Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Perbedaan Palm Sugar dan Brown Sugar|
Perbedaan palm sugar dan brown sugar

Karena sama-sama berwarna coklat, bentuk butiran, dan rasanya manis, masih ada yang bingung tentang perbedaan antara palm sugar dan brown sugar? Iya palm sugar dan brown sugar adalah dua jenis gula yang berbeda, baik dari bahan dasarnya maupun cara pembuatannya.

Biar gak bingung lagi ini alasan lebih detail mengenai kedua jenis pemanis berwarna coklat tersebut:

1. Palm Sugar

palm sugar dari gula aren
Palm Sugar

Palm sugar (gula aren ) dibuat dari nektar pohon aren (Arenga pinnata). Proses pembuatannya dimulai dengan memotong tangkai bunga pohon aren jantan untuk mengekstrak nektar atau niranya. Nektar tersebut kemudian dimasak dan diaduk secara terus-menerus hingga mengental dan berwarna cokelat kehitaman. Setelah itu, nektar tersebut didinginkan sejenak untuk kemudian digilas sampai terbentuk kristal gula yang nanti dinamai gula semut.

Jadi gula semut itu adalah palm sugar versi bubuk.

Palm sugar memiliki rasa yang khas dan lebih kompleks daripada gula putih, dengan aroma dan rasa karamel yang kaya. Palm sugar juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula putih, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang ingin mengontrol kadar gula darahnya.

2. Brown Sugar

Foto brown sugar
Brown Sugar

Brown sugar (gula merah) dibuat dari gula tebu yang diberi molase. Molase adalah cairan kental yang dihasilkan dari proses pemurnian gula tebu. Setelah gula tebu diperas dan dimurnikan, molase yang dihasilkan kemudian dicampurkan kembali dengan gula putih dan diaduk hingga merata. Campuran ini kemudian dikeringkan dan itu lah yang kita semut brown sugar.

Brown sugar memiliki rasa yang lebih kompleks daripada gula putih, dengan aroma dan rasa karamel yang khas. Namun, karena bahan dasarnya adalah gula tebu, brown sugar memiliki indeks glikemik yang sama dengan gula putih, sehingga harus dikonsumsi dengan hati-hati oleh orang yang ingin mengontrol kadar gula darahnya.

Meskipun bahan dasarnya berbeda, palm sugar dan brown sugar keduanya dapat digunakan sebagai pengganti gula putih dalam berbagai resep, baik itu untuk membuat kue, minuman, atau makanan lainnya.

Molase

Foto molase yang ujudnya mirip gula aren cair
Molase bentuknya mirip gula aren cair

Ohya ini tentang molase, bahan yang membuat gula putih jadi brown sugar (atau gula merah)

Molase adalah cairan kental yang dihasilkan dari proses pemurnian gula tebu atau bit. Pada proses pemurnian gula tebu, gula tebu akan diperas dan diambil sari-sarinya. Kemudian, sari tebu tersebut akan dipanaskan dan dikristalkan. Proses tersebut menghasilkan gula putih yang merupakan produk akhir dari pemurnian gula tebu.

Sementara itu, molase adalah cairan kental yang mirip gula aren cair, adalah sisa setelah gula putih dipisahkan dari sari tebu. Molase mengandung gula yang tidak terkristalisasi serta masih mineral dan nutrisi penting lainnya seperti kalsium, magnesium, dan potasium.

Selain dari gula tebu, molase juga dapat dihasilkan dari pengolahan bit gula atau sorgum. Molase dari bit gula biasanya lebih cair dan lebih manis dibandingkan dengan molase dari gula tebu. Sementara itu, molase dari sorgum biasanya memiliki rasa yang sedikit pahit dan banyak digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan hewan.

Kesimpulan dari Perbedaan Palm Sugar (aren) dan Brown Sugar

Kesimpulan dari perbedaan palm sugar (aren) dan brown sugar adalah bahwa keduanya berasal dari bahan dasar yang berbeda dan proses pembuatannya juga berbeda. Palm sugar dibuat dari nektar pohon aren atau nira, sedangkan brown sugar dibuat dari gula tebu yang diberi molase.

Selain itu, palm sugar memiliki rasa yang khas dan kompleks dengan aroma dan rasa karamel yang kaya, serta indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula putih, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh orang yang ingin mengontrol kadar gula darahnya.

Sementara itu, brown sugar juga memiliki rasa yang khas dan kompleks dengan aroma dan rasa karamel yang khas, namun memiliki indeks glikemik yang sama dengan gula putih, sehingga harus dikonsumsi dengan hati-hati oleh orang yang ingin mengontrol kadar gula darahnya.

Arenga Indonesia, produsen palm sugar aren cair dan bubuk. Kontak by WA Chats 0819 3241 8190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter