Cara Membuat Granola dan Muesli Untuk Sarapan

Cara membuat granola dan muesli

Cara Membuat Granola dan Muesli Untuk Sarapan – Bosan sarapan dengan bubur, mie atau nasi goreng?  Coba sesekali ganti dengan Granola dan Muesli, berbahan  kacang-kacangan dan palm sugar. Punuh gizi sekaligus sehat. Asal bahannya tersedia membuat granola dan muesli ini ternyata tidak sulit.

Ohya sebelumnya apa sih beda granola dan muesli? Jawab singkatnya, mereka sama. Cuma kalau granola dipanggang, muesli tidak. Dan keduanya bisa dipertukarkan, dinikmati, tergantung selera.

Bahan-Bahan:

  • 6 cangkir oat gulung
  • 2 cangkir kacang cincang (kenari, pecan, almond, kacang mete,dll)
  • 1 cangkir kelapa parut
  • 1 sendok teh kayu manis bubuk, atau sesuai selera
  • Sedikit garam
  • ½ cangkir Arenga gula aren bubuk
  • 1 cangkir kismis atau buah kering cincang

Cara Membuat Granola dan Muesli Untuk Sarapan:

  1. Untuk membuat granola, panaskan oven hingga 176 °C.
  2. Dalam mangkuk besar, campur oat, kacang, kelapa, cinnamon, dan garam. Beri 2 sdm arenga gula aren cair
  3. Untuk muesli, taburi campuran oat dengan ARENGA gula aren bubuk
  4. Aduk rata untuk mendistribusikan pemanis secara menyeluruh.
  5. Cicipi dan aduk sedikit lagi untuk membuat sereal lebih manis jika kalian suka
  6. Untuk membuat muesli, tambahkan kismis dan
  7. kamu sudah selesai.
Cara memanggang granola

Granola matang dalan pan

Cara Memanggang Granola :

  1. Jika membuat granola, sebarkan campuran secara merata di atas loyang berbingkai dan dimasukkan ke dalam oven. Panggang selama 30 hingga 35 menit, aduk sesekali untuk memastikan granolanya terpanggang merata. Semakin coklat tanpa terbakar,akan lebih renyah granolanya.
  2. Keluarkan loyang  dari oven dan tambahkan kismis. Dinginkan di rak. Saat loyang masih panas, tetap aduk granola sesekali sampai dingin. Untuk mencegah bintik-bintik gosong.
  3. Masukan  granola—atau muesli—ke dalam wadah tertutup. Bisa juga disimpan di lemari es;  tetap segar untuk beberapa bulan.

Baca juga:

Cara Memvariasikan Granola dan Muesli

1 Gunakan kacang atau buah kering yang berbeda, seperti : cranberry, aprikot, blueberry, nanas, atau buah ara.

2 Alih-alih kayu manis, cobalah sendok teh parutan segar pala, 1 sendok teh bubuk cardamom, atau jahe.

3 Ganti kelapa dengan lebih banyak gandum, kacang-kacangan, atau buah.

Tips

  • Sereal apa pun yang dibuat sendiri akan lebih baik (dan sebagian besar lebih murah). Membandingkan  daripada apa pun yang datang dari  kotak atau kantong belanja 🙂
  • Dan kita tidak akan pernah bosan dengan granola dan muesli. Sebab kontennya bisa diganti-ganti entah kacang, buah, dan pemanis. Rasanya mereka tidak pernah keluar dengan cara yang sama dua kali.
  • Jangan khawatir jika granolanya sedikit kenyal saat dimasak keluar dari oven; itu akan renyah saat dingin panci.

Kontak Arenga untuk Organic Palm Sugar wa.me/081932418190 (chat only)

 

Share artikel ini

5 Comments

  1. Aprillia November 18, 2021 at 3:58 pm

    Anaku suka banget granola tp skarang uda ada produk kekgini tinggal makan seduh susu mantul banget ya

  2. Mei Daema November 18, 2021 at 10:21 pm

    Wah mba Evi kebetulan banget aku suka dengan granola dna muesli, aku bikin tiap hari buat sarapan pagi ini, biasanya kutambah yogurt sama buah segaranya juga dan madu, juga tambah gula merah asli, wah enak banget deh tiada duanya

  3. Fanny_dcatqueen November 19, 2021 at 12:10 am

    Duuuh langsung pengeeeen bikiiiin mba. Granola dan muesli itu fav ku buat sarapan. Tapi memang selama ini mah beli trus. Ga kepikiran bikin sendiri 😄. Tapi setelah baca caranya gampang, kok ya jadi mau bikin.

    Naah bener memang jadi lebih banyaaak ya kalo bikin sendiri. Apalagi hrg muesli bisa dibilang mahaaaal. Isinya ya ga terlalu banyak pula :D.

  4. Siska Dwyta November 19, 2021 at 8:23 am

    Boleh juga nih ide sarapannya. Apalagi emang belum pernah sarapan dengan Granola jadi pengen coba praktikkan nih resepnya

  5. lendyagassi November 19, 2021 at 9:00 am

    Camilan sehat dar Granola dan Muesli ini sedang tren yaa..
    Aku pernah dikirimin sepupu Granola dan Muesli buatan sendiri dan hmm, ternyata lumayan bikin kenyang. Gak hanya itu, bisa bikin pencernaan lancar juga..

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait