Kenapa Harga Murah Tidak Selalu Menjamin Kualitas yang Baik

Categories: Bisnis dan Marketing|Komentar Dinonaktifkan pada Kenapa Harga Murah Tidak Selalu Menjamin Kualitas yang Baik|
Mengapa-harga-murah-tak-selalu-menjamin-produk-yang-baik

Untuk sebagian kita, kadang merasa, membeli dengan harga murah adalah pilihan belanja terbaik. Membeli produk dengan harga murah, kita bisa menghemat uang. Sisa anggaran bisa digunakan untuk kebutuhan lain.

Begitu pun ketika membeli produk yang sama tadi dari brand berbeda, jika ada bisa membeli murah, ngapain juga harus beli produk yang lebih mahal.

Seperti membeli Arenga gula aren organik yang sedikit lebih mahal dari produk serupa. Akan muncul perasaan puas bila berhasil mendapatkan produk gula aren dengan harga yang lebih murah.

Manusiawi sih, apa lagi budget terbatas, tidak punya waktu membandingkan mengapa ada gula aren yang lebih mahal dan mengapa pula ada yang lebih murah, sehingga harga murah dianggap jadi solusi terbaik.

Ada Harga Ada Barang

Sobat Arenga pernah dengar atau baca idiom ” ada harga, ada barang”?

Jadi perlu diketahui bahwa harga murah tidak selalu berbanding lurus dengan kualitas. Salah-salah malah bisa berdampak negatif pada kesehatan dan keselamatan kita, keluarga, atau pelanggan yang ingin kita layani sebaik-baiknya.

Jadi sebagai konsumen bijak, kita harus selalu memperhatikan kualitas produk, mencari informasi yang cukup sebelum memutuskan untuk membelinya. Tidak semata karena harganya yang diskon dari produk dari brand lain.

Baca juga:

4 Alasan Mengapa Harga Murah Tidak Selalu Menjamin Kualitas yang Baik

  • 1. Kualitas bahan baku rendah: Produsen yang menawarkan harga yang sangat murah mungkin menggunakan bahan baku yang tidak berkualitas, alias murah juga. Misalnya dalam kasus pembuatan gula aren bubuk, memasak ulang gula cetak yang sudah rusak dengan menambahkan zat-zat kimia untuk menghasilkan gula semut aren yang secara penampilan kelihatan menarik. Dengan begitu mereka bisa memprodusi barang murah tapi dengan kualitas, you know lah.
  • 2. Proses produksi tidak memadai: Produsen yang menawarkan harga yang sangat murah mungkin mengorbankan proses produksi yang harus dilakukan dengan baik. Kurang pengawasan akan kualitas dan sanitasi. Dengan begitu mereka bisa berhemat diongkos produksi tapi menghasilkan produk yang tidak aman atau tidak sehat untuk dikonsumsi.
  • 3. Biaya produksi yang rendah: Produsen yang menawarkan harga yang sangat murah mungkin mengabaikan biaya produksi yang sebenarnya, seperti upah pekerja, pengeluaran dalam membeli bahan baku, dan biaya pengiriman. Mata rantai seperti ini sangat terasa dampak negatifnya bila dilakukan dengan biaya murah. Dan tentu saja imbasnya adalah kualitas produk.

Terakhir, iya setuju, sebagai konsumen harga murah bisa menjadi daya tarik belanja. Tetapi yang harus diingat adalahitu tidak selalu jadi solusi terbaik karena tidak menjamin kualitas barang yang baik.

Sebagai konsumen yang bijak, kita harus selalu memperhatikan kualitas produk yang kita beli dan mencari informasi yang cukup sebelum memutuskan untuk membelinya.

Arenga Indonesia, produsen gula aren cair premium. Dari Tangerang untuk Indonesia

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Pentingnya peran minuman dalam tradisi dunia

    Ragam Minuman Dalam Peradaban Dunia

  • Mengapa kafein bisa meningkatkan kemampuan berpikir kita?

    Mengapa Kafein Bisa Meningkatkan Kemampuan Berpikir?

  • Aspek spiritual dalam pengolahan gula merah di Indonesia

    Aspek Spiritual Dalam Pengolahan Gula Merah di Indonesia

  • Gula aren jadi motor penggerak ekonomi pedesaan

    Gula Aren Jadi Motor Pengerak Ekonomi Pedesaan

  • Produksi gula aren cair organik dari pemanfaatan hasil hutan bukan kayu

    Hasil Hutan Bukan Kayu: Pemanfaatan Pohon Aren Untuk Membuat Gula Aren Cair Organik

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat