Tips Menggunakan Gula Aren Bubuk, All Purpose Sweetener

Categories: Referensi Arenga Palm Sugar|Komentar Dinonaktifkan pada Tips Menggunakan Gula Aren Bubuk, All Purpose Sweetener|
Tips menggunakan gula aren

Tips Menggunakan Gula Aren Bubuk – Palm sugar yang dikenal sebagai gula aren bubuk saat ini sudah diterima sebagai pemanis sehat oleh sebagian besar masyarakat. Sebagian kecil lainnya belum begitu familiar.  Setidaknya ini cerita dari seorang calon pelanggan ARENGA di di suatu pameran. Beliau  mengaku bingung cara menggunakan Arenga organic palm sugar yang diterima sebagai hadiah. “Sudah sebulan Kak tapi stoples saya masih penuh. Bingung saya cara penggunaannya bisa untuk apa saja?” 

Rupanya sebelum membuang kemasan alumunium, si ibu lupa membaca info produk di kemasan belakang. Padahal di kemasan tercantum berbagai informasi yang salah satunya kegunaan pemanis kristal coklat ini.

Arenga tertawa dan mengatakan bahwa bahwa palm sugar miliknya segera habis kalau digunakan sesendok demi sesendok. Bahkan kalau setiap hari. Seperti menggunakan gula pasir harian yang banyak sekali aplikasinya. Memaniskan teh, kopi, penyedap masakan, atau membuat camilan untuk keluarga tercinta.

Keuntungan menggunakan gula aren bubuk, terutama organik, selain manisnya ada jaminan manfaat sehatnya. Mendengar itu beliau tertawa sambil mengatakan, “ Ah Arenga bisa saja..”

Beberapa Tips Menggunakan Gula Aren Bubuk Sebagai Pemanis Harian

Tips menggunakan satu sendok gula aren bubuk

Jadi apa saja yang bisa dilakukan oleh satu sendok Arenga gula aren seperti foto di atas? Banyak lah pemirsa! Berikut saya sajikan 3 tips memanfaatkan sesendok gula aren.

Baca juga: Tips Menyimpan Arenga Gula Semut

1. Buat Kopi Tubruk Enak dan Sehat

Mood sedang tidak baik atau menderita sakit kepala ringan? Coba seduh secangkir kopi hitam. Tak usah terlalu kental tapi pastikan sesendok gula aren sebagai pemanisnya. Kita tidak mau kan mood terangkat tapi kadar gula darah meningkat dengan cepat, bukan? Agar kopi tubruk terasa lebih menyegarkan tambahkan sepotong kulit kayu manis atau sepotong jahe. Yang tak suka kopi ganti dengan teh hitam.

2. Membuat Es Kacang Merah

Para ibu kadang bingung menghadirkan cemilan sehat bagi anak-anak mereka. Buat saja es kacang merah. Seperti kita tahu kacang merah memiliki kadar nutrisi yang tinggi. Ada protein, serat, karbohidrat, serat, asam lemak omega-3, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lainnya.

Maka siapkan segenggam kacang merah dengan merendam terlebih dahulu minimal 2 jam . Kemudian buang air rendamannya. Treatment ini bertujuan membuang kandungan lectin phytohaemagglutinin penyebab gas dalam usus. Setelah itu rebus dengan ditambah sedikit garam dan daun pandan.

Terakhir Sajikan dengan menambah es batu, susu dan sesendok gula aren. Anak-anak pasti suka pada rasanya yang legit.

Baca juga: Manis Dan Sehat Bersama Arenga Palm Sugar

3. Berkreasi Dengan Bumbu Dapur

Naikan derajat bumbu dapur dengan menjadikannya minuman herbal. Sepotong jahe dan sebatang serai akan kering atau busuk bila terlalu lama disimpan di keranjang bumbu. Dari pada mubazir lebih baik dijadikan minuman kesehatan.

Jahe (Zingiber officinale (L.) mengandung zat bernama gingerol dan zingeron yang fungsi farmakologi dan fisiologisnya memiliki efek antioksidan, antiinflammasi, analgesik, antikarsinogenik dan kardiotonik. Sementara Serai memiliki kandungan senyawa seperti geranil butirat, lomonen, eugenol, metileugenol,dan geranial. Senyawa-senyawa ini berguna untuk mencegah penyakit kanker, mengobati gangguan pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan lain-lain.

Membuatnya juga mudah. Didihkan dua gelas air kemudian masukan sepotong jahe dan sebatang serai. Dinginkan sambil ditambahkan sesendok gula aren untuk penyedap rasa.

Follow Arenga Indonesia di Instagram

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Beda gula aren dan gula semut

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

Artikel Terkait