Tips menyimpan Arenga gula semut – Terbuat dari nira aren asli,  diproses secara organik,  tanpa menambahkan bahan-bahan pengawet atau pengisi. Jadi merupakan gula aren murni yang terbuat dari  100% nira aren. Ternyata  karakter alami seperti ini mudah menyerap molekul air dari udara (higroskopis). Agar tetap kering dan bisa digunakan dalam waktu lama, selalu simpan Arenga gula semut dalam wadah tertutup rapat.

Tips menyimpan gula semut

Arenga Gula Semut Aren

Dari mengamati bertahun-tahun, sekarang kami sudah menemukan kemasan paling pas untuk gula semut organik. Kemasan minimal pori-pori dengan double seal adalah yang paling cocok untuk daerah tropis yang lembab seperti Indonesia. Kemasan yang saya maksud seperti teman-teman lihat pada foto kemasan 1 kg di atas. 

Untuk Sahabat Arenga Tips menyimpan Arenga Gula Semut:

Arenga gula semut aren dipasarkan dalam kemasan sangat melindungi isi di dalamnya. Jadi selama berada dalam kemasan, daya simpan pemanis alami ini bertahan sangat lama. Dari test yang kami lakukan, dalam kemasan seperti di atas bisa bertahan sampai 4 tahun. Selama itu Arenga gula semut aren  tidak  mengalami perubahan apapun. Baik fisik maupun warna.Tetap kering dan wangi.

Sebenarnya setelah dibuka, dengan tetap menyimpan dalam kemasan juga bisa. Karena standing pouch yang digunakan menggunakan klip. Pastikan bahwa setelah dibuka klip kembali dirapatkan sehingga tak berpeluang masuk udara.

Tapi kalau suka lupa (seperti saya 🙂 )  mending salin seluruh isinya ke dalam botol kaca. Sebab klip yang tak ditutup kembali dengan rapat meloloskan udara ke dalam kemasan. 

Baca juga :


Cara Membuat Gula Semut Aren

Beda Gula Aren dan Gula Semut

Pouch Gula Aren Semut Organik

Jadi agar Arenga gula semut tetap bisa digunakan dalam waktu lama sebaiknya setelah kemasan dibuka tutp kembali rapat-rapat. Tapi kalau sering lupa tidak ada salahnya juga disalin ke dalam botol kaca. Setelah itu ditutup rapat. Bisa menggunakan botol bekas selai. Keuntungan menggunakan botol bekas selai, disamping melindungi Palm Sugar  kesayangan, mendaur ulang wadah makanan, secara tak langsung Sahabat Arenga ikut melestarikan bumi.

Bila tak tersedia botol kaca bagaimana dengan botol plastik?

Jangan! Karena botol plastik pori-porinya besar. Sebentar juga isinya akan lembab. Tapi kalau maksa juga apa boleh buat 🙂 Setelah itu harus dimasukan ke dalam lemari pendingin (kulkas). Dan bila sudah diambil sebagian isinya segera kembalikan botol Arenga Palm Sugar  ke kulkas. Jangan tunggu sampai botol berembun.

Demikian tips menyimpan gula semut aren semoga bermanfaat.

Untuk membeli Arenga gula semut Organik bisa ke http://arenga.id/toped