4 Resep Masakan Cumi Basah Anti Gagal

Resep Masakan Cumi Anti Gagal

Resep Masakan Cumi  Basah Anti Gagal – Banyak juga Sahabat Arenga yang menyukai masakan cumi-cumi. Habis gimana ya emang enak sih. Dagingnya yang kenyal ini enak dimasak apa saja. Dari cumi saos tomat, cumi goreng tepung, cumi basah bumbu kuning, sampai cumi masak kecap.

Bahkan ada pula cumi isi atau bahkan bolognese cumi yang dimasak lambat. Pokoknya ada banyak cara untuk menikmati makhluk cephalopoda ini.

Trik memasak daging cumi-cumi basah adalah dengan sangat cepat pada suhu tinggi atau sangat lambat pada suhu rendah. Kalau tidak, ada resiko hidangan cumi kita berakhir dengan tekstur alot. Bisa dimasak dengan benar kita akan menuai hasilnya. Mendapatkan rasa daging cumi-cumi yang lembut dan enak dikunyah.

Bahan cumi segar
Bahan cumi segar

Ada banyak varietas cumi yang bisa dimasak. Di Indonesia setidaknya terdapat lima jenis cumi-cumi yang umum untuk dimasak. Ada cumi Bangka dengan ciri tubuh berwarna putih dengan banyak bintik merah. Ada cumi sero yang bentuknya sama persis dengan Cumi Bangka, hanya saja lebih pendek. Yang ketiga cumi telor, yang bentuknya buntek seperti telor. Terus cumi asin dan terakhir sotong. Sotong sebenarnya bukan cumi-cumi tapi sering disebut cumi.

Apapun resep cumi aduhai anti gagal yang akan teman-teman eksekusi, pastikan saja membersihkannya dengan cara yang sama. Pisahkan tubuh dari tentakel, lepaskan kulit, paruh, dan sayapnya.

Dan daging cumi-cumi yang telah disiapkan sebelumnya banyak tersedia di penjual ikan dan supermarket sepanjang tahun. Jadi tinggal beli dan langsung masak sesampai di rumah.

1. Resep Cumi Saos Tomat Pedas Manis

Bila suka, resep cumi basah saos tomat ini bisa juga jadi Cumi Basah Pedas Manis. Perpaduan antara rasa pedas dan manis menjadikannya lebih unik di lidah.

Rasa pedasnya berasal dari cabai merah yang digunakan sebagai bumbu, sedangkan rasa manisnya berasal dari penambahan gula, asamnya dari saus tomat yang menciptakan rasa seimbang pada hidangan.

Selain itu, rasa gurih dari cumi-cumi yang lembut dan empuk juga memberikan cita rasa yang khas pada hidangan ini. Kombinasi antara rasa pedas, manis, dan gurih pada hidangan cumi basah pedas manis membuatnya menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera.

Resep Masakan Cumi Basah Anti Gagal Cumi saos tomat
Cumi saos tomat

Bahan-bahan untuk resep cumi saus tomat

  1. 6 ekor cumi-cumi agak besar
  2. 5 butir bawang merah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 1 butir bawang bombay
  5. 1 butir telur ayam
  6. 1 buah tomat merah besar
  7. 2 sendok makan saus tomat
  8. 1 batang sereh
  9. Satu daun salam
  10. 1/2 sendok makan cabe giling
  11. 3 batang daun bawang prei
  12. 2 SM Tepung roti
  13. Garam, lada, Arenga Palm Sugar secukupnya

Cara membuat resep cumi saus tomat

Arenga palm sugar untuk bumbu masak
Gula aren Arenga yang bisa digunakan untuk melegitkan resep cumi-cumi
  • Bersihkan cumi-cumi, kupas kulit arinya, buang matanya.
  • Bawang merah dikupas, tumbuk kasar
  • Daun bawang dibersihkan dan dipotong kecil-kecil.
  • Ambil kepala cumi,  dilumatkan atau digiling.
  • Campur dengan bawang merah, daun bawang, tepung roti, telur ayam, garam lada, aduk merata sampai benar-benar tercampur.
  • Isikan ke dalam cumi yang telah dibersihkan tadi dan ditutup dengan tusuk gigi.
  • Goreng dengan minyak panas sampai empuk.

Taruh pada suatu tempat kemudian siram dengan bumbu tomat

Lihat juga resep lainnya:

  1. 8 Resep Masakan Ayam Arenga Pasti Disukai Keluarga
  2. Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga
  3. Resep Dendeng Ragi Istimewa
  4. Resep Pempek Palembang Anti Gagal

Pembuatan saus tomat:

  • 1 tomat, 2 cabe tanpa biji , bawang bombay dipotong segi empat kecil-kecil.
  • Memarkan semuanya.
  • Tumis semua bahan diatas bersama daun salam. Tambahkan saustomat,  lada dan Arenga palm sugar.
  • Aduk sebentar kemudian angkat, siramkan ke atas cumi-cumi tadi.

2. Resep Cumi Goreng Tepung Aduhai

Resep cumi goreng tepung aduhai
Resep cumi goreng tepung aduhai

Bahan-bahan untuk membuat resep cumi goreng tepung

  1. 500 g cumi-cumi segar
  2. 100 gram tepung terigu Paris baru satu sendok teh garam
  3. 1 butir telur ayam
  4. Satu sendok makan air jeruk nipis
  5. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat cumi goreng tepung aduhai

  • Bersihkan cumi-cumi, buang kulit ari, kepala dan kantong tinta.
  • Potong bulat-bulat 2 cm dicuci lagi setelah dilumuri satu sendok teh garam dan air jeruk nipis.
  • Biarkan 15 menit agar bumbunya meresap.
  • kocoklah telur ayam dengan menambah sedikit garam.
  • Tepung terigu diayak bersama 1 sendok teh garam.
  • Celupkan potongan cumi-cumi ke dalam kocokan telur dan celupkan kedalam tepung terigu kering.
  • Panaskan minyak lalu goreng sampai kecoklatan.

3. Resep Cumi Basah Bumbu Kuning

Cumi basah bumbu kuning adalah salah satu hidangan seafood yang populer. Untuk membuat hidangan ini, pertama-tama cumi-cumi diiris tipis dan kemudian dicampur dengan bumbu kuning yang terdiri dari rempah-rempah seperti kunyit, jahe, bawang putih, dan ketumbar yang sudah dihaluskan.

Setelah itu, tumis bumbu hingga harum dan tambahkan cumi-cumi, aduk rata dan biarkan hingga matang. Hidangan cumi basah bumbu kuning dapat disajikan dengan nasi putih dan pelengkap lain seperti irisan timun atau tomat segar untuk memberikan rasa dan tampilan yang lebih segar.

Lihat resepnya di sini:

Cumi gulai kuning
Cumi gulai kuning

Bahan-bahan resep cumi basah anti gagal – Gulai Kuning

  • 500 g cumi-cumi
  • 6 cabe merah dipotong tipis serong
  • Dua potong asam kandis
  • 1 Jari kunyit
  • Jari jahe
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 250 cc santan dari 1/2 butir kelapa
  • 15 lembar daun kemangi atau daun ruku-ruku

Cara membuat resep cumi gulai kuning

  • Bersihkan cumi-cumi. Buang tulang, tinta, kulit ari, mata,  cuci sampai bersih.
  • Haluskan kunyit, jahe, bawang merah dan bawang putih
  • Masukkan cumi-cumi dalam sebuah panci bersama bumbu yang dihaluskan
  • Masak santan sampai mendidih.Masukan cabe iris, asam kandis
  • Bila santan atau kuahnya sudah mengental masukan cumi-cumi
  • Masak sebentar, masukan daun kemangi atau daun ruku-ruku. Angkat.

4. Resep Cumi Basah Masak Kecap Anti Gagal

Resep Cumi masak kecap
Resep Cumi masak kecap

Yang terakhir dari Resep Masakan Cumi Basah Anti Gagal adalah Cumi masak kecap. Ini termasuk olahan cumi basah yang sangat mudah.

Simak bahan-bahan dibawah ini:

Bahan-bahan untuk membuat cumi basah masak kecap

  1. 1 kg cumi-cumi segar
  2. Satu jari kunyit
  3. Satu sendok teh air jeruk nipis
  4. 1 cm jahe dipotong halus
  5. 12 butir bawang merah dipotong halus
  6. 4 siung bawang putih dipotong halus
  7. Satu setengah sendok teh garam
  8. Satu sendok makan kecap manis
  9. Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat cumi masak kecap:

  • Bersihkan cumi-cumi, buanglah tulang, bintang, kulit, mata dan giginya kemudian dicuci sampai bersih.
  • Potong menjadi 2 bila agak besar dan biarkan utuh bila kecil.
  • Haluskan garam, kunyit, dan tambahkan air jeruk nipis, bersama daging cumi-cumi.
  • Gorenglah cumi-cumi dalam minyak panas sampai setengah kering.
  • Agar tidak meletup sebaiknya wajan ditutup tapi sebentar sebentar diaduk.
  • Angkat dan tiriskan.
  • Tumis jahe, bawang putih, bawang merah sampai agak kering.
  • Tmbahkan kecap, Arenga gula aren dan air jeruk nipis.
  • Terakhir masukkan cumi-cumi yang telah digoreng tadi aduk sampai merata.
  • Angkat dan hidangkan

Tips Memasak Cumi Basah

Berikut ini adalah beberapa tips memasak cumi basah agar dapat menghasilkan hidangan yang lezat seperti yang diinginkan:

  • Bersihkan cumi-cumi terlebih dahulu dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau sisa-sisa yang masih menempel di dalamnya. Kemudian, iris cumi-cumi dengan ketebalan yang sama agar matangnya merata.
  • Jangan terlalu lama memasak cumi-cumi, karena ini dapat membuatnya menjadi karet dan keras. Sebaiknya cumi-cumi hanya dimasak selama 2-3 menit pada api yang cukup besar.
  • Gunakan bahan tambahan seperti sayuran untuk memberikan sentuhan unik pada hidangan cumi-cumi basah anti gagal ini.
  • Terakhir, sajikan cumi-cumi dalam keadaan hangat dan berikan hiasan seperti seledri atau daun mint agar tampilannya lebih menarik untuk mengundang selera.

Terakhir

Dari keempat resep cumi basah anti gagal yang telah dibahas, dapat disimpulkan bahwa memasak cumi basah sebenarnya tidaklah sulit.

  • Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti membersihkan cumi-cumi dengan baik, tidak memasaknya terlalu lama agar tidak karet, dan menambahkan bumbu-bumbu yang tepat agar rasa dan aroma cumi basah semakin enak.
  • Dari keempat resep tersebut, masing-masing memiliki rasa dan cita rasa yang berbeda-beda. Cumi basah bumbu kuning memiliki rasa rempah yang khas, sedangkan cumi basah saus tomat asam pedas manis memiliki rasa pedas dan manis yang lezat.
  • Cumi goreng tepung memiliki tekstur yang renyah dan cumi masak kecaip memberikan cita rasa yang gurih dan sedikit manis.
  • Dengan memilih resep cumi basah yang sesuai dengan selera dan mengikuti tips memasak cumi basah yang benar, dijamin hidangan cumi basah yang dihasilkan akan lezat, enak dan pastinya anti gagal.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang.

 

Share artikel ini

10 Comments

  1. Eryvia Maronie Januari 28, 2021 at 10:06 am

    Ternyata Arenga Palm Sugar bisa juga dipakai sebagai pelengkap masakan ya.
    Pasti enak banget tuh..
    Makasih udah berbagi resep ya, kak. Nanti pengen coba bikin ah…

  2. Mei Daema Januari 28, 2021 at 10:44 am

    saya suka banget dengan cumi apalagi kalau digoreng kering pakai dengan terigu, duh enak banget berasa di lidah. resepnya wajib saya coba niy mba tar. mumpung stay at home kan.

  3. fanny_dcatqueen Januari 28, 2021 at 11:19 pm

    Aissssh cumiiiiii, aku sukaaaa seafood yg 1 ini mba :D. Di bakar, di masak tinta hitam, digoreng, diapain aja kayaknya doyan sih :D. Tapi memang kalo salah memasaknya, hasilnya bisa alot yaaa.

    Resep2nya bakal ku save. Kalo ntr belanja cumi, mau dimasak salah satu resep di atas deh. 😉

  4. Desri Desri Januari 28, 2021 at 11:53 pm

    hmm aku paling suka sama cumi deh mba apalagi cumi cabe garam sama sate cumi, aromanya khas banget.

  5. Dwi Ananta Januari 29, 2021 at 7:52 am

    Aku paling doyan makan cumi mbak tapi yang ditumis dengan tintanya itu. Dimakan dengan nasi panas masyallah mantap betul. Liat resepnya jadi kepengen cobain cumi masak gulai kuning itu hahahaha… Terimakasih mbak.

  6. Rosanna Simanjuntak Januari 29, 2021 at 8:15 am

    Sungguh aku baru tahu tips masak cumi-cumi agar tidak alot dengan dua tips di atas.
    Soalnya pernah beberapa kali makan cumi yang alot.
    Kalau banget akhirnya aku menyerah, kembalikan lagi ke piring.

    Biasanya sih aku makan cumi ini kalau pas ada undangan makan di luar, tsaaah.
    Di rumah, seingatku, aku tak pernah masak cumi-cumi.
    Maunya tinggal makan saja, hahaha.

    Btw, gula merah Arenga, sudah lama jadi sahabatku di rumah.
    Tiada hari tanpa “sentuhan Areng”
    Harumnya yang khas itu, sesuatu!

  7. nyi Penengah Dewanti Januari 29, 2021 at 8:49 am

    semua masakan cumi-cuminya menggoda banget Kak. Jadi pengen praktek salah satunya hehehehe tapi tentunya make tambahan arenga pasti bikin makanan makin enak.

    • Arenga Indonesia Januari 31, 2021 at 12:47 pm

      Gula aren Arenga bisa dijadikan salah satu bumbu di dapur, Mbak. Karena akan ikut menggurihkan hidangan bila bertemu dengan garam 🙂

  8. lendyagasshi Januari 29, 2021 at 9:05 am

    Ya Allah..
    Menu cumi ini kesukaan aku banget.
    Aku suka seafood, tapi kalau cumi, istimewa.
    Hehhe…karena mudah juga makannya…tetap bisa cantik, hehhee..

    • Arenga Indonesia Januari 31, 2021 at 12:46 pm

      Iya Mbak Lendy. Selera kita sama kalau gitu. Cumi itu gak ada duanya deh. Hanya karena kolesterolnya yang tinggi, terpaksa ditahan-tahan makannya 🙂

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter