Kreativitas Cetakan Gula Aren, The Bigger The Merrier

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Kreativitas Cetakan Gula Aren, The Bigger The Merrier|
Nah beberapa waktu lalu saya berjumpa dengan gula aren cetak super besar. Kalau boleh disebut ini lah embahnya gula aren. Bahkan ukurannya lebih besar dari kepala bayi. Terus apa kegunaannya? Saya yakin si super besar ini tidak untuk bikin dodol, kolak, gado-gado atau rujak. Kalau kebutuhannya untuk rumah tangga, kapan habisnya coba? Bahkan sebelum habis dia sudah keburu meleleh, mengalami fermentasi dan rusak. Kemungkin si super besar ini untuk dihancurkan kembali untuk dibuat gula palem (palm sugar). Sekalipun mutu gula palem dari gula cetak tak sebaik kalau dibuat langsung dari nira seperti milik Arenga, metode ini salah satu alternatif dalam cara membuat gula semut.

Sejarah gula merah di Indonesia diawali dengan bentuk cetak. Umunya kita sebut sebagai gula cetak. Ini lah pemanis hasil dari pemekatan nira lewat pemanasan kemudian ditampung dan didinginkan dalam sebuah wadah. Wadah ini lah kemudian yang membentuk fisik gula merah yang kita lihat di pasar. Ternyata kreativitas dalam cetakan gula aren ikut bermain. Setidaknya dari penemuan Arenga dengan sebuah gula cetak super besar seperti foto di atas.

Sobat Arenga sering melihat gula aren cetak? Biasanya cetakan mereka biasa-biasa saja ya. Tidak membuat kita terkejut. Berbentuk setengah batok atau menyerupai pipa pendek seperti tabung battery. Sekarang malah lebih ada yang lebih trendy, gula koin dan gula lempeng. Gula koin dicetak bulat tipis seperti koin. Sedang gula lempeng lebih besar dari gula koin.

Nah beberapa waktu lalu Arenga berjumpa dengan gula aren cetak super besar. Kalau boleh disebut ini lah embahnya gula aren. Bahkan ukurannya lebih besar dari kepala bayi.

Baca juga:

Bagaimana Kreativitas Cetakan Gula Aren Seperti Bisa Muncul?

kreativitas dalam cetakan gula aren
Sedang mencetak gula merah. Foto dari Youtube

Perajin gula aren yang tinggal dekat dari kota mungkin tidak masalah menemukan cetakan gula aren yang cocok bagi produk mereka. Karena bisa dibeli di pasar bahkan toko online. Atau mereka membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan yang disediakan lingkungan.

Nah gula aren cetak super besar ini mungkin lahir dari rangsangan kreavitas dalam memanfaatkan media yang tersedia. Maksudnya tidak bisa membuat cetakan sendiri tapi mencari di pasar juga tidak tersedia. Jadi nira pekat yang sudah siap dicetak dimasukan ke dalam wadah seperti panci atau belanga. Hasilnya ya seperti itu, gula aren sebesar kepala bayi itu.

Terus apa kegunaannya?

Arenga yakin si super besar ini tidak untuk bikin dodol, kolak, gado-gado atau rujak. Kalau kebutuhannya untuk rumah tangga, kapan habisnya coba? Bahkan sebelum habis dia sudah keburu meleleh, mengalami fermentasi dan rusak.

Kemungkin si super besar ini untuk dihancurkan kembali untuk dibuat gula palem (palm sugar). Sekalipun mutu gula palem dari gula cetak tak sebaik kalau dibuat langsung dari nira seperti milik Arenga, metode ini salah satu alternatif dalam cara membuat gula semut.

Bisa juga dicairkan kembali untuk dicetak ulang untuk membuat gula koin dan lempeng.

Kontak Arenga WA Chats 0819328190

Follow Arenga di Instagram

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait