Daun Selatri Pengawet Nira Alami

 Daun selatri pengawet nira alami ini. Beredarnya gula merah atau gula aren berpengawet kimia sintetis dengan kadar bisa membahayakan tubuh manusia sudah jadi rahasia umum. Hanya saja konsumen tak berdaya menghindari hal itu karena terbatasnya pengetahuan. Maka ARENGA mencoba memberi solusi dengan menghadirkan gula aren atau palm sugar organik, sebagai sebuah alternatif pilihan diantara berbagai  kecurigaan terhadap kandungan berbahaya yang terdapat dalam pemanis nira ini. Nira sebagai bahan baku memang mudah sekali rusak yang jadi jalan masuk bagi kehadiran pengawet. Alih-alih menggunakan zat kimia sintetis, para petani yang terlibat dalam proyek gula aren organik ARENGA menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah daun selatri.

daun selatri pengawet nira alami
Tanaman Selatri

Daun selatri pengawet nira alami ini hanya salah satu penunjang. Pengawet alami lain yang digunakan adalah daun parengpeng, akar dan kulit kawao, tatal kayu nangka, kulit kayu manggis, dan kulit duku.Tergantung kedekatan tempat tumbuh tanaman itu dari tempat tinggal petani juga kemudahan akses dalam memperolehnya. Namun hampir sebagian besar petani ARENGA menanam sendiri berbagai tanaman pengawet alami itu di kebun mereka.

Daun selatri sendiri merupakan nama lokal. Fungsinya mencegah agar nira tak cepat basi atau berubah jadi asam. Sebab kalau sudah asam tak bisa dibuat gula lagi. Maka gula merah non-organik biasanya menggunakan bisulfit guna mencegah peragian. Nah setelah dicuci bersih daun selatri diremas lalu dimasukan ke dalam bumbung (lodong) bambu penampung nira. Dalam takaran tertentu daun selatri mampu mempertahankan kesegaran nira sampai 7 jam, yang berarti tetap ideal untuk pembentukan kristal gula aren atau gula semut organik saat diproses.

nira yang sedang menetes dari tandan bunga jantan aren
Nira Menetes dari Tangkai Bunga Jantan Aren ditampung tabung bambu

Mengapa Nira Perlu Pengawet?

Karena nira memiliki kandungan zat makanan atau gizi yang sangat tinggi yang membuat mereka jadi tempat ideal bagi perkembangan mikroba berupa jamur atau bakteri.

Begitu bebas dari bekas sayatan dan menetes keluar dari tandan bunga, nira langsung bersentuhan dengan udara bebas. Kemudian jatuh ke dalam wadah penampung atau bersinggungan dengannya. Kalau udara dan wadah penampung sudah ada mikroba berupa jamur maka fermentasi pun langsung terjadi. Itu lah mengapa dalam proyek gula aren organik ini setiap petani diwajibkan mensterilkan bambu penampung sebelum digunakan.Caranya dibilas dengan air bersih kemudian pengasapan lodong di atas tungku.

daun selatri pengawet nira ARENGA palm sugar alami
Daun Selatri

Adapun jenis-jenis Bakteri yang dapat tumbuh pada nira adalah :

• Bacillus subtillis,
• Baterium aceti, juga spesies Micrococcus yaitu Escherichia,
• Sachromo bacterium,
• Flavobakterium,
• Leuconostoc mesenteroides,
• L. dextranicum, merupakan bakteri penyebab terbentuknya lendir,
• Lactobacillus plantarum,
• Sarcina dari genus Pediococcus,
• Acetobacter.

Kecepatan fermentasi akan menyebabkan mutu nira turun. Proses fermentasi membuat zat gula yang terkandung dalam nira akan dirombak oleh enzim. Maka terjadi lah asam dan alcohol dan nira aren akan terasa sedikit pahit. Semakin lama proses fermentasi maka semakin banyak pula zat asam yang terbentuk, semakin banyak terjadi perombakan gula, artinya gula semakin sedikit, dengan demikian angka pH (keasaman) semakin rendah. Kalau sudah berubah jadi cuka tak bisa dibuat gula.
(Sumber: Pak Dian Kusumanto)

Pernah mendengar tentang daun selatri pengawet nira alami ini, teman? Ada yang tahu nama resmi atau latin mereka?

Terima kasih.

Kontak Arenga Indonesia. Indrawanto. WA 0819 3241 8190

Share artikel ini

13 Comments

  1. Putri Juni 17, 2014 at 3:08 am - Reply

    saya belum pernah tau neh

  2. Evi Saja Juni 17, 2014 at 3:16 am - Reply

    Dan ini hebatnya bertanya di dunia online. Barusan sudah ada yang menjawab bahwa tanaman ini juga disebut Slatri nama latinya Callophylum Soulattri. Terima kasih ya kawan Rizal 🙂

  3. Indra Kusuma Sejati Juni 17, 2014 at 8:24 am - Reply

    Pengawet dari bahan yang alami ya Mba ?

    Salam

  4. Keke Naima Juni 17, 2014 at 4:29 pm - Reply

    bahkan nama daun selatri baru sy dengar di sini, Mbak 🙂

  5. Bintang Juni 17, 2014 at 4:29 pm - Reply

    Mbak Evi…halo!
    Smoga sehat-sehat ya, maaf banget saya baru datang lagi sekarang 🙂
    Jadi inget beberapa hari yang lalu, saya dikirimin kakak ipar agar-agar yang gula merahnya pakai gula aren…duh, mbaaak…rasanya enak banget, nggak terlalu manis, tapi sangat gurih…
    Trima kasih informasinya lewat tulisan ini, mbak…kangeeeen 😀

  6. Evi Saja Juni 18, 2014 at 7:09 am - Reply

    Iya Pak Indra. Satu lagi kearifan lokal, peninggalan nenek moyang yang perlu di lestarikan 🙂

  7. Evi Saja Juni 18, 2014 at 7:11 am - Reply

    Hallo Mbak Irma, sibuk ya jalan-jalan maka baru muncul lagi.
    Agar-agar gula merah itu, aku sepakat, enakanya sampai ke potongan terakhir. Kalau seluruh manisnya datang dari gula merah alami, gak usah kuatir terhadap rasa manisnya deh. Di tanggung aman 🙂

  8. Evi Saja Juni 18, 2014 at 7:12 am - Reply

    Nah saya kalau bukan dari petani aren, juga tak tahu Mbak Myr 🙂

    • bella Agustus 11, 2017 at 12:23 pm - Reply

      kalo di tempatku banyak pohon slatri, buahnya juga enak, daun yang masih muda rasanya agak asam

  9. Evi Saja Juni 18, 2014 at 7:13 am - Reply

    Tabeek saja kita Mbak Linda 🙂

  10. Linda Leenk Juni 18, 2014 at 4:39 am - Reply

    Aku juga baru tau ada daun ini 😀

  11. Asep Haryono Juni 18, 2014 at 9:04 am - Reply

    Saya sempat terkecoh dengan judulnya. Saya kira tadi daun Seledri. Terima Kasih sudah berbagi. Izin menyimak dulu . Salam dari Pontianak

  12. nimadesriandani Juni 22, 2014 at 4:00 pm - Reply

    Saya juga belum pernah tahu daun Selatri itu Mbak Evi.. kok mirip dengan nama tante saya ya…Sulatri.. he he

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

  • Apa-itu-makanan-organik

    Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait