Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Manfaat asam jawa untuk kesehatan
Manfaat Asam Jawa Untuk Kesehatan

Banyak sekali manfaat asam jawa (tamarindus indica) untuk menjaga kesehatan. Sejak lama buahnya sudah digunakan sebagai antiseptik, menghilangkan mualmenambah nafsu makan sampai menghilangkan rasa sakit. Tak cukup sampai di sana, tangkal asam (Sunda) ini juga digunakan mengomati sariawan, menurunkan kolesterol, kencing manis dan melancarkan haid

Manfaat Asam Jawa Dalam Makanan

Manfaat asam jawa dalam makanan
Manfaat asam jawa dalam makanan

Asam jawa saat mentah daging buahnya berwarna putih kehijauan. Sering kita temukan dalam racikan sayur asam. Tamarindus Indica ini saat bercampur dengan rempah lain, termasuk terasi, menimbulkan sensasi segar tak terkira.

Sementara buah asam jawa yang sudah masak dapat dimanfaatkan untuk membuat sirup, manisan dan agar-agar. Sudah jadi kebiasaan bagi masyarakat Jawa membuat ramuan kunyit asam, minuman kesehatan yang terbuat dari kunyit dan gula aren. Selain melancarkan pencernaan juga untuk menghaluskan kulit.

Baca di sini tentang Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Kesehatan

Tak hanya di Indonesia, asam jawa digunakan tak kurang dari 23 negara,. Negara-negara Timur Tengah juga biasa memanfaatkan buah mengandung vitamin B3 ini untuk menjaga stamina.

Ramuan dan Resep Daun Asam Jawa Penurun Kolesterol

Ramuan daun asam jawa penurun kolesterol
Ramuan daun asam jawa penurun kolesterol

Para peracik jamu sudah lama menggunakan daun asam jawa sebagai ramuan penurun kolesterol. Itu karena kandungan saponin, flavonoid, dan tanin yang terdapat di dalamnya.

Pernah dilakukan uji pada hewan percobaan, ekstrak asam jawa selain menurunkan kolesterol juga mengurangi tekanan darah.

Sekalipun kolesterol juga bermanfaat bagi tubuh dalam jumlah tertentu, sebagai pembungkus jaringan syaraf, tapi jika berlebih tentu tidak baik. Kolesterol ini lah penyebab aterosklerosis, pengapuran dan pengerasan dinding pembuluh darah.

Baca juga Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Sangat berbahaya jika terjadi di jantung otak dan ginjal. Seluruh pembuluh darah coroner akan jadi sempit, otomatis aliran darah akan terhambat. Bila saluran semakin sempit bukan tak mungkin nanti pecah. Akibat pembuluh darah pecah sudah kita ketahui semuanya.

Jadi usahakan selalu mengkonsumsi makanan sehat, berolah raga dan kurangi beban stress. Sering-sering minum ramuan daun asam jawa, mengurangi makanan mengandung kolesterpl tinggi akan membantu menjaga kondisi tubuh prima.

Berikut resep manfaat asam jawa penurun kolesterol.

Resep Asam Jawa Penurun Kolesterol

Ambil sebanyak 100-175 gram daun asam jawa (tamarindus indica). Tumbuk bersama satu gelas air panas. Peras dan saring. Langsung diminum. Dilakukan dua kali sehari

Manfaat Asam Jawa dan Gula Aren

Resep Kunyit asam
Kunyit Asam

Dalam ramuan minuman kesehatan, manfaat asam Jawa untuk kesehatan diperkuat gula aren. Dua sejoli yang saling melengkapi. Berikut dua resep bermanfaat untuk melancarkan haid dan mengobati jerawat.

Resep Kunir Asam Pelancar Haid

Bahan:

  • Asam Jawa 3 Biji
  • Umbi Kunyit Cucurma longa 1 jari tangan
  • Arenga Gula Aren Bubuk sesuai selera

Cara Membuat:

Kupas kunyit, cuci dan parut. Masukan ke dalam gelas asam jawa bersama kunyit. Tambahkan Arenga Gula Aren bubuk. Tuang air mendidih sebanyak 3/4 gelas. Tutup rapat. Saring setelah dingin dan minum satu kali saat saat dan sesudah haid.

Resep Obat Jerawat Asam Jawa

Bahan

  • Buah Asam Jawa 3 biji
  • Daun Sambiloto Andrographis paniculata 11 lembar
  • Pegagan Centella asiatika 11 lembar
  • Rimpang temulawak Curcuma xanthorrhiza sebesar telur itik

Cara Membuat

Kupas umbi temulawak, cuci dan iris tipis. Rebus semua bahan dalam 5 gelas air sampai tersisa 4 gelas. Dinginkan, saring. Minum 3 kali sehari sebanyak 1/5 gelas makan. Lakukan rutin selama 2 minggu.

Butuh gula aren bubuk dan cair? Kontak Arenga Indonesia 0819 3241 8190

Share artikel ini

23 Comments

  1. NurulRahma April 2, 2020 at 1:02 pm

    Nyessss, suegerrr minum es asam jawa dengan gula areeen
    Apalagi cuaca Surabaya lagi panas2nya bangeettt
    makasiii sharingnya mbaa

  2. Lidya April 2, 2020 at 2:14 pm

    Seger banget aku suka bikin minuman asam nih mbak pakai gula aren dikit enak, tapi tanpa gula pun udah segar banget. Enaknya sih kalau gula arennya cair ya jadi praktis tinggal aduk-aduk aja

  3. Yati Rachmat April 2, 2020 at 3:23 pm

    Kalau asam jawa memang bunda tau bisa dijadikan camilan ( yang matang dengan diselimuti hula pasir) rasanya mantap dan bikin mata melek serta badan segar. Tapi kalau daunnya bunda baru tau dari postingan ini. Daunnya bukankah seperti daun petai cina. Mau googling lbh jauh ah. Makasih infonya.

  4. Keke Naima April 2, 2020 at 7:39 pm

    Saya lumayan sering pakai asam jawa. Termasuk bikin sambal. Rasa asam jawa memang segar

  5. Nchie Hanie April 2, 2020 at 11:02 pm

    Aahh, kapan hari pas di Semarang, pesen minuman asam jawa ini, seger bangeet meski asam dikit..

  6. Rina Susanti April 3, 2020 at 9:09 am

    Inget ibu sy suka bikin minuman asem jawa waktu sy kecil. Minunnya anget2 …

  7. RAch Alida April 3, 2020 at 9:13 am

    Ya ampun ini kelihatan sehat dan segar sekali mba. Apalagi pas konsumsi seperti ini. Aku biasanya pas lagi menstruasi atau pas lagi dapat tuh konsumsi asem jawa ini mba. Sukses arenga 🙂

  8. Damar Aisyah April 3, 2020 at 10:19 am

    Ternyata asam jawa bisa buat turunin kolesterol ya, aku baru tahu. Resepnya pun sederhana saja. cuma diseduh air hangat, remes2 sebentar. Kalau aku emang sering minum kunyit asam. pesen sama Mbak jamu langganan. Biasanya kalau pesenan gak dimanisin karena tahu buat tujuan tertentu.

  9. Nanik Nara April 4, 2020 at 5:02 am

    ah iya, jaman kecil saya dulu suka ngemil daun asam yang masih muda, asem-asem seger. Sampai sekarang pohon asam itu masih ada, dan masih berbuah.
    Asam jawa plus gula aren, diminum pas dingin, seger banget rasanya

  10. Armita Fibriyanti April 4, 2020 at 11:56 am

    Enak banget ini, seger. Saya suka minum kunyit asam. Kadang bikin sendiri. Kadang beli di Yu Jamu yang suka lewat depan rumah.

  11. Lina W. Sasmita April 4, 2020 at 1:42 pm

    Saya paling suka jajanan asam jawa yang dibungkus kecil-kecil itu loh Mbak zaman SD itu jajanan favorit banget. Sekarang asam paling banyak digunakan buat rujakan saja masih jarang dibuat untuk minuman padahal khasiatnya banyak.

  12. Nurul Fitri Fatkhani April 4, 2020 at 2:29 pm

    Selama ini saya tahunya buah asam jawa yang dimanfaatkan sebagai minuman kesehatan. Ternyata daunnya pun berkhasiat dan bisa dijadikan obat juga.

  13. Suciarti Wahyuningtyas April 4, 2020 at 3:37 pm

    Seger banget ya sekarang kalau minum es asam Jawa, jadi pengen bikin deh. Wait, tapi kayaknya mau beli ajalah karena sudah bosan dengan itu.

  14. Milda Ini April 4, 2020 at 8:23 pm

    Sekarang paling suka ngemut permen asam, kalo dulu sih iyah suka minum dari airnya yang segar, entah sekarang susah buat beli buahnya. kalo pun ada yang jual es asam atau apalah namanya kok kayak ngak asli, hahaha

  15. TIAN LUSTIANA April 4, 2020 at 8:43 pm

    Favorite saya asam jawa, enak apalagi diseduh dengan gula aren. Enak. Ternyata manfaatnya banyak sekali yah.

  16. Aswinda Utari April 4, 2020 at 9:10 pm

    Asam jawa ini ternyata aslinya enak ya. Pernah waktu kecil dulu makan yg langsung. Sensasinya masih berasa. Kalo disini aku plg suka beli permen asam yg bulet2 itu. Enaaak

  17. lendyagasshi April 4, 2020 at 9:34 pm

    Aku sukaaa minuman alami yang berasal dari empon-empon begini.
    Ibuku suka stock asam jawa di kulkas karena suka banget masak sayur asem.
    Aku pun sukaa…segeerr~
    MashaAllah.

  18. Echaimutenan April 4, 2020 at 9:52 pm

    Asam jawa ini dah susah dicari loh
    Malah kadang tak pake buat bikin bacemann. Biar asem2 dikit setelah pake gula jawa

  19. April Hamsa April 4, 2020 at 9:59 pm

    Ibuku dulu sering banget bikinin asam jawa mbak, emang enak dinikmati manis asem dengan es batgu yang banyak. Nikmat dan seger gtu deeeh 😀

    • April Hamsa April 4, 2020 at 10:00 pm

      #es batu

  20. Nunung April 4, 2020 at 10:09 pm

    Waah baru tau kalau asam jawa bisa buat nurunin kolesterol. Jarang bangeet minum asam Jawa. Tapi kayaknya seger bangêt nih asam jawa dikasih gula aren diminum pakai es. Segerr

  21. Uniek Kaswarganti April 4, 2020 at 11:07 pm

    Asam Jawa berpadu dengan gula aren pastinya menghasilkan paduan rasa asam dan gurih nih. Jadi ketagihan pasti rasanya untuk meneguk segarnya minuman yang satu ini.

  22. Ade UFi April 5, 2020 at 11:24 pm

    Wah saya mau coba resep yang terkahir tuh, Mba buat jerawat. Kira2 bisa ga ya buat anak ABGku yang lagi banyak2nya jerawat krn hormon. Bukan karena kotor. Daripada dia pakai macem2. Saya cekokin ini aja ya. Mudah dicarinya.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi

Artikel Terkait