3 Cara Membuat Popcorn ala Rumahan – Acara nonton di bioskop kurang lengkap tanpa popcorn. Apa lagi kalau nonton berduaan dengan yayang, baik asin atau yang manis, popcorn bikin tambah seru. Begitu terbiasanya asosiasi kita antara bioskop dan popcorn. Padahal camilan ini juga bisa dibuat di rumah. Bahkan cocok lah untuk menemani belajar. Apa lagi bila anak-anak masih belajar jarak jauh dalam masa pandemi Covid-19 ini.

Sejarah Popcorn

Asal usul popcorn bisa ditelusuri jauh ke belakang, ke bangsa Aztec sekitar 2.500 AD. Saat itu dukun Aztec menggunakan biji jagung untuk meramal nasib. Ia akan memberi tahu keberuntungan seseorang dengan melempar biji popcorn ke dalam api. Nah arah terbang popcorn lah yang menentukan keberuntungan atau kemalangan.

Lalu pak petualangan legendaris Columbus pada 1493, membawa beberapa biji jagung ke Eropa. Dari sana baru jagung menyebar ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Akhirnya kita pun bisa menikmati berondong jagung yang lezat ini.

Popcorn salah satu makanan paling sederhana untuk dimasak di rumah. Baik menggunakan kompor, tungku perapian atau microwave. Metode mana pun yang digunakan sepenuhnya tergantung situasi dan kondisi, Sahabat Arenga.

Di bawah adalah 3 cara membuat popcorn ala rumahan. Yang paling penting adalah menggunakan jagung khusus untuk popcorn. Banyak di jual di supermarket dan market place.

Begini 3 Cara Membuat Popcorn ala Rumahan

Membuat Popcorn Dengan Kompor

  • Gunakan panci stainless besar, dalam dan berat. Isi 1/4 cangkir minyak, panaskan dengan api sedang. Tunggu sampai minyak terlihat berkilau. Test dengan memasukan satu atau dua biji jagung khusus popcorn. Jika bergerak dan mulai meletup tandanya minyak sudah siap.
  • Tambahkan 1/2 cangkir biji popcorn ke dalam panci. Goyangkan panci dengan lembut untuk memastikan setiap kernel biji terbalut minyak panas.
  • Tutup panci dan tunggu. Begitu terdengar suara letupan-letupan matikan kompor. Tunggu 1-2 detik.
  • Angkat panci dari kompor, masukkan popcorn ke mangkuk.
  • Bumbui popcorn dengan garam atau tuang caramel yang bisa dibuat dengan gula aren bubuk

Membuat Popcorn Dengan Tungku

Membuat popcorn di atas tungku api terbuka

Membuat popcorn di atas tungku api terbuka

Popcorn tak selalu bisa dibuat dengan kompor. Kalau teman-teman pergi berkemah, untuk menemani acara api unggun atau hanya sekadar ngobrol dan mengeratkan silaturahmi, popcorn bisa jadi pilihan.

  • Yang diperlukan hanya beberapa aluminium foil dan minyak goreng. Atau bisa juga dengan mentega.
  • Masukan 1-2 sdm dari jagung popcorn di tengah-tengah selembar aluminium foil yang cukup besar. Siram dengan sedikit minyak atau balut dengan mentega secukupnya. Lipat aluminium foil seperti kantong. Sisakan ruang yang cukup untuk pengembangan popcorn.
  • Taruh di atas api sampai letupan berhenti.
  • Angkat bungkusan dari api dengan penjepit dan nikmati!

Membuat Popcorn Dengan Microwave  dari  3 Cara Membuat Popcorn ala Rumahan

  • Untuk membuat popcorn di microwave, yang Anda butuhkan hanyalah kantong kertas (kraft) dengan 1/4 cangkir bijian jagung popcorn di dalamnya.
  • Cukup isi kantong kertas, lipat bagian , masukan ke dalam microve kurang lebih 2 menit.
  • Tunggu sampai kantong kertas kraft mengembung, dan popping telah berhenti . Lepaskan tas dari microwave dan musim popcorn sesuai dengan rasa yang Anda inginkan

Nah cukup sederhanakan 3 cara membuat popcorn ala rumahan ini, teman-teman? Silahkan dicoba

Untuk gula aren bubuknya bisa beli di Tokopedia

Kontak Arenga by WA Chats 081932418190