4 Resep Masakan Seafood yang Pasti Disukai Keluarga

Categories: Info|10 Comments|
Hidangan Seafood Untuk Memanjakan Keluarga

4 resep masakan seafood yang pasti disukai keluarga – Ada banyak alasan mengapa kita menyukai masakan seafood. Entah itu ikan, udang, cumi, atau  rajungan dan kepiting. Karena disamping memang enak, berbeda dari daging-dagingan dari hewan karnivora, daging dari makanan laut dianggap relatif lebih sehat. Makanan laut itu apalagi dinikmati bersama keluarga,  lebih dari sekadar pengalaman bersantap yang lezat.

4 resep masakan seafood disukai keluarga

Hidangan Seafood Untuk Memanjakan Keluarga

Hidangan laut hampir dikenal di seluruh dunia. Yang membedakan hanya lah  cara mengolahnya atau menghidangkannya di meja makan. Perbedaan yang  sangat tergantung pada budaya dan adat istiadat di mana seafood disajikan. Misalnya udang yang diolah di Ukraina ( jauh amat? Well, pengen banget traveling ke sini soalnya :))  akan sangat berbeda dengan masakan udang yang diolah di Indonesia.

Selain terkait pada ragam rempah yang tumbuh suatu negeri, masakan seafood di beberapa tempat juga terkait dengan beberapa kepercayaan yang dianut di belahan dunia lain.

Tapi apapun lah alasan kita untuk menikmati seafood, yang pasti adalah jika menu yang kita masak sendiri dapat menunjukkan cinta kepada keluarga. Berbagi cinta  melalui apa yang kita makan. So sweet kan?

Berikut adalah beberapa resep berbahan hewan laut dari Arenga Indonesia untuk teman-teman setiap pengunjung blog ini.

1.Ikan Kembung Pepes Mangga Muda

Pepes Kembung Mangga Muda

Pepes Kembung Mangga Muda

Bahan-bahan

  • 3 ekor ikan kembung dikerat bagian badannya
    1/2 buah mangga muda dikupas dan dipotong tipis lalu remas dengan sedikit garam hingga layu
  • 5 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas kunyit
  • 5 butir kemiri
  • 1 buah tomat
  • 2 tangkai daun bawang dirajang kasar
  • 3 lembar daun pisang
  • 1 sendok makan gula aren cair ARENGA
Liquid palm sugar gula aren cair pandan

Arenga palm sugar cair Original


Cara Membuat Pepes Ikan Kembung Mangga Muda

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah tanpa biji, jahe,  kunyit, kemiri, tomat, dan garam. Lumurkan bumbu pada tiap ikan dan beri daun bawang.
  2. Ambil selembar daun pisang. Susun irisan mangga di atasnya. Taruh ikan di atasnya.
  3. Susun kembali mangga muda. Kukus hingga matang dan bumbu meresap.

2. 4 Resep Masakan Seafood yang Pasti Disukai Keluarga – Tumis Udang Petai

Tumis Udang Petai - 4 resep masakan seafood disukai keluarga

Tumis Udang Petai

Bahan-bahan

  • 1/2 udang yang masih berkulit, dibuang kepalanya.
  • 30 mata petai
  • 5 buah cabe merah
  • 8 putih bawang merah
  • 1 buah tomat
  • Satu sendok teh terasi
  • Satu sendok teh asam kandis
  • 10 buah cabe rawit 
  • Gula aren bubuk dan garam secukupnya
  • 2 buah jeruk limo diambil airnya.

Cara Membuat Tumis Udang Petai:

  1. Haluskan cabe merah, bawang merah, tomat, terasi. Setelah tomat lumat, tambahkan asam.
  2. Haluskan kembali.
  3. Tumis dengan sedikit minyak sampai harum, tambahkan petai, aduk sampai layu
  4. Tambahkan udang, aduk.
  5. Masukan cabe rawit, garam,  gula aren arenga.
  6. Sesat diangkat tambahkan jeruk limo.
  7. Aduk lalu angkat..

3. Souffle Ikan Tongkol

Souffle ikan tongkol

Souffle ikan tongkol

Bahan-bahan Souffle Ikan Tongkol

  • 250 gram ikan tongkol lumuri SDM air jeruk lemon dan garam. Kukus selama 15 menit lalu suwir-suwir.
  • 100 gram mentega
  • 1 buah bawang bombay dicincang halus
  • 2 siung bawang putih dicincang halus garis baru 100 gram tepung terigu
  • 400 cc susu cair
  • 5 kuning telur
  • 2 wortel di serut halus
  • 5 putih telur dikocok aku
  • Garam, gula aren bubuk, merica secukupnya
  • 125 gram keju parut

Cara Membuat

1. Cairkan mentega dalam penggorengan titik masukkan bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan tepung terigu. Aduk sampai kecoklatan

2. tuangkan susu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk titik setelah meletup-letup, masukkan kuning telur garam dan merica. Aduk rata.

3. Masukkan ikan dan wortel. Aduk sebentar lalu angkat.

4. Tambahkan putih telur dan keju parut. Aduk rata.

5. Siapkan pinggan tahan api yang telah diolesi mentega dan ditinggikan dengan bantuan kertas bakar hingga kecoklatan.

4. Tumis Rajungan Tauco

Yang terakhir dari 4 resep masakan seafood yang pasti disukai keluarga ini adalah tumis rajungan tauco. Salah satu favorit dalam keluarga Arenga Indonesia. Simak ya teman-teman:

Tumis Rajungan Tauco

Tumis Rajungan Tauco

Bahan-bahan

  • 5 rajungan, rebus bersama sepotong kecil Arang. Potong-potong
  • 10 butir bawang merah iris baru 2 siung bawang putih
  • 4 SDM tauco, tumbuk kasar
  • 3 papan petai baris baru garam dan gula aren aren secukupnya
  • 1 ruas jahe memarkan
  • 1 cm lengkuas dimemarkan
  • 5 butir bawang merah memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 100 gram cabai hijau dipotong serong dibuang bijinya
  • Satu potong asam kandis 

Cara Membuat

  1. Tumis bawang merah sampai harum. Tambahkan tauco. Aduk sampai harum. Tambahkan petai
  2. Beri 750 cc air. Bumbui dengan garam dan gula aren organik Arenga.
  3. Lengkuas dan daun salam.
  4. Masukan rajungan
  5. Masak di atas api kecil sampai bumbu meresap.
  6. Sebelum diangkat masukkan cabe hijau dan asam kandis.

Untuk gula aren organiknya teman-teman bisa beli di Tokopedia. Klik aja link ini —> Gula aren organik Arenga

Lihat resep masakan lainya:

Kontak  http

Share artikel ini

10 Comments

  1. ariefpokto Maret 26, 2021 at 6:56 pm

    Wah makasih Mamin udah sharin resep seafood ciamik. Dari empat di atas tertarik sama Souffle Ikan Tongkol, bagus fusion asia eropa. Kalau yang 3 lagi udah nyoba, paling suka yang udang, bisa ngabisin nasi di rumah

    • Arenga Indonesia Maret 27, 2021 at 1:25 pm

      Mamin juga suka banget udang selain cumi. Hanya saja kuatir kolesterol paling-paling makannya seminggu sekali 🙂

  2. fanny_dcatqueen Maret 26, 2021 at 9:54 pm

    Aghhhhh resep yg udang Pete langsung bikin ngenceees mbaaa hahahaha. Udh kebayang ituuu enaknya… Petenya menggoda nget ngeeet yaaa :D. Aku mau save yg resep udang Pete pastinyaa :D.

    Dan bahan juga ga susah. Jd LBH enak kalo pake gula aren bubuk ya mba. Slama ini kalo masak, asistenku jrg memang pake gula aren. Tp rasanya aku bakal stok deh pas belanja bulanan 😀

    • Arenga Indonesia Maret 27, 2021 at 1:26 pm

      Iya Mbak kalau pemanisnya gula aren ada rasa legit yang khas pada masakan kita. Gak perlu lagi pakai MSG 🙂

  3. Si Klimis Maret 28, 2021 at 1:30 am

    Wah semua kuliner seafood aku suka, tapi sampai sekarang belum pernah masak seafood sendiri, next mau nyobain masak sendiri pakai resep ini deh, apalagi ditambah pakai gula aren cair arenga, pasti rasanya akan jadi lebih lezat.

  4. Mei Daema Maret 28, 2021 at 3:37 pm

    saya suka banget dengan Seafood mba diapain aja suka, apalagi kalau pakai rempah atau bumbu yang khas gitu, pasti suka banget. btw ini pakai gula aren penasaran rasanya kayak apa pasti segar banget niy mba Evi

  5. Eryvia Maronie Maret 29, 2021 at 8:43 am

    Kalo.orang Makassar pasti doyan banget makan seafood.
    Ternyata Gula Aren Arenga bisa masuk di semua jenis masakan ya.

  6. Ika Puspita Maret 29, 2021 at 3:44 pm

    Ya ampun menu-menunya menggugah selera banget nih, kak Evi. Saya juga suka banget masakan laut, terutama ikan, udang dan kepiting. Kayaknya dimasak apapun tetep enak

  7. Rifia Nisya Maret 29, 2021 at 9:04 pm

    Aku suka banget sama ikan dan seafood lain.
    Selama ini, kalo makan ikan kembung cuma digoreng aja. Yang paling praktisss…
    Sepertinya resep pepes ikan kembung ini enak banget nih, biar nggak bosen makan ikan kembung goreng melulu. Apalagi pake gula aren arenga, pasti tambah lezat…

  8. lendyagasshi Maret 30, 2021 at 9:57 am

    Udang petaiii..
    Rasanya lezat pasti yaa..karena kekayaan bumbu yang digunakan saat memasak. Dan jangan lupa untuk memakai gula aren terbaik.

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait