Scone Ubi Jalar Dengan Icing Gula Merah

Published On: 30 Oktober 2021|Categories: Resep Masakan Arenga|22 Comments|
Scone Ubi Jalar Dengan Icing Gula Merah

Scone Ubi Jalar dengan Icing Gula Merah: Menurut Wiki,  scone adalah roti dengan penyajian tunggal atau roti cepat. Biasanya terbuat dari gandum, jelai atau havermouth. Terus dikembangkan dengan baking powder atau Bakpuder. Terakhir baru  dipanggang dengan loyang kue dalam oven.

Scone itu biasanya sedikit manis, terkadang dilapisi kuning telur sebelum dipanggang. Makanan ini masuk jenis kuliner tradisional di Inggris. Disajikan bersama teh di Devonshire . Scone sedikit berbeda dari roti manis lainnya yang dibuat dengan ragi.

Profil scone lebih manis dan tekstur  sedikit lebih renyah daripada biskuit.  Dan ketika sampai pada gula aren atau palm sugar siapa yang tidak akan menyukai rasanya?

Bahan-Bahan:

  • 70 gr mentega tawar, potong kotak dan dinginkan
  •  1 TBSP
  • 1 ubi jalar, kupas dan potong dadu
  • 3 sdm Arenga gula aren bubuk .
  • Sedikit garam
  • 2 cup – 255 gr tepung serbaguna
  • 1 sdm baking powder
  • 1/4 sdt kayu manis bubuk
  • 1/4 sdt bumbu halus
  • Sejumput pala parut
  • 1/2 cup – 70 gr kismis kering
  • 1/4  cup- 180 ml  krim kental, dingin
  • icing gula merah (ambil dari Arenga bubuk yang diayak halus)
  • 1/4 cu  – 20 gr gula halus
  • 1 sdm mentega tawar
  • 1/4 cup – 50 gr Arenga palm sugar
  • 3 sdm krim kental
Ubi jalar merah gula aren

Ubi jalar merah gula aren

Cara Membuat Scone Ubi Jalar dengan Icing Gula Merah :

  1. Dalam wajan lebar, lelehkan 1 sdm mentega di atas api sedang.
  2. Tambahkan ubi jalar dan masak, aduk sering, sampai mulai melunak, sekitar 10 menit.
  3.  Tambahkan 1 sdm ARENGA gula merah, masak terus sampai ubi jalar menjadi karamel. Kurang lehi  12-15 menit.
  4. Sebelum ubi matang, tambahkan sejumput garam.
  5. Angkat dan dinginkan hingga benar-benar dingin, sekitar 1 jam.
  6. Panaskan oven sampai 220 ° C.
  7. Lapisi loyang dengan kertas perkamen. Sisihkan

Baca juga:

Langkah Selanjutnya:

  1. Dalam food processor aduk tepung, baking powder, 2 sdm Arenga gula aren bubuk, 1/2 sdt garam, kayu manis, dan pala.
  2. Masukan mentega dingin, taruh di atas campuran tepung dan kocok sampai adonan menyerupai remah-remah kasar.
  3. Pindahkan campuran tepung-mentega ke mangkuk besar,tambahkan kismis dan ubi jalar dingin,  aduk.
  4. Tambahkan krim, aduk perlahan dengan garpu agar tercampur.
  5. Tuang adonan ke permukaan yang sudah ditaburi sedikit tepung, dan perlahan-lahan uleni menjadi bola, berhati-hatilah agar tidak menghancurkan ubi jalar
    kotak.
  6. Adonan akan terasa agak kering. Bentuk menjadi bola-bola diameter 20 cm dan dipotong menjadi delapan segitiga.
  7. Pindahkan scone ke loyang yang sudah disiapkan.
  8. Panggang sampai scone hampir berwarna cokelat keemasan, 18 hingga 22 menit.
  9. Angkat. Biarkan dingin di atas loyang selama sekitar 10 menit, lalu pindahkan ke rak kawat hingga benar-benar dingin.
Bahan untuk membuat icing gula merah

Bahan untuk membuat icing gula merah

Cara Membuat Icing Gula Merah Untuk Scone Ubi Jalar:

  1. Untuk membuat icing: Ayak Arenga gula semut menjadi medium ke dalam mangkuk .
  2. Masukan ke dalam panci kecil, campurkan mentega, Arenga gula aren, dan krim .
  3. Aduk sampai mentega meleleh dan adonan tercampur rata. Tuang campuran mentega di atas gula bubuk,
    dan aduk hingga rata. Biarkan dingin sepenuhnya.
  4. Saat scone sudah dingin, atur rak kawat dengan scone di atas loyang. Dengan spatula kecil atau pisau meja, oleskan sekitar 1 sdm icing pada setiap scone.
    Biarkan set setidaknya 15 menit sebelum disajikan.

Membuatnya sedikit ribet. Tapi kalau sudah jadi, enak banget teman-teman 🙂

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Kontak Arenga by https://wa.me/081932418190

Share artikel ini

22 Comments

  1. Andiyani Achmad November 22, 2021 at 9:59 am - Reply

    wow!! udah pasti enak sih scone berbahan baku ubi jalar dengan icing gula merah, cocok dimakan saat sarapan atau saat minum teh dan kopi

  2. Dian November 22, 2021 at 10:27 am - Reply

    wah mantap nih resep scone ubi jalar
    bisa jadi alternatif dalam mengolah ubi jalar
    biar g bosan diolah yg itu itu aja

  3. Mia Yunita November 23, 2021 at 8:31 am - Reply

    Wah kalo bikinnya ribet, aku di bagian tukang makannya aja deh ya. Tapi scone ubi jalar ini aku belum pernah makan deh. Jadi pengen nyoba.

  4. Keke Naima November 23, 2021 at 8:08 pm - Reply

    Rasanya saya baru tau camilan scone. Kalau melihat bahan-bahannya, kelihatan enak buat teman me time di sore hari. Sambil minum teh hangat

  5. Momtraveler November 23, 2021 at 8:38 pm - Reply

    Resepnya menarik nih mbak. Belum pernah nyobain scone dari ubi apalagi pake gula aren pasti makin enak deh. Aku catet ya resepnya

  6. Rach Alida November 24, 2021 at 4:54 am - Reply

    Informasi soal icing ini aku baru ketahui. Kayaknya bisa juga nih dipraktekkan di rumah mengikuti resep yang tercantum ini. Makasih informasinya 🙂

  7. Ade UFi November 24, 2021 at 6:32 am - Reply

    Ih saya baru tau istilah Scone, Mba.. asyik nih mau coba ah resep sconenya. Kebetulan saya masih pakai terus loh gula aren arenga nih. Habis memang gulanya tuh manisnya enak. Kalau dibuat kopi kekinian tuh rasa kopinya seperti rasa kopi di kedai kopi yang lagi hits.

  8. Lidya November 24, 2021 at 6:53 am - Reply

    Oh iya ya gula merah juga bisa dibuat icing, selama ini aku cuma taunay gula putih, gak kepikiran bangte padahal gula merah lebih enak menurutku

  9. Dian Restu Agustina November 24, 2021 at 7:54 am - Reply

    Istimewa pasti rasanya, terutama karena penambahan icing gula merah dari Arenga Indonesia pada scone ini. Pasti makin mantap sekali jadi teman teh ata kopi! Terima kasih resepnya:)

  10. @hm_zwan November 24, 2021 at 11:46 am - Reply

    wah, ini kreatif sekali. Aku kok udah ngebayangin manis ubinya ya. Terus ada icing gula arenganya, aduh kebayang wanginya euy..auto pingin nyobain mbak
    MAkasih resepnya….

  11. Lisdha www.daily-wife.com November 24, 2021 at 1:09 pm - Reply

    Kagun deh sama Mbak Evi yang banyak koleksi resepnya. Sebagai ibuk2 yg masak sekadar sebagai kewajiban (bukan hobby), saya sangat mengapreasiasi keahlian dan kreatifitas memasak.
    Saya jelas belum pernah dong mengolah ubi jd kayak gini hihihi

    Semoga gula Arenga semakin memaniskan Indonesia ya mbak..

  12. Happy Dyah November 24, 2021 at 2:55 pm - Reply

    nyam nyam.. saya bagian makannya aja, dan harus nyetok juga nih Arenga gula semut yg bisa digunakan sewaktu waktu

  13. Ruffie Lucretia November 24, 2021 at 6:02 pm - Reply

    wah makasih banyak ya infonya, jadi kepengen bikin nih.. aku save yaa~

  14. Wah wah ini sih namanya scone dengan kearifan lokal Indonesia ya mbak 😀
    Baru tahu kali ini scone dari ubi jalar mbak 😀 Nyaaam kelihatan enak sekali buat camilan, langsung lap 😀
    Apalagi kalau dikasi icing gula palem gtu enak yknya dijadiin camilan teman ngeteh atau ngopi sore gitu yaa

  15. Witri November 24, 2021 at 8:31 pm - Reply

    Ubi jalar merah ini enak banget loh, selama ini paling ku kukus atau goreng aja, padahal bisa ya di bikin aneka masakan. Kalau Scone aku belum pernah nyobain apalagi bikin, hehehe

  16. Hidayah Sulistyowati November 24, 2021 at 9:29 pm - Reply

    Mbak Evi, aku gak pernah telaten bikin icing dan ngasih toping di kue. Pasti belepotan di sekelilingnya, hihihi. Tapi pengen bikin Scone ubi jalar nya aja ntar icing gula untuk olesan aka

  17. Milda Ini November 24, 2021 at 10:15 pm - Reply

    Nah, kalo aku yang masak nih belum tahu berhasil apa gak. Tapi kalo ingat kata mak rasanya enak. Jadi harusnya bersemangat untuk mencoba membuatnya yah kan

  18. lendyagassi November 24, 2021 at 10:28 pm - Reply

    Baru tahu aku, kak Evi kalau begini namanya Scone.
    Sebagai penikmat makanan manis, aku merasakan scone ini gurih bikin ketagihan, hehhe..plus bahan utamanya ubi, jadi bisa mantap mengisi perut.

  19. Damar Aisyah November 24, 2021 at 10:40 pm - Reply

    Scone ubi jalar masih bener-bener baru buatku. Unik nih. Gak pernah kebayang ubi bisa diolah jadi kudapan yang bener-bener beda sama yang biasa. Kalau bikin scone yang biasa itu saya suka yang dominan gurih.. Jadi penasaran kalau kombinasinya ubi jalar. Makin manis kali yak.

  20. Lina W. Sasmita November 24, 2021 at 10:43 pm - Reply

    Penasaran ingin melihat bentuk jadinya gimana penampakan scone dengan icing gula merah ini. Scone namanya terdengar asing tapi kalau icing berasa nama-nama lokal Indonesia.

  21. Lia Yuliani November 24, 2021 at 11:39 pm - Reply

    Baru tahu saya yang namanya Scone. Memang butuh proses bikin ini, ya. Jadi pengen nyicip juga. Scone ubin jalar dengan icing gula aren, camilan sehat, bergizi, enak lagi

  22. Desy Yusnita November 29, 2021 at 6:23 pm - Reply

    Resepnya menggoda untuk di coba deh. Kebetulan lagi cari resep yang pakaia ubi jalar nih.

Terima kasih sudah mampir. Silahkan tinggalkan kesan dan pesan teman-teman di bawah ya. Mencegah spam komentar teman-teman kami moderasi 🙂

Artikel Terbaru

  • Rolade-bayam-bagi-yang-kurang-suka-makan-sayur

    Rolade Bayam, Alternatif Untuk Anak-Anak yang Tak Suka Sayur

  • Gula-aren-cair-untuk-cafe

    Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

  • Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

    Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

  • Sate peluang usaha yang menjanjikan

    Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

  • Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

    Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi dan Minuman

Artikel Terkait