Jahe Merah Gula Aren – Manfaat dan Cara Membuat

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Jahe Merah Gula Aren – Manfaat dan Cara Membuat|
Resep dan cara membuat jahe merah gula aren

Sobat Arenga setuju gak kalau minuman kekinian itu sekarang semakin beragam? Gak hanya kopi-kopian, sirup-sirupan tapi juga racikan yang melibatkan herbal. Minuman jahe merah gula aren, misalnya, karena banyak disukai sudah ikutan masuk ke resto-resto bahkan cafe. Pernah dengar kan sekarang warung jamu berkonsep cafe? Itu karena selain kelezatan rasa dan segar, manfaat kesehatan bagi tubuh gak main-main.

Tentang Jahe Merah

Nah sebelum kita membahas pertemuan sejoli Jahe merah dan gula aren, yuk kita pantau dulu, apa sih jahe merah itu?

Jahe merah adalah jenis jahe dengan warna kemerahan pada bagian dalamnya. Tumbuhan ini berasal dari Asia dan sering digunakan dalam masakan dan obat-obatan di Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Jahe merah memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dibandingkan dengan jahe gajah (jahe biasa). Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe merah juga sering diolah menjadi minuman yang menyegarkan.

Namanya keren, Zingiber Officinale Var Rubrum Rhizoma, sekeren kandungan zat bermanfaat bagi kemanusiaan di dalamnya. Ada senyawa antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-mikroba yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti membantu meredakan sakit kepala, mengurangi mual, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Tentang Gula Aren

Sementara gula aren adalah jenis gula alami ada juga organik seperti produksi Arenga, diperoleh dari bunga pohon aren (enau). Nira atau getah manis yang diperoleh dari pohon aren atau kemudian diproses melalui pemanasan dan pengeringan untuk menghasilkan gula aren dalam bentuk kristal kecil (gula semut) atau padat.

Gula aren memiliki rasa dan aroma karamel yang khas. Dari sisi manfaat kesehatan, tentu saja gula aren (yang organik terutama) lebih sehat dibandingkan dengan gula pasir. Gula manis tinggal manisnya doang :). Sementara gula aren masih mengandung banyak nutrisi. Warnanya yang coklat gelap itu menyimpan serat, mineral, dan vitamin.

Ketika Jahe Merah dan Gula Aren Bertemu

Ketika kedua hasil dari tanaman ini bertemu, kisa mereka mirip pertemuan Roro Mendut- Pronocitro. Klop dan saling melengkapi, memberi nuansa manis di jalan kehidupan…#Lah?

Karena fungsi gula aren dalam minuman adalah untuk memberikan rasa manis, sehingga racikan lebih mudah karena rasanya lebih enak.

Selain itu, gula aren juga memberi sumbangsih manfaat bagi kesehatan. Gula merah ini mengandung mineral dan vitamin seperti kalsium, zat besi, vitamin B1, dan vitamin B2. Ditambah lagi kandung antioksidan dan senyawa fitokimia yang baik untuk kesehatan.

5 Manfaat Gabungan Jahe Merah dan Gula Aren

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe merah dan gula aren kaya akan antioksidan, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi dan penyakit.

Jahe merah mengandung senyawa aktif seperti gingerol, shogaol, dan zingeron yang memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Senyawa-senyawa ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari infeksi.

2. Meredakan Rasa Sakit

Jahe merah memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu meredakan rasa sakit dan radang. Gula aren, di sisi lain, dapat membantu meredakan sakit kepala dan migrain.

Gingerol adalah senyawa aktif yang terdapat dalam jahe dan memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik, yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan radang. Gingerol dikenal sebagai senyawa fenolik yang memberikan rasa pedas pada jahe dan memiliki efek antioksidan yang kuat.

Gingerol juga dapat menghambat produksi senyawa inflamasi dalam tubuh seperti sitokin dan prostaglandin, yang dapat menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Oleh karena itu, konsumsi jahe merah dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada tubuh.

3. Mengurangi Mual

Jahe merah dapat membantu mengurangi mual dan muntah, terutama selama kehamilan. Senyawa aktif gingerol dan shogaol yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah, terutama selama kehamilan.

4. Meningkatkan Pencernaan

Jahe merah dan gula aren dapat membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi perut kembung dan gas.

Gingerol dalam jahe merah diyakini dapat membantu merangsang produksi enzim pencernaan dan meningkatkan motilitas usus, sehingga membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan perut kembung.

Selain itu, zingeron dalam jahe merah juga memiliki sifat antispasmodik, yang dapat membantu merelaksasi otot-otot usus dan mengurangi kejang, sehingga mengurangi terjadinya gas dan perut kembung.

5. Menenangkan Sistem Syaraf

Kombinasi jahe merah dan gula aren juga dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dan kecemasan. Itu juga berkat senyawa aktif yang disebut gingerol dan shogaol. Zat ini telah terbukti memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan neuroprotektif. Senyawa ini dapat membantu menenangkan sistem saraf dan mengurangi stres dan kecemasan.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi jahe merah secara teratur dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan pada manusia. Salah satu studi pada hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak jahe merah dapat membantu menurunkan kadar hormon stres kortisol dalam darah.

Selain itu, jahe merah juga telah terbukti memiliki sifat adaptogenik, yang dapat membantu menstabilkan mood dan meningkatkan ketahanan tubuh terhadap stres.

Perhatian Sebelum Menikmati Minuman Jahe Merah Gula Aren!

Namun, perlu diingat bahwa jahe merah bukanlah obat ajaib yang dapat menyembuhkan segala penyakit. Rimpang tanaman beraroma enak ini hanya dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memberikan perlindungan tambahan dari pola hidup yang seimbang

Selalu konsultasikan dengan dokter jika Sobat Arenga mengalami masalah kesehatan yang serius atau ingin menggunakan racikan herbal sebagai pengobatan alternatif.

Resep Jahe Merah Gula Aren

Cara membuat minuman jahe merah dan gula aren sangat mudah, Anda hanya perlu merebus jahe merah dan gula aren dalam air, kemudian menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon sesuai selera. Minuman ini dapat disajikan hangat atau dingin, tergantung pada selera Anda.

Berikut adalah resep sederhana untuk membuat minuman jahe merah gula aren:

Bahan-bahan:

  • 200 gram jahe merah, kupas dan cuci bersih
  • 500 gram Arenga gula aren bubuk
  • 1 liter air
  • 4 lembar daun pandan
  • 2 batang serai
  • 8 butir cengkeh
  • 1 buah jeruk nipis atau lemon

Langkah-langkah:

  1. Parut jahe merah menggunakan parutan halus atau blender.
  2. Masukkan parutan jahe merah ke dalam panci bersama dengan air, daun pandan, serai, dan cengkeh
  3. Aduk rata dan rebus campuran sampai mengeluarkan aroma harum.
  4. Masukan Arenga gula aren bubuk. Aduk sebentar.
  5. Saring campuran menggunakan saringan halus atau kain saringan untuk memisahkan serat jahe merah.
  6. Tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon ke dalam campuran jahe merah gula aren yang sudah disaring dan aduk rata.
  7. Dinginkan campuran jahe merah gula aren dan sajikan sebagai minuman hangat atau dingin.

Minuman jahe merah gula aren dapat disajikan dalam bentuk dingin atau panas sesuai selera. Sobat Arenga juga dapat menambahkan es batu saat menyajikan minuman dingin. Minuman jahe merah gula aren ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca dingin atau saat perut terasa tidak enak.

Arenga Indonesia, Produsen Gula Semut dan Liquid Palm Sugar di Tangerang

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter