Jujeh Kabab – Ayam Panggang Khas Iran

Categories: TRAVELING|Komentar Dinonaktifkan pada Jujeh Kabab – Ayam Panggang Khas Iran|
Jujeh Kabab Ayam panggang khas Iran

Arenga Indonesia – Jujeh Kabab: Kelezatan Ayam Panggang Khas Iran

Traveling ke Iran ibarat masuk ke negeri seribu satu malam. Berpuluh tahun terkena embargo Amerika, terkesan tertutup, membuat negeri ini cukup eksotis di mata saya wisatawan.

Pertama kali masuk ke Iran lewat Tehran, dari airport saja sudah dibuat terkesima. Aroma melati, warganya yang umumnya ganteng dan cantik, dan super ramah pada para pendatang. Kalau mengikuti dari koran, sepertinya Iran perang mulu ya? Tapi kalau sudah masuk ke dalam, teman-teman akan tahu bahwa berita dari media massa tidak selalu benar.

Dengan kekayaan budaya dan sejarahnya, dan salah satu cara terbaik untuk mengeksplorasikulinernya adalah melalui makanan lokal. Selama berada di Iran, saya cukup akrab dengan Jujeh kabab, hidangan tradisional tapi sepertinya sangat populer di Iran, terutama di ibu kota Tehran. Daging ayamnya lembut dan juicy ini dipanggang dengan bumbu khas Persia seperti saffron, cumin, dan lada hitam.

Ayam Panggang Hidangan Tradisional Iran

Disajikan di atas piring khas Persia, Jujeh Kabab datang dengan potongan daging ayam yang panggang dengan tusukan sate dari logam. Dimeriahkan oleh kehadiran Salad Shirazi, yaitu sayuran yang terdiri dari mentimun, tomat bakar, bawang merah, dan lemon.

Menurut guide kami, daging ayam dalam Jujeh Kabab biasanya ada yang dengan tulang ada pula tanpa tulang. Potongan ayam bakar yang saya nikmati tanpa tulang. Sebelum dibakar dimarinasi terlebih dahulu dengan yogurt, jus lemon segar, bawang putih cincang, minyak zaitun, bubuk saffron, bubuk lada hitam, bubuk paprika, bubuk jintan, bubuk kayu manis, garam, dan merica.

Setelah dimarinasi sekian jam kebanya lalu bakar dalam oven. Di masa lalu Juleh Kabab dibakar dalam tungku tradisional dengan kayu khusus yang menambah citra rasa ayam bakar ini.

Banyak juga ternyata bumbunya. Pantas rasanya enak!

Saffaron

Toko yang menjual aneka rempah makanan khas Iran atau Persia di Vakil Bazaar, Shiraz, Iran
oko yang menjual aneka rempah makanan khas Iran atau Persia di Vakil Bazaar, Shiraz, Iran

Salah satu ciri khas dari Jujeh Kabab adalah penggunaan bumbu saffron atau kunyit ala arab. Tak hanya dalam kebab ini, selama menikmati kuliner di Iran saya sering menemukan rempah dengan warnah khas ini dalam banyak makanan.

Seperti, saya juga menemukannya pada Tahdig (nasi kuning), Baghali Polo (nasi dengan kacang polong dan daging), Zereshk Polo (nasi dengan cranberry kering dan ayam), Ash-e Reshteh (sup gurih), Sholeh Zard (puding beras ), dan minuman seperti saffron tea (teh saffron).

Jadi telihat ya betapa saffron fungsinya amat penting dalam masakan Iran. Selain memberikan warna kuning, karena saffron juga memberikan aroma dan rasa khas pada ayam panggang.

Teman Makan Jujeh Kabab

Saffron Rice (Tahdig) pelengkap makan Jujeh Kabab

Boleh dibilang Jujuh Kabab itu adalah lauk. Bukan langsung dimakan seperti steak atau sate.

Berikut adalah beberapa pelengkap yang sering disajikan bersama jujeh kabab di Iran:

1..Saffron Rice (Tahdig): Nasi kuning dengan aroma rempah cukup kuat. Yang istimewa adalah tahdig, semacam kerak nasi. Dan jadi istimewa bagi orang Iran karena renyah.

2. Salad Shirazi: Salad segar yang terbuat dari mentimun, tomat, bawang merah, dan lemon. Salad ini memberikan kesegaran dan keasaman pada daging ayam yang terasa masif.

3. Mast-o-Khiar: Cocolan, dip yoghurt yang terbuat dari mentimun, bawang putih, dan dill. Mast-o-Khiar memberikan rasa sejuk dan kelembutan yang kontras dengan cita rasa ayam panggang.

4. Torshi: Selain Sald Shiraza, tak jarang ayam panggang gurih ini juga datang bersama Torshi. Terdiri dari berbagai macam sayuran fermetnasi seperti labu, wortel, dan bawang putih. Torshi memberikan rasa asam dan menyegarkan yang memperkaya hidangan.

5. Naan atau Lavash: Selain tahdig, di Tehran juga biasa menikmat Jujeh Kabab dengan roti tradisional Iran ini. Terbuat dari tepung gandum, digiling tipis dan dibakar.

Pelengkap Ritual Sosial Masyarakat Iran

Sarapan dengan Naan atau Lavash di Khara Desert
Sarapan pagi dengan Naan dan Telur di Gurun Khara

Jujeh Kabab bukan hanya tentang rasa yang luar biasa, tetapi juga tentang pengalaman sosial yang menyenangkan. Di Iran, hidangan ini sering disajikan dalam acara-acara keluarga besar, pesta, atau perayaan. Orang-orang berkumpul di sekitar meja, menikmati kelezatan Jujeh Kabab, dan berbagi momen kebahagiaan bersama.

Selain di Iran, Jujeh Kabab juga populer di banyak restoran dan rumah makan Timur Tengah di seluruh dunia. Hidangan ini telah menarik perhatian banyak pecinta kuliner internasional yang menghargai kekayaan rasa dan keunikan budaya yang dihadirkannya.

Jadi, jika teman-temang mencari hidangan dengan sentuhan eksotis di Iran, Jujeh Kabab salah satu pilihan yang sempurna. Dengan ayam panggang yang lembut dan bumbu-bumbu khas Persia, hidangan ini akan memanjakan lidah dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Kalau tidak di Iran bisa juga coba masak Jujeh Kabab di rumah alias bikin sendiri atau kunjungi restoran Timur Tengah terdekat. Biarkan diri kita terpesona oleh cita rasa autentik hidangan dari negeri seribu satu malam ini!

Arenga Indonesia. Produsen gula semut dan gula cair di Tangerang – Banten.

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Daun pandan wangi dalam tradisi kuliner asean

    Daun Pandan Wangi dalam Tradisi Kuliner Asean

  • Manfaat kulit manggis sebagai pengawet nira

    Manfaat Kulit Manggis sebagai Pengawet Nira Aren

  • Kopi susu gula aren tubruk dari Top Coffee

    Kopi Susu Gula Aren Tubruk: Sensasi Nikmat Kafein Dari Top Coffee

  • Resep bikin bakwan jagung renyah mudah dan sederhana

    Bikin Bakwan Jagung Renyah Tanpa Repot

  • Arenga nechtar syrup yang dikenal juga sebagai Arenga liquid palm sugar

    Arenga Nectar Syrup: Manis Sehat Dari Gula Aren Cair Alami

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat