Resep Jamu Beras Kencur Enak

Resep jamu beras kencur enak karena menggunakan gula aren orgnik

Virus corona 19 dan saudara-saudaranya masih merebak. Tak tahu kapan selesainya pandemi ini. Tapi hidup harus berlanjut karena tak mungkin juga bersembunyi di rumah selamanya, bukan? Tetap patuh saja pada pola hidup sehat dengan memenej pikiran , jaga pola makan, olah raga, taat prokes, dan sisanya kita serahkan kepada Yang di Atas. Agar imun tubuh tetap tinggi tambahkan supplement vitamin dan sesekali menikmati resep jamu beras kencur yang enaik ini. Kalau Sobat Arenga mau tahu cara membuatnya, scroll sampai bawah ya.

Jamu Tak Harus Selalu Pahit

Dalam konotasi jamu bitter is sweet. Pahit rasanya tapi manis efeknya karena bisa merawat dan menyembuhkan. Rasa pahit datang dari rempah-rempah yang dari sananya memang punya properti dominan pahit.  Zat pahit itu berupa minyak atsiri dan alkaloid dari herbal yang bekerja untuk memicu respons sensorik di mulut.

Sensasi pahit kemudian diarahkan oleh saraf ke sistem saraf pusat. Pesan diteruskan lagi ke usus sehingga menimbulkan hormon pencernaan gastrin. Ini lah kemudian yang akan menstimulasi nafsu makan selama masa pemulihan, dan khasiat obat yang menyembuhkan.

Dan kebanyakan kita tidak menyukai atau menolak rasa pahit, bukan? Tak hanya kepahitan hidup, juga makanan dan minuman pahit. Mengapa?

Evolusi lah yang bertanggung jawab mengapa kita menolak rasa pahit sejak lahir . Jadi benci pahit itu terdapat dalam kode genetika kita.

Para peneliti menemukan bahwa sekitar seperempat populasi umat manusia memiliki gen reseptor rasa yang disebut TAS2R38,  yang membuat kita lebih sensitif terhadap rasa pahit. Ini lah yang mempengaruhi, mengapa umumnya kita tidak menyukai jamu pahit. Atau menolak makan pare dan sayuran pahit lainnya.

Kabar baik, jamu tak selalu harus pahit! Banyak juga jenis jamu yang enak seperti resep jamu beras kencur yang menggunakan gula aren organik ini.

Baca juga : Cara Membuat Gula Semut Aren

Kencur Tak Sekadar Bumbu Dapur

Kencur bahan baku untuk membuat resep jamu beras kencur enak
Kencur

Kencur (Kaempferia galanga) merupakan tanaman herba yang memiliki aroma dan cita rasa unik. Sering juga disebut jahe aromatik dan banyak tumbuh di Asia termasuk Indonesia.

Banyak sekali penggunaan kencur ini. Mulai dari obat sampai kuliner. Nenek moyang kita memanfaatkannya sebagai media menjaga kesehatan seperti resep jamu beras kencur enak di bawah. Di beberapa tempat di Cina, sebagian besar penduduk mengkonsumsi kencur sebagai acar dalam mengambil manfaat kesehatannya.

Apa Saja Bahan Resep Jamu Beras Kencur Enak Ini?

Dengan memanfaatkan pemanis gula aren organik bersama rimpang jahe, kencur, kunyit, asam jawa, dan bunga cengkeh, jadi beras kencur yang tak hanya berkhasiat tapi juga enak.

Rimpang Jahe

Rimpang Jahe Segar sudah dimanfaatkan di Cina sejak 2500 tahun lalu. Rasa dan aromanya yang kuat sering dimanfaatkan untuk memperlancar ASI, mengobati batuk, membangkitkan nafsu makan, mengurangi rasa mules, mengurangi sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Asam Jawa

Asam Jawa. Tanaman asli Afrika ini memiliki aneka kandungan kimia seperti asam appel, asam anggur, Vitamin B1, dan Vitamin C. Asam Jawa berguna sebagai penghilang rasa sakit, penurun panas, penurun kolesterol, dan melancarkan sekresi empedu.

Rimpang Kunyit

Rimpang Kunyit sudah lama dikenal mengandung senyawa berkhasiat obat (kurkuminoid). Ramuan jamu di Jawa tak pernah ketinggalan menggunakan rimpang kunyit karena efek menyejukan yang ditimbulkannya. Begitu pula dengan fungsi membersihkan, mengeringkan, menghilangkan gatal dan menyembuhkan kesemutan.

Rimpang Kencur mengandung pati, mineral, dan minyak atsiri. Efek farmakologinya adalah menghilangkan radang lambung, radang anak telinga, influenza pada bayi, masuk angin, sakit kepala, diare, pegal-pegal dan melancarkan haid.

Baca Juga: Tanaman Sorgum dan produknya

Mari Ekseskusi Resep Minuman Enak Berkhasiat

Dengan bermanfaat bahan rempah yang digunakan seperti di atas, beras kencur sejatinya sering bermanfaat untuk menghilangkan pegal-pegal pada otot dan persendian. Selain tentu saja meningkatkan daya tahan tubuh terhadap segala jenis serangan virus dan bakteri.

Bahan

  • 60 gram beras Oryza sativa
  • 15 gram rimpang kencur segar Kaempferia galanga
  • 4 gram rimpang jahe segar Zingiber officinale
  • 1 jari rimpang kunyit Curcuma domestica
  • 2 butir buah asam jawa
  • 5 butir bunga cengkeh
  • 1 batang kayu manis
  • Arenga gula aren organik sesuai selera
  • garam secukupnya

Cara Membuat

  • Sangrai beras hingga berbau harum
  • Setelah disangrai tumbuk halus
  • Iris tipis semua rempah atau herbal minuman beras kencur. Didihkan dua gelas air. Masukan tepung beras dan semua bahan yang telah diiris. Masukan juga cengkeh, kayu manis, dan asam jawa. Aduk-aduk selama 15 menit.
  • Matikan api. Tambahkan gula semut aren, sedikit garam, aduk rata.
  • Saring air rebusan. Minuman tradisional beras kencur siap dinikmati.

Selamat menikmati.

Produsen Gula Aren Organik Tangerang

Kontak Arenga Indonesia, WA 0819 3241 8190

Share artikel ini

20 Comments

  1. Sandra Hamidah April 2, 2020 at 8:10 pm

    Salam kenal, sejak covid 19 saya jadi ga nemu mbak jamu langganan nih… Tapi resep ini sangat membantu nih. Terimakasih ya!

  2. Awan April 3, 2020 at 11:35 am

    Sudah lama saya tidak minum jamu beras kencur seperti ini, jadi pengen buat sendiri aja ternyata bahan dan cara buatnya tidak terlalu sulit ya Mba. Terima kasih sharingnya Mba 🙂

  3. Adhe April 3, 2020 at 12:52 pm

    Beras jencur selalu jadi favorit ku nih, apalagi kalo beli jamu beras kencur nya di mbok2 jamu gendongitu rasanya nikmat banget hehe 🙂

  4. Ani Berta April 3, 2020 at 1:15 pm

    Saya sering lihat kayu manis, cengkeh, bunga lawang dll di superarket Mba tapi yang saya beli cuma kencur dan jahe yang familiar tapi saya kudu coba yang lainnya kayaknya.
    Aku bakalan sering2 mampir ke sini buat nyontek resep Mba hihihi

  5. Reni April 3, 2020 at 2:43 pm

    Anugerah ya mba kita hidup di negara yang kaya akan rempah-rempahnya. Boleh juga nih resep beras kencurnya.

  6. Ety Budiharjo April 3, 2020 at 7:39 pm

    Aku suka banget minuman beras kencur tapi belom pernah bikin sendiri. Soalnya beli aja sudah sangat murah. Eh tapi sekali2 boleh juga nih bikin sendiri yah

  7. Eni Rahayu April 4, 2020 at 4:14 am

    Bapak saya nih rutin minum beras kencur seminggu sekali. Katanya enak di badan secara bapak saya seorang tukang bangunan. Nah, beda cerita dengan suami saya yang ketika kecil hampir setiap hari dipakein beras kencur sama mamanya, katanya sih pengganti minyak telon hehe

  8. Damar Aisyah April 4, 2020 at 8:01 am

    Oh, kalau bikin beras kencur tetep pakek asam jawa ya meskipun sedikit? Aku cuma beras, kencur sama jahe aja. Mungkin bakalan beda di rasa juga ya. Kalau resep Mbak Evi lengkap banget ada kayu manis, bunga cengkeh juga. Pasti rasanya anget di badan dan tenggorokan nih. Cocok buat situasi pandemik kayak gini.

  9. Raisa April 4, 2020 at 11:34 pm

    Pas banget nih, resep di atas bermanfaat banget buat bikin beras kencur. Kemaren baru dikirimin stock rempah-rempah sama temen.
    Beras kencur ini jadi salah satu minuman yang sering aku konsumsi sejak remaja dulu ((Remaja)).

    Di tengah pandemik Corona ini, mau keluar buat nyari mbok jamu gendong kayaknya mustahil. Memang bikin sendiri lebih baik.

  10. Okti Li April 5, 2020 at 5:27 am

    Gara-gara pandemi Corona, Alhamdulillah penjual jamu dan rempah sekarang banyak diburu orang. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian ya. Kalau buat sendiri ramuan bisa disesuaikan nih ya. Makin higienis pastinya

  11. ariefpokto April 5, 2020 at 1:08 pm

    Wah boleh Juga dicoba nih Beras Kencur. Biasanya beli di Mbok Jamu. Kalau bikin sendiri lebih puas ya

  12. Nurul Sufitri April 5, 2020 at 1:22 pm

    Duluuuu heheh aku suka beli jamu beras kencur sama mbok2 yang lewat depan rumah mamahku. Malah setelah melahirkan aku minum air perasan kunyit dan jahe. Makin ke sini udah ga lagi karena semakin jarang ditemui tuh tukang jamu.

  13. Grandys Mawarni April 5, 2020 at 5:32 pm

    aku itu suka banget minum beras kencur, apalagi kalo aktivitas lagi padat dan badan terasa lelahnya. Ga lupa juga suka minum jahe nih, apalagi kalo lagi mumet wkwk

  14. Syaiful BS April 5, 2020 at 7:58 pm

    Wah minuman jamu kesukaan aku banget nih kak, aku kalo ada tukang jamu pasti mintanya Beras Kencur hehe. Tapi ternyata buatnya nggak terlalu sulit yaah kak. Terima kasih resepnyaa kak, mau nyoba ah di rumah hehe

  15. Rina April 7, 2020 at 7:27 am

    Waktu kecil ibu sy sering bikin beras kencur sekarang katanya udah capek hehe tp sekarang sih banyak beras kencur yg udah berkemasan ya tinggal beli

  16. Tina April 10, 2020 at 1:09 pm

    Terima kasih untuk resepnya. Beras kencur ini salah satu jenis jamu yang sering aku pesen. Saat ini bahan tradisional semakin banyak dicari ya.

  17. Dian Restu Agustina April 10, 2020 at 4:21 pm

    Dulu Ibu saya bikin beras kencur sendiri. Kini saya lebih sering beli. Baca ini ternyata bisa sih ya bikin sendiri. Jadi pengin coba mumpung di rumah aja

  18. Taumy Alif Firman April 11, 2020 at 10:38 am

    Indonesia memang kaya akan rempah-rempah. Alhamdulillah ya, dikala virus mewabah. Ada banyak rempah yang bisa dimanfaatkan untuk mempertahankan imunitas tubuh. Apalagi resep beras kencur ini sederhana. Bisa dicobain sendiri.

  19. Siti Nurjanah April 12, 2020 at 11:09 pm

    Sudah dikenal lama, tanaman herbal memiliki banyak manfaat terutama untuk menjaga kesehatan juga kebugaran tubuh. Aku belum pernah buat sendiri, palingan cukup rutin minum jamu beras kencur atau kunyit di mbo jamu yang suka lewat 🙂

  20. Andi Nugraha April 12, 2020 at 11:11 pm

    Kalau dirumah sering banget ibu minum beras kencur, gak harus bikin sih karena yang jualan juga banyak. Tapi saat adanya wabah covid yang jualan seperti rempah2 pun semakin sulit saat ini. Semoga corona virus segera hilang..aamiin..

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

  • Apa-itu-makanan-organik

    Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait