Blender Penghalus Bumbu Dapur

Categories: Info|0 Comments|
Blender penghalus bumbu basah dan kering

Arengaindonesia.com – Menggiling rempah atau bumbu sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk mendapatkan rasa yang maksimal. Selain untuk memastikan semua potensi dan konsentrasi rasa paling pas dengan lidah keluarga. Karena tahu bahan bakunya, misalnya, bumbu kering yang digiling sendiri akan lebih menonjolkan profil rasa dan intensitas rempah-rempah yang digunakan. Menggiling rempah-rempah sendiri akan membuka ruang kreativitas, misalnya bisa dijadikan lahan bisnis atau usaha. Nah agar lebihy mudah untuk menghaluskan bumbu dapur dapat menggunakan blender.

Cara Kerja Blender Menghaluskan Bumbu Dapur Basah

Sekalipun batu ulekan masih digunakan, dewasa ini blender umumnya sudah mengambil alih perannya sebagai penghalus bumbu. Jadi mari kita lihat cara kerja blender untuk menghaluskan bumbu basah. 

Blender penghalus bumbu dapur dan cara kerjanya
Blender Dapur serba guna

Misalkan kita memasukkan bawang merah, bawang putih, cabe merah dan jahe yang sudah di potong-potong ke dalam blender. Tambahkan air sedikit. Tinggal tekan tombol untuk menghidupkan mesin, dan motor mulai memutar bilah pisau.

Gerakan pisau berputar melingkar menciptakan pusaran atau gerakan spiral saat penghancuran bumbu di mulai. Tak lama kandungan air dalam rempah dan bumbu dalam blender keluar dan langsung bercampur dengan udara. Pusaran itu menyebabkan ruang hampa di tengah tabung kaca, menarik bawang bumbu ke tengah seperti angin tornado.

Saat bumbu-bumbu bercampur satu lain dan mulai remuk, cairan yang dihasilkan mengikuti bilah pisau dengan gerakan memutar di sekitar wadah, membentuk lubah di tengah. 

Gerakan berputar dan sempitnya ruang dalam gelas blender, bilah pisau memaksa bumbu yang mulai halus naik ke atas dan menyebar ke samping. Pola melingkar berlanjut, mengocok udara ke dalam isi, membantu mencampur bahan lebih cepat sampai blender dimatikan. Hasilnya adalah bumbu halus, homogen dan siap digunakan memasak hidangan.

Baca juga:

Perbedaan Blender Bumbu Basah dan Kering

Ada dua metode dalam menghaluskan bumbu dapur menggunakan blender yakni basah dan kering. Secara fisik wadahnya juga berbeda. Untuk menggiling bumbu basah wadanya biasanya berupa tabung cukup tinggi dengan tutup di sebelah atas. Keadaan ini memungkinkan menambah air bila diperlukan.

Perbedaan blender basah dan kering
Blender Basah dan Kering

Sedang blender untuk menghaluskan bumbu kering tabungnya lebih pendek. Tanpa tutup karena mulut tabung langsung disambung ke pemutar blender.

Meskipun tujuan dari kedua metode penggilingan sama yakni mengurangi ukuran partikel, tapi prosesnya berbeda. Secara umum, penggilingan kering menggunakan metode tumbukan antar partikel agar lebih halus. Sementara  penggilingan basah melibatkan penghancuran bahan mentah dengan sedikit air atau cairan dengan udara.  

Blender tanpa air kering adalah proses yang relatif sederhana. Dalam sejumlah mesin khusus , bahan mentah bergerak di dalam area tertutup dan bertabrakan dengan partikel lain atau membentur komponen mesin (seperti rotor) sampai umpan mentah terurai ke ukuran yang diinginkan.

Mengapa Tidak Bisa Halus?

“Mengapa ya blender saya tidak bisa halus? ” Kalau menghaluskan bumbu kering dengan blender, teman-teman pernah bertanya seperti ini? Terutama untuk blender dapur, menghaluskan bumbu kering tidak bisa halus seperti tepung. Namun ada beberapa kiat agar hasilnya lebih memuaskan. Seperti ini:

  • Jika ingin membeli blender, pastikan memilih blender yang bagus. Blender terdiri dari tiga bagian utama: motor, bilah pisau , dan wadah. Peralatan yang dirancang dengan benar akan menyebabkan ketiga bagian ini bekerja sama untuk mengaduk bahan-bahan ke arah mata pisau agar menyatu dengan cepat dan mudah. Carilah mesin berkualitas tinggi yang memiliki ketiga komponen ini, dibuat dari bahan kokoh, agar mesin blender bisa awet.
  • Memang tidak semua bumbu kering bisa halus bila diblender kering. Memilih bagian dasar blender yang sempit bisa membantu menggiling biji dan rempah-rempah lebih efisien daripada blender kering yang terlalu lebar dasarnya.
  • Pertimbangkan menumbuk kasar terlebih dahulu. Masukan bahan yang akan dihaluskan ke dalam kantong plastik freezer terlebih dhulu. Pukul-pukul dengan palu atau kayu rolling pin, baru giling ke dalam blender

Demikian sedikit tentang blender penghalus bumbu dapur.

Share artikel ini

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait