Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

Categories: Info|5 Comments|
Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

ArengaIndonesia.Com – Sebagai salah satu penghasil kayu manis terbaik di dunia, Indonesia banyak berhutang pada tumbuhan bernama latin Cinnamomum ini. Sebagai bahan herbal dan masakan, tanaman yang banyak tumbuh di Kerinci ini sudah melanglang buana. Pernah dengar bahwa kayu manis bisa mengoptimalkan kinerja otak manusia? Terus bagaimana pula dengan teh kayu manis gula aren? Menarik banget lho!

Sering merasa lemot, telat mikir, atau otak cepat lelah? Atau sering juga pelupa? Nah ada baiknya sering-sering mengkonsumsi kayu manis. Iya kayu manis tak hanya enak untuk membuat masakan dan minuman, manfaat kesehatannya juga banyak. Baca  sampai bawah agar dapat manfaatnya.

Manfaat Kayu Manis Dalam Penelitian Kinerja Otak

Kayu manis dapat memiliki efek peningkatan kinerja otak. Ini berdasarpan penelitian ilmiah dilakukan pada sekelompok orang oleh Wheeling Jesuit Universitas di AS, yang dipimpin oleh Dr P. Zoladz. Ketika partisipan mengkonsumsi kayu manis atau hanya sekadar mencium aromanya, ternyata bisa mendorong fungsi otak yang berhubungan dengan perhatian, pengenalan virtual, memori kerja dan laju reaksi motorik visual.

Kayu manis telah diteliti secara ilmiah untuk meningkatkan kinerja otak
Kayu manis telah diteliti secara ilmiah untuk meningkatkan kinerja otak

Penelitian itu dilakukan dengan dua cara:

  • Fungsi otak peserta diuji dengan program komputer. Sebelumnya mereka mengkonsumsi permen karet dengan berbagai rasa yang salah satunya mengandung kayu manis.
  • Pada tahap kedua, mereka diuji setelah mengendus empat aroma yang salah satunya adalah bau kkayu manis.

Hasilnya menunjukkan terdapat hubungan jelas antara rasa dan bau kayu manis dengan efisiensi tugas yang dilakukan peserta. Secara khusus, hasil menunjukkan bahwa kayu manis memiliki efe, bisa otimalkan kinerja otak! Penguatan itu terjadi baik akibat i rasa dan aroma dari kayu manis.

Baca juga:

Kabar Baik Bagi yang Akan Ujian

foto teh kayu manis gula aren
Minum secangkir teh kayu manis sebelum ujian bisa meningkatkan konsentrasi

Jadi ini kabar baik bagi yang akan ujian. Karena implikasi awal dari temuan Dr. P. Zolad ini adalah manfaat kayu manis bisa membawa keuntungan pada industri makanan. Mereka bisa membuat makanan menggunakan kayu manis dengan nilai tambah: Meningkatkan daya ingat pelanggan yang mengkonsumsinya!

Artinya ketika kita mengkomsi perman karet yang mengandung kayu manis itu akan memberi dorongan kinerja otak lebih baik. Begitu pun kalau rajin minum teh kayu manis gula aren yang enak rasanya.

Apa artinya temuan ini? Sesuai dengan hasil penelitian kalian jangan terlalu risau bila kinerja otak atau fungsi memori menurun. Sering-sering menghirup kayu manis saat belajar sebelum ujian, Insya Allah nilai akan lebih baik.

Baca juga:

Mencegah Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer  adalah demensia progresif. Beberapa dekade penelitian terhadap gangguan mental ini telah berkembang. Namun belum ada obat yang secara tuntas menyebuhkan atau meredakan gangguan ini. Atau minimal meredakan. Seolah Alzeimer itu adalah kutukan ketika manusia menjadi tua.

Namun, sebuah penelitian baru telah menanamkan harapan dalam dunia medis dalam lingkar manfaat kayu manis. Bumbu yang kelihatan sepele saat digunakan memasak ternyata dapat menunda timbulnya atau mengurangi efek Alzheimer. Rahasianya terletak pada dua senyawa yang ditemukan dalam minyak esensial kayu manis yaitu cinnamaldehyde dan epicatechin. Dua senyawa ini telah menjadi harapan, menjanjikan dalam melawan musuh orang tua yaitu penyakit Alzheimer.

Bagaimana Mengkonsumsi Kayu Manis Untuk Optimalkan Kinerja Otak?

Teh kayu manis gula aren

Di atas tadi sudah ditulis bahwa manfaat kayu manis untuk mengoptimalkan otak bisa dari mencium aroma atau menikmatinya dalam makanan maupun minuman.

Untuk minuman, kayu manis bisa dijadikan teh. Dan teh kayu manis mudah banget membuatnya. Teh kayu manis bisa diminum hangat atau didingin sebagai es teh.

Cara Membuat Teh Kayu Manis Gula Aren

  • Cara termudah untuk membuat minuman ini adalah dengan menambahkan 1 sendok teh (2,6 gram) kayu manis bubuk ke dalam 1 cangkir air matang dan aduk. Agar rasanya lebih enak tambahkan satu sendok makan Arenga gula aren cair atau sesuai dengan selera.
  • Teh kayu manis juga dapat dibuat dengan merendam batang kayu manis dalam air mendidih selama 10-15 menit.
  • Atau beli teh kayu manis kantong yang banyak di jual online di supermarket loka atau toko makanan sehat. Belanja online lebih mudah ketika Anda kekurangan waktu.
  • Teh kayu manis secara alami bebas kafein, sehingga dapat dinikmati kapan saja sepanjang hari. Kayu manis berefek menurunkan gula darah. Cara tebaik mengkomsumsinya dengan menambahkan pemanis gula aren atau bersamaan dengan mengkonsumsinya makanan.

Mengingat manfaatnya, tidak heran ya mengapa kayu manis begitu terkenal di dunia?

Share artikel ini

5 Comments

  1. Tika Juni 1, 2022 at 6:37 am

    Wah jadi pingin bikin teh kayu manis kalau manfaatnya sebesar itu. Mana kupelupa parah lagi

  2. Yuni Bint Saniro Juni 1, 2022 at 3:26 pm

    Untuk sehari-hari, mamaku jarang banget pake kayu manis untuk masak. Makanya nggak pernah stok kayu manis di rumah. Excited banget nih aku. Bahwa teh kayu manis bisa meningkatkan kemampuan otak. Jadi pingin membiasakan diri minum teh kayu manis.

  3. fanny_dcatqueen Juni 2, 2022 at 7:45 pm

    Aku tuh paling suka cinnamon mbaaa 😍😍😍. Tapi biasanya jadi campuran ke dalam minuman coklat. Enaak bangeeet. Roti cinnamon juga sukaaa. Wanginya Yaa kalo udah dipanggang, menguar kemana2 😍😍.

    Coba ah, sesekali bikin teh cinnamon juga. Pasti enak sih, jadi lebih wangi ya teh nya

  4. Nur Asiyah Juni 3, 2022 at 3:17 am

    Wah, baru tahu nih. Selama ini kayaknya jarang juga konsumsi makanan atau minuman yang ada kayu manisnya. Ternyata manfaatnya oke banget ya

  5. lendyagassi Juni 3, 2022 at 4:55 am

    Manfaat dari kayu manis yang luar biasa..
    Sebenenrnya kalau kayu manis yang penggunaannya dengan cara direndam air hangat untuk memberikan aroma dan rasa tuh, bisa digunakan berkali-kali macam teh celup gitu kan yaa, kak?
    Aku suka banget dengan aroma kayu manis. Jadi teringat mengapa Indonesia dijajah bangsa asing…

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait