Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Minum Kopi

Categories: Gula Aren dan Kopi|Komentar Dinonaktifkan pada Cara Mengatasi Perut Kembung Setelah Minum Kopi|
Cara mengatasi perut kembung atau sakit saat minum kopi

ARENGAINDONESIA.com Kopi mengandung kafein, yang dapat merangsang saluran pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan perut terasa kembung dan nyeri perut pada beberapa orang. Selain itu, kopi juga dapat memiliki efek pencahar yang dapat mempercepat proses pencernaan dan membuat perut terasa tidak enak. Di bawah ada cara mengatasi sakit perut atau kembung setelah minum kopi.

Jika jika yang diminum adalah kopi susu, beberapa orang juga mungkin memiliki intoleransi laktosa selain sensitivitas terhadap kafeein. Ini lah penyebab perut kembung atau begah dan bahkan sakit setelah mengonsumsi kopi.

Mengapa Kopi Bisa Membuat Kita Sakit Perut

Ini beberapa alasan mengapa kopi bisa membuat kita sakit perut:

  • Kopi mengandung kafein dan asam klorogenat, yang dapat merangsang produksi asam lambung dan mempercepat proses pencernaan. Jika Sobat Arenga minum kopi dalam jumlah yang besar, atau jika memiliki sensitivitas terhadap kafein atau asam lambung, mungkin akan merasakan sakit perut setelah minum kopi.
  • Selain itu, beberapa kopi mengandung bahan kimia tertentu atau kotoran yang dapat membuat perut terasa tidak nyaman dan menyebabkan sakit perut.
  • Beberapa orang juga mungkin memiliki intoleransi laktosa atau intoleransi fruktosa, sehingga mereka tidak dapat mencerna susu atau gula yang ditambahkan pada kopi. Akhirnya mereka mengalami sakit perut.
  • Selain itu, jika kopi disimpan dalam kondisi yang tidak tepat atau tidak bersih, seperti di tempat yang lembap atau terkena paparan udara terlalu lama, maka bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan kopi terkontaminasi.

Minum kopi yang terkontaminasi dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan dan menyebabkan sakit perut.

Baca juga:

Roasting Kopi Kurang Tepat

Roasting kopi yang kurang tepat juga dapat meningkatkan kadar asam yang bisa membuat sakit perut. Saat biji kopi dipanggang, asam klorogenat yang terdapat pada biji kopi akan terdegradasi menjadi senyawa lain yang lebih mudah diuraikan oleh tubuh. Namun, jika biji kopi dipanggang terlalu lama atau terlalu panas, maka asam klorogenat tidak terdegradasi dengan baik, dan kadar asam pada kopi akan meningkat.

Kadar asam yang tinggi pada kopi dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan menyebabkan sakit perut atau gejala lain seperti mulas, kembung, atau mual. Selain itu, kopi yang dipanggang terlalu lama atau terlalu panas juga dapat menyebabkan terbakarnya biji kopi dan menghasilkan senyawa kimia yang tidak diinginkan, yang dapat meningkatkan risiko sakit perut atau gangguan pencernaan lainnya.

Namun, roasting kopi yang kurang tepat tidak selalu berarti meningkatkan kadar asam yang bisa membuat sakit perut. Hal ini tergantung pada berbagai faktor seperti jenis kopi, cara panggang, dan metode penyimpanan kopi. Beberapa orang mungkin juga lebih sensitif terhadap kadar asam pada kopi daripada orang lain, sehingga reaksi tubuh terhadap kopi dapat bervariasi.

Baca juga:

Cara Mengatasi Kembung Saat Minum Kopi

Perut kembung saat minum kopi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kadar kafein yang tinggi, sensitivitas terhadap kafein, atau adanya zat asam pada kopi yang bisa memicu produksi asam lambung.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu mengatasi perut kembung saat minum kopi:

  • Minum air putih – minum air putih dapat membantu mengurangi rasa kembung dan mempercepat pengeluaran kafein dari tubuh.
  • Hindari minum kopi pada perut kosong – Minum kopi pada perut kosong dapat memicu produksi asam lambung dan memperburuk perut kembung. Sebaiknya makan sesuatu terlebih dahulu sebelum meminum kopi.
  • Gunakan kopi dengan kadar kafein yang rendah – Kopi dengan kadar kafein yang rendah cenderung lebih mudah dicerna oleh tubuh dan dapat membantu mengurangi perut kembung.
  • Kurangi jumlah kopi yang diminum – Minumlah secukupnya kopi yang dibutuhkan dan jangan terlalu berlebihan karena dapat memicu perut kembung.
  • Konsumsi makanan yang dapat membantu mengurangi kembung – Contohnya jahe, peppermint, pisang, dan papaya. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi rasa kembung dan meningkatkan kenyamanan perut.
  • Gunakan susu atau krim pada kopi – Tambahan susu atau krim pada kopi dapat membantu meredakan iritasi pada lambung yang mungkin terjadi akibat minum kopi. Namun, hindari penggunaan susu jika Sobat Arenga intoleran laktosa.

Jika perut kembung yang dialami sangat sering atau berat, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui apakah ada kondisi kesehatan yang mendasar.

Arenga Indonesia. Gula aren cair untuk kopi di Tangerang – Banten

Baca juga :

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Coffee wine, cita rasa unik dari kopi fermentasi

    Kopi Wine: Cita Rasa Unik Dari Kopi Fermentasi

  • Pewarna makanan sintetis aman atau bahaya?

    Pewarna Makanan Sintetis Aman atau Bahaya?

  • Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

    Memulai Hari dengan Sarapan Sehat: Energi untuk Belajar dan Beraktivitas

  • Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

    Hangatnya Kopi Tubruk dengan Arenga Gula Aren Bubuk

  • Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

    Tingkatkan Kecerdasan dan Produktivitas dengan Raw Meal

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter