Fungsi Krimer Dalam Kopi

Categories: KOPI|Komentar Dinonaktifkan pada Fungsi Krimer Dalam Kopi|
Fungsi krimer dalam kopi

ARENGAINDONESIA.com. Tangerang – Fungsi Krimer dalam Kopi

Teman-teman suka kopi? Suka jika kopinya ditambah krimer? Terus apa sih sebenarnya fungsi krimer dalam minuman kopi kita?

Memang, menciptakan segelas atau secangkir kopi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Itu karena berbagai varian kopi dan metode penyeduhan yang semakin bervariasi yang membuat minuman berkafein ini semakin menarik untuk ditelisik. Salah satunya, mengapa kita perlu menambahkan krimer pada seduhan kita?

Dari Mana Datangnya Cita Rasa Kopi?

Dari mana sih datangnya cita rasa kopi yang membuat kita ketagihan itu? Banyak faktor yang mempengaruhinya.

Selain biji kopi yang berkualitas, harga dan teknik penyeduhan yang tepat, terdapat pula berbagai tambahan atau perasa yang dapat mempengaruhi cita rasa kopi kita. Salah satu tambahan yang sering digunakan adalah krimer, baik dalam bentuk bubuk maupun cairan.

Meskipun tidak wajib dan tidak semua orang menyukainya, tambahan krimer pada bisa memberikan kelembutan rasa dan memperkuat kenikmatan secangkir kopi. Sekalipun fungsi utama krimer bukanlah sebagai pemanis seperti gula, krimer membuat kopi semakin ramah di lidah.

Krimer Bukan Pengganti Gula

Pertama-tama, mari kita pahami apa sebenarnya fungsi krimer dalam konteks kopi. Krimer merupakan produk yang digunakan sebagai pengganti susu dalam kopi. Jadi bukan pengganti gula.

Krimer umumnya terbuat dari bahan nabati seperti tanaman kelapa atau kedelai, dan diolah menjadi bubuk atau cairan yang larut dalam air panas. Krimer dalam kopi bisa juga digunakan sebagai alternatif bagi mereka yang memiliki intoleransi laktosa atau menghindari konsumsi produk susu.

3 Fungsi Utama Krimer Dalam Kopi

  • Salah satu fungsi utama krimer dalam kopi adalah memberikan kelembutan pada tekstur minuman. Ketika ditambahkan ke dalam kopi, krimer dapat menghasilkan sensasi lembut dan kaya pada lidah. Ini terutama penting dalam kopi hitam yang kental, yang kadang-kadang dianggap terlalu pahit atau keras bagi beberapa orang. Krimer mampu menyeimbangkan rasa dan memberikan sentuhan lembut yang menyenangkan.
  • Selain itu, krimer juga dapat meningkatkan kekentalan kopi. Beberapa orang menyukai kopi yang memiliki sedikit “tubuh” atau tekstur yang lebih tebal. Dengan menambahkan krimer ke dalam kopi, minuman tersebut dapat menjadi lebih kental dan memiliki tekstur yang lebih berat. Ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk mereka yang menginginkan pengalaman minum kopi yang berbeda.
  • Selain memberikan kelembutan dan kekentalan, krimer juga dapat mengurangi keasaman kopi. Beberapa orang mungkin memiliki masalah dengan keasaman yang tinggi pada kopi, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada lambung. Krimer dapat membantu menetralkan keasaman ini dan membuat kopi menjadi lebih mudah dicerna bagi sebagian orang.

Namun, penting untuk diingat bahwa krimer bukanlah pengganti susu dalam hal nilai gizi. Meskipun mengandung lemak nabati, krimer tidak memberikan kalsium atau nutrisi lainnya yang umumnya terkandung dalam susu. Jika seseorang memerlukan asupan kalsium atau nutrisi tambahan, lebih baik menggunakan susu nabati yang difortifikasi.

Jadi, fungsi krimer sebagai tambahan dalam seduhan kopi bisa memberikan kelembutan, kekentalan, dan mengurangi keasaman. Meskipun tidak mengubah rasa kopi secara signifikan, krimer dapat memberikan pengalaman minum kopi yang unik dan menarik.

Yang perlu diingat adalah sekalipun krimer terbuat dari bahan nabati, mereka bukanlah pengganti susu dalam hal nilai gizi.

Menambahkan Gula Pada Kopi Krimer

Boleh kah menambahkan gula pada kopi krimer?

Tentu saja boleh!

Karena menambahkan gula ke dalam seduhan kopi krimer ini untuk mendapatkan cita rasa manisnya. Apa lagi jika kamu menggunakan gula aren cair organik, rasanya akan bertambah nikmat.

Yang perlu diperhatikan adalah komposisi penggunaan palm sugar cairnya yang harus sejalan dengan takaran air yang disarankan saat membuat kopi krimer. Terlalu banyak gula aren dapat mengubah keselarasan rasa antara kopi, dan krimer.

Yang paling aman, biarkan krimer dan gula ditambahkan belakangan saat penyeduhan kopi. Atur jumlahnya agar tidak melebihi batas 100 mililiter air per seduhan kopi.

Dengan menjaga keseimbangan antara rasa manis yang diinginkan dan karakteristik kopi yang asli, baru lah di dapat rasa kopi krimer yang sempurna.

Menarik ya mengetahui apa fungsi krimer dalam kopi? Jadi besok-besok kita sudah tahu mengapa barista menambahkan krim nabati ini atau membuat merasik kopi sendiri di rumah.

Arenga Indonesia. Pemasok gula aren cair di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter