Manfaat Raw Meal untuk Lansia: Makanan Mentah yang Akan Membuat Usia Emas Penuh Energi

Categories: Kesehatan|Komentar Dinonaktifkan pada Manfaat Raw Meal untuk Lansia: Makanan Mentah yang Akan Membuat Usia Emas Penuh Energi|
Hidup sehat, manfaat raw meal untuk lansia

ARENGAINDONESIA.com – Manfaat Raw Meal untuk Lansia: Menua dengan Sehat dan Elegan

Bergaya hidup sehat itu paling baik dimulai sejak usia muda. Saya membuat pos ini karena kemarin terinpirasi oleh seorang Bapak yang usia 78 tahun masih bisa summit attack Rinjani beberapa hari lalu. Di sebuah WAG penyuka jalan-jalan, beliau bercerita pengalamannya mendaki gunung-gunung tinggi di Indonesia, mulai dari Kerinci, Argopuro, dan Rinjani. Tak lama lagi beliau akan mendaki Kinabalu yang terletak di Sabah Malaysia.

Yang menarik adalah beliau mulai suka hiking saat usia juga sudah tidak muda, 65 tahun. Dengan terus latihan akhirnya cita-citanya sejak mudah jadi seorang mountainer akhirnya terkabul.

Saya sampai terkesima karena usia belum masuk ketegori lansia tapi sudah merasa jompo. Jadi tertarik bertanya tentang caranya menjaga diri hingga tetap bugar di usia lansia ini. Menurutnya, menjaga kesehatan itu hanya masalah klise. Mengatur emosi, menjaga relasi dengan orang-orang terdekat, olah raga teratur, dan makan makanan sehat.

Dalam ketegori makanan, selain memilih makanan sehat, beliau menyebutkan bahwa dalam sehari, beliau akan makan makanan mentah yang kita sebut raw meal dalam tulisan kali ini.

Makanan Mentah untuk Lansia Milenial

Di tengah semakin sibuknya dunia modern, menjaga kesehatan memang menjadi semakin penting. Kita tak hanya ingin terhindar dari berbagai penyakit yang dibaya gaya hidup, kalau bisa melakukan sesuatu yang sudah lama ingin dilakukan tapi belum bisa terlaksana di usia muda. Seperti bapak yang saya ceritakan di atas, beliau menikmati hobi mendaki gunung setelah usia tidak muda lagi.

Nah, Sobat Arenga yang juga mencintai kesehatan pasti penasaran dengan makanan seperti apa yang dapat memberikan manfaat optimal untuk generasi emas tersebut. Bisa digunakan untuk diri sendiri dan baik juga di-sharing untuk Mama-Papa atau Oma-Opa di rumah.

Jangan Lewatkan 5 Manfaat Raw Meal untuk Lansia

Manfaat raw meal untuk usia lanjut
Raw meal yang lezat

1. Mengapa Penting Raw Meal Bagi Lansia?

Ngomong-ngomong, Sobat Arenga pasti pernah mendengar tentang raw meal, bukan? Nah, raw meal adalah konsep makan yang mengedepankan konsumsi makanan mentah atau setidaknya dalam kondisi minim pengolahan.

Bagi lansia, raw meal menjadi pilihan yang menarik karena dapat memberikan nutrisi maksimal tanpa menghilangkan kandungan penting akibat pemanasan yang berlebihan.

2. Mencegah Dimensia dan Meningkatkan Kesehatan Otak

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh lansia adalah risiko dimensia atau kerusakan daya ingat. Tidak ingin menjadi pelupa atau pikun, bukan? Nah, konsumsi raw meal dapat menjadi sekutu kita dalam melawan masalah ini.

Kandungan nutrisi yang masih utuh dalam makanan mentah membantu menjaga kesehatan otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Jadi, mari bergabung dengan gerakan “Lawan Dimensia dengan Raw Meal!”

3. Mempertahankan Kejernihan Penglihatan

Tidak hanya otak yang mendapat manfaat, tetapi mata juga merasakan dampak positif dari konsumsi raw meal. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah-buahan dan sayuran mentah dapat membantu menjaga kejernihan penglihatan lansia.

Jadi, untuk kita sendiri atau untuk para lansia tercinta kita, jangan ragu untuk menjadikan wortel, bayam, dan buah-buahan lain sebagai bagian tetap dari menu raw meal sekeluarga.

4. Rambut Kuat dan Tidak Mudah Rontok

Bagi Sobat Arenga yang ingin tetap tampil prima dengan rambut yang kuat dan sehat, raw meal juga punya andil di sini. Nutrisi alami dalam makanan mentah membantu menyediakan zat-zat penting yang dibutuhkan rambut agar tetap kuat dan tidak mudah rontok. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk tidak mencoba gaya hidup sehat dengan raw meal, bukan?

5. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kesehatan lansia tidak lengkap tanpa sistem kekebalan tubuh yang kuat. Dengan mengonsumsi makanan mentah yang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, Sobat Arenga dapat memberikan dukungan tambahan bagi sistem kekebalan tubuh.

Siapa bilang usia harus membuat tubuh rentan? Dengan raw meal, tubuh tetap bisa prima!

Berikut beberapa contoh makanan mentah yang bisa disipakan untuk Para Lansia

foto smoothie buah
Smoothie buah

1. Smoothie Sayuran dan Buah-Buahan Segar

Smoothie adalah cara yang lezat untuk menggabungkan nutrisi sayuran dan buah-buahan segar dalam satu sajian. Untuk lansia, smoothie ini bisa menjadi sumber nutrisi penting yang mudah dicerna.

Cobalah mencampurkan bayam, kale, pisang, dan buah beri segar ke dalam blender. Tambahkan air kelapa untuk hidrasi ekstra. Smoothie ini kaya akan serat, antioksidan, dan vitamin yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

2. Salad Hijau dengan Protein Nabati

Salad bukan hanya makanan ringan, tetapi juga bisa menjadi hidangan utama yang menyehatkan. Campurkan beragam sayuran hijau seperti selada, kale, dan timun dengan potongan alpukat dan biji-bijian seperti quinoa.

Tambahkan kacang-kacangan seperti almond atau walnut sebagai sumber protein nabati. Taburkan dengan dressing yang terbuat dari minyak zaitun dan perasan lemon untuk cita rasa segar.

3. Zucchini Pasta dengan Saus Pesto

Pasta dari sayuran, seperti zucchini pasta, merupakan alternatif sehat untuk pasta terbuat dari tepung terigu. Gunakan spiralizer atau alat serupa untuk mengubah zucchini menjadi bentuk mirip pasta. Sajikan dengan saus pesto yang terbuat dari daun basil segar, kacang pine, minyak zaitun, dan parmesan vegan. Saus ini kaya akan lemak sehat dan rasa yang lezat.

4. Snack Sayuran dan Hummus

Snack bisa menjadi bagian penting dari diet lansia yang sehat. Potong wortel, mentimun, dan paprika menjadi potongan kecil dan sajikan dengan hummus sebagai saus. Hummus mengandung kacang-kacangan yang kaya akan protein, sementara sayuran memberikan serat dan nutrisi penting lainnya. Ini adalah cara yang baik untuk menghindari camilan yang kurang sehat.

5. Aneka Buah-Buahan Segar

Tidak ada yang lebih sederhana dan menyegarkan daripada mengonsumsi buah-buahan segar. Mangga, jeruk, apel, dan pisang adalah pilihan yang sempurna. Sobat Arenga dapat menyajikan buah-buahan ini dalam bentuk potongan atau membuat campuran buah yang menggugah selera. Buah-buahan segar memberikan vitamin, mineral, dan serat yang mendukung kesehatan pencernaan.

Menuju Lansia yang Aktif dan Sehat dengan Raw Meal

Dalam perjalanan menuju usia emas, menjaga kesehatan harus tetap menjadi prioritas. Memang banyak jenis makanan sehat yang bisa dipilih. Dan raw meal hadir sebagai alternatif menarik bagi lansia yang ingin tetap aktif, bugar, dan penuh semangat.

Dari mencegah dimensia, meningkatkan kesehatan mata, hingga merawat kekuatan rambut, manfaat raw meal begitu beragam dan menjanjikan. Jadi, bagi Sobat Arenga yang ingin menikmati masa tua dengan kualitas hidup yang optimal, mari mulai eksplorasi gaya hidup sehat dengan raw meal dari sekarang!

Arenga Indonesia. Gula aren organik di Tangerang – Banten

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter