Resep Beef Teriyaki Gula Aren

Categories: Info|30 Comments|
Resep beef teriyaki gula aren

Resep beef teriyaki gula aren ini lahir dari pertanyaan beberapa netizen mengenai kegunaan Arenga. “Mbak, selain untuk kopi apa aja sih kegunaan gula aren cair Arenga?”

Resep beef teriyaki gula aren

Kalau menjawab secara umum banyak banget kegunaan gula aren. Bayangkan saja. Sebelum gula tebu atau gula pasir berjaya di Indonesia nenek moyang kita hanya mengenal satu pemanis yaitu gula merah yang salah satunya adalah gula aren.

Nenek moyang kita menggunakan pemanis yang berasal dari nira ini dalam semua hidangan yang memerlukan rasa manis atau gurih. Akan panjang sekali daftarnya bila disebutkan satu persatu.

Oke, tapi kita sudah hidup di zaman modern dan sudah ratusan tahun meninggalkan tata cara budaya nenek moyang?  Apakah pemanfaatan gula aren masih relevan sampai sekarang?

Duh! Tentu saja dong!

Malah peran gula aren semakin besar. Dengan naiknya tingkat kesadaran terhadap kesehatan, makanan sehat pun jadi pilihan. Dan pemanis yang lebih ramah bagi tubuh mengikuti.

Indonesia-Jepang bertemu dalam 1 Mangkuk

Teman-teman tahu apa yang  menyenangkan dari seni kuliner? Peribahasa seperti  garam di laut dan asam di gunung bertemu dalam  belanga meluas jadi pertemuan antar negara. Seperti resep ini, pemanis dari Indonesia bertemu dengan resep masakan yang lahir di dapur Jepang.

Dengan tidak berpanjang lebar yuk simak resep beef teriyaki gula aren ala Arenga Indonesia.

Bahan-bahan

  • 300 gram daging sapi yang sudah diiris tips.
  • 1 cm jahe
  • 1 sendok makan saus teriyaki
  • Satu sendok makan kecap manis
  • 2 sendok makan gula aren cair Arenga Original
  • Garam, bawang bombay, dan sedikit minyak kelapa untuk menumis

Cara membuat Beef Teriyaki Gula Aren

  1. Potong jahe dan bawang putih secara halus
  2. Campurkan potongan tadi dengan saus teriyaki, garam,  gula aren cair Arenga, dan kecap
  3. Masukan irisan tips daging sapi ke dalam wadah bumbu, kemudian masukkan dan diamkan di kulkas selama 30 menit
  4. Tumis bawang bombay sampai harum.
  5. Masukan irisan tips daging sapi yang sudah dibumbui sampai berwarna kecoklatan

Bagaimana teman-teman resep beef teriyaki gula aren arena ini tidak sulit untuk membuatnya bukan? Bisa digunakaan saat sibuk dan tak punya waktu banyak untuk memasak.

Resep ini juga mudah dibuat untuk sarapan pagi. Untuk anak-anak atau anggota keluarga yang akan aktif sepanjang hari.

Lihat resep lainnya:

4 Resep Masakan Cumi Basah Anti Gagal

7 Resep Masakan Telur yang Pasti Disukai Anak-Anak

Tips dari Arenga  Indonesia

Agar lebih menyingkat waktu untuk membuat sarapan,  bumbu rendaman beef teriyaki gula aren ini bisa disimpan dalam kulkas. Jadi besok pagi tinggal dikeluarkan dari kulkas dan ditumis. Rasanya masih segar dan membangkitkan selera makan.

Share artikel ini

30 Comments

  1. Nurul Rahma Februari 1, 2021 at 11:05 am

    Mba Eviii aku tuh dari kapan hari udah membatin, kok pingin daging teriyaki yaaa
    Ubek2 tutorial masak, dan Alhamdulillahhh ketemu artikel ini

    Yup, setuju bangett, lebih enak dimasak.pake gula aren ya.

    Makin sedeeeppp ceunah

    • Arenga Indonesia Februari 1, 2021 at 8:46 pm

      Iyaaa dirumah kami ini jadi favorit, Mbak. Bikinnya mudah pula. Eh gula aren selalu available wkwkwk…

  2. Uniek Kaswarganti Februari 1, 2021 at 4:06 pm

    Boleh juga nih mba untuk dicoba.Kalau sudah lebih dulu dimarinasi gitu, ntar masaknya tinggal cemplang cemplung aja ya mba.
    Pas nih untuk sediaan lauk di rumahku. Anak lanang dikit-dikit pengin makan melulu. :))

  3. Andiyani Achmad Februari 1, 2021 at 4:30 pm

    akupun lebih suka menu masakan yang dimasak dengan tambahan gula aren sebagai pemanis.. rasanya lebih legit rasanya dan berasa nikmat juga lezatnya, makasi min buat resep beef teriyaki gula aren

    • Arenga Indonesia Februari 2, 2021 at 3:51 pm

      Sama-sama Mbak. Semoga suka ya. Begitu pula dengan resep-resep yang tampil di blog Arenga Indonesia ini 🙂

  4. Nurul Sufitri Februari 1, 2021 at 5:44 pm

    Kayaknya emsti masak beef teriyakinya minimal 1 kg nih buat sekali makan hihihihi 🙂 Aku dan anak2 juga suami makannya banyak, apalagi suamiku low carbo wkwkwk. Oh gitu cara membuatnya. Mau tanya uni, dagingnya direndam 30 menit itu ga kurang ya? Kupikir mesti berjam2, ternyata nggak heheheh. Kapan2 coba resepnya ah. TFS uni Evi.

    • Arenga Indonesia Februari 2, 2021 at 3:53 pm

      Sebetulnya tambah lama direndam akan tambah meresap bumbunya, Mbak Nurul. Tapi untuk waktu yang singkat, 30 menit sudah cukup kok. Lumayan meresap rendamannya 🙂

  5. lianny Februari 1, 2021 at 7:17 pm

    Memasak beef teriyaki memang cukup mudah dan cepat juga ya. Aku sering nih masak beef teriyaki kalo ada stok daging dan bingung dimasak apa, ujung-ujungnya ya masak beef teriyaki haha. Belum pernah pakai gula aren untuk masak beef teriyaki, mau coba ah. Biasanya pakai gula aren saat bikin kue saja 🙂

  6. nchie hanie Februari 1, 2021 at 7:39 pm

    Mamiin, sungguh perpaduan yang saling melengkapi rasa yang pas di lidah INdonesia yaa.
    Dan aku donk tergiuuur, wajib nyobain resepnya ini tuu. Gampang banget bikinnya initu, tinggal order gula Arenga aja duluu yang belom hahaaa.

  7. Suciarti Wahyuningtyas Februari 1, 2021 at 10:40 pm

    Pas banget ini aku emang minggu ini pengen bikin beef teriyaki dan lagi pengen cari resepnya juga. Karena selama ini selalu beli dan belum pernah bikin, senangnya dapat resepnya disini.

  8. Nia Nurdiansyah Februari 2, 2021 at 10:50 am

    Wah gula aren arenga memang andalan sih, aku kalau masak buat little organic kitchen juga pakenya gula aren Mbaa… Krn memang ga pake refined white sugar, dan emang gula aren itu bikin makanan jadi lebih tasty dan gurihnya keluar apalagi kalau menu daging2an yummy

  9. Dedew Februari 2, 2021 at 11:29 am

    Ternyata bikinnya mudah ya Uni apalagi dibumbui gula aren asli dan berkualitas tinggi dari Arenga, rasanya semakin lezat dan mantap…

  10. Inna Riana Februari 2, 2021 at 7:34 pm

    gula aren arenga emang paling topp.. aku sedia di dapur buat masakan juga.
    beef teriyaki kesukaan anak bungsuku nih. bisa nambah berkali2 makannya 😀

  11. Mugniar Februari 3, 2021 at 1:48 am

    Uummy … dengan tambahan gula aren Arenga, beef teriyaki jadi unik rasanya pastinya.

    • Arenga Indonesia Februari 4, 2021 at 8:24 am

      Betul. Memberikan warna coklat yang cantik juga, mirip kecap, Niar 🙂

  12. Vicky Laurentina Februari 3, 2021 at 9:01 am

    Lhaa banyak yaa gunanya gula aren ternyata. Kusangka cuman mentok-mentok jadi campuran dalam minuman doang. Aku share artikel ini ya, Mbak!

  13. Widyanti Yuliandari Februari 3, 2021 at 1:51 pm

    Gula aren emang bikin masakan jadi lebih sedep ya. Saya sendiri sering pakai untuk pemanis sambal. Lebih afdal rasanya

  14. lendyagasshi Februari 3, 2021 at 6:45 pm

    Pas banget.
    Ini jadi menu kesukaan kami saat ini. Daging dan bumbunya bisa di preparation sehingga pas masak gak perlu repot lagi.
    Tinggal bakar.

  15. Nathalia DP Februari 3, 2021 at 8:21 pm

    Baru minggu kemarin bikin chicken teriyaki… Tapi enggak pakai gula aren arenga… Harus nyetok nih…

  16. Ade UFi Februari 3, 2021 at 8:47 pm

    Mantaaab.. mau recook ah. Tinggal siapin bahan beefnya nih. Ma kasih, Mba Evi. Semua bahan pas ada di rumah. Baru tau kalau bs pakai gula aren. Biasanya kan kecap2an.

  17. Nurul Fitri Fatkhani Februari 3, 2021 at 8:51 pm

    Waah..kebayang enaknya beef teriyaki gula aren ini. Dibandingkan memakai gula merah biasa, masakan memang jadi lebih enak kalau pakai gula aren, ya. Mamah mertua selalu pakai gula aren untuk masak dan campuran minuman.

  18. Adriana Dian Februari 3, 2021 at 9:59 pm

    wah iya nih nggak pernah kepikiran bikin beef teriyaki pake gula aren nih.. Mau cobain ah nantiiii.. Kalo buat dagingnya kayanya enakan beli daging irisan yang buat teriyaki itu yaaaa, lebih enak dan lebih cepet ngeresep mungkin bumbunya yaaa

  19. Hidayah Sulistyowati Februari 3, 2021 at 10:23 pm

    Aku contek resep beef teriyaki dengan gula aren nya mba. Keluarga suka masakan ini tapi selama ini pakai kecap aja. Aku sedia gula aren untuk bikin wedang uwuh atau kacang ijo

  20. Wiwied Widya Februari 3, 2021 at 10:29 pm

    Lho ternyata nggak susah ya masaknya. Gula aren ini favorit bapak ama ibuku sih. Mereka sekarang kalau bikin minuman apapun pakainya pasti gula aren. Tapi aku blom tau kalau dipakai buat masakan gini. Ntar dicoba ah

  21. Liza Februari 4, 2021 at 10:00 am

    wess,… pagi-pagi ke sini dapat inspirasi masak untuk siang nanti. kebetulan aku berencana beli daging sapi dan gula aren. udah lama juga ga makan daging soalnya terus anak-anak pasti suka kalau dibikinin teritaki

  22. Eni Martini Februari 6, 2021 at 9:49 am

    Favorit aku ini beef teriyaki. Gurih daging sapi berpadu rasa manis yang menggoda lidah. Buatnya simpel dan cepet. Tapi belum oernah nih pakai resepnya dengan gula aren, pasti lebih sedep ya

  23. Imasatrianto Februari 7, 2021 at 10:16 pm

    Maauu cobaiinnnn, selama ini kalau masak pakai gula biasa, mau cobain resepnya yaa

  24. Echaimutenan Februari 8, 2021 at 9:43 pm

    teriyaki pakai gula aren enak kayaknya ya mba. kaalau oseng gitu aku sering gula merah cantik juga warnanya ya
    dan pastinya enakk keliatannya

    • Arenga Indonesia Februari 9, 2021 at 8:05 am

      Betul Mama Echa, salah satu fungsi dari gula aren adalah memberi warna pada makanan 🙂

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait