Alpukat Brownies Gula Aren –  Buah yang banyak dipuji-puji  sebagai super food. Karena kandungan nutrisi dan kimiawinya yang sudah terbukti banyak manfaatnya.

Diantaranya adalah potassium yang bisa melawan depresi dan  rasa lelah. Begitu pun dapat mengatur denyut jantung, tekanan darah, dan melancarkan kerja pencernaan.

Buah alpukat matang enak dinikmati begitu saja dengan gula aren. Pun bisa dicampur dengan apa saja seperti membuat smoothie yang lezat karena rasanya yang creamy. Begitu pun membuat salad, alpukat memberi bahan dasar yang bagus.

Begitu banyak keistimewaan buah ini sampai-sampai seorang botanikus pernah menuliskan begini: “Alpukat adalah makanan yang tidak ada tandingannya diantara buah-buahan, buah surga yang sesungguhnya”

Dari alpukat juga bisa dibuat minyak (avocado oil)

Baca juga:

Minyak Alpukat Yang Sehat

Minyak alpukat diekstrak dari daging buah. Tidak seperti banyak minyak lain yang diekstraksi dari biji. Sekitar 70% dari minyak terdiri dari lemak tak jenuh tunggal yang sehat.

Avocado oil  sarat nutrisi dan antioksidan. Itu lah yang  menjadikannya paling bermanfaat  digunakan dalam diet kita.

Minyak alpukat memiliki rasa kacang yang halus. Membuatnya enak dicampurkan ke dalam salad.Untuk  minyak goreng pun yang sangat baik.  Karena stabili saat dipanaskan.

Ketika minyak mencapai suhu tertentu- mereka mulai berasap. Saa itu tidak hanya kehilangan nilai gizi dalam prosesnya tetapi mulai membuat senyawa yang tidak sehat.

Sementara minyak alpukat memiliki ‘titik asap’ yang sangat tinggi sekitar 270ºC – jauh lebih tinggi daripada minyak lain termasuk minyak zaitun.

Avocado oil - minyak alpukat

Avocado oil – minyak alpukat

Brownies Alpukat Gula Aren

Cukup deh ya puji-pujiannya untuk alpukat. Karena dia pun bisa melezatkan brownies lho! Brownies dan alpukat? Ah yang benar?

Benar!  Kue brownies bisa  menggunakan alpukat sebagai ganti mentega. Kita manfaatkan lemak alaminya yang jelas lebih sehat. Rasanya pun enak dan menyenangkan.

Berikut resepnya.

Bahan Membuat Alpukat Brownies Gula Aren

• 200g tepung terigu
• 1 sdt baking powder
• 100g Arenga gula aren bubuk
• 50g bubuk kakao
• 1 alpukat matang besar, haluskan
• 2 telur
• 100g dark chocolate, potong-potong.

Cara Membuat

  1. Panaskan oven hingga 180ºC
  2. Campurkan bahan kering dalam mangkuk.
  3. Dalam mangkuk terpisah kocok telur dan alpukat bersama-sama secara menyeluruh sebelum dituangkan ke dalam campuran kering.
  4. Aduk rata dan terakhir tambahkan potongannya dari coklat.
  5. Letakkan di atas loyang yang sudah diolesi mentega hingga kedalaman 2 cm.
  6. Panggang selama 30 menit hingga bagian atasnya garing dan bagian dalamnya.
  7. Siram sisinya dengan cokelat leleh.

Selamat mencoba.

Gula organiknya bisa dibeli market place. Gula aren di Tokopedia, klik linknya di sini

Kontak Arenga by WA Chats +62819-3241-8190