Cocoa Powder Untuk Diet, Benar kah?

Categories: Kesehatan|Komentar Dinonaktifkan pada Cocoa Powder Untuk Diet, Benar kah?|
Benarkah-cocoa-powder-bisa-untuk-diet

ARENGAINDONESIA.com – Sekalipun sedang diet untuk meningkatkan kesehatan, kita ingin tetap menikmati makanan dan minuman yang lezat, bukan. Nah salah satu bahan yang bisa digunakan adalah cocoa powder, bisa memberi rasa sentuhan coklat yang nikmat tapi program diet tetap terjaga. Benarkah cocoa powder bisa digunakan untuk diet? Baca sampai ke bawah ya Sobat Arenga

Mengenal Cocoa Powder

Cocoa powder adalah bubuk halus yang dihasilkan dari biji kakao yang telah dipanggang, dipisahkan kulitnya, dan kemudian dihaluskan. Biji kakao sendiri berasal dari tanaman kakao yang tumbuh di daerah tropis seperti Amerika Selatan, Afrika Barat, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Cocoa powder biasanya digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan cokelat, kue, dan minuman seperti hot chocolate atau tambahan pada racikan cappuccino (kebanyakan digunakan sebagai topping).

Selain itu, cocoa powder juga dapat digunakan sebagai bahan tambahan dalam berbagai resep makanan dan minuman untuk memberikan rasa dan aroma cokelat yang khas.

Cukup mudah menemukan cocoa powde. Karena dapat dibeli di toko bahan makanan atau supermarket atau online. Tersedia dalam berbagai varian, seperti Dutch-processed cocoa powder atau natural cocoa powder.

Benar kah Cocoa Powder Bisa Untuk Diet?

Cocoa powder dapat digunakan dalam diet sehat dan seimbang. Seperti kita tahu bubuk hasil tanaman kakao ini tinggi kandungan anti oksidannya untuk kesehatan, serta rendah kalori dan lemak.

Tapi, perlu diingat bahwa dalam menerapkan diet sehat, tidak hanya satu jenis makanan atau bahan yang harus diandalkan. Harus juga disertai dengan pola makan yang seimbang yang meliputi proporsional dalam mengkonsumsi protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Dengan kata lain cocoa powder bisa membantu untuk diet tapi hanya bagian kecil karena karena pola makan secara keseluruhan harus dijaga!

Baca juga : Apa Benar Gula dan Krimer Pengaruhi Kadar Kafein Kopi?

Manfaat Cocoa Powder Untuk Kesehatan

Cocoa powder memiliki banyak manfaat kesehatan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Bubuk halus seperti bedak ini bisa meningkatkan kesehatan otak karena mengandung flavonoid, senyawa antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan dan peradangan.

Yang perlu diingat adalah produk makanan dan minuman yang mengandung cocoa powder juga biasanya mengandung gula dan lemak tambahan. Terkadang sangat tinggi. Jadi sebaiknya dikonsumsi dengan bijak dan dalam jumlah yang tepat dalam konteks diet yang sehat dan seimbang.

Berbagai Jenis Makanan dan Minuman

Cocoa powder untuk diet -secangkir cokelat panas rendah lemak
Hot Chocolate renah lemak

Untuk menu diet seimbang, ini berbagai makanan dan minuman menggunakan cocoa powder sebagai bahan utama atau hanya tambahan seperti:

  • Hot chocolate rendah lemak: campurkan cocoa powder dengan susu rendah lemak dan pemanis alami seperti Arenga gula aren organik untuk membuat hot chocolate rendah kalori dan lemak.
  • Smoothie cokelat: campurkan cocoa powder dengan buah-buahan dan sayuran favorit Sobat Arenga untuk membuat smoothie cokelat yang sehat dan mengandung banyak serat.
  • Overnight oats cokelat: tambahkan cocoa powder ke dalam overnight oats (oat yang direndam semalam dalam susu atau yogurt) untuk memberikan rasa cokelat yang lezat.
  • Cokelat protein shake: campurkan cocoa powder dengan susu protein rendah lemak dan pisang untuk membuat shake cokelat yang lezat dan kaya protein.
  • Granola cokelat: tambahkan cocoa powder ke dalam granola untuk memberikan rasa cokelat yang kaya pada sarapan .
  • Kue dan brownies rendah gula dan lemak: gunakan cocoa powder sebagai pengganti cokelat dalam resep kue dan brownies, dan hanya gunakan gula aren organik dan kurangi lemak.
  • Yogurt cokelat: campurkan cocoa powder dengan yogurt rendah lemak dan buah-buahan segar untuk membuat camilan cokelat sehat.

Pastikan untuk selalu membaca label dan memilih cocoa powder tanpa tambahan lemak, agar sesuai dengan kebutuhan diet Sobat Arenga.

Arenga Indonesia, produsen gula aren organik. Kontak chats by WA 0819 3241 8190

Baca juga:

Share artikel ini

Artikel Terbaru

  • resep daging sapi panggang oven dengan kentang tumbuk

    Daging Sapi Panggang Oven dengan Kentang Tumbuk yang Lezat

  • Stigma rendah makan umbi-umbian di Indonesia

    Stigma Rendah Makan Singkong dan Ubi Jalar

  • manfaat kulit manggis sebagai pewarna alami

    Manfaat Kulit Manggis Sebagai Pewarna Alami

  • mengangin-anginkan sebuah cara menjaga kesegaran hasil panen

    Cara Menjaga Kesegaran Hasil Panen

  • Kebab ayam, sejarah dan budaya

    Kebab Ayam: Budaya dan Sejarah

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Penjelesan mengapa gula aren berwarna coklat

    Beda Gula Aren dan Gula Semut

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter