Mengapa Kita perlu konsumsi cokelat hitam – Cokelat identik dengan kasih sayang. Tak heran tiap Hari Valentine kita melihat cokelat di mana-mana. Berbeda dengan kopi, cokelat tidak mengandung kafein (kalau pun ada sangat rendah) yang membuat semua orang cocok minum secangkir coklat hangat di kesempatan apa saja. Cuaca hujan, mendung atau hari panas.

Akhir-akhir ini cokelat bertambah manfaatnya dengan ditemukannya beberapa zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Kesehatan – Mengapa Kita Pelu Konsumsi Cokelat Hitam

Memang belum terlalu umum bila makan cokelat direkomendasikan untuk alasan kesehatan. Namun, berkat banyak penelitian sekarang diketahu bahwa dalam coklat hitam terkandung antioksidan yang bermaanfaat bagi tubuh. Terutama ketika cokelat dimakan dengan benar.

Yang disebut cokelat sehat itu merujuk  pada cokelat hitam yang sering juga disebut  sebagai cokelat “pahit”.  Mengandung sekitar 70% padatan kakao, tidak mengandung gula.

Karena memiliki lebih sedikit atau tanpa gula, sifat cokelat hitam ini  lebih rentan terhadap panas daripada cokelat susu.

Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan cokelat gelap memberikan pasokan antioksidan esensial pada tubuh. Zat yang bisa membantu menghilangkan radikal bebas, penyebab penuaan dini.

Studi lain mengatakan bahwa  manfaat cokelat gelap juga dapat membantu menurunkan oksidasi kolesterol jahat dan mengurangi risiko gumpalan darah.

Alasan utama mengapa cokelat hitam memiliki manfaat ini adalah flavonoid yang dikandungnya. Flavonoid juga dapat ditemukan di batang, biji, dan daun dari beberapa tanaman. Flavonoid ini adalah anggota kelas antioksidan yang disebut polifenol, yang juga ditemukan dalam anggur merah, teh, dan buah-buahan dan sayuran tertentu.

Diperkirakan cokelat hitam mengandung delapan kali level antioksidan polifenol jika dibandingkan dengan stroberi.

Baca juga:

Manfaat Maksimal Cokelat Hitam Tanpa Susu

Gula aren cair untuk membuat minuman cokelat susu

Gula aren cair untuk membuat minuman cokelat susu

Sekalipun coklat susu digemari hampir semua kalangan karena kelezatan, penelitian terakhir mengindikasikan bahwa manfaat makan coklat hitam dengan susu bisa mengurangi kadar antioksidan.  Diyakini bahwa molekul susu menempelkan diri mereka pada epicatechins. Aktivitas ini bisa mengurangi penyerapan flavonoid oleh tubuh.

Tapi soal rasa, coklat hitam, susu dan gula aren organik tetap lah yang terbaik. Baik sebagai minuman maupun chocolate bar. Akhirnya tergantung pilihan teman-teman juga.

Begitu pun, masih dari penelitian juga, beberapa orang mengalami serangan migrain setelah mengkonsumsi coklat hitam. Namun, data belum terlalu banyak untuk mendukung  sepenuhnyakekuatiran tersebut. Buktinya keluarga Arenga Indonesia, baik-baik saja tiap kali minum segelas susu coklat hitam gula aren cair 🙂

Prinsipnya adalah, untuk mendapat manfaat coklat hitam ini tetap bersenang-senang mengkomsumsinya. 50 gram cokelat hitam yang terbuat dari setidaknya 70 persen padatan cokelat,  dapat memberikan manfaat kesehatan. Mereka akan menambah asupan zat besi, kalium, dan kalsium.

Jadi ada banyak alasan mengapa kita perlu konsumsi cokelat hitam ya teman-teman? Mari sempatkan mengkonsumsi setiap hari baik batangan ataupun dalam bentuk larutan minuman cokelat.

Untuk gula aren cair, pemanis sehat yang bisa digunakan meracik minuman atau permen cokelat silahkan beli di Tokopedia

Untuk pembelian banyak silahkan kontak kami lewat https://wa.me/6281932418190