Resep Martabak Telur Rumahan Anti Gagal

Resep martabak telur rumahan anti gagal

Satu lagi makanan berbahan dasar telur yang banyak disukai keluarga adalah martabak telur. Cocok dikudap di sore maupun malam hari. Baik juga untuk teman ngopi atau disajikan untuk acara arisan. Bahan-bahan juga mudah di dapat. Berikut resep membuat martabak telur rumahan menggunakan kulit lumpia. 

Yang menyenangkan dari makanan bikininan sendiri adalah bahan-bahan dasarnya tertakar. Kesegarannya kita tahu persis. Seperti kita tahu, salah satu bahan dasarnya adalah daging cincang. Nah daging sapi cincang dalam keadaan segar sesaat sebelum diolah meningkatkan cita rasa martabak telur. 

Jadi, yuk kita coba resep martabak telur rumahan ini

Bahan-bahan

  • 20 lembar kulit lumpia
  • 5-6 butir telur bebek
  • 200 gram daging kambing atau sapi cincan
  • 1 buah bawang bombay, iris kecil atau cincang
  • 3-4 batang daun bawang iris tipis
  • 2 batang seledri, iris
  • 1-2 sdt  bubuk kari atau gulai
  • Satu sendok teh garam

Bahan-Bahan Untuk Membuat Saus Martabak Telur Kulit Lumpia:

  1. 1-2 sendok makan cuka
  2. 100 cc air hangat
  3. 4 sendok makan kecap manis
  4. 2 sdm bawang bombay cincang
  5. Satu sendok makan Arenga gula aren organik
  6. Satu setengah sendok teh garam (sesuai selera)
  7. Campur semua bahan

Cara Membuat Resep Rumahan Martabak Telur Anti Gagal

  • Tumis bawang putih sampai kuning, masukkan daging cincang, bubuk kari, merica bubuk, dan garam. Aduk rata hingga mengering. Angkat, diinginkan.
  • Masukkan bawang bombay, daun bawang, seledri dan telur bebek, aduk rata
  • Tuangkan adonan isi pada kulit lumpia, lipat bentuk persegi empat panjang, tutup rapat.
  • Masukkan segera lipatan martabak dalam minyak yang sudah panas.
  • Setelah kulit lumpia gembung menjadi kering dan keras, balik agar kedua sisi berwarna kecoklatan, tiriskan.

Selamat mencoba teman-teman.

Untuk Arenga gula aren organik bisa di beli di Tokopedia

Follow Instagram Arenga Indonesia

 

Share artikel ini

27 Comments

  1. nchie hanie Oktober 24, 2021 at 11:50 am - Reply

    Huhuuuu, teryummy itu kalo martabak telur pake telur bebek , beda ya rasanya sama telur ayam.
    Mba Evi aku suka bikin juga di rumah dengan resep di atas, buat cemilan sore apalagi kalo pas cuaca hujan ato dingiin, hhmmm ternikmaat.
    Kadang suka pake nasi anget ma martabak telor aja udah nikmat plus saos sambal.
    Keluargaku ga suka saus pake cuka,

    • Arenga Indonesia Oktober 24, 2021 at 1:24 pm - Reply

      Martabak telor juga favorit di rumahku, Cik. Dimakan begitu saja sebagai camilan atau untuk lauk makan nasi. Apapun cara menikmatinya, martabak telor bikinan sendiri is the best 🙂

  2. Ariefpokto Oktober 24, 2021 at 11:32 pm - Reply

    Waaah martabaaak. Selalu enak dan ga pernah Salah karena favorite banyak orang. Catet Dulu ah resepnya

    • Nchie Hanie Oktober 26, 2021 at 8:52 am - Reply

      Setuju kaang, nanti kalo kopdar kita nyemil martabak telor ato manis yaa, biar makin nikmat apalagikalo dicemil panas2 suka kalap hahaa.
      Atau kita mau serbu rumahnya Mba Evii, biar minta dibikinin martabak telor istimewa, eaaa..

  3. Ida Tahmidah Oktober 25, 2021 at 3:33 am - Reply

    Wah teryata harus pakai telor bebek ya Mba, aku sering bikin karena anak2 di rumah suka, tapi ga pernah nih pakai telur bebek. Sausnya juga ga pernah bikin yang kayak cuko gitu. Mau bikin ah…terima kasih resepnya ya Mba 😀

  4. Katerina Oktober 25, 2021 at 2:52 pm - Reply

    Terima kasih resepnya mbak. Saya suka sekali Martabak Telur. Kalau pesan pengennya 1 porsi dimakan sendiri, nggak mau dibagi-bagi. Yang lain porsi sendiri aja :))

  5. Eni Martini Oktober 25, 2021 at 4:14 pm - Reply

    Wuhaaa..ini favorit aku sekeluarga deh, sampai suka bikin ala-ala martabak telur ini di rumah wkwkkw. Tapi kayaknya gak seenak ini, aku mau coba ah. Makasih ya mba resepnya. Aku belum pandai buat cocolan eh cukonya

  6. Ucig Oktober 26, 2021 at 6:11 am - Reply

    Setujuu kalau bikin sendiri puas banget sih yaaa. Bahan2 kita tau pasti fresh. Martabak kapan aja cocok ya. Aku klo dikasih pagi hari jg nggak nolak kok hihii…Duh ini martabaknya dadah2 dan sausnya lezat pakai gula arenga ya.

    • Juliastri Sn Oktober 27, 2021 at 5:58 pm - Reply

      Yang namanya martabak itu cemilan favorit. Gak bakal nolak dah. Aromanya itu khas banget dan kriuk kulitnya bikin nagih. Jadi pengin nyobain resepnya Mak. Thank for sharing ..

  7. Ratna Dewi Oktober 26, 2021 at 5:06 pm - Reply

    Aku sering nih bikin martabak sendiri cuma isiannya cuma sederhana banget cuma telor, daun bawang, kadang kukasih daging ato korned dikit. Mayan bisa mengobati kepengenan beli martabak di abang2.

  8. Lina Sophy Oktober 26, 2021 at 5:07 pm - Reply

    Waaahhh makasih resepnya mbak, kalau selow pankapan di eksekusi. Jajanan favorit nih kalau pas jalan² di makan pakai rawit atau cocol kuah cukonya sama² enak

  9. Eni Rahayu Oktober 26, 2021 at 8:06 pm - Reply

    Aku pernah nih mbak bikin martabak dengan kulit lumpia gini dan anak-anak tuh suka. ya allah gak nyangka loh gampang gini bikinnya, haha
    Tapi aku pakai telor ayam sih bukan bebek. Kalau telor bebek pasti lebih gurih ini ya

    • Rina Susanti Oktober 27, 2021 at 1:54 pm - Reply

      Wah pake martabak telur pake telor bebek rasanya mantap teksturnya juga lebih tebel dan kriuk kriuk

    • Vicky Laurentina Oktober 27, 2021 at 2:41 pm - Reply

      Aku rasa begitu. Di pasar dekat rumahku jarang yang jual telor bebek. Adanya ya telor ayam.

  10. Kartika Nugmalia Oktober 26, 2021 at 9:18 pm - Reply

    Selalu menikmati kalau ada martabak yang disajikan dengan sausnya. Karena saus martabak itu pasti bikin sensasi makan yang beda daripada kalau cuma makan dalam bentuk martabaknya aja. auto save resep nih buat dicobain

  11. Sri Widiyastuti Oktober 27, 2021 at 3:44 pm - Reply

    wah makasih mbak resepnya, kebetulan di rumah lagi banyak setok telur, bisa jadi kudapan leat di rumah nih, karena sudah lama juga gak makan martaba telur, anak-anak pasti suka.

  12. lendyagassi Oktober 27, 2021 at 4:13 pm - Reply

    Enaknya…ngemil martabak telur di sore hari.
    Anget-anget baru turun dari penggorengan, langsung disantap. Jangan ketinggalan lombok ijonya.

  13. Dedew Oktober 27, 2021 at 7:36 pm - Reply

    Martabaknya kelihatan enak pisan yaa dan bikinnya pun nggak sesulit yang kubayangkan..kulit lunpianya yang sulit ya jadi beli jadi saja..

  14. Desy Yusnita Oktober 27, 2021 at 8:08 pm - Reply

    Baru tadi siang baru kepikiran ingin bikin martabak telor eh ketemu resep ini yang pakai telor bebek. Pas juga tadi beli kulit lumpia.

  15. Waahh gak pernah kepikiran nih pakai kulit lumpiah utk bikin martabak 😀
    Aku suka banget camilan ini, seringnya sih beli gak pernah bikin sendiri hehe. Lumayan juga tu ya telur bebeknya tapi bisa bikin banyak porsi sih ya?
    Paling suka makan martabak telur sama acarnya yang asem2 pedes saat masih hangat. Duh jd laper lagi kaaan 😀

  16. Syarifani Oktober 27, 2021 at 10:32 pm - Reply

    Martabak pakai telur bebek itu rasanya lebih mantap emang dibandingkan pakai telur ayam.
    Suka banget makannya pakai acar.
    Sausnya ada gula merah, jarang makan saus kecap, cuka, ada gula merahnya gini buat cocolan martabak.

  17. Dian Farida Ismyama Oktober 27, 2021 at 10:40 pm - Reply

    Yeay dapat resep martabak asin. Mau beli di sini lumayan harga nya. Yang telur 1 atau 2 gitu 45 ribu. Ada pe telur 5 segala 85 ribu. Hehe. Kalau ada resep anti gagal gini layak dicoba

    • Susindra Oktober 30, 2021 at 9:21 pm - Reply

      Martabak adalah camilan favorit keluarga kami. Kalau bisa bikin sendiri seperti ini bisa menghemat sekali nih. Makasih tipsnya Mbak

  18. Uniek Kaswarganti Oktober 27, 2021 at 11:55 pm - Reply

    Ternyata harus ada bubuk karinya juga ya supaya rasanya khas. Selama ini kukira ya hanya pakai daun bawang dan bawang merah aja bumbunya heheee.. Mantap nih bisa dicontek resep martabak telur anti gagalnya.

  19. Damar Aisyah Oktober 28, 2021 at 5:24 am - Reply

    Pas musim hujan begini dan Jakarta lagi dingin banget, trus baca resep martabak. Auto pengin jadinya, hehe. Btw Gula Aren Arenga cocok untuk berbagai hidangan ya. Jadi pengin nyobain buat campuran wedang rempah.

  20. Sapti nurul hidayati Oktober 30, 2021 at 11:01 pm - Reply

    Wah, iya ya.. Bisa pakai kulit lumpia. Kadang pengen buat, tapi bingung bikin kulitnya. Praktis nih jadinya. Kapan-kapan bisa dicoba. Buat teman ngeteh asyik banget ini.. Mksh resrpnya.

  21. indah savitri Oktober 31, 2021 at 11:23 pm - Reply

    asli enaaak ini mbaaa.. aduh aku jadi ngiler berat dan mau aah coba buat di rumah. Pasti anak – anak suka banget nih mbaa

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Rekomendasi gula aren organik sebagai pemanis harian

    Alasan Menggunakan Gula Aren Organik Sebagai Pemanis Harian

  • Ragam-celemek-yang-perlu-kamu-ketahui

    Ragam Celemek yang Perlu Kamu Tahu

  • Fungsi-rempah-dalam-makanan

    Fungsi Rempah dan Bumbu Dapur Dalam Makanan

  • Som-tam-salad-hidangan-penggugah-selera-Thailand

    Som Tam Salad, Hidangan Penggugah Selera Thailand

  • Pasar-Flamboyan-Pontianak-Foto-Jufihiro-Google-Maps

    Pasar Flamboyan Pontianak, Ragam Makanan Lokal Kalimantan Barat

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

Artikel Terkait