Resep Kue Cucur Gula Aren

Resep kue cucur gula aren, gurih, legit, dan sedap untuk teman minum kopi

ARENGAINDONESIA.com – Resep Kue Cucur Gula Aren – Manis, gurih dan sedap tiap gigitannya

Dalam kategorinya sebagai jajanan pasar, kue cucur gula aren ini boleh dibilang tak lekang oleh zaman. Mungkin itu lah sebab mengapa camilan tradisional ini begitu populer di Indonesia. Rasa enak dan bentuknya yang unik membuatnya bisa dihadirkan di berbagai acara dan festival kuliner.

Ciri khas kue cucur gula merah ini adalah warnya yang kecoklatan, tekstur kenyal di tengah dan renyah di pinggirannya. Nah gula aren yang digunakan memberikan sentuhan manis yang khas, menjadikannya kombinasi sempurna untuk memanjakan lidah.

Dengan resep di bawah, mari kita menjelajahi kelezatan kue cucur gula aren yang membawa kenangan masa kecil dan kehangatan ke dalam setiap gigitannya. Sajikan ketika berkumpul bersama keluarga, teman minum kopi, atau hanya sekadar ingin menikmati kelezatannya selagi hangat.

Asal-Usul Kue Cucur Betulkah Dari Betawi

Banyak yang mayakini bahwa kue Cucur adalah salah satu jajanan khas suku Betawi yang artinya berasal dari daerah Betawi. Namun banyak juga daerah di Indonesia mempunya versi kue cucur sendiri. Di Sumatera Barat, misalnya, kita kenal Kue Pinyaram, makanan khas Suku Minangkabau, yang juga masuk dalam kategori makanan adat.

Karena hampir di semua acara adat yang dilakukan Masyarakat Minangkabau, menghadirkan pinyaram sebagai kudapan. Terutama untuk menikmati ketan.

Tapi terlepas dari asal-usulnya, kue cucur sudah jadi bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner di Indonesia. Terbuat dari tepung beras dan gula jawa atau gula aren, cita rasanya memang unik. Cocok sekali sebagai kue teman minum teh.

Proses pembuatan dimulai dengan mencampurkan tepung beras dengan air dan gula jawa atau gula aren, hingga membentuk adonan yang kental. Kemudian, adonan ini digoreng dalam minyak panas hingga berubah menjadi kue berwarna kecoklatan.

Cara Membuat Kue Cucur Gula Aren

Bahan-bahan:

  • 200 gram Arenga gula aren bubuk
  • 250 ml air putih
  • 1 lembar daun pandan, disimpul
  • 125 gram tepung beras
  • 100 gram tepung terigu serbaguna
  • 1/2 sendok teh garam
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat kue cucur gula aren:

  1. Pertama, didihkan air bersama daun pandan dalam panci. Tambahkan Arenga gula semut atau gula aren bubuk, masak sampai gula larut sepenuhnya, angkat dan dinginkan. Larutan gula yang dihasilkan sekitar 300 ml.
  2. Dalam sebuah wadah, campurkan tepung beras, tepung terigu serbaguna, dan garam. Aduk rata agar bahan-bahan kering tercampur dengan baik.
  3. Tuangkan sedikit demi sedikit gula aren yang sudah cair ke dalam campuran tepung sambil diaduk.
  4. Aduk terus hingga tercampur secara merata dan adonan menjadi mulus sempurna.
  5. Gunakan handwhisk dan kocok adonan selama sekitar 5 menit agar adonan lebih lembut dan tercampur dengan baik. Diamkan adonan selama 1 jam pada suhu ruang agar adonan mengembang dan menghasilkan cucur yang lebih lezat.
  6. Panaskan minyak sayur dalam wajan yang cekung dan agak dalam. Ambil satu sendok sup (sekitar 50 ml) adonan kue cucur dan tuangkan ke dalam minyak panas. Pastikan api pada kompor dikurangi agar cucur matang dengan baik.
  7. Masak cucur hingga permukaannya matang dengan warna keemasan. Selama proses memasak, siram-siram cucur dengan minyak agar cucur memiliki tekstur yang lezat dan renyah.
  8. Setelah permukaan cucur matang, balik cucur sebentar lalu angkat dan tiriskan agar minyak berlebih dapat tersedot dengan baik.
  9. Ulangi langkah 4 hingga 6 hingga adonan habis
  10. Kue cucur siap disajikan. Nikmati kue ini saat masih hangat untuk mendapatkan sensasi yang lebih enak.

Kue cucur yang lezat ini dapat dinikmati sebagai camilan di siang hari atau sebagai kue teman minum kopi saat bersantai bersama keluarga dan teman-teman.

Selamat mencoba resep ini dan semoga kue cucur gula aren teman-teman berhasil dan disukai oleh semua orang!

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang -Banten

Share artikel ini

20 Comments

  1. Okti Li Juli 11, 2023 at 10:17 am

    Rasanya beruntung depan rumah saya ada tetangga yg serba bisa bikin kue tradisional. Setiap sarapan saya bisa beli darinya berbagai kue tradisional, termasuk kue cucur ini.
    Kalau sudah tidak jualan lagi sepertinya saya harus eksekusi sendiri. Praktik langsung bikin kue cucur dengan resep terbaik ini … Secara cucur emang favorit saya dan suami juga

  2. Lisdha www.daily-wife.com Juli 11, 2023 at 2:31 pm

    Kalau ketemu kue cucur, saya selalu ingat salah satu cerpen Romo Mangun Wijaya yang mengisahkan seorang simbah yang bekerja membuat dan menjual kue cucur. Selalu…selalu ingat.. Mungkin karena cerpen itu sangat manusiawi, jadi sangat menyentuh.

    Saya juga suka kue cucur. Kenapa ya, kadang ada kue cucur yang terasa berminyak banget, tapi ada juga yg tidak? kalau pakau gula arenga, pasti pas nih manisnya.

  3. Myra (Jalan-Jalan KeNai) Juli 11, 2023 at 3:10 pm

    Di pasar dekat rumah masih ada yang jual kue cucur. Memang enak dan manisnya gak bikin enek. Karena manisnya pakai gula aren, ya.

  4. Milda Ini Juli 12, 2023 at 12:14 pm

    Ya allah ini kue kesukaan almarhum bapak saya, dulu sewaktu emak masih hidup pun aya sering diajak membuatnya , yah penting banget memilih gula yang benar sebab akn berpengaruh pada hasil akhirnya

  5. Momtraveler Juli 12, 2023 at 3:21 pm

    Mbak aku langsung twringat almarhum papa yg suka kue cucur tapi aku mah ga bisa bikinya hehe…kalo bikinya pake gula aren kebayang sih makin enak pasti rqsanya

  6. Gusti yeni Juli 12, 2023 at 6:23 pm

    Makanan tradisional aku sukakk, unik dan rasanya enaak apalagi khas disuatu daerah….mau cobain aah resepnya

  7. Suciarti Wahyuningtyas Juli 12, 2023 at 6:25 pm

    Kue cucur salah satu kesukaan aku banget ini, setiap ke pasar pasti aku selalu cari tukang kue yang menjual kue cucur. Di Bintaro ada langgananku, biasanya setiap habis olga pagi aku suka mampir. Padahal kalau bikin sendiri gampang ini ya mbak, tinggal tambahkan pakai gula merah dari Arenga.

  8. Arinta Adiningtyas Juli 12, 2023 at 8:05 pm

    Aaaa, kue cucur pakai gula aren, pasti manisnya legit enak ini, Mak.. Cocok banget buat nemenin ngeteh di pagi atau sore hari. Aduh, jadi ngiler…

  9. April Hamsa Juli 12, 2023 at 8:11 pm

    Jadi keinget zaman pdkt ma suami aku buatin dia kue cucur karena itu kue kesukaannya hahahaha. Tapi waktu itu gagal berminyak wkwk, abis itu setelah nikah malah gak pernah bikinin lagi 😛
    Bisa nih kapan2 bikin lagi pakai gula aren, Terima kasih resepnya 😀

  10. Lia Yuliani Juli 12, 2023 at 8:45 pm

    Wah kue cucur ini enak banget. Saya suka makan jajanan tradisonal begini. Apalagi kalau dibuat dengan bahan alami seperti gula aren. Lebih healthy ya.

  11. Lidya Juli 12, 2023 at 8:48 pm

    Wah aku suka banget makan kue cucur mbak, tapi belum pernah buat sendiri biaanya beli. Mumpung maish ada gula aren arenga di rumah praktikan nih harusnya ya mudah buat kue cucur

  12. Dian Restu Agustina Juli 12, 2023 at 9:53 pm

    Kue favorit saya sejak kecil ini. Dulu Ibu sering bikin kue cucur, berserat begitu bagus teksturnya. Saya bikin ga bisa cantik hiks. Mau coba resepnya ini nanti. Pas benar memang kue cucur buat camilan teman minum kopi bareng keluarga dan teman-teman.

  13. andiyani achmad Juli 12, 2023 at 9:56 pm

    nah aku tuh suka makan kue cucur yang masih anget-anget gitu, rasanya kenyal-kenyal manis enak

  14. Nchie Hanie Juli 12, 2023 at 10:41 pm

    Aahhh kesukaan aku banget kie cucur, apalagi kalo anget2, ternikmat dinikmati sama teh tawar panas . Aku suka beli, belom pernah bikin.

    Asik nih ada resepnya, tak cobaaaa ahh di rumah, bahan2nya familiar mudah dicari, bikinnya pun gampang.
    Makasih resepnyaaaaa.

  15. Naqiyyah Syam Juli 12, 2023 at 10:53 pm

    wiih udah lama enggak makan kue cucur, dulu pernah beli di pasar, sekarang udah jrang orang jualan kue cucur deh. Sepertinya bakal save resepnya ini deh

  16. Faradila Putri Juli 12, 2023 at 11:35 pm

    Betuuul, kue cucur ini paling enak disantap sore-sore sembari minum teh. Ternyata begini ya cara buatnya. Jadi pengen buat di rumah sendiri hehehe.

  17. Dawiah Juli 13, 2023 at 7:00 am

    Sepertinya kue cucur ada di setiap daerah deh. Di Makassar juga ada tapi dinamakan cucuru te’ne yang artinya kue cucur yang manis.Gimana tidak manis lah menggunakan gula aren yang manis dan gurih. Tapi baca resepnya ini, ternyata perbedaannya ada pada cara pengolahannya. Kalau yang Mak Evi tulis ini, kue cucurnya dimasak sedangkan kue cucuru te’ne di Makassar itu digoreng. yang jelas, namanya tetap sama kan. Oh, yah bahan-bahannya juga sama loh.

  18. Leyla Imtichanah Juli 15, 2023 at 6:56 pm

    Aku suka banget ini kue cucur tapi biasanya beli aja di deket rumah hehe. Makasih resepnya mbak. Bisa bikin sendiri deh ya.

  19. Istiana Sutanti Juli 17, 2023 at 9:30 am

    Maak, aku save niih, anak aku doyan banget soalnya kue cucur. Kalau aku recreate, nanti aku colek aaah, ihihi. Tfs yaa

  20. Sri Widiyastuti Juli 17, 2023 at 6:13 pm

    Suka banget makan kue cucur. Rasanya tuh kayak kue Ali yaa. Dulu nenekku yang suka buat mbak, tapi semenjak wafat gak ada yang buat lagi. Pernah bikin tapi jadi gulali haha, kebanyakan gula kayaknya. Thank resepnya ya mbak. Aku ko coba lagi ah

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter