pm

      Setuju Mbak, kalau badan sedang tidak fit terus makan makanan berkuah, dikasih sambel pula, rasanya langsung segar deh 😀

  9. Utie adnu November 28, 2020 at 5:59 pm

    Nikmat banget ya mba Pindang Baung Meranjat Khas Palembang kuahnya itu bikin ngiler jadi kepingin banget kesana Cobain resep aslinya

  10. Mugniar November 28, 2020 at 7:48 pm

    Saya belum pernah makan ikan baung, Mamin. Bolehlah nanti kalau ketemu tempat makan Palembang …. semoga ada di Makassar, dicobain.

    • Arenga Indonesia November 29, 2020 at 7:32 am

      Makan masakan Palembang di Makassar. Seru deh membayangkannya, Niar 😀

  11. Liswanti November 28, 2020 at 9:34 pm

    Aku ngiler sama pindang dan tumis genjernya mba. Pasti seger nih dinikmati malem-malem.

  12. Siti Hairul November 28, 2020 at 9:45 pm

    Aku kangen banget makan ikan baung. Di jogja ga ada sama sekali ikan ini mb Evie

  13. Siti Hairul November 28, 2020 at 9:47 pm

    Kangen banget sama ikan baung. Di jogja ga ada yang jual ikan baung mb Evi

    • Arenga Indonesia November 29, 2020 at 8:00 am

      Aku pun kalau ketemu Baung, paling pas di Lampug, Mbak 🙂

  14. rina susanti November 28, 2020 at 10:09 pm

    Wah jd ngiler mba apalagi ini tempatnya ga terlalu jauh dari rumah. Sy tahunya masakan palembang cuma pempek aja

  15. Aprillia Ekasari November 28, 2020 at 11:07 pm

    Wuah makanannya menggoda semua nih mbak 😀
    Udah lama sekali aku gak makan tumis genjer. Dulu ibuku suka masak itu juga trus dikasi irisan cabe merah nyam Ya ampun jd laper lagi kaaan hahaa

  16. lendyagasshi November 28, 2020 at 11:15 pm

    Kuliner Indonesia itu memang juara yaa.. Aku paling suka ikan.
    Dan paling pengen coba pindang cumi.
    Nyaammm…banget sepertinya yaa….

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter