Kemukus Bumbu Masakan Sejak Zaman Kuno dan Manfaat Herbal

Kemukus bumbu masak sejak zaman kuno dan manfaat herbal

Arengaindonesia.comKemukus Bumbu Masakan Sejak zaman Kuno dan manfaat Herbal

Saya sedang senang membaca buku tentang rempah, terutamanya rempah Indonesia. Yang membuat penasaran tentang rempah adalah mereka digunakan sebagai bumbu masak maupun sebagai herbal.  Padahal menurut definisi, herbal mengacu pada bagian tanaman hijau yang berbunga dan berdaun, baik segar atau kering. Sedangkan rempah mengacu pada tanaman biji  yang  dikeringkan, ditambah kulit kayu, akar dan buah-buahan.

Nah kemukus ini berupa biji seperti lada hitam. Ia mengacu pada rempah. Namun di Indonesia kemukus tampaknya juga ada manfaat herbal.

Tapi yang jelas untuk saya, kemukus sebagai rempah atau bumbu masak tidak umum. Padahal menurut Profesor Kuliner Indonesia, Murdijati Gardjito, Kemukus sebagai bumbu masakan sama seperti gula aren, sudah digunakan sejak zama kuno. Itu terlihat beberapaย  ukiran di Candi Borobudur. Jadi emang saya saja yang “kurang piknik” kan ya?

Manfaat Kemukus

Biarkan lah saya bingung sementara. Faktanya kemukus, juga dikenal sebagai Piper cubeba, adalah tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Jamu-jamuan Jawa banyak menggunakan butiran seperti lada tapi bertangkai ini.

Beberapa manfaat yang dikaitkan dengan Kemukus atau Piper cubeba antara lain:

  • Efek antimikroba: Kemukus memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri, virus, dan jamur. Hal ini membuatnya berguna dalam pengobatan infeksi saluran kemih, infeksi saluran pernapasan, dan infeksi kulit.
  • Peningkatan pencernaan: Kemukus memiliki sifat karminatif, yang berarti dapat membantu mengurangi gas dalam saluran pencernaan. Ini dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti kembung, perut kembung, dan mulas.
  • Efek afrodisiak: Di beberapa budaya, Kemukus dianggap memiliki efek afrodisiak atau meningkatkan gairah seksual. Namun, bukti ilmiah yang mendukung klaim ini masih terbatas dan penelitian lebih lanjut diperlukan.
  • Penyembuhan infeksi saluran napas: Kemukus telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan seperti batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Ini diyakini memiliki sifat ekspektoran yang dapat membantu mengencerkan dahak dan meredakan gejala.
  • Manfaat lainnya: Beberapa sumber juga menyebutkan manfaat Kemukus dalam mengatasi masalah kulit seperti jerawat, eksim, dan dermatitis. Namun, bukti ilmiah yang kuat untuk manfaat ini masih terbatas.

Meskipun Kemukus memiliki berbagai manfaat potensial, penting untuk dicatat bahwa penggunaannya haruslah sesuai dengan petunjuk medis dan disertai dengan konsultasi dokter atau herbalis yang terpercaya. Selalu bijaksana untuk mendapatkan nasihat profesional sebelum menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan.

Cara Hidup Kemukus Bumbu Masakan Sejak Zaman Kuno

Tumbuhan ini hidup liar di hutan ladang atau tempat lain yang tanahnya tidak lembab. Karena baru tahu namanya dari buku, gak heran kan bila saya tak pernah secara sadar menggunakan bumbu ini? Jika ilmu memasak diturunkan ibu kepada anak gadisnya, seingat saya, ibu pun belum pernah menggunakan kemukus untuk bumbu masak.ย 

Kemukus termasuk jenis tanaman yang mudah dikembangkan. Budidayanya dilakukan dengan biji maupun stek. Biji diambil dari sulur atau pucuk tanaman yang masih muda dan bercabang. sedangkan stek diambil dari sulur atau pucuk tanaman sepanjang 1 sampai satu setengah meter dan langsung ditancapkan. tidak membutuhkan persyaratan yang sulit dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 80 m DPL.

Baca juga Bottle Gula Aren Cair Organik

Kemukus tumbuh merambat atau memanjat dengan akar pelekat nya. Batang berbuku-buku itu bisa mencapai 15 meter. Dari tiap buku batang tumbuh daun yang mirip daun sirih berbentuk bulat telur dengan ujung runcing dan berwarna hijau tua.

Pada pangkal buku juga dapat tumbuh tunas cabang dan bunga. bunga kemukus disebut juga merupakan bunga berbentuk bulir yang tumbuh berhadapan dengan daun yang muncul pada buku daerah pucuk batang.

Bunga tersebut tumbuh menjadi buah buni berwarna coklat atau hitam berbentuk bulat. Ujung buah berbentuk memanjang seperti ekor sehingga tanaman ini juga dikenal dengan nama lada berekor atau merica berekor.

Jadi Digunakan Dalam Masakan Apa Saja Biji Kemukus Ini?

Kabar buruk bagi saya. Setelah minta bantuan Oom Gooogle tidak bertemu satu pun resep masakan Indonesia di mana Kemukus salah satu bumbunya. Hanya ketemu CUBEB PEPPER CRISPY EGGS RECIPE. Resep Telur Renyah dibumbui Kemukus dan dirancang oleh Gourmet Glow.

Namun dari artikel Prof Murdijati lainnya dikatakan bahwa buah kemukus banyak dimanfaatkan sebagai campuran jamu tradisional. Rempah ini juga dapat dicampur kan sebagai bumbu untuk masakan daging sapi atau ikan.

Kemukus sepertinya berfungsi mirip lada, memberikan rasa pedas sekaligus mengurangi aroma anyir pada masakan. Cara penggunaannya dapat disangrai dan dihaluskan dengan bumbu lain atau langsung dimasukkan ke dalam masakan.

Buah tanaman kemukus mengandung minyak atsiri 10% yang tersusun atas monoterpen, keren, dan lain-lain Senyawa-senyawa seskuiterpen inilah yang memberi karakter rasa pada Kemukus.

Kesimpulannya

Kemukus adalah bumbu dapur yang sangat umum digunakan di Indonesia, terutama di daerah Jawa. Biasanya, kemukus digunakan sebagai bumbu tambahan pada masakan tradisional, seperti sate, gulai, rendang, dan berbagai jenis masakan berkuah.

Kemukus memiliki aroma yang kuat dan rasa yang sedikit pedas, sehingga dapat memberikan aroma dan rasa yang khas pada masakan. Selain itu, kemukus juga memiliki sifat yang dapat memperpanjang masa simpan masakan dan membantu mempertahankan kelezatan masakan dalam waktu yang lebih lama.

Kemukus juga dianggap memiliki khasiat medis dan digunakan dalam pengobatan tradisional. Minyak atsiri yang diekstrak dari kemukus diyakini dapat membantu mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti batuk, masuk angin, dan sakit kepala.

Dalam beberapa tahun terakhir, kemukus juga telah digunakan sebagai bahan utama dalam industri kosmetik dan perawatan kulit, karena minyak atsirinya dipercaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi jerawat dan peradangan pada kulit.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

26 Comments

  1. Ade UFi Juli 30, 2020 at 9:09 am

    Mba Efi, saya langsung google loh kemukus seperti apa. Soalnya ibu saya yg punya catering pun ga pernah memakai kemukus dalam bumbu masaknya. Dan bentuknya pun baru saya liat pas googling ini. Malah saya nemunya video gunung mkemukus yg mva bilang.. xixixi

  2. Nchie Hanie Juli 30, 2020 at 9:54 am

    Akutu pernah denger soal kemukus bumbu masakan ini dari temen yang suka banget masak2an, nah kalo penampakannya sendiri belom ngeh juga. Apakah memang kek lada, biji bulat kecil gitu.
    Cuma memang beda banget rasanya kalo pake kemukus ini, berasa nendang rasanya, gitu Mbaaa. Semacam rahasia resep memasak yummy nih kemukus.

  3. naniknara Juli 30, 2020 at 2:10 pm

    Saya pun baru tahu ada bumbu yang namanya kemukus ini.
    Lintang kemukus aja yang nempel diingatan

    • Hana Aina Agustus 2, 2020 at 8:37 pm

      Eh, aku kok baru tahu ya tentang Kemukus ini. Ternyata manfaatnya banyak, ya. Penasaran juga dengan rasanya. Googling, ah ๐Ÿ˜ƒ

  4. Jiah Al Jafara Juli 30, 2020 at 4:07 pm

    Pernah lihat Kemukus, tapi belum pernah coba buat masak. Aku masaknya pakai rempah yang sering buat masak di rumah. Takut salah pakai, hehehe

  5. @nurulrahma Juli 30, 2020 at 6:20 pm

    Buat yg masak olahan kambing atau sapi Lebaran besok, kayaknya cusss kudu pakai Kemukus
    Biar lebih endeusss masakannya ye kan

  6. Aprillia Ekasari Juli 30, 2020 at 6:20 pm

    Mungkin belum nama saat googling karena kemukus ini punya nama lain barangkali mbak hehe #sokteu ๐Ÿ˜€
    BTW gak tau kenapa entah jaringanku atau apa emang gak ada gambarnya kah?
    We o we banget ini bumbu masak sampai terukir di tembok candi Borobudur hehe, jd makin penasaran bentuknya, kugugling ah ๐Ÿ˜€

  7. andyhardiyanti Juli 31, 2020 at 12:30 am

    Sering dengar nama Kemukus ini, tapi blas gak tahu tanamannya tuh kayak apa. Akhirnya googling deh, seperti itu rupanya. Soalnya di postingan ini gak ada fotonya, entah itu karena koneksi di tempat saya lambat atau gimana. Jadi fotonya gak kelihatan.

    • Arenga Indonesia Juli 31, 2020 at 8:18 am

      Ada fotonya kok Mbak Andy, yang paling atas ๐Ÿ™‚

  8. alfakurnia Juli 31, 2020 at 9:14 am

    Saya tu sering denger kata kemukus tapi nggak tahu bentuknya. Baca ini google dulu gambarnya hehehe. Ternyata udah umum digunakan sebagai bumbu masak ya? Kayanya belum pernah nyoba juga. Terima kasih infonya.

  9. Alfa Kurnia Juli 31, 2020 at 9:16 am

    Saya sudah sering denger nama tanaman kemukus tapi belum pernah lihat langsung bentuknya. Baru tahu kalau sudah umum dijadikan bumbu masak. Jadi penasaran masakan apa aja ya selain CUBEB PEPPER CRISPY EGGS yang bisa pakai kemukus.

  10. Mugniar Juli 31, 2020 at 2:26 pm

    Penasaran dengan kemukus. Rasanya belum pernah makanan makanan yang ada bumbu kemukusnya deh. Atau mungkin saya yang gak tahu yaa.

  11. Jalan-Jalan KeNai Juli 31, 2020 at 6:45 pm

    Saya pun baru tau yang namanya kemukus. Kayaknya harus googling juga. Penasaran sama bentuknya

  12. andyhardiyanti Juli 31, 2020 at 7:47 pm

    Oalah..Kemukus tuh kayak gini toh rupanya. Sering dengar nama dan manfaatnya, tapi gak pernah kepikiran untuk googling seperti apa sih bentuknya kemukus itu.

  13. Bibi Titi Teliti Juli 31, 2020 at 8:47 pm

    Malahan baru tahu tentang kemukus dari tulisan ini deh mbaaak,
    Memang Indonesia ini kaya akan rempah dan berbagai bumbu yah
    Tapi mengapakah setiap memasak aku pakenya cuma bumbu yang itu-itu aja yaaah hahaha

  14. molzania Agustus 1, 2020 at 12:32 pm

    baru tahu loh ada tanaman kemukus. mungkin tiap daerah beda2 ya mbak namanya jadi kurang begitu dikenal

  15. Wiwied Widya Agustus 1, 2020 at 2:37 pm

    Kemukus itu nama tanaman? aku taunya itu nama gunung. hahaha. Mungkin dulu di gunung itu banyak tanaman kemukus juga kali ya? Ini kayaknya bagus deh kalau dipopulerkan. Jadi pengen cari bibitnya.

  16. Ruli Retno Mawarni Agustus 1, 2020 at 2:50 pm

    Kayanya aku pun kurang piknik kaka, soalnya aku baru kali ini tau tentang kemukus dan melihatnya

  17. Lina W. Sasmita Agustus 1, 2020 at 7:44 pm

    jadi penasaran pada penampakan Kemukus seperti apa. Mungkin sinyal wifi lemah jadi foto di atas tidak dapat saya lihat. Blank aja.

  18. Nunung Yuni Anggraeni Agustus 1, 2020 at 10:32 pm

    Aku belum pernah masak pakai kemukus . Tapi dulu nenekku bilang kemukus kemukus gitu , nggak tau juga buat resep apa. Soalnya ibuku sendiri juga kayaknya jarang masak pakai kemukus.

  19. lendyagasshi Agustus 1, 2020 at 10:35 pm

    Kayanya Indonesia akan bumbu yaa…
    Namanya unik, Kemukus. Apa setiap daerah bisa berbeda nama?

  20. echaimutenan Agustus 1, 2020 at 10:39 pm

    pernah denger mba tapi belum pernah pakai bumbu kemukus ini. kalau gunung tau sering denger juga, ternayta tanamanannya ada juga buat bumbu masakan pula ya mba

  21. Sri Widiyastuti Agustus 1, 2020 at 11:27 pm

    Oh ternyata ini namanya kemukus ya, saya kira merica lho mbak, tapi di artikel ini dibilang mirip lada yaa.

  22. Indah Nuria Agustus 2, 2020 at 2:44 am

    Ayooo kita tulis lagi tentang kemukuuus mba. Pernah dengar tapi mwmang tidak familiar sih. Harus digali nih infonya

  23. Latifika Sumanti Agustus 3, 2020 at 4:35 am

    Sekilas kalo yang mentah kelihatan kek biji kopi ya Mba. Seneng banget mampir ke sini, jadi tau ada rempah namanya kemukus. Sebelum ini baca di feed IG Mba nya, bener2 first time dengar nama kemukus

  24. Fara Dillah Agustus 6, 2020 at 10:28 pm

    Aku belum pernah masak pake kemukus dan enak ga sih kak? Baru denger juga masak pake kemukus

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter