Asal-Usul Espresso dan Macchiato

Categories: KOPI|Komentar Dinonaktifkan pada Asal-Usul Espresso dan Macchiato|
Asal-usul espresso dan macchiato

Asal-Usul Espresso dan Macchiato: Kisah Menawan Dibalik Kopi Klasik

Selamat datang, wahai para pecinta kopi yang selalu haus akan pengetahuan tentang minuman kesayangan ini. Tiada yang lebih menyenangkan dari pada mengetahui kisah-kasih di belakang secangkir minuman penuh kafein ini. So, dalam perjalanan kopi kali ini, kita akan menjelajahi asal-usul dari dua minuman kopi klasik, yaitu Espresso dan Macchiato. Siapkan secangkir kopi, mari kita mulai!

Espresso: Keajaiban Kecil dari Italia

Kalau ngomongin espresso, kita pasti akan merunduk ke jantung kopi dunia yaitu Italia. Agak aneh emang ya, tanpa punya kebun kopi, tanpa harus menanam tapi negara ini tercatat dengan tinta emas sebagai peracik kopi nomor wahid di dunia.

Tapi ya sudah lah, kita kembali saja ke asal-usul espresso dan macchiato. Nama esspresso sendiri mirip seperti olahraga cepat ya. Namun menghadirkan secangkir Espresso ke meja kita, tak secepat itu, butuh usus panjang yaitu kesabaran.

Espresso muncul pertama kali di Italia pada awal abad ke-20. Ini adalah minuman yang diseduh dengan memaksa air panas mengalir melalui bubuk kopi yang sangat halus. Hasilnya adalah secangkir kopi pekat dengan aroma yang mampu menjelaskan mengapa pecintanya tergila-gila pada minuman satu ini.

Espresso itu sendiri mendapat namanya dari kata “esprimere”. Dalam bahasa Italia artinya “mengeluarkan dengan tekanan.”

Teknik penyeduhan espresso ini dianggap sebagai perwujudan dari kopi sejati. Karena hasilnya adalah tentang semua rasa yang terkandung dalam biji kopi lalu ditumpahkan ke dalam gelas kecil.

Itu lah mengapa sekarang, Espresso dijadikan sebagai fondasi dari berbagai racikan minuman kopi seperti Cappuccino, Latte, dan Americano.

Menarik ya mengetahui asal-usul espresso dan macchiato ini.

Macchiato, Coretan Manis di Atas Kopi

Foto macchiato
Secangkir macchiato yang menggoda

Lalu, mari sekarang kita perkenalkan Macchiato. Dalam bahasa Italia macchiatto berarti “bercoret” atau “bercak.” Ini adalah espresso dengan sentuhan susu. Jadi kalau memukan sedikit susu di atas seduhan kopimu terus dicoret-coret dengan indah, seruput saja dengan bahagia

Macchiato lahir dari keinginan barista untuk melembutkan rasa kuat dari Espresso. Dengan ditambahkan susu ternyata bisa mengurangi keasaman dan tingkat kepekatan. Hasilnya adalah racikan minuman kopi dengan sentuhan manis yang menyeimbangkan kekuatan Espresso.

Tidak heran ya bila kemudian Macchiato jadi minuman favorit di seluruh dunia. Kamu yang belum terbiasa dengan kekuatan espresso bisa memulai perjalanan menikmati kopi dengan Macchiato.

Versi klasik dari Macchiato biasanya menggunakan susu steamed atau busa susu. Sedangkan variasi modernnya semakin kreatif, bisa menggunakan aneka sirup yang memang dirancang untuk keperluan ini. Selain gula aren cair bisa juga seperti Caramel Macchiato yang menambahkan sirup karamel untuk sentuhan manisnya.

Kesimpulan: Sejarah Kepuasan Rasa dari Espresso dan Macchiato

Jadi, inilah kisah singkat tentang asal-usul Espresso dan Macchiato. Espresso mempersembahkan rasa kopi yang kaya dalam setiap tegukan, sementara Macchiato menambahkan catatan manis yang sempurna pada kekuatan Espresso. Bersama-sama, keduanya membentuk kisah yang memuaskan selera kita pada minuman kafein ini.

Jadi, ketika teman-teman menikmati segelas Espresso atau Macchiato, ingatlah bagaimana dua minuman yang mengambil nama Italia ini tumbuh menjadi ikon minuman yang disukai di seluruh dunia. Mereka adalah bukti bahwa dalam dunia kopi, sejarah dan rasa selalu berkumpul dalam harmoni yang indah. Selamat menikmati kopi, para penggemar kopi sejati!

Terimakasih telah membaca artikel ini. Kami berharap Sobat Arenga menikmati perjalanan singkat ini ke dalam dunia Espresso dan Macchiato. Jangan ragu untuk kembali lagi untuk berbagai informasi menarik lainnya tentang kopi!

Arenga Indonesia. Produsen gula aren untuk kopi di Tangerang – Banten


Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

  • Kuliner Indonesia yang diadopsi dari kuliner Belanda

    Makanan Indonesia yang Diadopsi Dari Makanan Belanda

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar