Kotak Kenangan Arenga atau Kuburan Digital?

Kuburan Digital adalah cara terbaik untuk menyebut jejak masa lalu kita di internet. Walaupun kita sudah melupakan namun apapun yang pernah diposting di internet akan bisa digali kembali. Seperti kotak kenangan Arenga ini, berisi berbagai cerita dan foto saat-saat produk dari CV. Diva Maju Bersama launching.

Di dalam kotak kenangan atau kuburan digital ini terlihat bahwa pada awalnya Arenga diawali oleh brand Diva’s. Iyah pendek banget sebutannya, Diva’s mengambil dari nama depan perusahaan, Diva Maju Bersama, produsen gula aren organik di Tangerang.

Google yang Tidak Pernah Melupakan

Dan yang membuat semua ini terjadi adalah Google. Orang menyebutnya mesin pencari, tapi sebetulnya adalah raksasa penyimpan dan penyuplai informasi untuk siapapun yang membutuhkan.

Google LLC  adalah sebuah perusahaan teknologi multinasional Amerika yang berfokus pada teknologi mesin pencari , periklanan online , komputasi awan , perangkat lunak komputer , komputasi kuantum , e  commerce , kecerdasan buatan ,  dan elektronik konsumen . 

GOOGLE disebut sebagai “perusahaan paling kuat di dunia”  dan salah satu brand dunia yang paling mendominasi pasar mengenai pengumpulan data, dan keunggulan teknologi di bidang kecerdasan buatan. Google dianggap sebagai salah satu dari Lima Besar perusahaan teknologi informasi Amerika , bersama Amazon , Apple , Meta , dan Microsoft .

Dan itu lah salah satu sebab mengapa Google tidak pernah melupakan apapun yang pernah disimpannya. Karena data-data yang kita kirim ke internet akan jadi kuburan super raksasa digital akhirnya.

Untuk halnya kotak kenangan Arenga, maminnya yang suka nge-blog dan main sosmed, membuat kuburan digitalnya lumayan padat. Dimulai ketika masih menulis di blog gratisan seperti Blogspot. Disini merasa diperlakukan Google secara istimewa. Selain Blogspot adalah jenis blog yang sederhana dan mudah dikelola bagi pemula,  layanan ini juga dikelola langsung oleh Google.

Seperti sebuah blog berjudul Diva’s Healthy Shop. Sesuai namanya khusus untuk promosi makanan sehat. Selain Organic Palm Sugar juga ada madu hutan, propolis, bee pollen, sampai ke sirup jeruk Kalamansi.

Blog Diva’s Healthy Shop sekarang sudah lenyap. Namun tidak foto-foto yang pernah tampail di sana. Gambar-gambar Arenga palm sugar dan produk Arenga di masa lalu sampai sekarang masih bisa diakses dalam album Picasa yang kemudian jadi Google Photo.

1. Diva’s Palm Sugar Dalam Kotak Kenangan Arenga

 
Kotak Kenangan Arenga palm sugar di masa lalu yang tersimpan dalam Google Photo

Kotak Kenangan Arenga palm sugar di masa lalu yang tersimpan dalam Google Photo

Kotak kenangan Arenga yang masih sangat berkesan hingga saat ini adalah Diva’s palm sugar. Jualan onlinenya dulu lewat blog berjudul Diva’s Healthy Shop. Kemasan masih sederhana, pouch aluminium foil yang ditempel stiker.

Di situ ada maskot Arenga yaitu seekor semut dengan sarung dan helem. Maskot ini menggambarkan gula aren bubuk atau gula semut sebenarnya, pemanis tradisional disampaikan ke pelanggan secara moderen. 

Tanpa bisa dimengerti, url blog tersebut diambil alih orang lain. Isinya dihapus. Alhamdulillah semua gambar diselamatkan Google di album Picasa waktu itu dan sekarang bernama Google Photo.

Aih sebuah treatment yang bagus dari Google.

Baca juga:

2. Diva’s Bee Pollen

 

diva's bee pollen yang jadi cikal bakal arenga madu hutan

Diva’s Bee Pollen Kemasan Botol Plastik

   

Bee pollen adalah campuran serbuk sari bunga, nektar, enzim, madu, lilin dan sekresi lebah.

Lebah madu yang mencari makan mengumpulkan serbuk sari dari tanaman dan membawanya ke sarang lebah, di mana ia disimpan dan digunakan sebagai makanan untuk koloni.

Bee pollen dipasarkan sebagai suplemen makanan sehat dengan sifat sebagai  anti-inflamasi dan antimikroba. Bee pollen juga dipercaya bisa mencegah kanker, menyeimbangkan hormon, meningkatkan kinerja atletik, meningkatkan penurunan berat badan dan mengurangi alergi. 

Nah dengan niat sebagai penyalur makanan sehat, salah satu produk awal Arenga adalah  Diva’s Bee Pollen ini. 

Jadi kalau bukan karena kuburan digital Google atau Kotak Kenangan Arenga, mungkin Diva’s Bee Pollen bubuk ini sudah lenyap dari ingatan. Padahal produk ini lumayan memeriahkan omset kala itu. Apa lagi kalau dibawa pameran. Karena rakyat Indonesia percaya bahwa serbuk bee pollen termasuk makanan super. 

Diva’s Bee Pollen juga penanda awal dari bisnis Arenga Madu Hutan.

Baca juga:

 

Berbagai produk Diva's saat pameran

Produk Diva’s yang salah satunya Diva’s Bee Pollen dalam salah satu eksibisi dagang

Berbagai produk Diva’s saat pameran. Selain gula semut, gula aren cair ada juga sirup jeruk kalamansi. Warnanya yang kuning kemasan ditambah lagi botol plastik membuatnya sering disangka pelanggan sebagai minyak goreng.

 

diva's bee pollen. cikal bakal arenga madu hutan

 Kalau ini adalah bee pollen butiran. Dikemas dalam botol kaca. Cukup laris manis ketika itu. Namun karena pasokannya tidak menentu akhirnya tidak diterus kan lagi. Beralih ke Arenga Madu Hutan yang mengandung bee pollen saja.

banner dari diva's healthy shop, outlet Arenga palm sugar dulu

Banner toko online Diva’s Healthy Shop. Semut bersarung dan berhelemnya itu masih meninggalkan kesan lucu sampai sekarang.

3. Diva’s Sirup Kalamansi

 

diva's sirup kalamansi

Salah satu isi Kotak Kenangan Arenga, Sirup Jeruk Kalamansi

Diva’s Sirup Jeruk Kalamansi ini juga sudah almarhum. Sebetulnya sirup ini enak, asam segar dengan aroma khas. Namun karena seratus persen menggunakan bahan alami dan sama seperti produk alam lainnya, terjadi ketidak konsistenan dari waktu ke waktu.

Yang namanya pelanggan mana mau tahu. Apa lagi terbiasa dengan sirup bikinan pabrik yang produksinya selalu mengikuti standar baku, penampilan dan rasa tak berubah.

Halnya Diva’s Kalamansi Syrup yang tak sama dari batch ke batch tentu saja membuat sukar diterima pelanggan. Ditambah lagi Arenga palm sugar terus bertumbuh yang menyebabkan perhatian terhadapnya jadi berkurang. Yah ketimbang menghabiskan energi di sini lebih baik di almarhumkan saja. 

4. Diva’s Madu Hutan

Diva’s Madu Hutan

 Diva’s Madu hutan hitam. Kemasannya hanya dua waktu itu. Botol plastik besar dan botol saus kaca. Setelah melalui beberapa pertimbangan Arenga beralih ke madu hutan yang sekarang, tidak hitam lagi, meliankan coklat bening seperti warna madu umumnya.

Dan label kemasannya pun di rubah.

5. Diva’s Beras Organik Dalam Kotak Kenangan Arenga

Diva's beras merah organik

Salah satu isi Kotak Kenangan Arenga – Beras merah organik

Dan Diva’s juga pernah jualan beras merah organik. Laris banget saat pameran. Dan ini juga tak diteruskan karena Arenga menuntut perhatian lebih besar. Kalau ingin terus bertumbuh tentu harus fokus kepada palm sugar.

 

Beras mentik susu organik sebagai teman beras merah.

Share artikel ini

5 Comments

  1. Mechta April 20, 2014 at 3:33 am

    Wow… produknya sangat beragam ya mbak… tapi semua mempunyai kesamaan : bahan alami & kwalitas terjaga.. Sukses selalu, mbak Evi 🙂

  2. Evi Saja April 20, 2014 at 7:40 am

    Hehehe..Iya Mbak Mechta..Cuma sudah banyak yang tewas juga. Makasih atas doanya, Mbak

  3. Evi Saja April 20, 2014 at 7:41 am

    Ayo intip album Picasanya..Semua foto yang pernah diterbitkan di blog tersimpan dengan rapi di sana. Baek benar ya Google hehehe..

  4. the others April 20, 2014 at 4:34 pm

    Aku tuh gak pernah ngintip ke album picassa mak Evi… Jadi semua foto2 lama ada tersimpan disana semua ya?
    Wah jadi penasaran nih aku…

    Jadi… maksudnya sekarang Diva's Bee Pollen bubuk sudah gak diproduksi?

  5. prih April 26, 2014 at 3:23 am

    Tercengang dengan kuburan digital…ooh bank foto….bisa sekaligus kilas balik rekam jejak produk diva ya Uni. Semakin dan semakin sukses ya Uni Evi, menjadi saluran berkah bagi banyak jiwa.
    Salam hangat

Comments are closed.

Artikel Terbaru

  • Banyak alasan mengapa kita harus bangga pada produk lokal indonesia

    Mengapa Harus Bangga Pada Produk Lokal Indonesia? Warisan Kita

  • Temu giring untuk kecantikan. Sebagai obat awet muda, memuluskan kulit, sampai jadi obat pelangsing

    Temu Giring Untuk Kecantikan: Bikin Kulit Glowing dan Tubuh Langsing

  • Mengenal kopi yellow caturra

    Perkenalan Dengan Kopi Yellow Caturra, Enak dan Langka

  • Cara-terbaik-menikmati-alpukat-gula-merah

    Alpukat Kocok Gula Aren, Lebih Nikmat Bonus Manfaat

  • Foto kenangan perjalanan promosi arenga yang salah satunya bersama ibu Yasmin Gita Wirjawan

    Foto Kenangan Perjalanan Promosi, Sekelumit Momen ke Masa Lalu

Arenga Customer Care

Untuk pertanyaan, kritik, dan saran seputar produk Arenga, silakan hubungi kami di nomor WhatsApp berikut ini:

0819 3241 8190

Chat

Artikel Terpopuler

  • 10 Hal Terbaik Tentang Palm Sugar

    10 Fakta Tentang Palm Sugar

  • Resep Es Kopi Susu Gula Aren ala Arenga

  • agar-agar santan gula aren

    Agar-Agar Santan Gula Aren

  • Cerita elok dari kampung

    Cerita Elok Dari Kampung Aren

  • Cara menikmati sayuran hijau mentah

    Cara Menikmati Sayuran Hijau Mentah, Resep Pina Colada Smoothie

  • Resep iga bakar gula aren Arenga

    Resep Iga Bakar Gula Aren Arenga

  • Resep Soto Padang Nikmat

    Resep Soto Padang Nikmat

  • Cara membuat teh mawar

    Cara Membuat Teh Mawar

Artikel Terkait