Kembali ke Akar: Menikmati Kopi dengan Cara yang Benar

Categories: KOPI|Komentar Dinonaktifkan pada Kembali ke Akar: Menikmati Kopi dengan Cara yang Benar|
Kembali ke Akar: Menikmati Kopi dengan Cara yang Benar

Arenga Indonesia – Kopi, minuman yang telah menyebar ke seluruh dunia, terkadang dihidangkan dan disajikan jauh dari cara asli yang dilakukan para pendahulu kita. Kopi diguyur bermacam pemanis yang terkadang membuat lari rasa asli. Tapi kita selalu bisa kembali ke akar, menikmati kopi dengan benar seperti yang dilakukan kakek-nenek kita dulu, ketika gula tebu belum ditemukan. Iya mereka menggunakan gula merah sebagai pemanis.

Minum kopi seperti yang dilakoni leluhur kita masih terlihat di sebuah desa di sentra gula aren. Di daerah di mana banyak pohon aren tumbuh, penggunaan gula aren seperti masyarakat kota menggunakan gula putih. Apapun makanan atau minumannya, pemanisnya adalah gula aren.

Jadi gula merah sudah menjadi bagian dari tradisi dan kebiasaan dalam memasak, membuat kue ataupun meracik wedangan. Dalam masyarakat seperti itu, gula bagi mereka adalah gula aren.

Gula Aren Mulai di Terima Sebagai Alternatif Pemanis Sehat

Gula aren untuk kopi
Gula aren untuk kopi

Untung lah sekarang sudah mulai terlihat tanda-tanda perubahan. Kearifan masyarakat kampung gula aren yang manfaat gula merah sebagai pemanis, dengan kandungan gizi yang lebih baik, telah menyebar ke masyarakat di luar kampung. Dan bahkan sekarang telah sampai ke kota. Untuk menikmati kopi sudah banyak yang kembali ke akar, dengan gula merah atau gula aren.

Khususnya di kalangan mereka yang peduli akan kesehatan. Mereka mulai mengganti gula pasir dengan gula alami seperti gula aren atau juga dikenal sebagai “Arenga palm sugar”.

Perubahan kecil ini dalam penggunaan gula alami dapat memberikan dampak besar. Bukan hanya memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh kita, tetapi juga memberikan dampak yang besar bagi lingkungan dan ekonomi.

Begitu pun, kita tidak lagi terlalu bergantung pada pemanis gula tebu yang seringkali diproduksi dengan menggunakan bahan kimia dan mengakibatkan dampak negatif pada lingkungan.

Selain, beralih pada penggunaan gula alami juga dapat mendukung petani lokal yang menghasilkan gula aren atau gula merah. Dengan begitu, perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari kita dapat berdampak positif secara lebih luas.

Kembali ke Akar Menikmati Cita Rasa Kopi – Pakai Gula Aren Organik

Kembali ke akar dalam menikmati cita rasa kopi
Kembali ke akar dalam menikmati cita rasa kopi

Tapi sebagai konsumen kita pun perlu hati-hati. Meskipun penggunaan gula aren sebagai pemanis alami kopi sudah diterima secara luas, tetap perlu diingat bahwa tidak semua gula aren dapat digunakan.

Beberapa jenis gula aren mengandung kadar air yang tinggi dan rentan terhadap kerusakan, sehingga dapat memengaruhi rasa kopi.

Selain, ada juga gula aren yang dihasilkan dengan menggunakan bahan kimia dan tidak sehat bagi kesehatan. Jadi, kita perlu memastikan bahwa gula aren yang digunakan adalah yang berkualitas baik dan aman untuk dikonsumsi. Pilihannya adalah gula aren organik.

Arenga Organic Palm Sugar

 Dengan tersedianya gula aren organik seperti Arenga Organic Palm Sugar, manis dan sehat bersama palm sugar bukan hal mustahil lagi. Kepercayaan manis dan sehat bersama palm sugar ini terpicu fakta bahwa gula aren – palm sugar Arenga tak mendapat treatment berlebihan.  Pembuatan hanya melalui pemanasan diatas tungku. Tak ada tambahan zat  kimia sintetis baik untuk pemutih maupun pengawet.

 Dengan demikian kandungan zat gizi serta vitamin dalam palm sugar relatif masih tersedia. Terdapat natrium, magnesium, kalsium , kalium dan zat besi. Dalam jumlah kecil terdapat juga vitamin A, B1, B2, C dan E. 

Arenga palm sugar tidak hanya dikenal sebagai pemanis alami yang sehat, tetapi juga memiliki aroma harum dan legit yang memberikan citra rasa tersendiri pada minuman kopi.

Kandungan mineral dan nutrisi yang terdapat dalam arenga palm sugar juga dapat memperkaya rasa kopi yang dihasilkan. Selain itu, arenga palm sugar juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan kopi susu atau minuman kopi lainnya, sehingga memberikan rasa yang lebih kompleks dan nikmat.

Dengan menggunakan arenga palm sugar, kita dapat menikmati kopi yang lebih sehat dan lezat dengan rasa yang berbeda dari pemanis lainnya.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • Kopi untuk melindungi jantung dan panjang umur

    Kopi Bisa Melindung Jantung dan Membuat Kita Panjang Umur

  • Cara menyimpan roti tawar agar awet dan tidak berjamur serta bau tengik

    Roti Tawar Awet Anti Jamur: Musuh Bebuyutan Lemari Dapur Teratasi!

  • Herbal alami atasi diare

    Diare? Tenang, Atasi dengan Herbal Alami dari Dapur!

  • Manfaat cokelat untuk kehamilan yang sehat

    Manfaat Cokelat Untuk Kehamilan yang Sehat

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter