Dendeng Batokok Padang Sambal Hijau

Published On: 23 Oktober 2021|Categories: Resep Masakan Arenga|23 Comments|
Resep dendeng Batokok Padang Sambal Hijau

Minangkabau sebagai salah satu etnis di Indonesia memiliki ragam kuliner yang tak diragukan lagi kelezatannya. Salah satunya Dendeng Batokok Sambal Hijau yang dimasak secara khusus, membuat dendeng jadi empuk. –Foto : Resep Masak Terbaru dot. com–

Bagi teman-teman yang sedang kehilangan ide masak hari ini, masakan khas Sitinjau Lauik (laut), sebuah negeri yang terletak antara Kota Padang-Solok ini, bisa jadi ide. Sambal hijaunya segar banget karena dipadu dengan jeruk nipis dan tomat hijau.

Disebut Batokok (bahasa Minanag), karena irisan daging di ketok-ketok, setelah direbus. Dogoreng kemudian dibalur dengan sambal hijau. Ini versi lain dari Dendeng Balado khas Minang.

Ohya agar sambal hijaunya tetap cantik setelah digoreng, baca tipsnya agar cabe tidak hitam saat digiling di sini

Bahan Resep Dendeng Batokok Padang Sambal Hijau:

  • 500 gr daging sapi khas luar
  • 2 sendok makan asam jawa
  • 2 sendok makan garam
  • 1 liter air
  • 2 sendok makan minyak kelapa

Bahan Sambal Lado Hijau:

  • 100 gram cabe hijau
  • 6 buah bawang merah
  • 2 buah tomat sayur hijau
  • 4 SDM minyak untuk menumis
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 1 lembar daun kunyit
  • Dua buah asam kandis
  • Satu sendok teh garam
  • 2 sendok teh air perasan jeruk nipis

Baca juga:

Cara Membuat Dendeng Batokok Padang Sambal Hijau:

  1. Potong potong lebar daging setebal 1/2 cm.
  2. Rebus dengan air asam jawa dan garam hingga lunak.
  3. Angkat. Pukul-pukul (ketok) daging dengan ulekan hingga memar dan melebar.
  4. Bakar lembaran daging di atas arang yang telah diberi beberapa sabut kelapa hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  5. Sesekali diolesi dengan minyak kelapa.  Angkat
  6. Goreng Sambal Lado Hijau dengan sedikit minyak.
  7. Siramkan  ke atas dendeng batokok yang sudah masak

Cara Membuat Sambal Lado Ijo:

  1. Giling kasar cabai, bawang merah dan tomat, lalu tumis bersama daun jeruk purut daun kunyit, asam kandis, garam hingga matang dan berminyak.
  2. Sesaat sebelum diangkat tambahkan air perasan jeruk nipis.

Beda Dendeng Batokok dan Dendeng Balado

Ohya mungkin teman-teman pernah juga bertanya, apa sih beda dendeng batokok dan dendeng balado?

Sebetulnya hampir tidak ada perbedaan dari dendeng, sama-sama Kuliner Minang. Kalau pun ada hanya sedikit sekali.

Kedua dendeng, dagingnya sama-sama deketok atau dipukul setelah di rebus. Hanya saja kalau dendeng balado digoreng, dendeng batokok di bakar di atas bara sabut kelapa.

Dendeng balado yang biasa juga disebut dendeng lambok, menggunakan cabe merah. Sementara dendeng batokok menggunakan cabe hijau

 

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Kontak Arenga Indonesia by WA wa.me/081321201964 (chats only)

 

Share artikel ini

23 Comments

  1. Bibi Titi Teliti November 8, 2021 at 10:22 am - Reply

    Wah, terlihat menggiurkan sekali nih dendeng batokok padang sambal hijau ini yah,
    Sepertinya pernah melihat menu ini di RM Padang, tapi mungkin dendeng sapi biasa aja kali yah bukan batokok
    Jadi ngiler nih nanti makan siang otw ke RM Padang nih hehehe

  2. Wiwied Widya November 8, 2021 at 6:29 pm - Reply

    Wah kalau makain yang kayak begini, nasinya ggak bisa sedikit tuh. Pasti nambah lagi, nambah lagi. Sayang di warung padang di sini nggak ada yang sedia dendeng batokok nih

  3. Dian November 9, 2021 at 5:57 am - Reply

    ohh aku baru tahu tentang dendeng batotok ini mbak
    kaya banget ya kuliner minang ini
    pasti gurih ya karena di bakar sama kelapa

  4. nurulrahma November 9, 2021 at 11:27 am - Reply

    Adududuhh, kemeceeerrr alias kabita banget aku mbaaa
    dendeng batokok padang sambal hijau, bener2 kuliner khas yg membangkitkan selera makan BANGET!

  5. Ophi Ziadah November 9, 2021 at 2:19 pm - Reply

    Aku suka banget nih Daging Bakotok, tapi beneran klo bikin sendiri aku nyerah deh. Kayaknya susah-susah gampang nih. takutnya malah keras dan alot. Yg khas banget ini krn dibakar pake sabut kepala.

  6. diane November 9, 2021 at 4:07 pm - Reply

    Menggoda sekali kaka dendengnya.. Belum pernah sih icip2 dendeng batokok.. kayaknya enak ya..pedes2 seger gitu…

  7. Cindy Vania November 9, 2021 at 6:58 pm - Reply

    wah bikin ngiler ini postingannya. aku suka banget makan dendeng tapi ga yakin bisa bikin sendiri, jd selalu pesen >.<
    puas banget dan selalu doyan makan dendeng diapa2in juga

  8. Keke Naima November 9, 2021 at 10:15 pm - Reply

    Ribet juga prosesnya ya, Mbak. Selain direbus, kemudian dibakar satu per satu. Tapi, memang rasanya juara, sih

  9. cicifera November 9, 2021 at 11:07 pm - Reply

    haduuh, liat dendeng batokok sambal hijau jam segini kok jadi pengen makan lagi :))) mumpung di ricecooker masih ada nasi nih, haha xD thank you resepnya ya..

  10. Tuty Queen November 9, 2021 at 11:26 pm - Reply

    Enak banget ini mbak. Kalau kakak ipar dari Padang mudik ke Medan selalu masak ini dan jadi hidangan favorit. Udah lama nggak makan dendeng batokok sejak pandemi kakak ipar belum mudik .

  11. Dedew November 10, 2021 at 7:55 am - Reply

    Akkk, suka banget aku dendeng batokok ini Uni dibandingkan dendeng balado, sensasinya beda itu lihat cabe ijonya menggoda pisan…ternyata cara olahnya berbeda ya kalau ini dib

  12. Aswinda Utari November 10, 2021 at 9:37 am - Reply

    Wah, jd dendeng itu dagingnya yg dipake khas sapi bag luar itu ya.

    Aku baru tau. Dan biasa di sini makan dendeng yg merah gt. Baru tau ad yg gini jg. Jd pengen jg niiih

  13. Milda Ini November 10, 2021 at 9:54 am - Reply

    Enak ini aku sering bikin. Btw itu versi minanag ini kayaknya typo ya Mak, hehehe. Gulai Minang emang luar biasa efeknya di selera makan

  14. April Hamsa November 10, 2021 at 4:26 pm - Reply

    Wuaduh aku kalau makan ini bakaln naik BB nih soalnya bakalan banyak nambah nasi gak berhenti2 makan haha 😛
    Mbak aku penasaran ini tuh masakannya bisa awet gak sih kalau mialnya dimasukkan ke wadah kedap trus disimpan di kulkas dan pas mau ambil dikit2 diangetin lg?
    Bisa buat oleh2 gtu jg kali ya hehe

  15. Witri Prasetyo Aji November 10, 2021 at 4:50 pm - Reply

    Dendengnya terlihat enak, pengen nyicipin… Sayangnya kalau pedas, perutnya yang enggak kuat

  16. Siti Hairul November 10, 2021 at 8:23 pm - Reply

    Ini menu yang biasanya cuma ada di RM Padang Sederhana ya mb Evie hahaha. Enak banget ini. Jarang2 RM Padang biasa nyediain menu ini

  17. Sri Widiyastuti November 10, 2021 at 8:42 pm - Reply

    Duh mbak, ini kesukaan saya banget lho. Melihat gambarnya saja sudah pengen bawa piring isi nasi aja ini rasanya mbak. Makasih resepnya yaa. Jadi inginrecook

  18. Maya Siswadi November 10, 2021 at 9:08 pm - Reply

    Unii, baru tahu bedanya batokok sama lambok, aku pikir sama2 aja, cuma beda di sambalnya 🤣, ternyata proses masaknya agak ribet juga ya. Bumbu sambal ijo juga ternyata banyak juga printilannya ya, aku pikir cuma cabe bawang tomat aja 🤣

  19. Nchie Hanie November 10, 2021 at 9:33 pm - Reply

    Huuuuuuu, ternikmaat..
    Bawa nasi anget nih akuu, nyodorin piring, mau minta sambal ijo dan denddeng batokoknya.
    Mauuuu dimasakin laaha…

  20. lendyagassi November 10, 2021 at 11:19 pm - Reply

    Makanan kesukaan suami aku banget ini… Dendeng Batokok.
    Di Bandung, kami punya langganan, kak.. Rasanya wadidaw~
    Bisa nambah nasi bolak-balik kalau lauknya dendeng Batokok.

  21. Dian Farida Ismyama November 11, 2021 at 12:07 am - Reply

    Aku baru pertama kali dengar tentang dendeng batokok ini mbak. Menarik sekali ya. Selama ini tahunya dendeng goreng dan balado saja. Lengkap pula dikasih resep

  22. Sapti nurul hidayati November 12, 2021 at 5:44 pm - Reply

    Masakan Padang memang menggiurkan ya.. Belum pernah nyobain dendeng batokok ini. Tapi pasti rasanya nendang. Resep sambal hijaunya mantul nih, bisa coba dipraktikan..

  23. Echaimutenan November 15, 2021 at 6:17 pm - Reply

    Lezatos rancak banaa. Dendeng ini aku suka ga pas dagingnya suka alot mba. Biar lebih enak pas gitu gimana ya. Kadang aku presto tapi ga sip masih

Terima kasih sudah mampir. Silahkan tinggalkan kesan dan pesan teman-teman di bawah ya. Mencegah spam komentar teman-teman kami moderasi 🙂

Artikel Terbaru

  • Rolade-bayam-bagi-yang-kurang-suka-makan-sayur

    Rolade Bayam, Alternatif Untuk Anak-Anak yang Tak Suka Sayur

  • Gula-aren-cair-untuk-cafe

    Organic Palm Sugar, Sama kah Dengan Gula Aren Asli?

  • Optimalkan kinerja otak dengan herbal ini

    Optimalkan Kinerja Otak Dengan Herbal Ini

  • Sate peluang usaha yang menjanjikan

    Peluang Usaha Sate, 4 Pilihan Sate yang Menjanjikan

  • Mengenal tanaman sorgum dan manfaatnya

    Tanaman Sorgum dan Aneka Produknya

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • gula-aren-cair-1-liter-arenga

    Gula Aren Cair 1 Liter Arenga Untuk Kedai Kopi dan Minuman

Artikel Terkait