Chai Masala Tea, Teh Susu Rempah dari India

Chai-masala-tea - Teh susu rempah dari India

ArengaIndonesia.com – Teman-teman sering menemukan istilah Chai Masala Tea kala memesan minuman baik di cafe atau resto bukan? Nah apa sih chai masala tea itu sebetulnya? Secara singkat Chai Masala Tea adalah minuman teh khas India yang dibuat dengan merebus teh hitam dalam susu dan air, lalu ditambahkan bumbu berupa rempah-rempah aromatik. Minuman ini mendapatkan popularitas di seluruh dunia, menjadi fitur di banyak kedai kopi dan teh.

Sebenarnya Chai adalah kata untuk teh di India, juga di Pakistan, Bangladesh, Nepal, dan negara-negara Asia Selatan lainnya. Ini adalah turunan dari kata Kanton untuk teh. Jadi kalau kita menyebut Chai Tea sebetulnya artinya adalah teh teh.

Sobat Arenga bisa menikmati secangkir chai segar setiap saat sepanjang hari. Nah minuman teh susu india ini cocok dinikmati dengan keripik kentang dan aneka gorengan. Seperti pisang goreng tanduk dari Arenga.

Pokoknya tidak ada batasan untuk menikmati Chai Masala Tea . Minuman ini sempurna untuk dinikmati saat bersantai di musim hujan atau panas. Atau hanya sekadar minuman penambah energi dan semangat di sela kesibukan sehari-hari.

Sejarah Chai Masala Tea, Teh Susu Rempah India

Teh berbumbu yang sejarahnya berasal dari Ayuverda, pengobatan tradisional India yang menggunakan remah
Teh berbumbu yang awalnya digunakan sebagai pengobatan dalam Ayuverda

Legenda mengatakan bahwa minuman chai sudah tercatat dalam sejarah lebih dari 5.000 tahun. Berawal dari seorang raja di India. Merasa kurang enak badan ia memesan minuman banyak rempah ke dapur istana. Seperti kita tahu rempah-rempah banyak digunakan dalam Ayurveda, praktik pengobatan tradisional di India. 

Rasa hangat dari jahe dan lada hitam dipercaya dapat merangsang pencernaan. Begitu pun sifat antiseptik dari cengkeh bisa membantu menghilangkan rasa sakit. Kapulaga berkhasiat sebagai pengangkat suasana hati. Dan kayu manis mendukung sirkulasi dan fungsi pernapasan. Ada pun adas bintang (bunga lawang atau bunga pekak) dikenal dapat menyegarkan nafas.

Saat minuman penyembuh menyebar ke seluruh India, berbagai macam rempah dipakai ke dalam chai masala tea ini. Tergantung wilayah dan lingkungan tempat minuman itu dibuat. Gujarat misalnya terkenal sebagai penghasil  jahe, cabai, kunyit, bawang putih, ketumbar, jinten, dan adas manis. Nah chai dari Gujarat pasti akan menggunakan rempah-rempah ini.

Yang menarik adalah versi asli dari Chai Masala Tea atau Teh Susu Rempah India ini tidak mengandung daun teh Camellia sinensis yang sebenarnyaSusu dan gula juga baru ditambahkan kemudian. 

Penambahan daun teh hitam, susu dan gula aren dipopulerkan ribuan tahun kemudian. Tepatnya pada pertengahan 1800-an, ketika varietas tanaman teh Camellia sinensis assamica ditanam di India oleh Inggris. Pemerintahan kolonial ini sangat menggemari teh hitam kental yang ditambahkan susu dan gula.

Komponen Chai Masala Tea

Komponen pembuatan Teh Susu Rempah
Komponen pembuatan Teh Susu Rempah

Karena di India, minuman teh susu rempah dapat bervariasi dari kota ke kota dan keluarga ke keluarga, tidak ada satu resep pun yang mendefinisikan chai. Tapi minuman biasanya terdiri dari kategori bahan ini:

Daun Teh

Teh: Teh hitam Assam dan Darjeeling asli India paling populer digunakan sebagai bahan dasar chai masala tea. Tetapi Sobat Arenga tentu saja bisa menggunakan berbagai jenis dauh teh yang tumbuh di Indonesia. Bahkan teh celup seperti resep di bawah. Kita pun dapat menemukan campuran herbal sepenuhnya, hanya rempah-rempah, tanpa mengandung daun teh.

Aneka Susu

Susu: Chai India sering dibuat dengan susu kerbau. Ingat sapi adalah hewan suci di India. Tetapi untuk versi Indonesia menggunakan susu sapi atau alternatif susu, seperti susu kedelai, susu almond, beras, dan bahkan santan kelapa. 

Minuman chai bisa juga menggunakan susu yak atau susu kambing biasa seperti yang ditemukan di negara Asia lainnya. 

Baca juga:

Pemanis Teh Susu Rempah India

Gula aren bubuk untuk Chai Masala Tea
Gula aren bubuk untuk Chai Masala Tea

Pemanis: Gula putih, gula aren, dan madu adalah pemanis khas chai. Namun mereka juga menggunakan gula lain seperti demerara dan gula merah khas India yang disebut  Jaggery. Jaggery tak lain adalah brown sugar, gula tebu yang tidak dimurnikan.

Rempah-Rempah

Rempah-rempah dalam bahasa India disebut masala. Seperti telah ditulis di atas, rempah yang digunakan untuk membuat chai akan bervariasi menurut wilayah, iklim, dan preferensi budaya masyarakatnya. 

Secara tradisional orang India akan menggunakan rempah aromatik seperti kapulaga, jahe, cengkeh, dan kayu manis. Pun tak ketinggalan lada hitam vanili, pala, fuli, adas bintang (bunga lawang) , dan adas manis. Saat chai pindah ke barat resep tradisional ini semakin populer. Dan rempah yang digunakan juga semakin bervariasi. Misalnya daun salam, kakao dan kunyit. Ketumbar dan jinten juga bisa muncul di beberapa resep.

Resep Chai Masala Tea

Tidak ada resep yang pasti untuk chai masala tea. Kita dapat menggunakan susu skim atau susu murni, satu rempah atau beberapa rempah. Pemakaian bumbu berkhasiat itu tergantung selera.

Di bawah ada dua resep untuk Chai Masala Tea

Adrak Chai – Teh Susu Jahe

Adrak Chai - Teh Susu Jahe
Adrak Chai – Teh Susu Jahe dengan Arenga Organic Liquid Palm Sugar

Bahan-Bahan

  • 1 1/2 gelas air
  • 1/2 sendok teh jahe parut segar atau 1/8 sendok teh jahe
    bubuk
  • 2 sendok teh daun teh kering atau 3 kantong teh
  • 1/2 cangkir susu murni
  • 2 sendok makan Arenga Liquid Palm Sugar (gula aren cair ARENGA)

Cara Membuat Teh Susu Jahe – Adrak Chai

  1. Didihkan air dan jahe.
  2. Tambahkan teh ke dalam air dan didihkan selama dua menit.
  3. Tambahkan susu dan didihkan kembali.
  4. Angkat dari api.
  5. Saring chai ke dalam cangkir.
  6. Tambahkan Arenga Liquid Palm Sugar gula aren cair, aduk dan sajikan.

Ilaichi Chai – Teh Susu Kapulaga Hijau

Chai dengan bumbu kapulaga
Ilaichi Chai

Bahan-Bahan Ilaichi Chai

  • 1 1/2 gelas air
  • 2 polong kapulaga hijau (dihancurkan) atau 1/8 sendok teh
  • bubuk kapulaga
  • 2 sendok teh daun teh kering atau 3 kantong teh
  • 1/2 cangkir susu murni
  • Gula atau pemanis secukupnya

Cara Membuat Teh Susu Kapulaga Hijau

  1. Didihkan air dan kapulaga.
  2. Tambahkan teh ke dalam air dan didihkan selama dua menit.
  3. Tambahkan susu dan didihkan kembali.
  4. Angkat dari api.
  5. Saring chai ke dalam cangkir.
  6. Aduk dengan Arenga gula aren cair dan sajikan

Selamat mencoba chai masala tea ini teman-teman

Share artikel ini

7 Comments

  1. Wiwied Widya Juni 21, 2022 at 9:05 pm - Reply

    Waaah enak nih ada resepnya juga. Aku suka tuh teh susu jahe. Biasanya kalau lagi main ke warung susu, minuman itu yang aku pesan. tapi kalau disini jahenya kadang dibakar dulu. Ueeenak banget, apalagi kalau minumnya pas malem terus ujan2 gitu

  2. Ida Raihan Juni 22, 2022 at 8:51 am - Reply

    Ngebayangin aroma dari campuran rempahnya kayaknya enak banget yak. Terus ngebayangin susu kerbau. Kayak apa ya? Di Lampung banyak kerbau, tapi tak terpikirkan olehku kalau susu kerbau bisa dikonsumsi. Hihi…

    • Arenga Indonesia Juni 22, 2022 at 9:56 am - Reply

      Karena di India sapi adalah hewan suci, jadi daging dan susunya gak boleh dikonsumsi Mbak. Jadinya mereka ganti dengan susu kerbau 🙂

  3. Dian Restu Agustina Juni 22, 2022 at 2:45 pm - Reply

    Sekitar 2 mingguan lalu saya makan di resto India di BSD dan minum chai masala tea ini..nendang banget hangatnya. Yang terasa sekali jahenya. Wah ada resep bisa nih dibikin sendiri. Mau pakai kapulaga juga bisa ya ternyata

  4. tehokti Juni 22, 2022 at 4:01 pm - Reply

    Wah hujan begini jadi terbayang aroma teh rempah ini. Campur dengan irisan jahe, bunga Lawang, dan sedikit cengkeh aromanya pasti nambah semangat ya
    Sejarah teh seperti ini saya suka. Secara sejak kecil saya hidup di daerah perkebunan teh Sukanagara Cianjur (dulu PT PN Nusantara VIII)
    Tapi ga pernah punya racikan teh special hehehe

  5. Andy Hardiyanti Juni 22, 2022 at 9:28 pm - Reply

    Kayaknya pernah coba deh Chai Masala Tea ini di salah satu warung masakan India. Pesan menu roti canai, plus Chai Masala Tea. Emang enak sih, benar-benar susu rempah gitu. Cocok buat yang pengen minum susu tapi gak mau eneg.

  6. Arinta Adiningtyas Juni 22, 2022 at 9:51 pm - Reply

    Masya Allah, jadi tau sejarah teh di India. Jadi dulunya, teh di India itu sebenarnya “seduhan” ya, Mak? Dan seduhannya berupa rempah-rempah pada awalnya, bukan daun teh.

    Tapi sebenarnya, saat ini istilah teh pun sudah berkembang kan ya, Mak? Mmm, berkembang atau kembali ke masa lalu ya? Kan sekarang ada teh bunga rosella, jadi teh-nya ngga harus berupa daun teh. (nah lo… muter-muter jelasinnya :D)

Leave A Comment

Artikel Terbaru

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

  • Apa-itu-makanan-organik

    Apa itu Makanan Organik, Manfaat, Label dan Klaim

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • 5 resep masakan enak slow cooker bubur manado

    5 Resep Masakan Enak Slow Cooker

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait