The Story of Masakan Cumi Asam Manis

Categories: FOODIE|3 Comments|
The-story-of-masakan-cumi-asam-pedas

The story of masakan cumi ini lahir karena Mamin Arenga suka banget melahap makhluk berdaging kenyal ini. Saking sukanya dimasak apapun boleh. Dibakar oke, di goreng oke. Apa lagi kalau dibuat asam manis saos padang seperti foto di atas, tambah ok. Baca sampai bawah untuk mengetahui cara memilih cumi cumi segar untuk dimasak ya….

Rasa gurih dari cumi segar kok ya nemu banget dengan kesegaran asam yang terdapat dalam saus. sambel pun sempurna menggelimanginya. Cabe besar yang digunakan, Mamin pikir cuma bikin sedikit sengit di lidah. Jahe dan saus sambel lah yang paling berperan aktif membangkit selera.

Masakan cumi asam manis ini entah digolongkan dalam kuliner etnis apa. Murni chinese food rasanya gak mungkin. Ada konten Indonesia juga karena mirip cumi saus padang. Lebih tepat masakan Indonesia saja kali ya.

Menikmati the story of masakan cumi asam manis tak mesti di resto. Pada warung seafood kaki lima menu cumi pasti selalu tersedia.

Atau bisa juga masak sendiri. Asal punya ilmu dasar memasak yakni tumis-tumis, bikin masakan cumi mudah kok. Untuk resep cari di internet. Even  Kalau gak mau repot, minta saja pada penjual ikan agar cuminya dibersihkan sekalian.

Keuntungan dari memasak sendiri, dari harga yang sama jumlah cumi yang bisa dinikmati lebih banyak. Bumbu bisa disesuaikan menurut pakem lidah keluarga.

Kerugiannya ada pula, gak dijamin rasanya senikmat di resto hehe..

Baca juga:

The Story of Masakan Cumi-Cumi

Masakan cumi squid risotto
Squid Risotto

Cumi adalah jenis seafood yang digemari di seluruh dunia. Seperti kebiasan masak dimanapun, mengandalkan rempah-rempah dan selera lokal. The story of masakan cumi semakin menarik untuk dikulik, karena berarti juga mengulik tradisi makan dan budaya setempat.

Variasi adalah bumbu kehidupan. Dan bumbu adalah dasar dari variasi menu makanan kita sehari-hari. Misalnya, kacang hitam dengan cabai rawit biasa dimakan oleh orang Peru. 

Sedangkan di Indonesia kacang kedele menghasilkan tempe dan tahu. Bahan makanan ini biasa dimasak dengan ketumbar, jinten, kapulaga, jahe, kecap, dan bahkan kayu manis. Rempah-rempah akan membawa selera kita ke tempat-tempat berbeda.

Seperti contoh menu orang Barat di bawah:

  • Squid Stew – Cumi-cumi segar dalam satu panci bersama kacang, krim mentega dan jahe. Dimasak dengan slow cooker menghasilkan daging cumi lembut dan gurih. Disajikan dengan roti renyah yang nikmat.
  • Squid Risotto – Risotto adalah hidangan Italia, mirip nasi dimasak dengan keju. Tidak seperti nasi yang direbus dalam panci berisi air, risotto dimasak sangat lambat dengan menambahkan cairan sedikit demi sedikit. Setelahnya dimasukan cumi-cumi segar yang membuatnya tambah kaya rasa.

Baca juga:

Masakan Cumi di Indonesia

berbagai resep masakan cumi Indonesa
Cumi Bakar

Nah Indonesia punya banyak resep makasakn cumi-cumi. Mulai dari yang gurih, pedas dan manis.

Cumi Bakar – Direndam dengan bumbu-bumbu seperti jeruk nipis, asam jawa, bawang putih, bawang merah. Setelah bumbu meresap Letakkan cumicumi di atas panggangan, bakar selama 4 menit. Selama dibakar dibolak agar dagingnya tidak alot.

Selesai, nikmati deh dan sambal dan kecap manis. Siapa pula yang tak “ileran” membayangkannya ya?

Cumi Goreng Balado – Kalau sudah baca yang balado-balado, Mamin tuh langsung saja cari piring dan buka rice cooker. Yah gimana ya, sekalipun pedas karena ini cumi yang kenyal, rela aja makan 2 piring nasi.

Ohya ada satu tips rahasia dari dapaur Minang nih untuk penggemar the story of masakan cumi. Cumi goreng balado atau semua resep balado, kadar pedasnya bisa diturunkan dengan jeruk nipis.

Cara Memilih Cumi Segar untuk Dimasak

Cara memilih cumi cumi segar, the story of masakan cumi
Cumi segar dengan membran berwarna merah keunguan

Bahan baku terbaik dalam the story of masakan cumi adalah cumi-cumi segar. Dan cara memilih cumi segar untuk dimasak kadang sedikit tricky.

  • Ciri cumi-cumi segar adalah masih beroma laut bersih. Tubuhnya berkilau dan montok alias tidak kempes . Tubuh cumi cumi segar masih dilengkapi tudung berupa membran abu-abu keunguan. Membran ini bisa dimakan tapi kalau beli di pasar atau supermarket tudung ini kadang-kadang dihilangkan.
  • Hindari bila cumi basah sudah terlihat kusam, keriput atau berbau sangat amis.
  • Untuk memertahankan kesegarannya, cumi sering diberi es atau dibekukan dan dimasukan freezer. Sebenarnya lebih baik dibanding cumi yang sudah kusam dan berbau. Tapi tentu saja rasa dagingnya tidak seenak cumi segar. Kalau bisa hindari saja cumi beku yang menunjukkan tanda-tanda freezer burn, seperti kelebihan kristal es.

Begitu aja sih sharing the story of masakan cumi ala Mamin. Semoga Sobat Arenga suka ya…

Share artikel ini

3 Comments

  1. Mugniar Juni 27, 2022 at 11:18 am

    Kalo di Sulsel, Mamin …. cumi ini dimasak dengan cairan hitamnya. Orang Sulselk paling suka makanan cumi yang masih banyak cairan hitamnya. Saya pun dulu suka. Tapi sekarang, saya tidak makan cumi lagi. Dulu sukaa yan berkuah hitam. Buat kami, beda rasanya yang masih ada cairan hitamnya dengan yang tidak ada lagi. Tp sekarang saya tidak makan cumi lagi, lebih memilih ikan.

  2. DiCapriadi Juni 29, 2022 at 6:49 am

    Kalau aku lebih suka Cumi mercon yang pake petai, ajib pisan pas makannya, tp setelah udahannya kek menyesal karena toilet akan bau haha

  3. Ekaduwih Juni 29, 2022 at 7:25 am

    keluargaku juga suka banget sama cumi … mereka suka request aneka masakan dari cumi … kalo.akj suka cumi yg dibalado hehehe …

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

  • Apa-itu-makanan-organik

    Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait