Mengenal Kopi Tubruk – Minuman Khas Indonesia

Categories: Gula Aren dan Kopi|Komentar Dinonaktifkan pada Mengenal Kopi Tubruk – Minuman Khas Indonesia|
Mengenal kopi tubruk, minuman khas Indonesia

ARENGAINDONESIA.com – Mengenal Kopi Tubruk

Sebelum mengenal kopi sebagai minuman kafein yang menyegarkan, saya sering agak bingung kalau mendengar orang menyebutkan kopi tubruk. Bukan semua minuman kopi itu sama? Beda-beda dong kak!

Kopi tubruk adalah minuman kopi tradisional khas Indonesia. Disebut khas Indonesia karena versi kopi hitam banyak ampas ini lah yang paling dikenal di seluruh Indonesia. Coba saja masuk ke warung-warung kopi, pesan kopi, yang keluar pasti lah kopi hitam yang mengepul dengan ampasnya mengambang di permukaan.

Jadi, sebenarnya apa sih kopi tubruk itu?

Istilah “Tubruk” berasal dari bahasa Jawa yang berarti “dicampur” atau “diseduh dengan cara dicampurkan”. Cara menghidangkan kopi tubruk sangat sederhana yaitu dengan memasukan bubuk kopi ke dalam gelas dan langsung disiram air panas, lalu mengaduknya hingga tercampur secara merata.

Setelah bubuk kopi dicampurkan dengan air panas, biasanya kopi tubruk diaduk dan dibiarkan beberapa saat untuk menunggu endapan bubuk kopi turun ke dasar cangkir sebelum diminum.

Kopi tubruk biasanya disajikan dengan gula pasir atau gula semut aren agar lebih nikmat. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Kopi tubruk memiliki rasa yang kental dan kuat, dan menjadi salah satu minuman kopi yang populer di Indonesia.

Sejarah Kopi Tubruk di Indonesia

Mengenal kopi tubruk, minuman khas Indonesia

Mengenal kopi tubruk lebih dalam dengan mengenal sejarahnya.

Sayangnya sejarah kopi tubruk di Indonesia tidak dapat dipastikan dengan pasti. Namun diyakini bahwa kopi tubruk telah ada sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia pada abad ke-19. Pada saat itu, Belanda adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia dan mereka membawa bibit kopi ke Indonesia.

Kopi tubruk menjadi populer di Indonesia karena kemudahan dan kesederhanaannya dalam penyajiannya. Awalnya, kopi tubruk merupakan minuman yang biasa diminum oleh masyarakat desa dan pekerja di perkebunan kopi. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kopi tubruk menjadi semakin populer di kalangan masyarakat kota dan menjadi salah satu minuman khas Indonesia yang terkenal.

Selain itu, kopi tubruk juga merupakan hasil adaptasi dari cara penyeduhan kopi yang dilakukan oleh masyarakat Arab di Timur Tengah. Di sana, minuman kopi yang disajikan juga menggunakan metode yang serupa dengan kopi tubruk, yaitu mencampurkan bubuk kopi dengan air panas dan langsung diminum.

Saat ini, kopi tubruk menjadi salah satu minuman kopi yang populer di Indonesia, bahkan beberapa produsen kopi terkenal juga memproduksi kopi tubruk dengan berbagai varian rasa dan kemasan yang praktis.

Baca juga:

Jenis Kopi yang Cocok

Ada beberapa jenis kopi yang enak untuk diseduh sebagai kopi tubruk, di antaranya adalah:

  1. Kopi Robusta: Jenis kopi yang paling banyak digunakan untuk kopi tubruk di Indonesia adalah kopi robusta. Kopi ini memiliki cita rasa yang kuat, pahit, dan sedikit asam, sehingga cocok untuk diaduk dengan gula pasir saat disajikan sebagai kopi tubruk.
  2. Kopi Arabika: Jenis kopi ini memiliki cita rasa yang lebih halus dan kompleks dibandingkan dengan kopi robusta. Namun, kopi arabika juga cocok untuk diseduh sebagai kopi tubruk, terutama untuk mereka yang menyukai rasa kopi yang lebih ringan.
  3. Kopi Luwak: Kopi luwak adalah salah satu jenis kopi yang sangat terkenal di Indonesia. Kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang sudah melewati pencernaan hewan luwak dan kemudian dikumpulkan dari kotorannya. Meskipun harganya cukup mahal, namun kopi luwak juga cocok untuk diseduh sebagai kopi tubruk dengan rasa yang kaya dan unik.
  4. Kopi Flores: Kopi Flores berasal dari pulau Flores di Indonesia. Kopi ini memiliki cita rasa yang lembut, sedikit manis, dan memiliki aroma bunga yang khas. Cocok untuk diseduh sebagai kopi tubruk yang menyegarkan.

Namun, pilihan jenis kopi terbaik untuk kopi tubruk juga terpulang pada preferensi rasa pribadi. Selain itu, kualitas biji kopi dan cara penggilingan juga dapat mempengaruhi hasil akhir rasa kopi tubruk yang dihasilkan.

Arenga Indonesia, produsen gula aren cair dan gula semut untuk kopi. Kontak kami nomor CS di sebelah kanan pos ini.

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter