8 Resep Masakan Ayam Arenga Pasti Disukai Keluarga

Resep-semur-ayam-ala-arenga-gula-aren

Ayam tak Ada matinya untuk menggugah selera makan seluruh anggota keluarga. Dari balita sampai orang tua tidak ada yang tak suka daging ayam. Dagingnya yang kenyal dan lembut ini  bisa diolah dengan ratusan resep. Digoreng, panggang, ungkep atau hanya direbus. Ayam tak kehilangan rasanya. Kali ini Arenga datang dengan 8 resep masakan ayam yang pasti disukai keluarga.

1. Resep Semur Ayam Gula Aren Arenga

Resep-semur-ayam-ala-arenga-gula-aren

Resep semur ayam ala Arenga gula aren

Btw, gula aren bukan hanya enak untuk pemanis kopi atau minuman tapi juga wajib disediakan di dapur sebagai tambahan bumbu, ya teman-teman. Karena rasanya yang legit ini bisa menggantikan fungsi perasa masakan (MSG) yang tidak begitu sehat bagi tubuh kita.  Ok tak berpanjang-panjang kita mulai 8 Resep Masakan Ayam Arenga ini dengan semur ya. 

Bahan-bahan Resep Semur Ayam Gula Aren Arenga

  1. 500 gram ayam potong
  2. 5 buah tahu ukuran sedang
  3. 5 siung bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 3 buah kemiri
  6. 1 sendok makan ketumbar.
  7. 2 cm kayumanis
  8. Sejumput jinten dan 2 sendok makan kecap manis .
  9. Pala dan merica secukupnya.
  10. 1 cm jahe dan 1 Batang sereh.
  11. 3 biji cengkeh
  12. 100 gram gula aren ARENGA

Cara Membuat Semur Ayam ARENGA

  • Cuci bersih ayam, kemudian rebus hingga hampir matang, sisihkan
  • Haluskan semua bumbu kemudian tumis dengan api sedang.
  • Setelah tercium aroma harum, masukkan air kaldu rebusan ayam tadi bersama ayamnya ke dalam bumbu tumisan
  • Masak ayam bersama bumbu hingga meresap dan empuk.
  • Tambahkan arenga gula aren, kecap manis, garam sesuai selera.
  • Terakhir masukkan tahu dan diamkan selama beberapa menit hingga bumbu meresap
  • Resep semur ayam Arenga siap dihidangkan

2. Resep Ayam Asam Pedas

Resep-ayam-asam-pedas

Resep ayam asam pedas

Bahan-bahan Bumbu Ayam Asam Pedas

  1. 1 ekor ayam sedang
  2. 1 lembar daun kunyit
  3. 1 batang serai
  4. 3 batang daun ruku-ruku
  5. Asam jawa secukupnya
  6. 2 sendok makan Arenga gula aren cair

Bumbu-bumbu yang Dihaluskan

  • 10 buah cabe merah
  • 8 buah bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Setengah jari kunyit
  • Setengah jari lengkuas

Cara Membuat Ayam Asam Pedas

  • Ayam dibersihkan dipotong-potong sedang, cuci sampai bersih lalu tiriskan.
  • Serai dimemarkan
  • Ambil air secukupnya rebus sampai mendidih
  • Masukkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan, tambahkan serai,daun ruku-ruku, daun kunyit, dan asam jawa
  • Biarkan sampai kental dan meresap, bubuhi garam dan tambahkan sedikit Arenga gula aren cair.
  • Masukkan ayam dan rebus terus sampai airnya tinggal sedikit, biarkan sambil sesekali diaduk
  • Bila sudah empuk di angkat dan siap dihidangkan.

3. Resep Ayam Barbeque

resep-ayam-BBQ

Resep ayam BBQ

Bahan-bahan untuk resep ayam barbeque

  1. 2 ekor ayam sedang
  2. Satu botol selai
  3. 3 sendok makan air jeruk nipis
  4. 5 sendok makan minyak goreng kacang
  5. Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara membuat ayam barbeque

  • Selai dicampur dengan saus saus panggang, masak sampai mendidih sambil diaduk-aduk.
  • Potongan ayam dikeringkan dengan kertas tisu atau kain bila memotong ayam agak besar-besar potongannya atau biarkan utuh)
  • ayam dilumuri mentega atau minyak goreng, kemudian panggang di atas api arang sambil dibolak-balik, lumuri dengan saus panggang, panggang lagi sampai ayamnya empuk-matang.
  • Hidangkan dalam keadaan hangat.

4. Resep Ayam Cabe Hijau

Resep-ayam-cabai-hijau

Resep ayam cabai hijau


Bahan-bahan Untuk Membuat Resep Ayam Cabai Hijau

1 ekor ayam gemuk muda
2 sendok makan minyak goreng

Bumbu-bumbu untuk membuat ayam cabai hijau

  1. 6 buah cabe hijau
  2. 10 siung bawang putih
  3. 6 butir kemiri
  4. 1 potong kunyit
  5. 1 potong jahe
  6. 1 potong lengkuas
  7. Sereh, daun salam, dan garam secukupnya

Cara membuat ayam cabe hijau

  • Ayam dibersihkan kemudian dipotong-potong.
  • Cabe dan bumbu ditumbuk halus, bawang merah diiris halus.
  • Bawang merah iris, cabe hijau tumbuk kasar, juga bumbu yang telah dihaluskan ditumis.
  • Setelah wangi masukkan potongan ayam, sereh, lengkuas, masak sampai kental.
  • Angkat dan siap disajikan

5. Resep Ayam Goreng Kalasan

Resep-ayam-goreng-kalasan

Resep ayam Goreng Kalasan

Bahan-bahan untuk membuat ayam goreng kalasan

  1. 1 ekor ayam sedang
  2. 500 cc air kelapa
  3. Setengah sendok teh soda kue
  4. 5 siung bawang putih dihaluskan
  5. Garam secukupnya
  6. Minyak goreng secukupnya.

Cara membuat ayam goreng kalasan

  • Bersihkan ayam, belah menjadi dua. Rebus ayam bersama air kelapa, soda kue, bawang putih dan garam sampai empuk sampai airnya habis atau kering dan tiriskan.
  • Panaskan minyak dan goreng lah ayam sampai kecoklatan (setengah kering) baru diangkat.

6. Ayam Goreng Tepung Roti

resep-ayam-goreng-tepung-roti

Resep ayam goreng tepung roti

Bahan-bahan untuk resep ayam goreng tepung roti

  • 1 ekor ayam yang besar (umur pilih yang sedang)
  • 150 g tepung roti baris Batu 1 butir telur ayam
  • 3 ons kentang
  • 3 buah telur ayam
  • Bumbu-bumbu untuk membuat ayam goreng tepung roti
  • Garam, merica secukupnya
  • Minyak goreng, saus tomat seperlunya

Cara membuat ayam goreng tepung roti

  • ayam yang sudah bersih dipotong-potong, ditaburi dengan garam dan merica cukupnya, biarkan 10 menit agar meresap.
  • Telur ayam dikocok di piring.
  • Siapkan wajan dengan minyak goreng.
  • Ayam satu persatu masukkan kedalam kocokan telur, celupkan kedalam tepung roti yang sudah disiapkan terlebih dahulu.
  • Kalau minyak sudah panas gorenglah, setelah kuning angkat.

Hidangan tambahan

  • Kentang dikupas, cuci, potong sepanjang 3 cm (sebesar jari) lalu goreng sampai kuning.
  • Siapkan saus tomat titik garis baru bisa ditambah dengan roti atau hotdog

7. Resep Ayam Kari Kentang

Resep-ayam-kari-kentang

Resep Ayam kari Kentang

Bahan-bahan untuk membuat resep ayam kari kentang dalam 8 Resep Masakan Ayam Arenga:

  1. Setengah bagian ayam bulat
  2. 5 buah kentangbulat
  3. 1/2 gelas air santan

Bumbu-bumbu yang dihaluskan untuk membuat ayam kari kentang:

  • 10 buah cabe merah
  • 100 gram cabe merah
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • Satu helai daun salam
  • Lada dan garam secukupnya garis baru

Cara membuat ayam kari kentang

  • Ayam dipotong menjadi beberapa bagian agak kecil-kecil.
  • Kentang kentang dicuci bersih, dikupas, potong segi 4.
  • Cabe merah diiris serong tipis-tipis.
  • Bawang putih dan bawang merah ditumbuk kasar saja.
  • Panaskan penggorengan, beri sedikit minyak, setelah cukup panasnya, masukkan bawang merah dan bawang putih tumis lah.
  • sebentar kemudian masukkan potongan-potongan ayam kentang, daun salam, cabe giling, garam dan lada secukupnya.Setelah ayam 3/4 matang masukkan irisan cabe merah dan aduk kembali.
  • Beberapa saat kemudian beri sedikit air dan masukkan santan.
  • Lebih kurang 2 menit angkat, pindah pada suatu mangkuk sayur.
  • Dan siap dihidangkan

8. Resep Ayam Madu Arenga

Resep-ayam-madu-arenga

Resep Ayam Madu Arenga

Terakhir dari 8 Resep Masakan Ayam Arenga adalah ayam madu, resep favorit dalam keluarga kami.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat resep ayam madu

  1. 6 buah paha ayam
  2. 2 sendok makan madu garis baru
  3. Bumbu-bumbu untuk membuat ayam madu:
  4. 6 buah bawang merah
  5. 4 siung bawang putih
  6. 1/2 sendok teh ketumbar halus
  7. 2 sendok makan kecap manis
  8. Arenga gula aren, pala, cengkeh, secukupnya

Cara membuat ayam madu

  • Ayam bersihkan, cuci lalu keringkan.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, campuran ketumbar halus, gula aren, pala, kecap manis, cengkeh, madu dan garam secukupnya.
  • Semua bahan tadi dicampur menjadi satu dan lumurkan ke seluruh ayam,  kukus sampai matang.
  • Setelah matang, digoreng sampai kecoklatan.
  • Hidangkan bersama sambal bajak atau sambal kecap dan lalap ketimun, atau lalap lain yang sesuai selera.

Intip juga resep-resep lezat lain oleh Arenga:

Gula aren mutu premium kontak Arenga Indonesia di https://wa.me/6281932418190

 

Share artikel ini

29 Comments

  1. nurulrahma Desember 10, 2020 at 9:13 am - Reply

    Enak enak nih mba
    ayam dipadupadankan dgn bumbu nan cihuuyy, plus pakai ARENGA
    Nikmat Tuhan manalagi yg kau dustakan?

    • Arenga Indonesia Desember 10, 2020 at 12:33 pm - Reply

      Iya alhamdulillah Mbak. Mayan untuk tambahan menu keluarga kan 🙂

  2. Mugniar Desember 10, 2020 at 6:48 pm - Reply

    Hua Mamin, ini resep enak-enak semua. Noted. Pengen cobain yang semur ayam. 😍

    • Arenga Indonesia Desember 11, 2020 at 12:10 pm - Reply

      Silahkan Niar. Anak-anak Mamin juga suka banget semut ayam 🙂

  3. Rach Alida Desember 11, 2020 at 8:24 am - Reply

    Wah mampir ke sini dan langsung siuguhin resep-resep serta makanan yang enak enak. Dan kayaknya pakai Arenga ini bikin makanan jadi lebih sehat dan enak pastinya ya

    • Arenga Indonesia Desember 11, 2020 at 12:11 pm - Reply

      Arenga bisa digunakan sebagai bumbu Mbak Rach. Jadi tidak hanya untuk memaniskan kue dan minuman tapi juga bisa digunakan untuk melegitkan masakan. Gak usah pakai penyedap lagi 🙂

  4. Susi Desember 11, 2020 at 2:16 pm - Reply

    ayam itu menu favoritku dan jenis prohe yg paling cocok buat saya.. selama ini kalau masak ayam paling di sop, goreng, bakar sama ayam suir aja dah wkwkkw.. makasih ya mbak bisa jadi referensi saya biar nggak bosen makan ayam 🙂

  5. Keke Naima Desember 11, 2020 at 4:00 pm - Reply

    Jadi semakin betah saya berkunjung ke sini. Banyak resep yang bisa dipraktekin. Semuanya kelihatan nikmat. Kalau beli gula Arenga hanya bsa melalui WA, ya?

  6. Dwi Puspita Desember 11, 2020 at 7:03 pm - Reply

    Woaaa, siapa yang habis lihat paha ayam ini besoknya ingin eksekusi pengen buat….hahaha… ngiler banget deh, fix besok saya bikin kek gini

  7. Nurul Fitri Fatkhani Desember 11, 2020 at 8:55 pm - Reply

    Waah, semua resep masakannya kesukaan keluarga saya. Sekarang bisa buat sendiri,deh! Nyontek resepnya ya, Mbak 🙂

  8. Juliastri Sn Desember 11, 2020 at 10:20 pm - Reply

    Wow, resep ayamnya lezat-lezat semua ini. Bisa jadi inspirasi kalau masak ayam, soalnya referensiku kalau masak ayam hanya sebatas digoreng atau bumbu ayam kecap aja 🙂

  9. Andiyani Achmad Desember 12, 2020 at 9:02 am - Reply

    banyak banget resepnya.. asik ada resep semur juga kesukaanku, mau ah dicobain pankapan di rumah biar menu masakan keluarga jadi bervariasi

  10. Yeni Sovia Desember 12, 2020 at 10:03 am - Reply

    Wah aku baru tahu lho mba kalau ternyata gula aren bisa dipakai masak yang gurih-gurih. Kirain aku cuma buat bikin bubur kacang hijau atau masakan yang manis. Hmm menunya menggoda ya mba. Sayang aku ga jago masak ikh.

  11. Aswinda Utari Desember 12, 2020 at 1:31 pm - Reply

    Pengen bikin ayam asam pedas deh mba.. Tp blm tau apa itu daun ruku-ruku? Baru denger soalnya mba. Bahasa indonesianya memang daun ruku-ruku ya mba?

  12. Dian Desember 12, 2020 at 2:17 pm - Reply

    wah banyak banget resep olahn ayamnya ya mbak
    aku pengen nyoba bikin ayam kalasan ah
    masakan favorit suami, selama ini selu beli klo pengen

  13. Dedew Desember 12, 2020 at 5:53 pm - Reply

    Iya ya rasa aren yang legit cocok untuk bikin enak masakan, resep-resepnya terlhat menarik dan sedap semua tahu saja keluarga ku suka ayam..makasih mimin…

  14. Milda Ini Desember 12, 2020 at 7:19 pm - Reply

    asik banget ini kebetulan my princess hobbies eat chicken nih, hahahaa. terima kasih banget yah

  15. Uniek Kaswarganti Desember 12, 2020 at 10:01 pm - Reply

    Menggoda semua nih resep olahan ayamnya. pengin nyobain yang asam pedas, tapi ga tau apa itu daun ruku ruku. Mudah nggak sih didapatnya daun itu, atau mungkin ada nama lainnya?

  16. Alfa Kurnia Desember 12, 2020 at 10:19 pm - Reply

    Baca ini malam-malam jadi laper, hahaha. Makasih resepnya, pas banget lagii nyari ide untuk masak besok. Bakal nyoba asam masak pedas atau ayam cabe hijau. Enak mana ya? Galau.

  17. Asyek serba ayam. Bahan2nya pun mudah didapat ya mbak. Tandain dulu ah, soalnya udah mulai bosan makan ayam digoreng mulu, butuh variasi lainnya hehe
    TFS

  18. lendyagasshi Desember 12, 2020 at 11:19 pm - Reply

    Warna cokelatnya kalau pakai gula Aren bener-bener bagus yaa..
    Suka semua sama resep di atas.
    Jadi halu nyium wanginya…

  19. Helena Desember 12, 2020 at 11:46 pm - Reply

    glek … malam-malam lihat deretan resep menggunakan olahan ayam. Sedapnyaaa~ Gula aren Arenga bisa dipakai juga yaa buat banyak resep masakan. Enggak cuma buat minuman, masak semur pun ditambahi Arenga aja.

  20. Nia Haryanto Desember 13, 2020 at 7:03 am - Reply

    Duh Mbak, ini kok enak-enak sih. Beberapa resep baru aku tahu deh. Aku save ah. Kepengen bisa menu baru ngolah ayam. Kasian anak-anak yang menunya itu-itu aja saat makan ayam. 😀

  21. Meykke Santoso Desember 14, 2020 at 5:57 am - Reply

    wah segalaa ayam dengan bumbu yang beragam ya mba, jadi pingin banget buat karena orang rumah juga suka ayam banget.

    • Arenga Indonesia Desember 14, 2020 at 9:10 am - Reply

      Bahan bakunya satu, ayam. Dan ternyatata dari 1 bahan baru ini bisa dibuatkan ratusan resep ya Mbak 🙂

  22. Indah Juli Desember 14, 2020 at 7:04 am - Reply

    Uni Evi, izin copas resep masakan ayamnya ya, ini ada beberapa yang belum pernah dicoba, lihat foto-fotonya, jadi tertarik pengen masakin buat anak-anak 🙂
    Kudu pesan Arenga nih, biar nggak pakai penyedap rasa lagi ya.

  23. Dian Farida Ismyama Desember 14, 2020 at 6:01 pm - Reply

    Wow semua masakannya menggoda. Ternyata ayam ga hanya digoreng, dikecap dan dicrispy aja ya. Next aku mau cobain ayam madu dan kari ah

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • pengawet nira alami dan manfaat buah rambusa

    Pengawet Nira Aren Menggunakan Buah Rambusa

  • Pohon-aren-sebagai-sumber-kesejahteraan-ekonomi

    Pohon Aren dan Manfaatnya Sebagai Sumber Kesejahteraan Ekonomi

  • Daun-padan-dalam-Arenga-Liquid-Palm-Sugar

    Daun Pandan Dalam Liquid Palm Sugar dan Apa Faedahnya?

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

Artikel Terkait