Minum Kopi Sebagai gaya hidup sehat ini, saya temukan sudah  banyak ditulis oleh kalangan yang peduli kesehatan. Mereka datang dengan berbagai argumen dan mendukungnya dengan  hasil penelitian ilmiah. Sebagai salah satu peminum kopi, tentu saja ini menarik, beberapa cangkir kopi setiap hari bisa membantu menjaga kesehatan saya. 

Minum kopi sebagai gaya hidup sehat

Kopi susu gula aren

Memang, bagi para pecinta kopi tak ada yang lebih membahagiakan daripada seteguk kopi di pagi hari. Sebelum memulai segala aktivitas seharian penuh, mereka memulai dengan menyeduh, mencium aroma yang berhamburan di udara, lalu mensesap sedikit demi sedikit.  Seola jadi bagian dari  ritual wajib untuk  meningkatkan semangat dan stamina.

Benarkah Kopi Bisa Dikategorikan Sebagai Gaya Hidup Sehat?

Menurut tulisan di today.com, minum kopi baik berkafein atau tanpa kafein dikaitkan dengan penurunan risiko kematian. Mereka menuliskan hal itu berdasarkan penelitian yang telah mengikuti ribuan orang dari berbagai ras dan  tinggal di negara berbeda.  Dan laporan ilmiah tersebut diterbitkan di annals of internal medicine.

Sementara dari Medical News Today menuliskan bahwa para peneliti telah melihat manfaat kopi untuk kondisi kesehatan. Contohnya bagi penderita diabetes, penyakit kardiovaskular,  penyakit radang usus dan penyakit hati. Banyak bukti yang bisa mendukung hal tersebut tersebut.

Baca juga:

Selain itu mereka juga menuliskan bahwa kopi baik untuk penyakit parkinson.

Kafein yang terdapat dalam kopi membantu melindungi diri dari penyakit parkinson. Terutama bagi mereka yang yang minum lebih dari 4 cangkir kopi per hari.

Kenali Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Arenga Gula aren dan kopi

Arenga Gula aren dan kopi

Kalau teman-teman search di internet banyak sekali artikel yang membahas atau mengaitkan kopi dengan gaya hidup sehat. Nasihat saya adalah harus  tetap berhati-hati. Bagaimanapun kafein tidak cocok untuk semua orang. Kemampuan tubuh manusia berbeda-beda dalam menerima paparan kafein ini.

Apa yang ditulis dalam artikel ilmiah tersebut kebanyakan hanya manfaat kopi murni. Mereka tidak membahas bagaimana khasiat kopi bila sudah ditambah, misalnya, susu, creamer, atau gula. 

Sementara kebanyakan kita menyukai kopi manis. Dan umumnya tidak memperhatikan apakah pemanis tersebut mendukung kesehatan atau tidak.

Jadi sebelum ikutan mengklaim minum kopi sebagai gaya hidup sehat perhatikan juga pemakaian pemanis kopi sehari-hari. Bila tidak suka mengkonsumsi kopi pahit sebaiknya menggunakan pemanis yang sudah jelas aman seperti Arenga gula aren organik.

Pemakaian gula organik organik sebagai pemanis kopi sudah dicontohkan oleh nenek moyang kita beratus tahun yang lalu. 

Temukan Arenga gula aren organik di market place seperti Tokopedia . Klik aja link ini

Namaste!