Manfaat Kunyit Asam Saat Menstruasi

Manfaat kunyit asam untuk menstruasi

ARENGAINDONESIA.com – Manfaat Kunyit Asam: Pilihan Tepat untuk Wanita yang Menstruasi

Ibu dan nenek saya adalah dua orang wanita yang hidup dengan nilai-nilai tradisional. Seperti misalnya ketika tahun pertama saya dapat haid, mereka sibuk membuatkan kunyit asam. Atau kalau tidak sempat, mereka akan memesankan pada mbok-mbok jamu yang lewat di depan rumah kami setiap sore.

Waktu itu saya tidak mengerti apa manfaat jamu. Apa lagi sebagai anak yang “kurang berterima kasih “, suka menolak disuruh minum. Padahal jelas-jelas suka sakit perut tak tertahankan setiap kali tamu bulanan itu datang. Saya lebih suka merengek dan guling-gulingan di tempat tidur ketimbang mengikuti saran ibu dan nenek untuk minum kunyit asam.

Kalau ingat sekarang, pengen deh membalik waktu. Kembali ke masa remaja. Meminta maaf atas banyak kebodohan yang saya buat dan memohon pemakluman jika daya pikir otak saya terlambat berkembang 🙂

Warisan Leluhur

Setelah dewasa, mulai gaul dan mengenal buku, baru lah kesadaran untuk mencari kunyit asam saat sedang menstruasi. Karena dari membaca saya jadi tahu, bahwa saya tidak sendiri. Dalam menjalani siklus menstruasi, tidak hanya saya tapi banyak juga wanita di luar sana mengalami perubahan fisik dan emosional. Mood swing yang tak tertahankan. Dan terkadang sampai mengganggu keluarga dan orang-orang terdekat.

Waktu itu saya belum tahu bahwa salah satu solusi alami yang telah dikenal sejak lama untuk membantu mengurangi gejala menstruasi adalah kunyit asam. Kombinasi unik antara kunyit, asam jawa dan gula aren atau palm sugar adalah pilihan para wanita Indonesia dalam mengatasi siklus bulanan ini. Tak hanya wanita dari rakyat jelata seperti saya tapi dicontohkan pula oleh para wanita ningrat yang hidup di belakang tembok-tembok keraton yang tinggi. Sebenarnya pengetahuan mereka lah yang diadopsi oleh masyarakat biasa.

Begitu pun melongok ke dalam sejarah kunyit asam, ramuan tradisional ini sudah telah lama digunakan masyarakat Indonesia sebagai solusi alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk masalah menstruasi pada wanita. Kombinasi kunyit (Curcuma longa), gula merah, dan asam jawa (Tamarindus indica) memberikan manfaat yang telah diwariskan dari generasi ke generasi.

Sejarah yang tepat untuk mengatasi keluhan saat menstruasi. Artikel ini akan membahas manfaat kunyit asam serta menyajikan resep kunyit asam dengan menggunakan gula aren sebagai pemanis alami.

Manfaat Kunyit Asam untuk Menstruasi

Manfaat kunyit asam gula aren
Kunyit asam gula aren
  1. Meredakan Nyeri Perut: Kunyit asam mengandung senyawa antiinflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri perut yang biasa muncul saat menstruasi.
  2. Menstabilkan Mood: Kunyit asam dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, yang dapat membantu mengurangi fluktuasi mood yang seringkali dialami selama menstruasi.
  3. Meredakan Kram: Kandungan antispasmodik dalam kunyit asam dapat membantu meredakan kram perut yang sering terjadi pada saat menstruasi.
  4. Mengatasi Mual: Kualitas anti-mual kunyit asam dapat membantu mengurangi rasa mual yang bisa timbul selama periode menstruasi.

Resep Kunyit Asam dengan Gula Aren

Kita bisa membuat resep jamu kunyit asam gula aren ini menggunakan bahan-bahan segar seperti kunyit dan asam jawa yang dibeli di pasar. Namun kita pun bisa menggunakan bahan yang lebih praktis seperti kunyi dan asam jawa bubuk. Dalam resep berikut ini kita gunakan bahan bubuk.

Bahan-bahan:

  • 2 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok teh asam jawa
  • 1 sendok makan Arenga gula aren bubuk atau Palm Sugar. Atau bisa diganti dengan gula aren cair
  • Segelas air hangat

Cara Membuat:

  1. Campurkan bubuk kunyit dan asam jawa dalam segelas air hangat.
  2. Aduk hingga kunyit dan asam jawa larut dalam air.
  3. Tambahkan gula aren dan aduk hingga merata.
  4. Minuman kunyit asam siap dinikmati.

Mengapa Gunakan Gula Aren?

Penggunaan gula aren dalam resep kunyit asam memiliki manfaat tersendiri. Gula aren adalah pemanis alami yang memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan gula putih. Ini berarti bahwa gula aren tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah yang tiba-tiba, yang dapat membantu menjaga stabilitas energi dan mood selama menstruasi.

Selain itu, gula aren juga mengandung beberapa nutrisi, seperti zat besi, yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama selama menstruasi.

Kesimpulan

Kunyit asam dengan gula aren merupakan pilihan yang cerdas bagi wanita yang sedang menstruasi. Manfaat kunyit asam dalam meredakan nyeri, mengatasi kram, serta menjaga mood dan stabilitas fisik menjadikannya solusi alami yang berharga. Dengan resep sederhana yang menggunakan gula aren sebagai pemanis alami, teman-teman bisa merasakan manfaat kunyit asam dengan lebih nikmat. Jadi, nikmatilah menstruasi Anda dengan lebih nyaman dengan bantuan alami dari kunyit asam.

Arenga Indonesia. Pabrik gula aren di Tangerang – Banten

Share artikel ini

23 Comments

  1. Mpo Ratne September 7, 2023 at 4:58 pm

    TOS samaan kita pernah beli di yayu jamu .emang enak sih saat kram perut minum yang asem manis kaya jamu kunyit asem

  2. Ucig September 8, 2023 at 12:45 pm

    Bikin kunyit asam pakai arenga enak nih kayaknya huaa dikasi es batu. Aduh aku pikirannya es ajaa syeger2.
    Samaa kak, bapak dan mamah aku selalu back to nature kalau sakit atau jaga kesehatan sampai sekarang. Aku nggak doyan dulu disuruh makan ini itu perjamuan. Tapi akhirnya sekarang sering bikin rempah2, jahelah kunyit dkk 😉

    • Utie adnu September 9, 2023 at 10:32 pm

      Waktu sebelum nikah aku rutin tuh minum jamu kunyit asem pas haid kata ibukku biar gak nyeri bener juga sih..tapi sekarang jarang mba .. malas buat juga kalau dulu kan kadang ada ibu2 jamu lewat sekarang jarang

  3. nurul rahma September 8, 2023 at 1:02 pm

    aku kalo lagi PMS juga berburu minuman ini mbaa

    kadang dibikinkan sama mbok jamu.
    kadang bikin dewe.
    segerrtr, cranky pas haid pun hengkaaanggg

  4. Tetty Hermawati September 8, 2023 at 1:44 pm

    wah pas banget ini aku baru 30 menit yang lalu haid hari pertama, perut rasanya bener-bener kram, aduhhh sakit banget aku kalau haid, dari SMA sampai sekarang ngga hilang-hilang sakitnya. Dan emang enak banget kalau udah minum jamu kunyit asam, rasanya sakit berkurang, minimal bisa istirahat

  5. Inna Riana September 8, 2023 at 7:36 pm

    bahan-bahannya ada semua nih di dapur. tinggal eksekusinya aja. kunyit asem dengan gula merah emang enak banget. kalo males bikin yaa saya sering beli karna tetangga kebetulan jualan 😀

  6. Nurul Fitri Fatkhani September 8, 2023 at 11:33 pm

    Manfaat kunyit asam untuk menstruasi memang terbukti saya alami sendiri. Kalau minum kunyit asam, menstruasi jadi lancar. Langsung banyak keluarnya dan enak di badan.

  7. Ade UFi September 9, 2023 at 9:21 am

    Waah arenga skrg ngeluarin kunyit asam. Asli bari tau deh, Mba. Jadi mau coba beli nih.. Dijual online ga ya mba evi?

  8. Yurmawita September 9, 2023 at 7:07 pm

    Pernah baca tentang kebanyakan minum kunyit asem bisa mempercepat rahim kering deh, aku suka nuit asem ini kalau yang sudah jadi kemasan di dalam lemari show case nya indomar**t dan alfa haha. Praktis tinggal minum

  9. Ria Rochma September 9, 2023 at 7:15 pm

    kalau udah mendekati tanggal menstruasi, atau pas udah PMS, aku minum perasan kunyit. meskipun sedang nggak sakit perut, tapi biasanya membantu biar nggak sakit banget pas udah mens

  10. antung apriana September 9, 2023 at 7:40 pm

    saya dulu kalau haid kadang-kadang juga minum kunyit asam tapi yang sudah jadi gitu sih yang sering ada iklannya. kalau sekarang setelah punya anak sudah jarang nyeri haid alhamdulillah sih jadinya nggak terlalu menyiksa haidnya

  11. Dian September 9, 2023 at 8:30 pm

    Wah iya, sejak remaka aku rutin minum kunyit asam saat haid
    Ampuh untuk mencegah nyeri saat haid

  12. andiyani achmad September 9, 2023 at 8:30 pm

    awal haid saat kelas 6 SD menjelang lulus2an aku cukup sering minum kunyit asam hingga kuliah, nyokap sih yang nyuruh minum katanya biar gak gitu sakit saat haid

  13. Suciarti Wahyuningtyas September 9, 2023 at 8:51 pm

    Aku jadi mengingat masa remajaku yang memang selalu mengomsumsi kunyit asam. Biasanya seminggu 3 kali karena suka minum langsung dari tukang jamu langganannya mamahku. Tapi dulu aku bisa minum jamu secara hangat, kalau sekarang tuh gak bisa harus dingin pokoknya. Termasuk minum kunyit asam ini pasti maunya dingin

  14. Dzulkhulaifah September 9, 2023 at 9:24 pm

    Sudah lama aku nggak minum kunyit asem. Dulu sering minum, bukan bikin minuman sendiri, melainkan beli di mbok jamu. Hehe. Owwwh, jadi pakai gula aren itu indeks glikemiknya lebih rendah dibandingkan gula putih. Sehingga kadar gula darah pun bisa lebih terkontrol. Terima kasih infonya, Mbak.

  15. Lisdha www.daily-wife.com September 9, 2023 at 9:29 pm

    Saya suka rasa asem2 seger si kunyit asem. Pas nggak haid pun saya oke saja meminumnya. Dan memang ada khasiatnya kan utk diminum di saat ga haid. Eh tapi pernah dengar, katanya ga bagus ya kalau diminum terlalu sering? Pernah dengar hal itu nggak mbak? Tapi apapun itu, kalau terlalu emang ga baik sih ya heehe

  16. Nanik Nara September 9, 2023 at 9:36 pm

    Saya pun dulu saat remaja sering disuruh minum jamu, tapi nggak pernah mau mbak. Soalnya lihat ibu dan nenek saya, kalau minum jamu tuh yang pahit, sementara kunyit asam ini sebagai minuman penutup saja untuk menghilangkan rasa pahitnya jamu.

    Ternyata memang banyak manfaatnya minum jamu buat tubuh ya

  17. Gusti yeni September 9, 2023 at 9:52 pm

    Minuman akuu nih sejak awal menstruasi sampai sekarang masih sukaa konsumsi karena bikin darah haid keluar banyak dan cepet selesai.

  18. Dennise Sihombing September 9, 2023 at 10:21 pm

    Aku gak begitu suka gula. Tapi khusus gula aren manisnya memang beda ya.Tidak terlalu manis. Kunyit asam memang bagus sekali untuk kita yang sedang haid

  19. lendyagassi September 9, 2023 at 11:22 pm

    Kalau bikin kunyit asam sendiri tuh suka berasaaa banget efeknya di badan.
    Kalau beli yang uda kemasan, terasa lebih ringan.
    Jadi bermanfaat banget ada resep bikin resep kunyit asam gula aren.
    Haturnuhuuun.

  20. Dedew September 10, 2023 at 5:29 am

    Iyaa aku suka banget kunyit asam pas mens kayaknya lebih segar dan bersih juga enak badannya ya ternyata mudah ya bikin sendiri daripada beli suka kemanisan

  21. Helena September 10, 2023 at 5:36 am

    aku suka kunyit asam. Ga harus nunggu menstruasi buat minumnya. Rasanya segar, sih, apalagi simpan di kulkas. Terima kasih yaa resepnya jadi bisa buat sendiri di rumah.

  22. Istiana Sutanti September 17, 2023 at 5:05 am

    Nah iya, aku juga suka nyari kunyit asam nih, tapi gak cuma saat lagi haid aja. Soalnya emang doyan sama rasanya. Kalau ternyata manfaatnya banyak, Alhamdulillaaah yaa. Jadi pengen nyari dan rutin minum kunyit asam lagi deh, haha.

    Dulu waktu kecil ada tukang jamu lewat (sekarang sih masih suka lewat juga di rumah ortu), tapi di rumah yang sekarang, aku kelewatan terus kalau mau jamu, dia kelilingnya siang2 sih, jadi seringnya masih ngerjain ini itu terus lupa kalau ada tukang jamu siang2 lewat, ahaha

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • gula aren membantu kekurangan pasokan gula nasional

    Solusi Manis Menutup Kekurangan Pasokan Gula Nasional

  • Sejarah kopi susu dengan rasanya yang menaklukan dunia

    Sejarah Kopi Susu : Perpaduan Rasa yang Menaklukkan Dunia

  • Mengapa aroma gula aren organik itu wangi

    Mengapa Aroma Gula Aren Organik itu Wangi? Ini Penjelasannya!

  • Kenali gula aren asli dan palsu

    Kenali Gula Aren Asli: Ciri-ciri dan Cara Membedakannya

  • Memasak dengan mengukus agar lebih sehat

    Mengapa Memasak dengan Mengukus Dianggap Lebih Sehat?

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

  • gula aren cair atau sirup gula merah cair untuk kopi. Kemasan 1 liter

    Kelezatan Kopi dengan Gula Aren Cair Asli 1 Liter