9 olahan kentang dalam gastronomi internasional: Di Perancis kentang mendapat status upaboga yang cukup penting. kentang diolah dengan beragam gaya dan disajikan secara mewah maupun sederhana.

Orang Perancis sudah mengolah kentang dalam berbagai hidangan, telah dibakukan dan mendunia. Kita tinggal menyebut salah satu nama olahan kentang  baku tersebut pada seorang juru masak profesional. Di mana pun mereka berada, Perancis atau Indonesia, kita akan mendapatkan hidangan sedap menurut kriteria yang telah ditentukan.

Begitu pentingnya kentang dalam khasanah kuliner internasional. Berikut jenis olahan kentang yang terkenal :

Baca di sini tentang : Beda Gula Aren dan Gula Semut

1. Pommes Anna:

Pommes Anna adalah hidangan kentang minimalis. Kentang dikupas, diiris tipis, diberi mentega.  Bumbunya juga sederhana hanya diberi garam dan merica. Irisan kentang disusun berlapis-lapis, dilumuri mentega, dimasak di atas kompor, lalu dipanggang dalam oven.

Hidangan ini ditemukan oleh seorang koki bernama Adolf Dugléré pada abad ke-19, yang menamakannya berdasarkan nama aktris Perancis terkenal kala itu yaitu  Anna Deslions atau Anna Judic. 

2. Pommes Lyonnaise:

Foto hidangan kentang Pommes Lyonnaise

Foto hidangan kentang Pommes Lyonnaise

Kentang gaya kota sutera Lyon di Perancis Selatan adalah kentang yang ditumis dengan mentega, diberi irisan bawang bombay dan paterseli. Lyonnaise berarti “dari Lyon”, atau “gaya Lyon”, setelah kota Lyon di Prancis . Variasi yang lebih baru telah berkembang selama bertahun-tahun menggunakan teknik seperti karamelisasi untuk meningkatkan pencoklatan dan rasa.

Mengganti mentega dengan minyak sayur, Pommes Lyonnaise bisa jadi hidangan vegetarian.

3. Pommes Soufflees:

Orang Perancis menyebutnya Kentang Kembung. Hidangan dari kentang yang dicampur dengan telur, susu, bumbu-bumbu khas kemudian dipanggang hingga mengembung.

Sepertinya cukup sulit juga membuatnya. Karena butuh  dua penggorengan, satu pada 180 ° dan yang lainnya pada 190 °. Irisan kentang harus sangat rata dan dengan ketebalan yang sama. Kelembaban yang terkandung dalam kentang yang, di bawah pengaruh panas, berubah menjadi uap yang akan meniup irisan kentang jadi mengembung seperti buah apel. 

4. Vychyssoise:

Sup kentang dingin dari Amerika yang juga berasal dari Prancis. Resep sup yang terbuat dari daun bawang dan kentang yang dihaluskan. Muncul di Perancis pertama kali pada abad ke-19.

Dalam buku masak abad ke-19, dan masih digunakan sampai sekarang, mereka disebut  “Potage Parmentier  “ atau “Potage la Parmentier  Dipopulerkan oleh  Antoine-Augustin Parmentier , ahli gizi dan sarjana Prancis. Dia juga mempopulerkan penggunaan kentang dalam masakan Prancis.

5. Croquettes de Pommes:

Croquettes de Pommes - kroket kentang

Croquettes de Pommes – kroket kentang

Kroket kentang yang juga telah berakar di Indonesia. Enak dan mudah membuatnya. Terbuat dari kentang yang dilembutkan dengan direbus. Biasanya dikasih isi  ayam, wortel, parutan keju telur dan beberapa bumbu yang kemudian digulung dalam tepung roti dan digoreng.

6. Rosti – 9 Olahan Kentang Dalam Gastronomi Internasional :

Berasal dari Swiss, sejenis dadar dari serutan kentang. Rostis (atau dieja rösti ), biasanya digoreng dalam wajan  sedang kemudian dipotong (seperti telur dadar) untuk disajikan sebagai lauk untuk makan.

7. Kartoffelsalat:

selada kentang khas Jerman. Sering juga disebut Schwäbischer Kartoffelsalat.  Salad Kentang sederhana yang berasal dari wilayah Swabia di Jerman yang disajikan dengan  irisan kentang, bawang cincang, kaldu panas, minyak, cuka, dan peterseli segar

8. Stamppot:

Kentang Lumat. Biasanya jadi hidangan khas musim dingin yang hanya ditemukan di Belanda.

Stamppot adalah kombinasi kentang tumbuk dengan satu atau beberapa sayuran (dan terkadang buah-buahan). Pasangan sayuran ini secara tradisional termasuk asinan kubis, endives, kangkung, bayam, dan lobak hijau. Kadang dipasangkan dengan sosis tradisional Belanda yang besar itu.

9. Pommes Frites atau French Fries:

Nah kalau ini pasti semua tahu. Kentang goreng pendamping  ayam goreng Amerika yang lagi ngetren di Indonesia. Sebenarnya, khusus Indonesia, kentang ini pengganti nasi. Dinikmati dengan dicocolkan pada sambal botolan.

Follow Arenga Indonesia di IG