Cara Menyusun Menu Makanan yang Tepat

Categories: Bisnis dan Marketing|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Menyusun Menu Makanan yang Tepat|
Cara menyusun menu makanan

ARENGAINDONESIA.com – Cara Menyusun Menu Makanan yang Tepat: Tips Jitu dari Juru Masak Hotel dan Catering

Saat merencanakan sebuah acara atau hanya ingin menyajikan hidangan lezat untuk keluarga di rumah, menyusun menu makanan yang tepat adalah langkah penting. Namun, tak jarang kita malah bingung sendiri mau memulainya dari mana. Karena sekilas tampaknya menyusun menu makanan itu hanya bisa dilakukan oleh seorang ahli atau minimal sudah berpengalaman dibidang kuliner atau catering.

Jangan kuatir ya teman-teman. Di dunia ini apa sih yang tidak bisa dipelajari? Asal kita tekun dan tidak mudah menyerah kita pun bisa menyusun menu makanan secara pro.

Nah, dalam artikel ini, ARENGA membagikan panduan berharga yang di dapat dari seorang juru masak hotel dan pengusaha catering . Dirangkum di sini untuk membantu teman-teman cara merancang menu makanan yang baik.

Dengan memperhatikan berbagai aspek seperti waktu makan, jenis acara, jumlah orang, anggaran, komposisi rasa, kombinasi warna makanan, dan syarat nutrisi, teman-teman bisa menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi penikmatnya.

1. Menu untuk Makan Pagi, Siang, atau Malam

Merencanakan menu makan siang
Menu makan siang

Saat menyusun menu makanan, pertimbangkan waktu makan yang tepat. Untuk makan pagi, pilih makanan yang memberikan energi, seperti roti gandum, telur, dan buah-buahan segar.

Contoh Menu Makan Pagi

  1. Roti Gandum Utuh: Dua potong roti gandum utuh panggang, disajikan dengan mentega alami atau selai rendah gula. Roti gandum utuh kaya serat dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi tahan lama.
  2. Telur Rebus: Dua butir telur rebus, menyediakan protein berkualitas tinggi dan nutrisi penting seperti vitamin D dan vitamin B12.
  3. Nasi Goreng Energi: Porsi kecil nasi goreng dengan tambahan sayuran seperti wortel, buncis, dan jagung. Nasi goreng bisa disiapkan dengan minyak sehat seperti minyak zaitun dan ditambahkan sedikit daging ayam atau tahu untuk protein tambahan.
  4. Mie Goreng Berprotein: Sedikit porsi mie goreng dengan tambahan potongan daging sapi rendah lemak atau udang untuk asupan protein. Pastikan mie digunakan dalam jumlah yang terkendali untuk menjaga keseimbangan karbohidrat.
  5. Buah-buahan Segar: Irisan buah-buahan segar seperti potongan melon, stroberi, pisang, atau jeruk. Buah-buahan memberikan vitamin, mineral, serat, dan gula alami yang memberikan energi cepat.

Contoh Menu Makan Siang

Cara menyusun menu makanan untuk makan siang, perhatikan hidangan berprotein seperti ikan atau daging, serta sayuran dan karbohidrat.

Menu Makan Siang Ala Catering:

Hidangan Utama: Teriyaki Glazed Salmon

  • Teriyaki Glazed Salmon: Fillet salmon panggang dengan saus teriyaki yang karamelisasi, disajikan dengan taburan biji wijen dan bawang hijau.

Pelengkap: Mediterranean Couscous Salad

  • Mediterranean Couscous Salad: Campuran couscous, potongan mentimun, tomat ceri, bawang merah, kacang mediterranean, dan parsley, diselimuti dressing lemon dan minyak zaitun.

Sup Pembuka: Creamy Roasted Carrot Soup

  • Creamy Roasted Carrot Soup: Sup wortel panggang dengan krim lembut, disajikan dengan hiasan daun peterseli.

Sayuran Panggang: Herb-Roasted Vegetables

  • Herb-Roasted Vegetables: Campuran sayuran panggang seperti wortel, buncis, dan kentang dengan campuran bumbu rempah seperti rosemary dan thyme.

Pilihan Roti: Assorted Artisan Breads

  • Assorted Artisan Breads: Koleksi roti-rumit seperti focaccia, ciabatta, dan roti gandum utuh, disajikan dengan mentega dan infused olive oil.

Minuman: Fruit Infused Water

  • Fruit Infused Water: Air infused dengan potongan buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan mint untuk memberikan rasa dan hidrasi.

Penutup: Mini Dessert Platter

  • Mini Dessert Platter: Assortment dari mini pilihan penutup seperti chocolate mousse cups, strawberry shortcakes, dan lemon tarts.

Contoh Menu Makan Malam Ringan Ala Chef

Grilled Chicken Caesar Salad
Grilled Chicken Caesar Salad

Untuk makan malam, pilih hidangan yang lebih ringan seperti sup atau salad, untuk memastikan tidur nyenyak.

Sup Pembuka: Roasted Butternut Squash Soup

  • Roasted Butternut Squash Soup: Sup labu kuning panggang dengan sentuhan sage dan rempah-rempah. Disajikan dengan taburan biji labu panggang.

Hidangan Utama: Grilled Chicken Caesar Salad

  • Grilled Chicken Caesar Salad: Potongan daging ayam panggang pada atas campuran selada romaine, crouton, dan parmesan. Disajikan dengan dressing Caesar yang lezat.

Sayuran Hijau: Sautéed Garlic Spinach

  • Sautéed Garlic Spinach: Bayam sautéed dengan bawang putih dan minyak zaitun, memberikan sentuhan sayuran hijau yang sehat.

Pilihan Roti: Whole Grain Bread Rolls

  • Whole Grain Bread Rolls: Pilihan roti gandum utuh yang dihidangkan dengan minyak zaitun dan herbs.

Minuman: Chamomile Tea

  • Chamomile Tea: Teh chamomile yang tenang dan memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu untuk tidur nyenyak.

Penutup: Mixed Berry Parfait

  • Mixed Berry Parfait: Lapisan yogurt Greek rendah lemak dan campuran berry segar seperti stroberi, blueberry, dan raspberry. Ditaburi dengan granola untuk memberikan sedikit tekstur.

Menu makan malam di sini dipilih dari komponen makanan yang lebih ringan dan lebih mudah dicerna. Ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat karena kita sudah bersiap-siap untuk istirahat malam dan tidur yang nyenyak.

Terutama untuk mereka yang peduli kesehatan, pastinya akan menghindari makanan yang berat atau berlemak berlebihan menjelang tidur agar sistem pencernaan tidak terbebani dan tidur mereka tidak terganggu.

2. Hidangan untuk Pesta atau Menu Harian Rumah Tangga

Cara menyusun menu untuk pesta
Hidangan Pesta

Apakah teman-teman merencanakan pesta besar atau hanya ingin menyajikan makanan sehari-hari di rumah, penting untuk menyesuaikan menu. Untuk pesta, pertimbangkan hidangan yang lebih bervariasi, seperti hidangan pembuka, hidangan utama, dan pencuci mulut.

Untuk menu harian rumah tangga, prioritaskan hidangan yang lebih praktis dan mudah disiapkan, tetapi tetap lezat dan bergizi.

Contoh Menu Utama Harian Rumah Tangga

Hari 1: Nasi Goreng Ayam

  • Nasi Goreng Ayam: Nasi goreng dengan tambahan potongan daging ayam, telur, wortel, buncis, dan bawang merah. Disajikan dengan irisan mentimun dan kerupuk.

Hari 2: Sop Buntut

  • Sop Buntut: Sup dengan daging buntut sapi yang direbus hingga empuk, disajikan dengan wortel, kentang, jagung, dan irisan seledri.

Hari 3: Ayam Goreng Kremes

  • Ayam Goreng Kremes: Potongan ayam yang digoreng renyah dengan bumbu kremes, disajikan dengan nasi, sambal, dan lalapan.

Hari 4: Pepes Ikan

  • Pepes Ikan: Ikan (misalnya ikan nila) dibumbui dengan rempah khas dan dibungkus daun pisang, kemudian dipanggang atau dikukus. Disajikan dengan nasi dan sambal terasi.

Hari 5: Sayur Lodeh

  • Sayur Lodeh: Sayuran seperti labu siam, wortel, kacang panjang, dan tahu dimasak dalam kuah santan dengan bumbu khas. Disajikan dengan nasi dan ikan asin.

Hari 6: Rendang Daging

  • Rendang Daging: Daging sapi direndam dalam bumbu rempah khas Minangkabau dan dimasak hingga empuk dan berbumbu. Disajikan dengan nasi dan telur balado.

Baca juga: Jujeh Kabab – Ayam Panggang Khas Iran

Hari 7: Sate Ayam dan Gado-Gado

  • Sate Ayam: Potongan ayam yang ditusuk dan dibakar, disajikan dengan bumbu kacang, lontong, dan irisan mentimun.
  • Gado-Gado: Campuran sayuran rebus seperti kacang panjang, taoge, dan kentang dengan bumbu kacang dan kerupuk.

Pastikan untuk memvariasikan hidangan dengan bahan-bahan yang segar dan memanfaatkan beragam rempah dan bumbu Indonesia yang khas. Jangan ragu untuk menyesuaikan menu sesuai dengan preferensi keluarga kita masing-masing

3. Jumlah Orang

Perhatikan jumlah orang yang akan menyantap nasi tumpeng ini
Perhatikan jumlah orang yang akan menyantap nasi tumpeng ini

Jumlah orang yang akan dihidangkan sangat mempengaruhi rencana menu. Pastikan jumlah tamu yang diundang atau anggota keluarga yang akan makan. Dengan informasi ini, teman-teman dapat menghitung proporsi bahan makanan yang dibutuhkan untuk setiap hidangan.

4. Jumlah Budget

Anggaran adalah faktor krusial dalam menyusun menu. Berdasarkan anggaran yang kita miliki, kita bisa memilih bahan makanan dan jenis hidangan yang sesuai.

Untuk pesta, coba bekerjasama dengan juru masak hotel atau catering. Dari sini teman-teman dapat menemukan solusi kreatif untuk menghadirkan hidangan lezat tanpa anggaran berlebih.

5. Komposisi Rasa

Menciptakan harmoni rasa dalam menu adalah seni yang penting. Gabungkan hidangan yang memiliki rasa asam, manis, asin, pahit, dan umami untuk memberikan pengalaman kuliner yang kompleks dan memuaskan.

Pertimbangkan pilihan hidangan yang berbeda untuk setiap rasa, sehingga setiap hidangan memiliki keunikannya sendiri.

6. Kombinasi Warna Makanan

Presentasi makanan yang menarik juga memegang peranan penting dalam menyusun menu. Pertimbangkan kombinasi warna yang menarik untuk menciptakan hidangan yang menggugah selera. Pilih warna-warna yang kontras dan seimbang, untuk menciptakan tampilan yang mengundang selera.

7. Syarat-Syarat Nutrisi

Salah satu yang penting dari cara menyusun menu ini adalah keseimbangan nutrisi yang tak boleh diabaikan dalam menu makanan. Pastikan setiap hidangan mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang diperlukan tubuh. Dengan berkonsultasi dengan ahli gizi atau juru masak berpengalaman, teman-teman dapat menciptakan hidangan yang tidak hanya lezat, tetapi juga sehat.

Jadi kesimpulannya, menyusun menu makanan membutuhkan perencanaan dan pertimbangan matang. Dengan menggabungkan pengetahuan dari juru masak hotel atau catering, kita dapat menciptakan pengalaman kuliner yang mengesankan untuk berbagai jenis acara atau bahkan hidangan harian untuk disajikan pada anggota keluarga.

Mulai dari pemilihan waktu makan hingga keseimbangan nutrisi, setiap aspek memiliki peran penting dalam menciptakan menu yang sempurna. Ingatlah untuk selalu berfokus pada kepuasan tamu atau anggota keluarga, dan jangan ragu untuk menggali kreativitas dalam mengeksplorasi berbagai hidangan baru.

Arenga Indonesia. Gula aren Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter