Resep Kaldu Ramen Jepang, Gurih dan Sehat

Resep kaldu ramen Jepang yang gurih dan sehat

Arenga Indonesia – Resep Kaldu Ramen Jepang yang gurih dan sehat

Teman-teman suka makan ramen? Iya, ramen adalah hidangan mie khas Jepang yang terkenal dengan kuah gurih dengan mienya yang legit.

Terus yang paling enak dari ramen apa? Menurut Mamin adalah kaldunya.

Jadi salah satu kunci kelezatan ramen yang bikin kita tergila-gila itu terletak pada kuah dasar yang disebut “ramen stock” atau “kaldu ramen”.

Dalam artikel ini, Arenga akan membagikan resep untuk membuat kaldu ramen Jepang yang gurih dan lezatitu.

Apa sih Ramen Itu?

Ohya, sebelumnya apa itu ramen?

Ramen adalah sejenis mie Jepang yang terbuat dari tepung gandum yang disajikan dengan kaldu, daging dan sayuran. Mie ramen ini tekturnya kenyal, kaldunya dimasak dengan berbagai jenis bumbu khas Jepang yang antara lain ada shoyu.

Semangkuk ramen biasanya disajikan dengan berbagai toping seperti irisan daging, telur, dan aneka sayuran yang menambah cita rasa ramen tersebut.

Sejarah Ramen Jepang

Ramen bukan makanan asli Jepang. Awalnya dikenal sebagai mie yang ditemukan di Tiongkok pada abad ke-1800.

Konsep mie dalam kaldu dibawa oleh para para imigran Tiongkok ke Jepang pada akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20 setelah Restorasi Meiji pada tahun 1868.

Hidangan ikonik Jepang ini, walau awalnya mengadopsi teknik dan rasa dari mie Tiongkok, lalu mengalami perkembangan dan adaptasi yang unik yang jadi cita rasa Jepang.

Di Jepang, ramen mengalami transformasi melalui inovasi lokal dan beragam regionalisme, dengan setiap daerah mengembangkan gaya dan variasi ramen mereka sendiri. Dari ramen miso yang kaya di Hokkaido hingga ramen tonkotsu yang gurih di Kyushu.

Kini, ramen menjadi favorit di restoran-restoran Jepang di seluruh dunia, menarik perhatian dengan mie kenyal yang lezat dan kuah kaldu gurih, kaya rasa, sekaligus sehat.

Resep Kaldu Ramen Jepang

Resep ini menghasilkan sekitar 1,5 liter ramen stock yang gurih dan pasti bikin ketagihan.

Bahan-Bahan:

  • 2 liter air dingin
  • 1 potong besar jahe segar (sekitar 10 cm panjangnya), dikupas dan diiris kasar
  • 1 ikat daun bawang, bagian putihnya saja
  • 300g tulang ayam mentah
  • 1 bawang besar, dibelah menjadi empat bagian
  • 4 siung bawang putih, dimemarkan
  • bagian keras dari 1 kol putih atau hijau (biasanya dibuang)
  • 1 wortel, dipotong menjadi beberapa bagian
  • 220ml sake – Bisa diskip kalau tidak suka

Baca juga : Kuliner berbasis susu di Hokkaido

Cara Membuat Ramen Stock:

  1. Siapkan panci besar dan tuang air dingin ke dalamnya. Panaskan panci di atas api sedang.
  2. Masukan ke dalam panci, jahe segar yang sudah dipotong, daun bawang bagian putih, tulang ayam mentah, bawang besar yang sudah dibelah, bawang putih yang sudah dimemarkan, dan bagian keras kol yang sudah dipotong.
  3. Masak ramen stock dengan api kecil selama sekitar 2-3 jam.
  4. Selama proses memasak, buang busa atau kotoran yang mungkin muncul di permukaan kaldu.
  5. Setelah 2-3 jam, tambahkan wortel yang sudah dipotong ke dalam panci. Masak lagi selama 30 menit.
  6. Matikan api dan saring kaldu menggunakan saringan halus atau kain kasa bersih untuk mendapatkan kuah yang jernih.
  7. Setelah disaring, (jika memakai sake) tambahkan sake ke dalam kaldu dan aduk rata.
  8. Biarkan ramen stock dingin dan simpan dalam wadah kedap udara di dalam lemari es untuk digunakan sewaktu-waktu.

Kaldu ramen Jepang dalam resep ini merupakan dasar untuk membuat berbagai jenis ramen dengan rasa otentik, seperti ramen ayam, ramen sapi, atau ramen sayuran.

Temen-teman bisa menyesuaikan rasa kuah dengan menambahkan garam, kecap asin, atau shoyu (kecap Jepang) pada saat menyajikan.

Sekarang kita sudah punya resep kaldu ramen Jepang yang lezat dan siap digunakan sewaktu-waktu.

Selamat mencoba dan nikmati sensasi kelezatan kuah ramen yang autentik!

Arenga Indonesia. Supplier gula aren bubuk dan cair di Tangerang – Banten

Share artikel ini

21 Comments

  1. Febrianty Rachma Juli 3, 2023 at 10:25 pm

    Ohh baru tahu malah kalau Ramen ini bukan asal Jepang, tapi asal Tiongkok di abad 1800. Sudah lama banget ternyata dan uniknya Jepang mampu mengemas dan membranding dengan cita rasa khas negara Jepang hingga kini bisa mendunia dan kita nikmati di bumi Indonesia. Ada jahenya juga ternyata, makanya rasanya khas dan gurih gitu, kalau saya suka yang agak pedas deh biar makin nampol makannya.

  2. Dian Restu Agustina Juli 4, 2023 at 8:32 am

    Wah kesukaan anak-anak saya ini, ramen selalu di hati..Emaknya pun ikutan doyan juga jadinya. Mienya itu lho tekturnya kenyal, beda jadinya. Terus kaldunya berasa aneka jenis bumbu khas Jepang yang bikin ramen makin mantap disantap.
    Asyik ada resep kaldu ramen Jepag yang gurih dan sehat, eksekusi ah…

  3. Rosa Juli 4, 2023 at 1:50 pm

    Wah, makasih banget resepnya, mak. Udah lama pengen coba bikin ramen. Udah nemu resepnya, tinggal ngumpulin niatnya nih biar bulat dulu, hehe

  4. Ucig Juli 4, 2023 at 7:19 pm

    Kalau bahas mie, favorit kita smua ya nampaknya. Ramen mienya kenyal, kaldu gurih menjadi pilihan aku nih kak. Wah dikasih resepnya, pengin coba. Bahannya kumpulin dulu ah 🥰 makasih yaa

  5. Eni Rahayu Juli 4, 2023 at 8:48 pm

    Menu makanan yang akhir akhir ini disukai anak anak, setiap sebulan sekali mereka selalu minta makan ramen, bapak ibu nya pun jadi ikutan suka. Tapi baru tahu banget saya kalo ramen itu ternyata bukan dari Jepang, tapi asal Tiongkok di abad 1800. Asyik sekali sudah diberi resep kaldu ramen yang sehat, lain kali mau coba eksekusi deh.

  6. dailyrella Juli 4, 2023 at 9:26 pm

    rameenn.. kesukaan.
    selama ini ngga pernah kepikiran bikin ramen sendiri karena minder ama kuahnya.
    tapi ternyata gampang jg yaa buatnya, menarik krn ada bahan bonggol kol..fungsinya apa ya? 😀

  7. Myra (Keke Naima) Juli 4, 2023 at 9:40 pm

    Sama kayak bakso dan makanan berkuah lainnya. Biasanya yang saya cicipin duluan tuh kuahnya. Kalau udah enak, biasanya keseluruhan udah enak. Bahkan bisa saya nikmati sampai tandas. Sampai tetes terakhir pun habis dinikmati 😀

  8. Lintang Juli 4, 2023 at 10:07 pm

    Ohhh malah berasal dari Tiongkok tohh.
    Suka bangettt dong makan ramennn. Mana kaldunya kan gurih banget. Ternyata bikin sendiri jauh lebih mudah dan menyehatkan yaah. Ntar bisa menyesuaikan kalo mau nambahin sayuran atau shoyu.

  9. Dedew Juli 5, 2023 at 9:35 am

    Cina memang mendominasi ya kalau urusan mie asalnya dari sana. Ternyata kaldu ramen pakai tulang ikan ya pantas gurih banget rasanya Mbak..jadi pengen coba bikin buat di rumah…anak-anak suka banget ramen..

  10. Nurul Sufitri Juli 5, 2023 at 11:13 am

    Wah, buru-buru disimpan ah resep kaldu ramennya. Pengen bikin. Aku dan anak-anak diyan banget makan ramen. Lumayan kalau di resto harganya kan. Kalau bisa membuatnya sendiri lebih hemat dan bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Ternyata pakai wortel juga ya. Mantap deh ada sayurannya. Pakai shoyu bakalan lebih lezat nih.

  11. Rach Alida Juli 5, 2023 at 12:17 pm

    Aku suka ramen tapi belum pernah buat ramen. Senang juga dapat informasi ini untuk membuat kaldu ramen Jepang yang gurih serta sehat. Tapi kayaknya tanpa sake 🙂

  12. Milda Ini Juli 5, 2023 at 4:46 pm

    Mantap nih resepnya. Aku nyobain di kedai ramen benaran yang gak KW KW itu emang beda banget rasanya dan sepadan pula harganya. Bisa dapat 10 ramen biasa, hehehe.

  13. Suciarti Wahyuningtyas Juli 5, 2023 at 5:14 pm

    Asik nih aku dapat resep ramen, kemarin sempat save dari Instagram ada yang bikin ramen di rumah. Tpai gak selengkap ini bumbuinya. Aku kayaknya lebih prefer baca resep gini daripada ke video deh. Makasih ya Arenga sudah berbagi resep membuat ramen Jepang.

  14. Eri Udiyawati Juli 5, 2023 at 7:22 pm

    Baru tahu nih, kalau dulunya mie ramen itu dibawa oleh Imigran Tiongkok ke Jepang. Tiongkok memang terkenal dengan dunia per mie an..

    Sampai Jepang secara naluri dan alami dimodifikasi sedemikian rupa menyesuaikan lidah mereka. Hingga jadi ramen.

  15. Lia Yuliani Juli 5, 2023 at 8:19 pm

    Suka banget nih saya ama Ramen Jepang. Selama ini suka makan langsung sih belum pernah bikin kuah kaldunya. Makasih resepnya Mba. Saya simpen dulu deh. Siapa tahu nanti bikin sendiri.

  16. Susindra Juli 5, 2023 at 8:31 pm

    Wah, harus disave nih resepnya…. Saya suka ramen dan kadang penasaran dengan citarasa kuahnya dari mana. Ternyata ada batang kol dan wortelnya. Dua bahan yang saya ga nyangka sama sekali.
    Btw kalau lihat bumbu dan cara memasaknya, masih cara masak ala Tiongkok, sih.

  17. antung apriana Juli 5, 2023 at 8:48 pm

    ini kaldunya hasilnya bening gitu ya, mbak? ramen jepang ini rasanya memang khas gitu ya gurihnya agak beda dengan ramen dari korea yang sekarang juga populer

  18. Lidya Juli 5, 2023 at 9:32 pm

    Kusuka banget makan ramen mbak, tapi belum pernah bikin sendiri. Wah asyik nih ada resepnya bikin kaldu ramen Jepang aku cobain ah kebetulan anak-abnak suka banget sama Ramen

  19. Okti Juli 5, 2023 at 10:15 pm

    Terimakasih resepnya
    Sejarah ramen sesuai dengan yang diceritakan majikan saya waktu kerja di luar negeri. Jika mie apapun itu asalnya dari China. Lalu ke Jepang dan Korea dengan ciri khas masing-masing…
    Seruput kaldu ramen apalagi panas dan pedas, wah, nikmat memang

  20. Jiah Al Jafara Juli 5, 2023 at 10:33 pm

    Makasih resepnya. AKu belum pernah bikin makanan selain Indonesia. Kalau bikin,mungkin bakal dimakan sendiri. Btw, masakan Jepang, Korea, China, gak pakai bawang merah ya. Gitu aja rasanya udah enak

  21. Siti Hairul Juli 10, 2023 at 3:06 pm

    Anak perempuan ku suka banget segala macam jenis ramen dan udon mb. Karena kami muslim biasanya nyari yang ga pake sake atau mirin. Meskipun jadi ga otentik lagi ya

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter