Gula Melaka – Gula Merah Versi Malaysia

Categories: Referensi Arenga Indonesia|Komentar Dinonaktifkan pada Gula Melaka – Gula Merah Versi Malaysia|
Gula melaka, gula merah versi Malaysia

Kalau sedang traveling di Kuala Lumpur, Melaka, Penang atau di bagian mana saja di Malaysia, Sobat Arenga menemukan banyak jajanan dengan konten gula merah. Ada Sago Gula Melaka, Kue Onde-onde yang mirip Klepon, Kuih Ketayap yang mirip dadar gulung, dan masih banyak lagi. Pemanis berwarna coklat ini di Malaysia disebut Gula Melaka.

Disebut demikian karena pemanis ini sejarahnya berawal dari negara bagian Malaysia yang disebet Melaka. Sebelumnya dikenal sebagai Malaka dan terletak di Pesisir Barat Semenanjung Malaysia.

Aslinya, gula Melaka adalah gula merah versi Malaysia dan terbuat dari nira kelapa. Cairan manis yang berasal dari tangkai mayang kelapa itu dimasak sampai kental sehingga menghasilkan gula merah padat atau kristal gula bubuk seperti gula pasir.

Dengan alasan ekonomis, kemudian Belanda merubahnya jadi berbahan baku dari tebu.

Sejarah Gula Melaka

Sejarah gula merah di Malaysia bermula pada masa penjajahan Portugis di Melaka pada abad ke-16. Ketika itu, para pedagang Portugis memperkenalkan teknik pembuatan gula merah yang mereka bawa dari India. Negara yang masuk gugusan Negeri Asia Selatan, India, ini memang sudah berabad-abad menggunakan gula merah yang mereka sebut jaggery. Bahkan dalam pengobatan Ayuverda jaggery salah satu konten yang tak boleh ketinggalan.

Dalam bahasa Portugis, gula merah disebut “açúcar mascavado”, yang artinya adalah gula merah yang belum disaring. Mengapa kemudian dikenal sebagai “gula Melaka” karena banyak diproduksi di Melaka. Ditambah lagi jadi salah satu bahan utama dalam perdagangan internasional.

Pada abad ke-17, Belanda mengambil alih Pesisir Barat Semenanjung Malaysia dari Portugis dan melanjutkan produksi gula merah. Tapi bahannya tidak lagi dari nira kelapa melainkan dari tebu. Alasannya adalah sumber bahan baku lebih mudah karena masa panen lebih singkat, murah, dan sistem tanaman paksa.

Belanda meningkatkan teknik pembuatan gula merah di Melaka dengan menggabungkan teknologi dari India, Cina, dan Eropa. Agar bisnis gula merah lebih sustainable, Belanda menerapkan sistem tanam paksa tebu di daerah pedalaman untuk memastikan pasokan gula merah cukup untuk memenuhi permintaan pasar internasional.

Penggunaan Gula Melaka

Es cendol Malasyia yang menggunakan gula melaka
Es Cendol dengan Gula Melaka

Gula melaka telah menjadi bagian penting dari masakan Malaysia dan Singapura. Gula ini digunakan dalam berbagai hidangan tradisional, termasuk kue-kue, minuman, dan saus. Selain itu, pemanis warna coklat ini juga digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan rempah-rempah dan saus khas Malaysia seperti kicap manis dan sambal.

Gula merah juga terkenal karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Terutama berkat kandungan mineral seperti kalsium, besi, fosfor, dan kalium yang diperlukan untuk kesehatan tulang dan otot.

Kesimpulan

Gula melaka adalah salah satu jenis pemanis tradisional yang berasal dari daerah Malaka di Malaysia. Gula ini terbuat dari nira kelapa yang dimasak hingga menghasilkan kristal gula merah dan gula cetak (padat). Ketika Belanda mengambil alih kekuasaan dari Portugis, bahan baku gula merah berubah dari kelapa jadi tebu.

Sejarahnya bermula pada masa penjajahan Portugis di Melaka pada abad ke-16. Saat ini, gula merah telah menjadi bagian penting dari masakan Malaysia dan Singapura dan juga dikenal karena khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Arenga Indonesia, produsen gula aren di Tangerang. Chats by WA 0819 32418190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter